Bunga

Sesungguhnya bunga-bunga yang mekar mewangi di pagi hari ingin menyapa kita dengan suka-cita (Adharta)

krivica2Selama beberapa bulan terakhir ini saya menerima undangan perkawinan atau pelantikan pejabat dan anehnya di belakang undangan ada 3 atau 4 gambar dan semua dikasih tanda silang (X) tinggal ada gambar amplop dikasih tanda contreng. Dengan demikian saya menganggap bahwa kiriman hadiah dalam bentuk kado dan bunga tidak diharapkan. Sebenarnya indah dan praktis karena bunga setelah sampai di ruang pesta hanya berusia 2 jam setelah itu di buang sia-sia tidak bermanfaat.
Berbeda dengan saya, karena kebiasaan saya adalah suka atau merasa penting mengirimkan bunga, bukan maksud promosi atau narsis majang nama, tetapi dalam mengirim bunga ada sebuah DOA dan PENGHARAPAN bagi yang berbahagia, Atau kita kenal suatu peribahasa katakan dengan bunga atau “say it with flower”

Seperti ungkapan di atas. Sesungguhnya bunga-bunga yang mekar mewangi di pagi hari ingin menyapa kita dengan suka cita. Saya percaya bahwa ada suka cita besar yang disampaikan melalui bunga yang tidak ternilai harganya. Karena kalau bicara soal bunga maka tidak terlepas dari CINTA dan pengharapan, karena benar sekali kita tidak bisa banyak berbicara atau bercerita untuk itu dibutuhkan kehadiran bunga.
Kalau kita hadir di Gereja kita melihat di Altar dan sekelilingnya penuh dengan bunga, tentu punya makna tersendiri. Dari hati saya yang paling dalam bahwa bunga menjadi bagian dari liturgi sendiri tentu banyak bercerita karena dengan memandang bunga kita sekaligus menerima berkat yang luar biasa sebagai tanda Cinta Tuhan kepada kita. Bunga melambangkan cinta dan damai, kerukunan, persahabatan, pengharapan dan sukacita dalam kegembiraan Tuhan. Jadi, kalau kita melihat bunga di altar bukan lagi lukisan, patung, ukiran manusia, tetapi tangan Tuhan sendiri yang menggambar, melukis, dan mengukirnya. Puji syukur kita diberikan mata untuk menyaksikan, terima kasih berlimpah karena kita menyaksikan sendiri.

Memang dalam sejarah bunga banyak diukir, terutama dalam kerajaan Romawi Kuno. Di mana ada tradisi kalau seorang pria wajib memberi bunga kepada seorang wanita yang dicintainya. Apa lagi kalau dalam perkawinan, di mana ada janji perkawinan itu harus ada bunga juga jadi saksi. Banyak tradisi yang menghantar kita bersama bunga.

Semoga bunga juga bermakna bagi kita semua sebagai sumber suka cita dan damai sejahtera sekalipun dalam duka cita karena sumber penghiburan bunga itu indah. Salam dan doa.

48 responses to this post.

  1. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:07 am

    Bunga mawar terlihat indah dan cantik, tapi di sisi lain bunga itu memiliki duri. Sesuatu yang cantik atapun indah tak seluruhnya indah, pasti ada sebuah sisi yang tidak menunjukan keindahan.

    Reply

  2. Bunga tidak terlepas dari hal yang berbau Romantis dan Cinta..Bunga juga dapat melambangkan kasih, suka cita dan pengharapan serta Penghiburan.. Tumbuhan membutuhkan proses yang cukup panjang untuk dapat menghasilkan bunga.. Demikian juga diri kita, membutuhkan proses agar menjadi pribadi yang baik..Hendaknya kita dapat menjadi seperti bunga yang mewarnai dan mencerahkan dunia..

    Reply

  3. Menurut saya, bunga bisa melukiskan cinta lebih dari sekedar kata-kata. Ketika kata-kata terdengar seperti omong kosong, bunga bisa menunjukan keseriusan yang lebih dalam.

    Reply

  4. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 7:15 am

    bunga yang merupakan tumbuhan yang dianugrahkan oleh Tuhan menjadi salah satu sumber kebahagiaan bagi banyak orang. sederhana namun bermakna, itulah ungkapan saya dalam memaknai BUNGA.

    Reply

  5. Bunga mungkin sekarang hanya dipergunakan dalam percintaan karena sekarang undangan undangan pernikahan lebih mengharapkan amplop yang bisa lebih berguna isinya dari pada bunga

    Reply

  6. saya setuju walaupun keindahan bunga hanya bertahan untuk waktu yang sebentar tetapi bunga mempunya arti yang banyak dan berbeda-beda bagi setiap orang

    Reply

  7. 1701293351_Andre Jonathan : bunga merupakan makhluk hidup(tumbuhan). bunga juga memiliki kehidupan sama seperti kita. oleh karena bunga merupakan ciptaan Tuhan juga sama seperti kita, kita harus merawat bunga juga agar bisa tumbuh dan berkembang sehingga menjadi berguna bagi kita. analoginya sama seperti manusia yang jika dirawat dan diberi makan akan tumbuh menjadi dewasa. sama seperti bunga yang jika kita rawat dengan baik, bisa berguna bagi kita. bunga adalah simbol keindahan yang dapat menyejukan hati dan membuat perasaan kita bahagia.

    Reply

  8. Menurut saya benar bahwa bunga itu adalah lambang cinta kasih. Terutama bagi wanita bunga itu melambangkan cinta kasih dan kelembutan.

    Reply

  9. Bunga identik digambarkan dan dijelaskan dengan keindahan. Ketika orang memberikan bunga, melambangkan bahwa orang tersebut berharap orang yang diberikan bunga dapat mendapat dan menikmati keindahan seperti bunga itu sendiri. Walaupun bunga tidak terlalu bertahan lama, namun bunga telah menjadi suatu lambang cinta dan kasih. Oleh karena itu, saya setuju dengan artikel di atas.

    Reply

  10. Terkadang karena kehidupan berjalan begitu cepat kita jadi lupa akan hal-hal kecil yang ada di sekitar kita, bunga adalah salah satunya. Kehidupan yang semakin modern dan canggih juga membuat kita semakin berorientasi pada diri sendiri. Semakin jauh, kita semakin tidak memperhatikan lingkungan kita dan makna dibalik mereka. Manusia pun menjadi semakin egois dan individualistis. Sayang sekali karena terkadang hal-hal kecil itulah yang memberikan makna pada hidup kita.

    Reply

  11. Bunga melambangkan cinta dan damai, kerukunan, persahabatan, pengharapan dan sukacita dalam kegembiraan. dengan bunga kita dapat menyegarkan mata.

    Reply

  12. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 9:42 am

    bunga merupakan lambang cinta kasih. dengan memberikan bunga maka kita mengungkapkan rasa cinta dan kasih yang kita miliki. sama halnya dengan bunga, rasa cinta kasih memiliki banyak warna dan warna tersebut yang mewarnai setiap kehidupan orang-orang.

    Reply

  13. Sebenernya kita juga sangat nyaman dan relax bila melihat banyak seperti saat di taman bunga/kebun bunga/di sekitar puncak yang banyak sekali bunga dan berbagai tanaman rasanya sangat asri sekali baik bagi mata maupun udara yang kita hirup sangat membuat kita nyaman dan menghilangkan stress. Karena sesungguhnya bunga itu sebagai lambang suka cita dan damai sejahtera,karena begitu indah dan segar.

    Reply

  14. Saya setuju dengan artikel Bunga ini. Bunga memiliki banyak arti yang tidak dapat kita gambarkan dengan kata-kata. Seperti orang yang sedang pacaran lalu pacarnya memberikan bunga, orang yang sedang sakit diberikan bunga, hingga orang yang sedang berduka juga diberikan bunga. Oleh karena itu bunga sangat dibutuhkan kita untuk memberikan arti saat kita tidak mampu berkata kata.

    Reply

  15. Jadilah bunga mawar yang indah berpagarkan duri, jangan biarkan dirimu
    menjadi sembarangan bunga yang tetap juga indah tetapi tidak
    berduri,apabila tidak berduri ,tiada lagi benteng yang dapat melindungi
    keindahan si bunga ini dari sewenang-wenangnya didekati sang kumbang.
    Lantas, tercemarlah keindahan dan murahlah nilainya. Duri mawar itulah
    ditasbihkan dengan perbatasan aurat
    Dengan pagaran duri itu,kilauan warnanya semakin memancar indah dan harum
    aromanya menyelinap di segenap naluri yang mengundang kekaguman di hati
    sang kumbang hingga sang kumbang berfikir beberapa kali untuk mendekati.

    Reply

  16. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 1:07 pm

    Bunga-bunga memang sangat indah, apalagi jika itu ada di sepanjang jalan yg kita lewati.. Bunga-bunga yg indah itu memang akan berpengaruh pada perasaan kita.. Oleh sebab itu bunga akan dijadikan sebagai lambang kebahagiaan, cinta, dan rasa sayang..

    Reply

  17. ibarat bunga yang selalu menyambut kita dengan maksud yang baik dan penuh dengan kebahagian sangatlah baik untuk merefelsikan di kehidupan kita masing-masing.

    Reply

  18. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 1:23 pm

    Bunga memang salah satu karya Tuhan yang luar biasa indah, bisa mengomunikasikan pesan tertentu dengan bahasanya, membuat suasana menjadi lebih berwarna

    Reply

  19. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 1:39 pm

    menurut saya setiap orang memiliki hak untuk menentukan apa yang dia inginkan.dari orang-orang disekitarnya, tapi baggi saya ungkupakan cinta tidak hanya dari bunga dan uang, doa yang tulus juga sangat berarti.

    Reply

  20. namun tidak semua bunga dapat menunjukan rasa kasih sayang

    Reply

  21. Posted by septi indah christina on December 5, 2013 at 2:20 pm

    menurut pendapat saya, bunga memang melambangkan cinta, kerukunan, pengharapan, dan persahabatan. akan tetapi tidak semua orang menyukai bunga, maka kita juga harus memahami setiap orang apakah dia menyukai bunga atau tidak. sehingga kita tidak mengecewakan orang lain. dan bunga biasanya hanya sebagai simbol, tetapi semuanya tergantung dalam perbuatan yang kita lakukan dan niat kita, justru Tuhan lebih menilai kearah situ.

    Reply

  22. Ternyata di dalam bunga terkandung makna yang sedemikian banyaknya bagi setiap orang. Bunga dalam kuntipan di atas adalah sebuah DOA dan PENGHARAPAN. Saya memiliki pemikiran yang sama mengenai bunga, karena bunga itu melambangkan cinta dan pengharapan.

    Reply

  23. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 2:28 pm

    Bunga telah menjadi lambang CINTA Tuhan kepada manusia karena bunga merupakan lambang keindahan dan sukacita.

    Reply

  24. Bunga, bagian tumbuhan yang satu ini emang sangat berguna dan bermanfaat.
    Sukacita, dukacita, pengharapan, cinta, kasih, dan perasaan manusia dapat di simbolkan dengan bunga ini.

    Reply

  25. artikelnya bagus, Pak! tetap berkarya.

    Reply

  26. Posted by hudson on December 5, 2013 at 4:06 pm

    saya setuju karena bunga ialah lambang kecantikan dan keindahan. sehingga jika memberikan bunga berarti memuji bahwa keindahaan nya sama seperti bunga

    Reply

  27. Posted by 01PNO_Kevin Tanu Wijaya on December 5, 2013 at 4:27 pm

    Meskipun saya tidak begitu suka bunga tapi dengan melakukan kebaikan kita dengan otomatis merasa bahagia..

    Reply

  28. Bunga adalah simbol dari cinta dan pengharapan, karena itu bunga banyak dipakai untuk event-event tertentu. Contohnya menyatakan cinta pada kekasih, menurut saya sampai kapanpun bunga tetap akan menjadi simbol cinta.

    Reply

  29. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 8:30 am

    Bunga merupakan lambang kecantikan dan keharuman. Dengan demikian bunga bisa membawa perasaan seseorang dengan aroma bunga tersebut.

    Reply

  30. Bunga adalah ciptaan Tuhan yang diciptakan untuk mengindahkan dunia dan menyapa kita ketika ia mekar indah disekeliling kita tanpa kita sadari.

    Reply

  31. Posted by Octavianus on January 16, 2014 at 10:23 am

    Artikel yang sangat menarik,kesan pertama orang ketika melihat bunga adalah sebuah lemah lembut dan sejahtera,kerena itu tidak ada salahnya ketika kita memberikan bunga kepada orang yang kita sayangi sebagai bentuk perasaan kita.

    Reply

  32. saya sangat setuju dengan anda. bunga adalah salah satu pengungkapan yang indah untuk seseorang. walaupun memang cepat sekali layu nya namun bunga melambangkan kasih sayang dan keindahan. bunga pun dapat merubah suasana hati seseorang.

    Reply

  33. Posted by sarfina adani/01PNO on January 16, 2014 at 2:03 pm

    bunga memang merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat indah. berbagai macam jenis bunga tumbuh dan bertebaran banyak sekali di dunia ini. fungsi dari buka tersebut juga terkadang berbeda2, contohnya bunga mawar yang mengartikan tanda cinta. namun belakangan ini banyak sekali orang yang tidak ikut melestarikan bunga justru malah merusaknya dengan tidak dirawat dengan baik

    Reply

  34. Posted by sarfina adani/01PNO on January 16, 2014 at 4:50 pm

    bunga adalah salah satu jenis tanaman yang sangat indah serta banyak jenisnya. bunga juga memiliki makna yang berbeda-beda seperti contohnya bunga mawar yang menandakan kasih sayang. namun belakangan ini bunga tidak dilestarikan dengan baik menurut saya seharusnya kita bisa melestarikan bunga dengan baik agar kota juga kelihatan lebih hidup dan indah

    Reply

  35. Posted by Branov Gerson on January 16, 2014 at 8:42 pm

    bunga merupakan ungkapan rasa cinta tapi bisa juga rasa yang lain karena bunga dapat mengungkapkan bebarapa rasa. bunga dalam hal percintaan memang romantis, dibandingkan janji2 palsu

    Reply

  36. Posted by 04PHO_assarina on March 22, 2014 at 4:00 pm

    Bunga memang seringkali dilambangkan sebagai bentuk cinta dan kasih. Setiap jenis dan warnanya memiliki maknanya masing-masing, seperti mawar putih bermakna cinta suci atau cinta sejati, mawar pink merupakan bentuk kekaguman, edelweiss melambangkan pengorbanan, keabadian, dan ketulusan.
    Menurut saya cinta seperti bunga ketika terpesona akan keindahannya membuat kita merasa ingin memilikinya secara pribadi sehingga, kita memetiknya. Dengan begitu, selama berjalannya waktu bunga tersebut akan layu dan mati bersama dengan keindahannya. Seperti halnya cinta, “Love is not about possession, Love is about appreciation” .

    Reply

  37. Posted by 04PHO//BELLIA PUTERI NOVIANTY//1601272466 on March 22, 2014 at 4:05 pm

    Bunga itu begitu indah sekali, menyejukan mata,hati dan pikiran. Bunga memiliki makna, melambangkan doa maupun harapan serta cinta dan kasih sayang. Karena Bunga dapat mewarnai mencerahkan kehidupan kita dari keharuman wangi serta warna bunga tersebut..

    Reply

  38. Posted by mechael on March 24, 2014 at 2:46 pm

    bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman yang sangat indah, tapi di sisi lain bunga itu memiliki duri. Sesuatu yang cantik atapun indah tak seluruhnya indah, pasti ada sebuah sisi yang tidak menunjukan keindahan.

    Reply

  39. Posted by hilmi hidayati on March 24, 2014 at 3:23 pm

    pembangkit mood alami itu adalah bunga🙂

    Reply

  40. Posted by 04PKF_Franky Kurniawan on March 26, 2014 at 8:25 am

    Bunga adalah sebuah cinta dan pengharapan itu benar sekali dan bunga itu adalah sebuah lukisan atau karya seni yang Tuhan ciptakan untuk kita lihat dan kita rasakan keindahannya. Bunga memang sering di nyatakan sebagai ungkapan hati seseorang untuk orang yang di sayanginya meskipun bunga hanya tahan beberapa hari tetapi yang terpenting adalah kasih sayang yang di wujudkan dalam bentuk pemberian bunga tersebut bukan dari berapa lamanya bunga itu dapat bertahan. Bunga adalah jenis tanaman yang sangat indah sekali dan sangat menarik warnanya dan di setiap bunga tersebut pasti memiliki sebuah maknanya tersendiri.

    Reply

  41. Posted by Kezia on March 26, 2014 at 1:11 pm

    bunga adalah tanda cinta bagi kita semua. dari kalangan muda sampai yang tua masi menggunakan bunga sebagai sarana menyatakan perasaan mereka. selain buat pasangan , bunga juga untuk tanda persahaban. contoh nya mawar kuning itu dapat diartikan sebagaitanda persahabatan.

    Reply

  42. bunga itu indah, tapi memang banyak yang tidak mengharapkan bunga sebagai hadiah saat ada event besar terjadi dalam hidup seseorang.
    saya pun ketika memilih wewangian atau parfum lebih suka yang mengandung bebauan bunga. bunga asli untuk orang terkasih pun indah, menunjukkan kasih mereka, sungguh indah….

    Reply

  43. Posted by Frenky on March 26, 2014 at 2:51 pm

    semua yang ada di alam ini memiliki arti dan makna masing – masing, tidak akanheran jika bunga juga melambang suatu makna yang mendalam.semua hanya tergantung pada kita mau cari tau atau tidak

    Reply

  44. Posted by Dita Ariska on March 26, 2014 at 4:15 pm

    bungan selalu identik dengan sebuah keindahan. selain itu, bunga juga memiliki bentuk yang unik dan aroma yang khas. dalam kehidupan, bunga pun juga melambangkan sebuah rasa kasih sayang. keindahannya seakan dapat menghipnotis seseorang.

    Reply

  45. Posted by Gita Purnama Sari on March 26, 2014 at 4:19 pm

    bunga melabangkan sesuatu yang indah dan harum dan juga memberi sifat romantis dalam mengungkapkan suatu perasaan . namun hendak kita menyentuhnya ati-ati tertancap duri yaitu sesuatu yang indah tak selamanya indah pasti ada luka atau kesedihan.

    GITA PURNAMA SARI
    1601283684
    04PKF

    Reply

  46. Posted by maria_04PJT on March 27, 2014 at 12:46 pm

    Bunga merupakan lambang cinta kasih.apalagi bunga mawar setiap wanita pasti menyukainya . jika seorang pria memberikan bunga maka pasti pria itu mengungkapkan rasa cinta dan kasih yang ia miliki. sama halnya dengan bunga, rasa cinta kasih memiliki banyak warna dan warna tersebut yang mewarnai setiap kehidupan orang-orang.

    Reply

  47. Posted by Oktavianus Kurniawan on March 27, 2014 at 1:56 pm

    Bunga adalah ciptaan Tuhan yang sungguh indah. Bunga menunjukkan betapa maha besar dan berkuasa ciptaan Tuhan yang sungguh luar biasa dan memiliki beraneka ragam warnanya. Berbahagia juga kita diberi 2 bola mata yang lebih baik dari kamera mana pun di dunia ini yang dapat menangkap semua momen indah ketika melihat karya ciptaan Tuhan yang indah yakni bunga.

    Reply

  48. Posted by sumajouw joan on March 27, 2014 at 3:07 pm

    bunga bisa melambangkan cinta dan damai. tetapi, jika kita tidak merawat bunga tersebut maka bunga tersebut akan layu, begitu juga denga cinta dan damai agar kita semua bisa memelihara itu dengan baik.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: