Operator

Bagian terpenting dari suatu perhubungan komunikasi adalah operator (XL)

article-2249252-168BDEDF000005DC-797_634x422Mari kita kembali ke masa tahun 60-an di mana telepon semua manual belum otomatis. Kalau kita mau telepon harus mengengkol, yaitu memutar-mutar engkol telepon dan juga harus diperhatikan apakah batery nya tidak swak atau lemah (baterei 5 kg beratnya). Di sudut sana seorang operator menunggu lalu menjawab kita nomor telepon yang akan kita tuju lalu dia mengambil colokan kabel dan menyambungkan ke telepon yang kita tuju. Jumlah pemilik telepon sangat terbatas jadi kantor telepon hanya dilayani 3 atau 4 orang saja. Kita bernasib buruj kalau operator sibuk kita harus menunggu bisa 1 jam lebih.
Bandingkan sekarang dengan telepon genggam yang berjuta-juta di seluruh dunia saat ini. Betapa sibuknya sang operator, yakni komputer dengan kapasitas besar yang melayani kita. Bayangkan suatu saat komputer itu overloaded dan operator terhenti. Saya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi kalau kita tidak bisa saling berhubungan. Bisa saja terjadi kekacauan besar-besaran, karena semua komunikasi putus. Ketiadaan perhubungan itu mungkin memicu terjadi kekacauan besar-besaran.
Sungguh Tuhan baik hati menciptakan komputer sebagai pengganti operator, yang menjalin perhunungan dan komunikasi kita semua.
Suatu malam akhir tahun saat hampir subuh jam 24.00, saya menerima telepon dari MSF (Medicine Science Frontier ) atau Persatuan Dokter-dokter Lintas Batas yang berpusat di Belgia, mengatakan bahwa pesawat terbang Illusion 76 mereka sudah meninggalkan Switzerland menuju Pelabuhan Banda Aceh atau Medan. Pesawat I76 buatan Rusia ini adalah VLC raksasa lebih besar dari Boeing 747 dengan sayap lebar sekali. Ia membawa bantuan obat-obatan dan peralatan medis untuk korban Tsunami di Aceh.
Saya sungguh terkejut, tetapi apa boleh buat namanya misi kemanusiaan. Ini hari ketiga setelah Tsunami di Aceh. Di sini saya bingung karena tidak ada operator yang bekerja, sedangkan waktu tinggal 10 jam pesawat akan mendarat. Tengah malam saya menghubungi staf ahli menteri perhubungan dan Direktur Angkasa Pura I dan II, lalu kami membentuk tim Operator dalam dua jam. Saya memimpin langsung operasi pendaratan dan komunikasi.
Landasan Banda Aceh masih penuh lumpur, sedangkan Medan dan Batam juga tidak memungkinkan karena runway terlalu kecil. Akhirnya tidak ada jalan lain harus mendarat di Jakarta. Apa mau dikata pesawat jam 10 pagi mendarat di Jakarta tetapi lebih 5 jam bandara ditutup karena besarnya pesawat membuat runway terhalang oleh sayap pesawat yang sangat lebar. Saya juga seumur hidup baru lihat pesawat sedemikian besar. Untung operasi semua berjalan lancar, dan transhipment menuju Medan dilakukan oleh pesawat Hercules, Angkatan Udara dan Angkatan Laut.
Operator memang sangat penting sebagai kunci komunikasi. Tanpa operator semua komunikasi akan lumpuh total. Bagian terpenting dari suatu perhubungan komunikasi adalah operator
Saya rasa di Indonesia ada beberapa operator telepon sedang bersaing memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan.
Menarik sekali berbicara tentang operator. Sebenarnya kadang kita melupakannya, betapa pentingnya operator bagi kehidupan kita. Atau mungkin diri kita sendiri adalah operator bagi kepentingan orang yang kita cintai. Sesorang profesor ahli komunikasi benar sekali ketika mengatakan bahwa sebaiknya sebelum kita berkomunikasi, jadikanlah diri kita sebagai operator komunikasi (Prof. Dr. William Blegberg. PhD – 1933), karena dengan mengenal diri kita sebagai operator komunikasi kita menguasai komunikasi itu sendiri.
Semoga kita semua bisa mengerti arti operator bagi sebuah komunikasi, yang sangat berguna bagi kehidupan sosial kita, supaya jangan terjadi salah sambung, terputus hubungan bahkan tidak bisa menemukan sambungan komunikasi lagi. Salam dan doa.

12 responses to this post.

  1. Posted by agni aprilia on March 22, 2014 at 3:45 pm

    Benar apa yang telah di uraikan di atas mengenai fungsi operator komunikasi. Dimana operator komunikasi berfungsi untuk menyambungkan kedua belah pihak yang ingin berkomunikasi. Saya sendiri tidak dapat membayangkan apabila operator di Indonesia mengalami overload dan mengakibatkan putusnya komunikasi. Sekarang segala sesuatu selalu berhubungan dengan komunikasi, dari hal pertelevisian, bercakap dengan rekan bisnis diluar Indonesia, dan lain-lain. Maka dari itu kita patut bangga dengan operator yang sudah membantu kita untuk mempermudah berkomunikasi dengan satu sama lain.

    Reply

  2. Posted by 04 PHO_Denny Mandira Firdaus_1601269641 on March 22, 2014 at 4:49 pm

    Operator
    • Dengan adanya teknologi yang semakin canggih dan pesat, kita sebagai manusia yang berkarakter harus menggunakannya dengan sebaik mungkin, agar terciptanya situasi lingkungan yang penuh dengan efektifitas dan lebih efisien.
    • Operator dalam kehidupan sehari hari yang membuat kepribadian kita menjadi semakin baik, dan menjadi manusia yang beradab.

    Reply

  3. Posted by Ciany Limka on March 24, 2014 at 2:11 pm

    padan era jaman sekarang ini kita dituntut harus mengenal teknologi. terutama teknologi komunikasi dan dapat berkomunikasi yang baik pula, manusia saat ini cenderung sangat mengantungkan diri mereka dengan teknologi saat ini. contoh kecilnya setiap harinya manusia melakukan komunikasi terhadap lingkungan disekitarnya atau bersosialisasi. operator merupakan alat pacuan kita dalam berkomunikasi jaman dulu alat komunikasi operator sangatlah terbatas dan pada saat ini perkembangan teknologi meninggi dan semakin modern dan mengahruskan tingkat operator juga bertambah demi kenyamanan dan kepuasaan dalam berkomunikasi. dalam hal berkomunikasi kita diharapkan mampu menjadi mengenali diri kita sebagai operator komunikasi yang baik terlebih dahulu sebelum berkomunikasib dengan orang lain atau lingkungan sekitar kita.

    Reply

  4. Posted by Yunggih on March 24, 2014 at 3:36 pm

    Cerita yang menarik mengenai operator sebagai “jembatan” komunikasi. Juga kisah awal komunikasi menggunakan telepon di Indonesia yang memberikan gamabaran pentingnya operator pada masa itu. Serta operator sebagai kunci komunikasi di bandara yang mengatur pendaratan dan hal lain sebagainya.

    Reply

  5. Posted by Steven on March 24, 2014 at 4:39 pm

    sungguh saya tidak menyadari betapa pentingnya operator setelah membaca artikel ini, operator memegang peranan penting bagi kehidupan. thanks atas bacaannya

    Reply

  6. Posted by Ajeng Anisahidayah on March 26, 2014 at 11:58 am

    1601284440_Ajeng Anisahidayah

    Memang yang menjadi operator dalam komunikasi adalah diri kita sendiri. Karena dalam berkomunikasi, kita perlu menyampaikan, dan mengatur hal apa yang ingin kita katakan. Baiknya hal tersebut mengandung hal positif dan sesuai dengan apa yang telah kita maksudkan.

    Reply

  7. Posted by 04PKF_Dwi Indah Mentari on March 26, 2014 at 1:10 pm

    Saya berpendapat bahwa operator memang penting untuk kelancaran berkomunikasi. Jika tidak adanya operator maka komunikasi antara sesama menjadi lebih lambat, sebagai contoh kita cukup mengangkat handphone lalu mengirimkan SMS untuk memberikan kabar, baik kabar baik maupun kabar buruk. Tidak seperti jaman dahulu, jika ingin memberi kabar kepada orang yang jauh dari kita harus menyampaikannya melalui surat, mengirimkannya, menunggu beberapa hari baru mendapat balasan dari orang yang kita beri kabar, tetapi dengan adanya operator dan alat komunikasi yang semakin baik hanya butuh beberapa jam saja kita dengan cepat dapat berkomunikasi dengan orang lain.

    Reply

  8. Operator, awalnya saya kira artikel ini bakal membahas operator “XL”, tetapi saya salah. hehehe. Memang benar kalau komunikasi itu sangat penting. tidak untuk orang dewasa saja, bahkan seorang bayi yang masih di dalam kandungan sudah di ajak berkomunikasi oleh orang tuanya dengan tujuan agar memiliki hubungan yang sangat erat dengan bayi nya.

    Dan dalam artikel ini, saya sangat tertarik bagaimana proses dalam landing nya pesawat tersebut. dan bagaimana proses komunikasinya. kalau bisa cerita tersebut di bikin artikelnya.

    Reply

  9. Posted by Okky Andrian on March 26, 2014 at 2:48 pm

    Operator disini berarti hati menurut saya. Apabila kita ingin menjadi operator yang baik, tentunya harus memiliki hati yang baik. Dengan hati yang baik, kita akan menjadi pribadi yang baik pula karena mampu mengenali dan mengatur hidup kita sendiri

    Reply

  10. Posted by nielsen on March 26, 2014 at 3:43 pm

    saya setuju. menurut saya operator seperti layaknya otak dari manusia, pusat sistem kontrol yang mengatur semua gerak dan tingkah laku tubuh. Operator mungkin merupakan sebuah hal penting yang ada di hidup kita. Bayangkan saja hal yang paling kecil yaitu tidak adanya operator telepon. Seluruh dunia harus kembali ke zaman dimana manusia harus berkomunikasi menggunakan surat yang membutuhkan waktu lama. Tidak seperti telepon zaman sekarang dengan fasilitas komunikasi yang memudahkan dan memperdekat jarak.

    Reply

  11. Posted by Desire on March 27, 2014 at 2:42 pm

    Komunikasi itu memang penting, dan yang paling penting dari bagian komunikasi adalah memang operatornya, karena operator yang menguasai komunikasi itu sendiri. Pernyataan di atas mengenai betapa pentingnya operator bagi kehidupan kita adalah benar adanya. Karena komunikasi dan operator memang tidak dapat dipisahkan dan digunakan dalam kehidupan sosial, maka kita sendiri juga harusnya dapat belajar bagaimana menjadi operator yang baik bagi sebuah komunikasi sehingga dapat berjalan dengan lancar tanpa miskomunikasi.

    Reply

  12. Seperti yang kita tahu sekarang ini diIndonesia keamanan suatu operator diragukan. seperti yang banyak diberitakan banyak telphone di indonesia yang di sadap oleh negara lain. mereka melakukan hal itu untuk mengawasi perkembangan negara-negara tertentu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: