Inspirasi

Inspirasi hanya dan hanya bisa dijadikan nyata melalui seorang pemimpin yang berjiwa besar dan rendah hati (Lee Kwan Yew)

images (1)Sungguh suatu keindahan bahwa kita bisa menikmati segala berkat di setiap hari. Mulai dari saat tidur di atas kasur yang empuk, membaca dengan penerangan listrik, ada pendingin udara (AC) lalu dengan selimat yang halus. Bangun di pagi hari yang segar, air hangat dan bersih segar. Sehabis mandi bisa menikmati makan pagi, lalu sudah ada mobil (bagi yang punya) atau kendaraan umum menuju ke kantor dan banyak sekali fasilitas yang kita nikmati dari hari ke hari.
Saya ingin mengajak teman-teman mundur kembali ke 50 tahun yang lalu. Di negara kita ambil saja kota Surabaya (karena saya besar di Surabaya). Kalau mau mandi kita harus memikul air yang diambil dari sumur karena belum ada pompa air. Malamnya kita masih tidur di bale-bale bambu (kasur hanya untuk orang kaya). Belum ada AC, lampu masih pakai aladin kalau agak sore harus pompa petromax, tidak ada TV. Kita belum bisa makan di restaurant. Semua harus dimasak sendiri. Karena belum banyak mobil, maka harus naik sepeda atau jalan kaki dengan kondisi kanan kiri semua kotor sekali.
Mari kita bertanya, mengapa semua bisa beroubah? Apakah yang menyebabkan semua bisa berubah. Di sini kita saksikan bahwa semuanya ini karena tidak lain tidak bukan karena adanya inspirasi, baik dari mimpi atau cita-cita. Saya sepakat dengan ungkapan mantan perdana menteri Lee di Singapura bahwa semua itu karena inspirasi”Inspirasi hanya dan hanya bisa di jadikan nyata melalui seorang pemimpin yang berjiwa besar dan rendah hati .”
Keindahan dunia yang kita nikmati, yang mungkin belum bisa dinikmati beberapa saudara kita, baik di sekitar kita maupun di belahan bumi lain, masih menderita karena ulah para pemimpinnya. Perjuangan masih terus dijalankan sampai saat di mana semuanya jadi baik.

Kita sendiri sudah menikmati hasil inspirasi orang-orang terdahulu yang melalui inspirasinya telah mengubah dunia sekeliling kita. Kita bisa menggunakan pesawat terbang, kereta api dan kapal laut, dan tentu saja dengan biaya yang terjangkau.
Lalu apa yang kita miliki sekaranga? Apakah kita masih butuh inspirasi? Tentu saja! Karier dan usaha kita berhasil atau tidaknya sangat tergantung sekali kepada inspirasi kita. Hubungan suami-istri, kakak-adik dan orang tua, sahabat, dan pertemanan tetap tergantung sekali dengan ispirasi kita. Ambil contoh pacar kita ulang tahun. Kita segera buru-buru mencari inspirasi kado apa yang harus diberikan supaya menyenangkan hati sang pacar. Atau kalau ada teman memiliki usaha yang sedang mengalami kesulitan terus kita ingin tahu apa yng bisa kita bantu. Motivasinya adalah suatu saat kita juga akan mengalami kesulitan. Semua itu tentu saja perlu inspirasai.

Erline, seorang gadis manis bekerja sebagai office girl (nama samaran) di sebuah perusahaan kosmetika terkenal di bilangan Pulo Gadung. Sejak tahun 2000 dan selama 8 tahun dia menggeluti pekerjaannya. Seluruh kantor senang sekali karena Erline setiap pagi suka bawa nasi uduk dan nasi bogana yang sudah dipersiapkan dari rumah. Jam 6 pagi dia sudah di kantor. Bayangkan saja dia harus masak dari jam 3 pagi. Semua habis terjual saat para karyawan datang. Dia lumayan mendapat penghasilan tambahan. Semua pernah makan nasi uduk masakan Erlin termasuk para direksi kantornya. Sungguh suatu keadaan sulit karena di tahun 2008 Erline harus dikeluarkan karena peraturan perusahaan semua karyawan kelas C dan D harus pakai outsources atau kontrak dengan perusahaan lain. Jadi, Erlin terpaksa harus menganggur. Semua karyawan ikut sedih karena kehilangan taste nasi uduk dan bogana. Mereka harus masak atau makan di warung dan tentu jauh lebih mahal juga buang waktu karena lokasi di sana jauh dari warung makan atau restoran. Apalagi di pagi hari belum buka.
Erline juga sedih karena gadis manis ini belum juga dipinang orang. Tetapi, di dalam kesedihan dan kegalauannya dia berinspirasi membuat sesuatu untuk menyelamatkan dirinya, yaitu membuat nasi box dan minuman plastic. Tentu saja ditawarkan pertama ke bekas kantornya dan para karyawan sekarang senang sekali. Cerita tentang Erline bersambut karena beberapa industri di samping kantor juga ikut memesan. Luar biasa 6 tahun berlalu Erline sekarang menjadi salah satu perusahaan Catering terbesar. Dengan rumah cukup mewah di bilangan Cempaka Putih, Erline sekarang hidup dengan dua putri cantik dan suami seorang pengusaha Meubel cukup besar.
Kisah nyata di atas tentu saja berawal dari Inspirasi. Inspirasi bisa diwujudkan dengan kemauan kerja keras dan percaya diri, humble (rendah hati dan tidak sombong), memiliki integritas dan peran yang menjadikan seseorang memiliki jiwa kepemimpinan.
Saya ingat mama saya. Sewaktu kecil kami semua membantunya. Beliau membuat kue dan kami menjualnya. Kini kami kakak beradik sudah tua-tua semua sudah punya cucu-cucu yang manis manis dan hidup berbahagia dan senang. Semua berbekal inspirasi mama yang selalu mendorong kami untuk menjadi seorang pemimpin dan pengusaha dengan inspirasi yang baik. Demikian juga dengan papa saya yang selalu menanamkan inspirasi agar kami semua bisa berkembang.

Anda semua pasti dan saya yakin juga memiliki inspirasi dan akan berhasil apa saja yang di kerjakan. Itu adalah bagian dari iman kita. Dia yang percaya kepada-Nya akan tumbuh seperti pohon di tepi sungai. Rindang daunnya dan berbuah banyak bila tiba musimnya.

Bagi saudara dan sahabat yang belum berhasil dalam setiap kehidupannya atau yang gagal dalam berumah tangga. Mari angkat semangat bangun dan bangun lagi. Mari kita mulai sesuatu yang baru. Mari hilangkan kebencian, pikiran negatif dan rasa tidak suka kita terhadap orang yang tidak kita sukai. Energi negatif tersebut dapat menghambat inspirasi kita untuk maju. Tuhan melindungi, menjaga dan memberkati bagi siapa Dia berkenan. Salam dan doa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: