Serba Salah

Karena hari kemarin SUDAH LEWAT dan hari esok BELUM DATANG. Kita hanya dapat merasakan sesuatu SAAT INI dan SAAT INI saja. Keadaan yang serba-salah bisa diatasi dengan kebijaksanaan dan keiklasan dalam terang Tuhan (Adh)

1209150_10151720917702998_423924616_nSaya rasa hampir dari kita semua pernah mengalami kondisi dimana kita betul-betul merasa serba salah
terutama saat berada bersama dengan orang yang kita cintai atau bersama sahabat-sahabat. Saya rasa keadaan ini memang membuat keadaan yang betul-betul membuat tidak nyaman bagi kita sendiri maupun bagi saudara.

Banyak orang menganggap keadaan ini berada dalam keadaan negatif, tetapi kalau kita lihat dari sisi positif keadaan ini banyak justru mengangkat kita. Dalam suatu keadaan dimana membutuhkan suatu kebijaksanaan yang baik, disana justru kita diperlukan. Ada beberapa novel yang mengangkat kondisi ini, atau lagu “Raisa” dengan judul serba salah. Di sana diangkat keadaan dimana suasana percintaan menjadi serba salah. Kalau kita nonton sinetron atau film cinta segitiga akan terjadi keadaan yang tidak nyaman.

Suatu hari seorang teman saya menulis sebagai berikut :

HIDUP memang SERBA SALAH. Maaf jika terdengar pesimis, namun itulah KENYATAAN nya. Kita sebagai manusia memiliki ILUSI untuk berpikir bahwa kita akan BAHAGIA jika kita MEMILIKI, MENDAPATKAN atau MENJADI seperti apa yang kita inginkan.

“Saya akan BAHAGIA jika saya mendapatkan pacar cantik, ganteng, setia, kaya, penurut, badboy, badgirl, nice guy, nice girl, muda, tua, dewasa, imut, cute, tinggi, pendek, putih, hitam, dan lain-lain”.

“Saya akan BAHAGIA jika saya jadi artis, sutradara, milyarder, manager, pengusaha, pemodal, pekerja kantoran, presiden, menteri, gubernur dan lain-lain”.

“Saya akan BAHAGIA jika saya punya baju mahal, mobil mahal, rumah mahal, harta karun, pulau, pesawat, helikopter dan lain-lain”.

Namun KENYATAANnya, kita tidak kunjung bahagia WALAUPUN kita SUDAH memiliki, mendapatkan ataupun menjadi seperti apa yang kita inginkan. Tulisan teman saya ini memberikan inspirasi buat saya untuk menulis keadaan serba-salah. Apa yang harus kita lakukan dan tindakan apa yang harus kita ambil agar bisa mendapatkan suatu kebaikan bersama.

PERCAYA DIRI :
Dalam situasi yang tidak pasti jangan kalut karena itu dibutuhkan kepercayaan penuh bahwa kita bisa mengatasi masalah dan tidak setengah-setengah. Untuk itu dibutuhkan ketenangan tidak boleh mengambil tindakan yang sembrono. Kemampuan untuk meningkatkan kemampuan percaya diri juga memerlukan saran dan nasihat terutama dari orang-orang yang mampu atau kita anggap mampu untuk membantu kita, tidak lupa juga dukungan doa yang penuh kepasrahan tentang apapun yang terjadi.

MEMAAFKAN :
Jika ada kesalahan yang berada dalam keadaan ini agar bisa saling memaafkan dan tidak saling menyalahkan karena jika dikemukakan kesalahan-kesalahan maka suasana akan menjadi gelap. Dan tidak mementingkan diri sendiri, tetapi mengemukakan kebaikan bersama.

PANDANGAN POSITIF :
Akan sangat terasa dirugikan apabila kita mengambil sikap positip, tetapi hasilnya lebih baik.
Sulit sekali dalam keadaan serba salah kita mengambil sikap positif. Namun perlu pengorbanan dalam mengambil sikap positif.

SABAR dan TAWAKAL :
Menghadapi situasi sulit yang datangnya tiba-tiba melibatkan kita, membangkitkan emosi dan kemarahaan dalam situasi serba salah. Di sini dibutuhkan kesabaran dan hati yang tawakal.

Saya pernah mengalami suasana serba salah, ketika menghadiri perkawinan keponakaan saya. Saat semua sedang bersuka cita, tiba-tiba terjadi perkelahian antara keluarga. Sungguh suasana gembira berubah menjadi tegang. Saya dan istri ada di sana. Kami betul-betul dalam keadaan serba salah.

Semoga kita semua diberi kemampuan mengatasi segala keadaan baik suka maupun duka dan kebijaksanaan akan Kasih Tuhan. Salam dan doa.

33 responses to this post.

  1. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:21 am

    menurut saya kesabaran sangat di perlukan jika kita di dalam suatu kondisi yang serba salah.

    Reply

  2. Keadaan Serba salah dapat muncul dimana saja kapan saja.. Dapat dikatakan keadaan serba salah ini sebagai “Maju Kena, Mundur Kena”.. Namun dengan beberapa poin diatas seperti percaya diri, memaafkan, pandangan positif, sabar dan tawakal, maka keadaan ini dapat kita lalui..

    Reply

  3. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 7:31 am

    terkadang perasaan serba salah itu akan merubah pola pikir kita yg commonsense menjadi uncommonsense.. dimana kita akan menjadi orang yang lebih bijak dalam menempatkan diri sehingga adapat keluar dari kondisi yang serba salah tersebut.

    Reply

  4. Serba salah itu merupakan sebuah perasaan yang sering muncul ketika manusia mengalami banyak hal dalam kehidupannya maka berusahalah untuk menghindarkan diri dari perasaan serba salah yang bisa menimbulkan perasaan tidak enak dalam hidup kita

    Reply

  5. serba salah memang suatu hal yang tidak mengenakan dalam kehidupan tetapi mungkin dengan rasa ini kita menjadi bisa lebih baik.

    Reply

  6. semua orang pernah merasakan rasa serba salah, yang membuat sangat tidak nyaman dan tentu saja mengganggu.

    Reply

  7. Setelah membaca artikel ini saya menjadi tahu bahwa ketika kita dalam situasi yang serba salah kita harus percaya diri, berpikir positif dan sabar.

    Reply

  8. Kita merasa serba salah karena tak kunjung bahagia dengan kehidupan kita. Terus merasa ada yang tidak benar dan ada yang kurang. Kebahagiaan sebenarmya buka tentang memiliki, tapi tentang penerimaan. Jika kita menerima dengan tulus apa yang kita miliki dan mencintainya, maka otomatis kita akan merasa bahagia.

    Reply

  9. Kita sering berada di posisi serba-salah dalam suatu kehidupan yang tidak mungkin kita hindari dan pasti kita pernah. Keadaan yang serba salah itu bisa diatasi dengan kebijaksanaan dan keikhlasan dalam terang Tuhan. Yaitu dengan percaya diri,memaafkan,berpikir positif,sabar dan tawakal.

    Reply

  10. Saya satu pendapat karena memang manusia pasti akan dihadapkan pada keadaan yang serba salah. Ada saat-saat yang membuat kita dalam 2 pilihan yang sulit, seperti pepatah makan buah simalakama. Tetapi kita sebagai manusia harus menetapkan pilihan, apapun hasilnya nanti. Apabila kita dihadapkan dalam keadaan serba salah maka yang kita perlukan adalah kepercayaan diri. Percaya bahwa keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang paling tepat. Kita dapat meminta saran kepada orang lain untuk dapat meyakinkan kita. Selain itu, kita juga harus bisa memaafkan dan selalu berpandangan positif dan berprasangka baik bahwa masalah itu akan selesai, sabar dan tawakkal juga dibutuhkan saat emosi melonjak pada situasi serba salah. Pada intinya dalam menghadapi situasi serba salah kembali lagi ke manusia sendiri untuk dapat menyikapinya.

    Reply

  11. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 10:45 am

    Serba salah memang perasaan yang sangat menyiksa, ingin begini salah, namun ingin begitu juga salah, bagai memakan buah simalakama. Benar seperti kata artikel diatas, untuk mengatasi rasa serba salah kita bisa percaya diri, memaafkan, berpandangan positif, sabar dan tawakal.

    Reply

  12. menurut saya, hidup itu adalah pilihan. Tidak ada yang begitu serba salah dalam kehidupan tergantung dari kita sendiri yang menjalani dan memilih jalan mana yang tepat. Namun memang tak jarang kita dihadapi persoalan yang serba salah bahkan dalam hal-hal sepele. Kita harus dewasa dan bijak dalam menyikapinya. Kalau tidak mau memilih salah satu ya terpaksa mengalah dan mengambil jalan tengah.

    anggraini – 01pno – 1701342220

    Reply

  13. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on December 5, 2013 at 12:57 pm

    manusia memang harus menyadari kesalahannya namun manusia juga tidak seharusnya selalu merasa serba salah hingga selalu dihantui rasa bersalah. Artikel ini sangat bermanfaat bagi kita yang ingin keluar dari rasa bersalah kita dan belajar memaafkan diri kita.

    Reply

  14. saya juga pernah merasakan dimana pilihan pilihan yang membuat saya serba salah disaat itulah saya harus sabar,tawakal,dan berdoa untuk mendapatkan hidayahnya.hidup emang serba salah makanya kita harus tegar untuk menghadapinya dah mencari solusinya.

    Reply

  15. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 1:12 pm

    setuju dengan artikel ini. seperti yang tertulis di Alkitab, “Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari” kadang kita memang dapat menghadapi keadaan serbasalah. memang menyulitkan tapi saat dalam keadaan seperti ini saya teringat kata kata “this too shall past” sehingga saya hanya mencoba memilih keputusan yang terbaik dan menyerahkan semuanya pada yang di atas.

    Reply

  16. memang dalam hidup ini kita sering berada dalam kondisi dimana kita serba salah hal ini menurut saya dikarenakan kita terlalu perduli apa ynag dikatakan sekitar kita oleh karena itu haruslah kita tetap percaya diri pada apa yang kita lakukakn dan teruslah berpandandangan positif dalam segala kondisi yang kita hadapi

    Reply

  17. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 2:06 pm

    Saya sangat setuju sekali tentang hidup di saat ini… Banyak sekali orang yg terlalu berlama-lama menyesal dengan masa lalunya, banyak juga orang yg terlalu berlama-lama berfantasi dengan masa depannya, namun hanya beberapa yg hidup sepenuhnya di saat ini.. Tentang serba salah, menurut saya itu hanya sebuah pandangan saja… Bagi saya, saya hanya melakukan hal yg menurut saya baik dan benar, selebihnya adalah urusan Tuhan dan orang lain… Dan soal BAHAGIA, menurut saya BAHAGIA itu PILIHAN …

    Reply

  18. Saya setuju dengan artikel Serba Salah ini. Kita memang harus memiliki sikap-sikap seperti yang ada di atas, seperti percaya diri, memaafkan, pikiran positif dan tawakal. Karena jika kita melakukan sebaliknya justru masalahnya semakin menimpa kita dan kita semakin merasa serba salah. Saya pernah berada di posisi itu, saat saya ikut terlibat dalam organisasi dan tiba-tiba saya keluar dengan seenaknya tanpa memberitahu, setelah saya bertemu mereka yang ada di organisasi itu saya benar-benar merasa bersalah dan saya meminta maaf sebesar-besarnya, tapi untungnya mereka memaafkan saya dan membiarkan masalah itu berlalu. Oleh karena itu, jangan pernah gengsi untuk minta maaf lebih dahulu saat kita merasa bersalah.

    Reply

  19. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 3:03 pm

    tips yang baik, karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. saya suka dengan artikel ini. cukup memberikan pencerahan saat menemukan pilihan yang sulit.

    Reply

  20. terkadang saya berasa di posisi yang serba salah, tetapi akhirnya dapat terlewati juga. Memilih suatu jalan yang saya anggap pas walaupun ada kosekuensi di satu sisi, selama berjalannya waktu pasti akan bisa kembali normal kembali karena pemikiran yang matang dan bijaksana. Sabar dan tawakal merupakan hal yang tepat untuk mendukung posisi yang serba salah.

    Reply

  21. Posted by septi indah christina on December 5, 2013 at 3:29 pm

    menurut pendapat saya, perasaan serba salah sering kali dialami oleh manusia karena munculnya pikiran-pikiran negatif yang dimana kita tidak percaya diri dengan apa yang sudah kita lakukan. dan seharusnya manusia harus lebih melatih diri untuk berpikiran positif terhadap segala hal, dan harus bersikap sabar. dan jangan terlalu berambisi untuk memiliki segala sesuatu yang diinginkan dengan cepat. karena mendapatkan sesuatu itu tidaklah mudah.

    Reply

  22. Kesimpulannya, kita hanya akan BAHAGIA, jika kita merasa BAHAGIA, sekalipun kita milioner, punya rumah dimana”, beristri banyak, ingat 1 hal.kata kuncinya adalah MERASA BAHAGIA. dan “Maaf jika terdengar pesimis, namun itulah KENYATAAN nya. Kita sebagai manusia memiliki ILUSI untuk berpikir bahwa kita akan BAHAGIA jika kita MEMILIKI, MENDAPATKAN atau MENJADI seperti apa yang kita inginkan” untuk bagian ini menurut saya kebahagian ini bukanlah sebuah ilusi melainkan kebahagian semu saja. Jika silhkan pilih ingin bahagia jangka panjang, atau bahagia semu saja?

    Reply

  23. Terimakasih Pak, sangat membuka pikiran.🙂

    Reply

  24. Posted by hudson on December 5, 2013 at 4:27 pm

    tidak ada perbuatan yang salah terus menerus dan benar terus menerus tergantung dimana, kapan dan bagaimana kita melakukan nya orang yang bisa dan megerti dengan baik hal ini lah yang dapat maju dan terus dicintai lingkungan nya

    Reply

  25. Posted by Aghel Prabandono on January 16, 2014 at 6:43 am

    Dalam hal serba salah, semua manusia pasti pernah terjebak dalam kondisi seperti itu, atau juga selalu melakukan kesalahan. Ada baiknya jika kita harus belajar tidak takut salah di pengalaman pertama melakukan apapun supaya kita tahu di waktu nanti tidak terjebak kedalam situasi serba salah karena kita sendiri pernah melakukan kesalahan yang tidak ingin kita lakukan lagi kedepannya

    Reply

  26. Rasa serba salah sudah sewajarnya kita rasakan. Dengan adanya kesalahan yang diperbuat tentu kita akan sadar dan tidak melakukannya lagi. Adanya kesalahan juga mengajarkan kita tentang meminta maaf, kesabaran, serta rasa percaya diri.

    Reply

  27. Posted by Christine Myrafirmin on January 16, 2014 at 8:57 am

    Saya setuju dengan kalimat “Keadaan yang serba-salah bisa diatasi dengan kebijaksanaan dan keiklasan dalam terang Tuhan “,dalam situasi serba salah memang tidak enak,kita sebaiknya bijaksana dan ikhlas menerimanya

    Reply

  28. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 10:14 am

    Kita tidak akan mengulangi kesalahan dengan rasa sadar dan kita hanya dapat sabar atas keadaan tersebut.

    Reply

  29. Posted by Olivia Rusli on January 16, 2014 at 4:35 pm

    Serba salah, memang kadang sering membuat kita mati kutu tak tau apa yang harus diperbuat. ya berfikir positif memang diperlukan pada saat seperti itu.

    Reply

  30. Posted by Yunggih on March 24, 2014 at 4:44 pm

    Terima kasih pak artikel sungguh meninspirasi. Memang terkadang hidup itu serba salah karena pemikiran kita yang banyak menginginkan segala sesuatu yang menurut kita membuat kita bahagia dan berada di zona nyaman kita. Padahal kita juga dapat bahagia dengan apa yang kita miliki bukan yang kita inginkan.

    Reply

  31. iya serba salah sebuah sifat yang kadang di anggap jelek. contohnya saja ketika kita sudah memilih apel untuk makan malam kita, namun saat tengah malam kita merasa lapar dan menyalahkan kenapa memakan apel tadi dan membuat aku kelaparan sekarang, harusnya tadi aku makan nasi saja tapi aku ingin diet, serba salah deh.
    kadang begitulah kita.
    tapi kita harus terus berfikir positif bahwa yang kita lakukan tidak akan salah

    Reply

  32. Posted by amelia chatrin on March 27, 2014 at 2:03 pm

    saya sering berada dalam posisi ini “serba salah” namun saya mengalah,saya mengontrol diri saya,untuk berpikir positif dan berani untuk menenangkan suasana,terkadang saya pikir itu dapat merugikan saya,namun saya berpikir kembali bahwa dengan merasakan “serba salah” ini saya lebih sadar akan keadaan saya,bisa menahan emosi dan amarah saya,dan juga bisa meredam api didalam otak untuk mebakar setiap orang yang membuat saya merasa bersalah,namun semua itu saya mendapat hikmah,saya mendapat pelajaran,bahwa setiap perbuatan jangan kita merasakan bahwa kita salah,mungkin kita ada benarnya juga,namun perasaan kita yang membuat kita membuat kita merasa bersalah

    Reply

  33. Posted by Handi Steven on March 27, 2014 at 3:18 pm

    Kadang kita memang merasa serba salah dalam hidup. Namun percayalah Tuhan membiarkan itu terjadi untuk menjadi pelajaran bagi kita. Maka belajarlah dari hal tersebut dan ambil hikmahnya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: