Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh adalah komunikasi pesan nonverbal atau tidak berkomunikasi dengan kata-kata
(Adharta)

Student-Body-Language-Poster2Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh yang menghasilkan sebuah komunikasi antar sesame. Satu keunikan bahasa tubuh ini adalah tidak bisa salah!

Ada 5 (Lima) fungsi dasar pesan nonverbal atau bahasa tubuh :
1. Repetisi : mengulang kembali gagasan yang sudah disampaikan secara verbal.
Contoh:
Anak kecil yang menjawab mau diajak ke dufan akan mengiyakan sambil melompat-lompat senang.
2. Subtitusi : Menggantikan lambang verbal.
Contoh:
Tanpa mengatakan sepatah katapun, di Indonesia bila seseorang menggeleng, maka lawan bicaranya akan tahu bahwa itu sebagai tanda ketidaksetujuan.
3. Kontradiksi : Menolak sebuah pesan verbal dengan memberikan makna lain menggunakan pesan nonverbal.
Contoh:
Seseorang mengiyakan dan menganggukkan kepala saat diminta mendekat namun lalu mengambil langkah seribu dan lari secepat-cepatnya. Bahasa tubuhnya yang menghindari kontak dengan melarikan diri menandakan bahwa ia takut, kontradiktif dengan awal pesan verbalnya saat ia mengiyakan.
4. Pelengkap : Melengkapi dan memperkaya pesan nonverbal.
Contoh:
Air muka yang menunjukkan rasa sakit luar biasa tanpa mengeluarkan sepatah katapun.
5. Aksentuasi
: Menegaskan pesan nonverbal.
Contoh:
Kekesalan diungkapkan dengan memukul lemari.

Secara naluri kita sebenarnya sangat membutuhkan bahasa tubuh, dengan demikian kita akan menghindari kesalahan-kesalahan dalam pesan berkomunikasi dengan sesama kita. Kalau kita di luar negeri maka stasiun TV atau gedung film akan menyediakan sebuah ruang dengan seorang pakar bahasa tubuh untuk menjadi intepreter, sehingga seorang bisu tuli bisa menikmati siaran berita dan cerita dengan sempurna.
Kita mengharapkan di negara kita ini ada yang memperhatikan orang bisu tuli, atau orang buta dengan huruf braille atau Gereja memberikan pesan melalui bahasa tubuh, tetapi saya berharap paling tidak kita sedikit memberikan perhatian kepada saudara-saudara kita yang cacat. Misalnya, gereja membuat Misa sebulan sekali khusus untuk orang bisu tuli dan para orang buta. Sedemikian rupa sehingga peran gereja akan menjadi bagian dari bahasa tubuh.

Sungguh suatu kegembiraan besar kalau orang bisu bisa bicara, orang tuli bisa mendengar dan orang buta bisa melihat. Kita juga bisa banyak berperan menjadi bahasa tubuh bagi saudara, sahabat dan keluarga kita yang dalam tanda kutip “belum” bisa mendengar, melihat dan berbicara tentang cinta Tuhan. Salam damai sejahtera. Tuhan memberkati. Doaku menyertai.

64 responses to this post.

  1. Bahasa tubuh atau verbal sangat berguna ketika kita ingin berkomunikasi dengan seseorang. Contohnya dalam keadaan ramai dan suara kita tidak dapat terdengar oleh lawan bicara kita, disinilah bahasa tubuh digunakan. Orang yang mempunyai bahasa tubuh yang baik adalah orang yang mampu berkomunikasi dengan baik.

    Reply

  2. Posted by Haryanto Thomas on March 26, 2014 at 12:18 pm

    Dengan mempelajari bahasa tubuh manusia kita jadi bisa memahami sifat dari sesorang yang kita lihat, contohnya seorang wanita yang memainkan rambutnya itu menandakan rambutnya ingin diperhatikan, atau saat berbicara dengan lawan jenis, wanita memandang seorang lelaki dengan antusias itu menandakan dia peduli dengan lelaki itu melainkan itu kalau ia merasa bosan dan tidak tertarik, ia akan berbicara dengan kalimat pendek dan tidak melihat dengan antusias.

    Reply

  3. Posted by Yoseph Leonardo on March 26, 2014 at 12:21 pm

    bahasa tubuh atau body gesture sangatlah penting ketika kita berkomunikasi dengan lawan bicara kita. maka sopanlah dalam berkomunikasi. karena, orang yang sensitf, akan melihat seberapa kita senang, bosan, tertarik atau tidaknya berasal dari body gesture yang kita lakukan.

    Reply

  4. Bahasa tubuh sangat baik jika kita tambahkan kedalam komunikasi kita, terkadang kita berbicara apa tanpa bahasa tubuh mungkin mereka yg mendengarkan blum menangkap maka dari itu bahasa tubuh harus digabungkan kedalam komunikasi lisan.

    jika kita berkomunikasi dengan orang yg tidak bisa berbicara ataupun tidak bisa mendengar kita bisa mengetahui apa yg ia ingin bicarakan dan dia juga bisa mengerti apa yg kita bicara kan.

    Reply

  5. Posted by novitalim on March 26, 2014 at 1:26 pm

    bahasa tubuh merupakan suatu alat komunikasi tambahan. dengan adanya bahasa tubuh kita dapat memberi kode, menjelaskan sesuatu yang tidak dapat dijelaskan oleh kata-kata. dengan bahasa tubuh kita dapat berkomunikasi walaupun memiliki bahasa yang berbeda-beda tanpa harus terjadi keterbatasan antar satu dngan yang lainnya dibumi ini. saya sendiri sering menggunakan bahasa tubuh tanpa disadari.😀

    Reply

  6. bahasa tubuh dapat menunjukkan kejujuran seseorang. ketika mereka senang akan terlihat dari pergerakan tubuh, mimik wajah. ada banyak hal yang tidak bisa diucapkan dpat dilakukan dengan bahasa tubuh itu sendiri.

    Reply

  7. Posted by Regi Saputra 1601233004 on March 26, 2014 at 2:44 pm

    Bahasa tubuh itu sangat penting bagi kehidupan. Sebagai alat komunikasi antar sesama bahasa tubuh sudah di jelakan di bacaan di atas.
    Sebenernya bahasa tubuh adalah alat komunikasi yang paling jujur daripada bahasa verbal yang sering kita gunakan.

    Reply

  8. Posted by Frenky on March 26, 2014 at 2:56 pm

    bahasa tubuh sebenarnya lebih dapat mengekspresikan perasaan seseorang daripada yang dia bicarakan biasanya. karena bicara tergantung pada cara orang menata kata – kata itu sendiri

    Reply

  9. Posted by cindy buquenfil on March 26, 2014 at 3:51 pm

    Menurut pendapat saya bahasa tubuh lebih jujur dibandingkan dengan mulut. Mulut masih bisa berbohong tetapi bahasa tubuh seperti ekspresi wajah sangan sulit untuk berbohong. Seringkali apa yang kita rasakan sangat sulit untuk diucapkan namun dengan bahasa tubuh semua dapat diungkapkan dengan mudah.

    Reply

  10. Posted by Gita Purnama Sari on March 26, 2014 at 4:05 pm

    bahasa tubuh melambangkan suatu komunikasi yang tidak perlu di ungkapkan menggunakan kata-kata namun dapat di baca dengan ekspresi wajah seperti perasaan , fikiran dan lain-lain atau gerakan-gerakan agar dapat tersampaikan dengan baik dan benar.

    Reply

  11. Posted by Rinaldy Zulkarnain / 04 PJT / 1601277044 on March 27, 2014 at 2:50 pm

    Bahasa tubuh adalah cara terbaik untuk mengekspresikan diri saat suara kita sudah tak didengar. Dalam komunikasi sehari-hari, sering kita menggunakan bahasa tubuh tanpa kita sadari. Dan pada nyatanya, bahasa tubuh jauh (non-verbal) memiliki persentase lebih besar dalam komunikasi ketimbang hanya dengan komunikasi verbal

    Reply

  12. Posted by Handi Steven on March 27, 2014 at 3:14 pm

    Memperbaiki bahasa tubuh dapat membuat perbedaan yang besar ketika seseorang menilai kepribadian anda. Bahasa tubuh yang baik dapat menunjukkan bahwa anda memiliki kecakapan, daya pikat dan suasana hati yang positif. Oleh karena itu, perhatikan bahasa tubuhmu dengan baik.

    Reply

  13. Bahasa tubuh memang salah satu cara kita berkomunikasi. Kadang tanpa berbicara, orang akan memahami langsung arti dari bahasa tubuh kita. Bahasa tubuh sendiri lebih jujur daripada komunikasi yang disampaikan, karena biasanya komunikasi yang disampaikan telah tercampur dengan pikiran yang kadang membuat manusia sering kali berbohong.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: