Proposal

Hal yang paling penting, apapun sulitnya sebuah pekerjaan, sebelum semua perencanaan dibuat, maka proposal menjadi bagian awal perencanaan (The Proposal 2009)

theproposalSelamat pagi baik, saya bersama istri dan anak-anak serta cucu cucu yang cantik-cantik menyempatkan diri mengunjungi suburb di Harbourtown sebelah selatan Melbourne, Australia. Itu sebuah kota pelabuhan yang manis dan cantik. Banyak mainan anak-anak, ada sebuah kincir raksasa, seperti di Dunia Fantasi dipanggil Bianglala, tapi ini raksasa besar sekali seperti di Marina Bay Singapore.
Sambil menikmati makan siang, saya membuka browser dan melihat cerita-cerita film menarik. Saya membuka sebuah novel yang difilmkan tahun 2009 dan diperankan oleh Sandra Bullock dan Ryan Reynold. Saya sudah nonton film komedi romantika ini bagus sekali, dengan judul ” The Proposal” dan pada referensi pertama tertulis : “Hal yang paling penting, apapun sulitnya sebuah pekerjaan, sebelum semua perencanaan dibuat, maka proposal menjadi bagian awal perencanaan”. Film ini juga mempunyai pembelajaran yang harus dipelajari oleh kita semua, “Jangan terlalu membenci boss Anda atau Anda akan jatuh cinta padanya!”
Cerita film The Proposal sangat menarik. Film ini bercerita mengenai masalah seorang eksekutif editor sebuah penerbitan buku yang ternama Colden Books, dia adalah Margaret Tate. Ia terancam dideportasi karena perpanjangan visanya ditolak imigrasi Amerika Serikat. Margaret, yang terkenal dengan keotoriteran dan kejudesannya, tidak rela kalau posisinya digantikan oleh Bob Spaulding, yaitu seorang editor senior yang baru aja dipecat sama Margaret karna kemalasan dalam bekerja.
Berusaha untuk mempertahankan harga dirinya, ia mengatakan bahwa ia akan segera menikah dengan sekretarisnya, Andrew Paxton. Akhirnya Andrew dan Margaret pergi ke Sitka di Alaska, yaitu kampung halaman Andrew.
Selama perjalanan di Sitka, Margaret melihat toko-toko di sana yang bernama Paxton. Kecurigaan dimulai, mengapa ada nama keluarga Andrew di setiap toko? Ternyata setelah mereka sampai ke rumah Andrew, dia adalah orang yang sangat kaya di Alaska! Margaret sempat bertanya, “Kamu tidak bilang kalau kamu itu kaya!” dan dibalas oleh Andrew, “Yang kaya bukan saya, tetapi orangtua saya.”
Selama mereka bertemu keluarga besar Paxton, mereka disuruh bercerita tentang cara melamarnya dengan cerita penuh kebohongan. Keluarga Paxton percaya dengan cerita mereka.
Demikian kira-kira cuplikan cerita film yang menarik ini.
Saya memandang jauh kota Harbourtown dan terinspirasi membuat sebuah proposal tentang bagaimana hidup seseorang dan memang perlu dibuat sebuah proposal. Sungguh bukan hanya cerita, tetapi benar bahwa proposal diisi dengan emosi, cinta, tertawa canda bahkan air mata, dan setiap tulisan akan menghantarkan cinta kehidupan manusia. Bagaimana kita membuat cerita diri kita sendiri dalam sebuah proposal dan kita nikmati drama kehidupan di mana kita sendiri jadi pemainnya, dengan suka-duka dan tawa-tangis akan menjadi hiasan proposal hidup kita itu.
Dan tentu saja proposal yang kita tulis memiliki tujuan yang baik, hasil yang baik, sama halnya dalam pekerjaan kita sehari-hari. Alangkah baiknya setiap langkah pekerjaan kita, selalu kita bawa dalam proposal hidup, lalu kita negosiasi dengan diri kita sendiri dan bertanya, apakah itu diri saya sendiri?
Proposal itu disampaikan kepada siapa? Kalau kita mencari dana maka proposal dibuat disampaikan kepada donatur, supaya dia bisa menyumbang sebanyak-banyaknya sesuai permintaan kita. Tetapi proposal kehidupan kita sampaikan kepada yang menciptakan kita, agar Dia berkenan dan memberikan kehidupan seperti yang kita inginkan. Semoga Tuhan memberikan damai selalu bagi kehidupan kita dan dihiasi kebahagiaan, suka cita, sehat dan sukses. Ini proposal saya buat semua sahabatku kepada-Nya.

17 responses to this post.

  1. pekerjaan akan berhasil bila diawali dengan perencanaan yang matang, contohnya dalam bentuk proposal. dalam proposal pasti ditulis tujuan yang baik dan segala sesuatu yang baik-baik. padahal kenyataannya, belum tentu sejalan dengan proposal. belum tentu semua akan baik, pasti banyak halangan dan rintangan yang muncul. oleh sebab itu, baiknya kita menyerahkan proposal kita kepada Dia (Tuhan) yang berkuasa penuh atas hidup kita.

    Reply

  2. sepertinya Cerita film The Proposal sangat menarik. penasaran mau nonton, ceritanya diangkat dari kehidupan sehari-hari. waa pasti seru.

    Reply

  3. Posted by Keenan Ario on March 24, 2014 at 2:55 pm

    proposal yang baik akan mendapatkan balasan yang baik dari Tuhan. Artikel yang sangat inspiratif.

    Reply

  4. Posted by Fikri on March 24, 2014 at 3:03 pm

    Banyak manusia yang memiliki ide yang bagus tapi gagal mewujudkannya, karena mereka lupa membuat proposal, dengan membuat proposal kita dapat merencanakan suatu rencana hidup kita ke beberapa langkah ke depan sehingga rencana kita tak akan gagal dalam proses saat kita menerapkannya, begitu juga dalam hidup buatlah proposal yang bagus agar kita tak mendapat masalah dalam perjalanan hidup kita, proposal yang bagus bukan hanya proposal dengan rencana yang baik tapi juga dengan rencana yang fleksibel sehingga kita dapat menghadapi perubahan yang selalu ada dalam kehidupan.

    Reply

  5. Posted by keimmy on March 24, 2014 at 4:24 pm

    semua manusia merupakan chief editor dan juga meruapakan penulis naskah dalam kehidupanya sendiri. cerita seperti apa yang kita ingin bacakan kepada cucu kelak kita tua nanti, kita lah yang menentukanya.dan menulisnya.

    Reply

  6. proposal merupakan suatu unsur yang harus kita gunakan disaat kita ingin mendapatkan sesuatu..
    contohnya, proposal yang dilakukan untuk mendapat persetujuan atasan untuk menjalankan suatu kegiatan / acara.
    proposal juga dapat disamakan saat seseorang melamar / meminta persetujuan pasangannya untuk hidup bersama..

    Reply

  7. Proposal tidak hanya dibuat jika kita ingin membuat suatu acara. Kita bisa juga membuat proposal hidup kita. Dengan itu kita bisa tahu apa saja yang kita akan lakukan untuk mencapai apa yang sdh kita tulis di proposal hidup kita.

    Reply

  8. Posted by Muhammad Alfian Akbar on March 26, 2014 at 7:10 am

    Sangat dalam kalau berbicara proposal untuk kehidupan. Karena sebaik-baik, dan serinci-rincinya proposal kita dalam menjalani hidup tetap hanya Sang Penciptalah yang akan menentukan. Akan tetapi dengan berusaha menurut saya semua akan menjadi baik dan memiliki makna nantinya. Maaf apabila ada salah-salah kata hanya opini saya.

    Reply

  9. Posted by NoviTalim on March 26, 2014 at 8:35 am

    wahh rekomendasi film yang bagus nih..
    proposal adalah kata-kata yang sering didengar mulai dari SMP,SMA, KULIAH , Kerja bahkan dikehiupan sehari-hari pasti akan terdengar kata proposal. dari proposal kita dapat menata lebih baik lagi apa yang akan kita lakukan. merencanakan lalu mengerjakan bermanfaat untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dan mendapatkan solusi yang simple.

    Reply

  10. Posted by Ajeng Anisahidayah on March 26, 2014 at 12:03 pm

    1601284440_Ajeng Anisahidayah

    Film yang menarik. Ya, proposal memang dibutuhkan dalam kehidupan. Terutama untuk seseorang yang telah mengenal dirinya dan hidupnya. Agar kita dapat menulis dan merekam apa saja yang telah kita lakukan dalam kehidupan kita, dan menyampaikannya kepada Tuhan agar diberikan lah lagi nikmat yang lebih banyak.

    Reply

  11. Posted by Julio (04PKF) on March 26, 2014 at 12:21 pm

    Proposal perlu dibuat untuk menunjukkan data diri kita, kemampuan kita, dan kelebihan kita. Dengan proposal, orang dapat menilai kita sejauh mana kemampuan kita yang dapat mereka gunakan untuk perusahaan mereka. Proposal menuliskan tentang identitas diri kita yang bisa kita tunjukkan ke orang-orang

    Reply

  12. Posted by Okky Andrian on March 26, 2014 at 2:42 pm

    Proposal disini dalam kehidupan kita berarti bagaimana kita merencakan kehidupan kita. Buatllah rancangan hidup kita sebaik mungkin dan yang pasti sesuai kemampuan kita. Cobalah membuat proposal hidup kita mulai dari sekarang, jangan sampai terlambat. Apabila sudah terlambat, penyesalan yang ada.

    Reply

  13. Posted by cindy buquenfil on March 26, 2014 at 3:45 pm

    Saya setuju dengan adanya proposal kita dapat merencanakan apa yang ingin kita capai. Setelah itu kita dapat membuat planning untung mencapai impian kita. Dengan adanya proposal kita juga dapat menentukan tujuan hidup. Kita juga dituntut untuk terus berusaha dan bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut.

    Reply

  14. Posted by a_b on March 26, 2014 at 4:23 pm

    proposal kita adalah melakukan yang terbaik dalam hidup kita. masalah diterima atau tidak itu adalah masalah atasan kita, atau dalam arti lain Tuhan Yang Maha Esa. walaupun hasil tidak seperti yang diinginkan tapi dengan melakukan yang terbaik pasti ada sesuatu yang lebih baik disiapkan untuk hidup kita.

    Reply

  15. Posted by Lisa Catharina Purnomo on March 26, 2014 at 4:53 pm

    Saya suka tulisannya, sebenernya saya belum pernah menoonton film itu. Nanti akan saya tonton. Saya suka dengan pernyataan “Hal yang paling penting, apapun sulitnya sebuah pekerjaan, sebelum semua perencanaan dibuat, maka proposal menjadi bagian awal perencanaan”. Dan saya berharap suatu hari nanti menemukan orang yang tepat yang akan mengajukan proposalnya kepada saya.

    Lisa Catharina P
    1601248095/ 04PIM

    Reply

  16. Posted by randy fajra (04PJT) on March 27, 2014 at 3:15 pm

    sangat perlu sekali untuk membuat sebuah “proposal” dalam hidup kita ini. yaitu kebahagiaan, cinta, tertawa, senang, sedih dan sebagainya. semua itu sangat perlu di buat dalam sebuah “proposal”. karena yang menjalankan dan mengatur apa yang harus kita kerjakan dalam hidup kita untuk yang lebih baik adalah diri sendiri, bisa disamakan seperti “schedule” atau jadwal yang akan kita lakukan sehari hari nya.

    Reply

  17. Posted by Jonathan Putra 04PJT on March 27, 2014 at 4:50 pm

    Artikel ini mengajarkan kita supaya dalam hidup ini kita harus memiliki sebuah tujuan. Menjalani hidup ini seperti harus mempunyai sebuah proposal yang berperan sebagai landasan hidup kita.Proposal kita berisi hal-hal yang baik dan memiliki sebuah tujuan yang kita inginkan. Dengan adanya “proposal” ini, diharapkan kita tetap ingat dengan Tuhan dan selalu berada di jalan yang benar.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: