Traffic Light

Jika sampai di persimpangan jalan memang sebaiknya memperhatikan traffic light sebelum menyebrang (Adh)

3269614-3d-rendering-traffic-lightKisah sedih tentang seorang sahabat saya di Amerika. Suatu subuh dia mengalami kecelakaan di perempatan jalan dan akhirnya merengut nyawanya. Kejadian itu tentu sangat menyedihkan karena putra kesayangan keluarga ini baru saja menyelesaikan studi kedokterannya. Antonius sahabat karib saya, teman sebangku dan teman sepermainan, harus pergi tanpa meninggalkan pesan apapun selain saksi bisu lampu merah hijau atau traffic light di Amerika. Hampir tiga puluh tahun berlalu saya masih mengenang sahabatku ini, karena beliau adalah sahabat yang sangat ceria, penuh canda dan tentu saja ringan tangan membantu sahabat.

Saya tumbuh dan besar di kota Surabaya. Kalau Anda berada di Surabaya dan berjalan di pagi hari, hampir di setiap perempatan akan ditemukan bunga yang ditaburkan di tengah jalan persimpangan. Biasanya dikasih uang koin ribuan beberapa buah. Saya sendiri tidak tahu maknanya, tetapi ini adalah tanda peringatan. Seseorang atau keluarga yang mengenang atau berdoa untuk yang meninggal akibat kecelakaan di persimpangan jalan.

Menurut beberapa pengamat lalu lintas kecelakaan memang paling banyak terjadi di persimpangan jalan. Apa lagi dikarenakan lampu traffic light atau istilah orang jawa Bang Jo, tidak hidup atau mati mungkin lebih baik sekalian tidak ada lampunya.

Jalan raya memang sangat rawan kecelakaan, semakin lebar semakin berbahaya, semakin besar kota semakin banyak kecelakaan, sehingga diperlukan pengaturan yang lebih rapi, tata tertib, sopan santun dan saling mengalah. Ini merupakan kunci utama keselamatan.Traffic light menjadi menarik karena dia adalah rambu-rambu hidup yang menjaga kita, menjaga keselamatan kita dan memberi kita kenyamanan dalam berlalu lintas.

Traffic light dalam kehidupan kita menjadi signal perjalanan kita adalah penting. Ia memberikan kita tanda mengenai bahaya yang ada di hadapan kita. Firman Tuhan Pelita bagi kakiku, Terang bagi jalanku. Salam dan doa.

49 responses to this post.

  1. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:18 am

    mungkin para pengendara motor di jakarta merubah sendiri aturan dari lampu lalulintas. hijau untuk jalan, kuning untuk jalan cepat sebelum lampu menjadi merah dan merah untuk jalan karena terlalu lama untuk menunggu hijau.

    Reply

  2. Menurut saya, Traffic Light dalam kehidupan orang-orang Kristiani adalah Alkitab. Alkitab sudah memberikan segala pengetahuan bagaimana kasih-Nya dan bagaimana kita dapat memaknai hidup ini namun sering kali banyak dari kita yang mengabaikan Alkitab lalu menyalahkan Tuhan ketika sesuatu yang buruk terjadi. Padahal sudah jelas tertulis di Alkitab bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan.

    Mengabaikan Alkitab sama saja mengabaikan Traffic Light ketika sedang berkendara di perempatan jalan. Entah apa yang akan terjadi ketika kita mengabaikan Traffic Light. Mungkin masih bisa selamat dengan diberikan kesempatan kedua atau tidak selamat sama sekali.

    Reply

  3. Traffic Light alias lampu merah pada persimpangan jalan dapat menjadi pengatur lalu lintas yang baik.. Namun kenyataanya di Indonesia, tepatnya di Jakarta, hampir di setiap lampu merah dapat ditemukan orang-orang yang melanggar lampu merah.. Berbeda dengan halnya di negara tetangga seperti singapura..Dimana traffic light sangatlah dipatuhi, selama saya pergi ke singapura, belum pernah ada saya melihat orang melanggar traffic light.. Traffic Light yang sesungguhnya ialah diri kita sendiri, dimana kita dapat mengatur, melakukan dan membedakan sesuatu sesuai dengan waktu dan tempat..

    Reply

  4. Lampu merah bisa membantu mengatur agar jalanan bisa teratur dan terhindar dari kecelakaan yang bisa meningkatkan angka kematian yang sebenarnya bisa membahayakan

    Reply

  5. iya memang selain jalan kita mungkin membutuhkan trafic light untuk mengatur kita dalam menjalani kehidupan

    Reply

  6. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 9:24 am

    Traffic light merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Jika tidak ada traffic light, maka kondisi jalanan akan sangat kacau balau dan tidak teratur. Tetapi biasanyaa di Indonesia, para pengendara kendaraan pribadi maupun umum sering tidak memperhatikan traffic light, dan terjadi kecelakaan.

    Reply

  7. jalan raya memang sangat rawan kecelakaan, seharusnya pengguna jalan bisa lebih hati-hati dalam berkendara agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, dan tentu saja kita sebagai pengendara harus mengerti rambu jalan.

    Reply

  8. Dalam melakukan perjalanan memang benar bahwa kita harus SELALU memperhatikan traffic light agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

    Reply

  9. Traffic Light memang sering menjadi yang disepelekan oleh orang Indonesia. Banyak dari mereka yang menerobos lampu merah karena terburu-buru dan akhirnya dapat menyebabkan kecelakan yang menimpa dirinya dan bisa saja menimpa orang lain yang tidak bersalah. Seharusnya kita bisa mengantisipasi semua itu dengan tidak berangkat terlalu mepet dengan jam harus kita tiba, dan kita harus berhati-hati dan tidak ceroboh dalam mengendarai motor. Kita harus mematuhi tata tertib pengguna jalan raya terutama traffic light baik dalam keadaan ramai atau sepi sekalipun.

    Reply

  10. Tidak hanya di jalan, kita juga sering mengabaikan ‘traffic light’ dalam kehidupan kita. Traffic light adalah sebuah tanda, seringkali kita tidak percaya pada tanda ini kemudian mengabaikannya. Yang terjadi setelahnya adalah penyesalan. Andai saja kita mengindahkan tanda ini dari awal, maka penyesalan pun dapat kita hindari.

    Reply

  11. Traffic Light / yang biasa kita kenal dengan sebutan lampu merah sangat penting dalam suatu lalu lintas. Karena bila tidak ada petugas yang mengatur lampu merah ini yang mengatur arah kendaraan agar tidak terjadi kekacauan. Dan semua pengendara kendaraan baik angkutan umum/pribadi harus mentaati lampu merah ini agar tercipta keteraturan dan ketertiban. Bila tidak mentaati akan dikenakan sanksi melalui peraturan yang berlaku.

    Reply

  12. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 11:20 am

    kita harus mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku untuk menjaga keselamatan diri kita dan orang lain. tidak kalah pentingnya juga kemampuan untuk sadar diri, dengan sadar diri maka kita dapat mengalah kepada orang lain dan menghargai orang lain. sama seperti pada kehidupan, traffic light dalam kehidupan kita menjadi signal-signal penting dalam kehidupan kita.

    Reply

  13. semua juga berawal dari tiap individu masing-masing dalam berlalu lintas. begitu banyak bahaya yang kita hadapi tiap hari. namun, ingat bahwa Tuhan juga beserta kita.

    Reply

  14. Posted by branov on December 5, 2013 at 12:14 pm

    dalam setiap kegiatan kita harus berhati-hati karena sesuatu apapun bsa saja terjadi tanpa terduga, kita harus bisa melihat tanda2 seperti traffic light di jalan.

    Reply

  15. Kita memang harus berhati-hati di penyimpangan jalan, karena kecelakaan bisa saja terjadi dimana saja. Kita juga harus memerhatikan rambu-rambu sebelum melakukan sesuatu. “kita berhati-hati, tetapi belum tentu orang lain berhati-hati juga”

    Reply

  16. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on December 5, 2013 at 1:01 pm

    sebenarnya jika manusia ingin mematuhi aturan yang memang diciptakan untuk kenyamanan kita sendiri pasti berbagai permasalahan bisa diselesaikan dengan mudah namun kita adalah manusia yang memandang segala sesuatu secara berbeda termasuk dalam mematuhi sebuah aturan. Artikel ini menunjukkan bahwa kita harus selalu berhati-hati terhadap sesuatu serta selalu peka terhadap apa yang penting seperti peraturan-peratun lalu-lintas.

    Reply

  17. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 1:17 pm

    Setuju dengan artikel diatas bagaimana bagi saya traffic light saya adalah norma agama dan hati kecil saya. ketika saya ingin melakukan sesuatu jika ada penolakan dalam hati kecil saya saya yakin bahwa itu adalah peringatan dari Tuhan untuk tidak melakukannya.. karena hati kecil tidak akan berbohong,,

    Reply

  18. memang betul dalam hidup ini penuh dengan traffic light dimana kita harus trus melihat kapan kit harus berjaln dimana kita harus berhenti dan dimana kita harus mulai hati2 tetap perhatikan lampu peringatan yang Ia berikan dan minta pedoman dariNyaa

    Reply

  19. Turut berduka cita atas meninggalnya sahabat Bapak.
    Memang kecelakaan di persimpangan jalan marak sekali terjadi, para pengguna mementingkan dirinya sendiri sehingga traffic menjadi tidak teratur.
    Saya pun sering melihat orang-orang yang nekat “curi jalan” saat lampu menyala merah, ketika saya tegur, mereka langsung emosi.
    Semoga mereka dapat cepat sadar, sebelum mereka harus belajar dengan cara yang keras.

    Reply

  20. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 2:10 pm

    Ya saya setuju sekali… Dan menurut saya traffic light dalam kehidupan kita merupakan salah satu cara untuk mengelola dan mengendalikan diri sendiri, tentang bagaimana kita harus berpikir, bersikap, dan bertindak….

    Reply

  21. Saya sangat setuju dengan artikel TrafficLight ini. TrafficLight memang berfungsi sebagai penanda kapan kita harus jalan,kapan harus berhenti dan kapan kita harus berhati-hati. Oleh karena itu kita sebagai pengendara atau pengguna jalan harus mematuhi lampu lalu lintas tersebut agar semua berjalan dengan lancar. Apa yang terjadi jika lampu lalu lintas kita langgar?Mungkin kita bisa terjadi kecelakaan atau mungkin terjadi kemacetan disana sini. TrafficLight sangat berperan penting dalam jalan raya, sama seperti Firman Tuhan yang kita dengar juga berguna untuk mengatur arah hidup kita agar lebih baik. Oleh karena itu patuhi aturan yang sudah ada agar semua berjalan dengan baik.

    Reply

  22. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 2:51 pm

    Seperti traffic light yang selalu ada dan selalu memberi peringatan dan tanda untuk berhenti atau berjalan, begitu pula dengan Tuhan yang selalu memberi tanda2 untuk kita melalui kehadiran orang lain. Namun seperti traffic light yang ada di jalan pula yang kadang tertutup oleh dahan pohon atau malah kita abaikan walaupun kita melihatnya, begitu pula dengan tanda dari Tuhan. padahal itu semua bertujuan untuk menghindarkan kita dari kecelakaan yang mungkin terjadi dijalan. Ada baiknya kita harus lebih peka dan memperhatikan trafic light yang ada di jalanan dan “traffic light” yang diberikan Tuhan untuk keselamatan jalan hidup kita.

    Reply

  23. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 3:10 pm

    kecelakaan sangat berbahaya, itulah sebabnya lampu lalu lintas penting. dan saya takut dengan jalan, karena walau kita jalan dengan baik tetapi orang lain belom tentu jalan dengan baik.

    Reply

  24. sebelum melangkah lebih baik memikirkan matang2 dan juga melihat tanda-tanda apa yang kemungkinan terjadi, hal ini sangat tepat!🙂

    Reply

  25. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 3:12 pm

    Traffic Light sangat penting keberadaanya untuk menjaga keselamatan kita dalam berlalu-lintas di jalan raya.

    Reply

  26. Posted by septi indah christina on December 5, 2013 at 3:33 pm

    menurut pendapat saya, manusia sering kali menganggap sepele dengan sebuah traffic light. padahal hal itu sangatah berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan, apalagi banyak manusia yang melanggar aturan lalu lintas. seperti menerobos teraffic light itu, oleh sebab itu harus kembali lagi kepada kesadaran dari manusia itu sendiri. lebih baik memilih celaka atau mematuhi aturan lalu lintas dengan taat dan bertanggungjawab.

    Reply

  27. saya sangat setuju dengan pernyataan Bapak pada akhir kalimat.
    saya harap semoga saja kehadiran traffic light ini lebih dimaknai oleh masyarakat, sehingga dapat mengurangi angka terjadinya kecelakaan.

    Reply

  28. Belum pernah ada traffic light yang dapat memberi tahu pengendara kendaraan akan terjadinya bahaya. Dan Traffic Light tidak boleh dikambing hitamkan atas terjadinya kecelakaan, sebab yang kecelakaan kan pengendara kendaraannya, bukan traffic light. Jadi kesmpulannya masalah terdapat pada pihak yang bersangkutan dengan masalah yang terjadi.

    Reply

  29. Posted by hudson on December 5, 2013 at 4:30 pm

    banyak orang memang menggap sepele hal ini padahal 3 warna lampu itu lah yang menentukan apa yang akan terjadi

    Reply

  30. Posted by Aghel Prabandono on December 5, 2013 at 4:36 pm

    Menurut saya lampu lalu lintas ini memberikan makna yang mendalam kepada kehidupan kita, seperti lampu merah misal berhenti melakukan yang tidak perlu, lalu lampu kuning, yaitu kerjakan segala sesuatu dengan hati-hati dan teliti, dan lampu hijau yaitu lancarkan dan bebaskan kreatifitasmu.

    Dan mengenai kecelakaan tersebut, saya mungkin berkaca pada tergantung lampu apa yang diberikan. Mungkin kita menaati aturan, tetapi pihak ketiga dari jalur lain malah melanggar aturan yang menyebabkan kita celaka. Bisa juga terjadi sebaliknya.

    Intinya adalah taatilah aturan yang berlaku, atau kita yang merasakan akibatnya, dan juga selalu hati-hati

    Reply

  31. Posted by Daniel Dwidjayanto on January 16, 2014 at 8:10 am

    Traffic Light memang seharusnya menjadi alat pengatur lalu lintas yang baik untuk menghindari terjadinya kecelakaan, namun ternyata banyak pengguna lalu lintas yang tidak menaati peraturan sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi orang lain dan baginya sendiri

    Reply

  32. Kita diajak untuk berpikir secara kritis keputusan yang telah kita pilih yang nantinya akan mempengaruhi kehidupan kita kedepannya

    Reply

  33. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 10:22 am

    Sebaiknya kita mentaati aturan lalu lintas demi keselamatan kita, Untuk menghindari “Kecelakaan”.

    Reply

  34. Posted by sarfina adani/01PNO on January 16, 2014 at 2:46 pm

    traffic light memang sangatlah rawan menurut saya terlebih apabila tidak ada rambu-rambu yang mendukung. orang-orang juga harus lebih memperhatikan sekitar apabila lampu sedang hijau berarti jangan nekat untuk menyebrang, tunggu sampai lampu merah kembali. menurut saya kedisplinan tentang traffic light juga harus didemonstrasikan agar masyarakat juga lebih hati-hati

    Reply

  35. Posted by Defreia on January 16, 2014 at 4:26 pm

    Traffic light memiliki fungsi untuk menunjukkan tanda kapan kita harus jalan, berhenti, dan hati-hati. Tetapi tergantung pengendara kendaraan itu sendiri apakah ingin menaati tanda tersebut atau melanggarnya, dan jg effect dari hal itu.

    Reply

  36. Posted by sarfina adani/01PNO on January 16, 2014 at 4:39 pm

    traffic light menurut saya juga harus disertakan dengan rambu-rambu yang tepat seperti larangan untuk berhenti atau menyebrang. fungsi nya sudah jelas tinggal bagaimana masyarakat dapat menggunakannya dengan benar dan mematuhinya bukan justru melanggarnya

    Reply

  37. Posted by AllyaBerthaNofriani 1601277681 04PHO on March 22, 2014 at 4:24 pm

    traffic light pada dasarnya merupakan alat pemberi isyarat untuk mengendalikan lalu lintas agar menghindari terjadinya kecelakaan. namun kurangnya kesadaran masyarakat tentang traffic light masih sangat lemah, sehingga seringkali terjadinya kecelakaan. untuk itu, masyarakat haruslah lebih peduli terhadap keselamatan mereka.

    Reply

  38. Posted by sella wijaya on March 26, 2014 at 8:35 am

    tdak hanya d amerika ttpi..di indonesia lebih rawan kecelakaan seperti itu…warga indonesia kebnyakan tdk menghargai dirinya sendiri :misalnya menerobs lampu merah,kereta api..
    kita harus mulai dgn kesadaran diri sendiri dgn menyayangi diri sendiri baru org lain..

    Reply

  39. Posted by 04PKF_Franky Kurniawan on March 26, 2014 at 8:50 am

    Saya setuju sekali dengan pernyataan ini “Traffic light dalam kehidupan kita menjadi signal perjalanan kita adalah penting. ” karena lampu merah menjadi pedoman kita saat sedang berlalu lintas di jalan raya. Tanpa adanya lampu merah ini mungkin kita akan kehilangan pedoman arah kita dan ini sangat membahayakan kita serta sesama pengguna lalu lintas karena tidak adanya tanda-tanda akan sesuatu. Begitu besarnya kasih karunia yang di berikan Tuhan untuk kita sampai-sampai memberikan lampu merah untuk menghindari kecelakaan di saat berlalu lintas dan lampu merah di anggap sebagai tanda untuk menghindari kejadian yang tidak di iginkan tinggal bagaimana kita menyikapi itu semua dengan benar yaitu mematuhinya bukan untuk di langgar.

    Reply

  40. Posted by Chandra Gumelar Aulia on March 26, 2014 at 9:26 am

    Traffic Light dalam kehidupan sehari-hari adalah pengatur lalu lintas kendaraan di Jalan raya. di dalam kehidupan manusia, kita juga mempunyai “Traffic Light” yaitu aturan – aturan Tuhan yang harus kita jalani. Seperti beribadah, menghormati orang tua. Sama halnya dengan Traffic Light sebenarnya, apabila aturan Tuhan ini kita langgar, maka kita akan mendapat balasan yang setimpal dengan perbuatan kita. oleh karena itu kita harus tetap menjalani perintahNya dan menjauhi laranganNya.

    Reply

  41. Kita semua seharusnya mematuhi peraturan lalu lintas, baik pengguna kendaraan maupun pejalan kaki. Saat lampu merah seharusnya pengguna kendaraan berhenti supaya tidak menabrak pejalan kaki dan kendaraan lain dari arah yang berbeda. Pejalan kaki juga harus menunggu sampai lampu berwarna merah baru menyebrang jalan, dengan begitu tidak akan ditabrak oleh motor atau mobil. Semua pengguna jalan harus mematuhi peraturan lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa orang.

    Reply

  42. Posted by Haryanto Thomas on March 26, 2014 at 12:32 pm

    Traffic light saat kita mengendarai kendaraan dan mendapat lampu merah banyak berkata sangat bahaya sebaliknya hijau lebih aman, tetapi menurut saya kebalik kalau lampu berwarna hijau saat kita mau jalan malah jalan seberang yang harusnya sudah merah tapi melanggar sehingga saat saya hijau jadi takut jalan,

    Reply

  43. Traffic light sangat penting bagi semua pejalan kaki atau pun kendaraan. Karena itu, harus disertakan dengan rambu-rambu yang benar dan tepat, guna menghindari kecelakaan dijalan. Selain itu, pejalan kaki juga harus menaati kedaan sekitar dan peraturan lalu lintas. Jika berwarna hijau berarti jala, kuning hati-hati dan merah berarti berhenti. Intinya adalah kita harus selalu hati-hati dan waspada saat sedang jalan atau pun saat sedang menyebrang.

    Reply

  44. Posted by Kezia on March 26, 2014 at 1:23 pm

    begitu banyak arti dalam sebuah kata traffic light ini.
    kalau buat saya, ini sebagai umpama peringatan kehidupan, bahwa di setiap kehidupan ada rambu-rambu nya, atau ada aturan yang harus di ikuti.

    traffic light seperti alkitab, mengingatkan kita ada saatnya kita berhenti , ada saatnya melangkah maju dan untuk tetep berhati”.

    Reply

  45. Di dalam artikel ini ada kalimat yang paling penting di terapkan, yaitu “sopan santun dan saling mengalah”. untuk di jakarta, dua kata kerja ini sangatlah susah untuk di temukan, terutama kata Saling Mengalah. seandainya saja semua pengendara mau mematuhi traffic light , resiko kecelakan pasti akan berkurang bahkan bisa hilang.
    Dan untuk kata “sopan santun dan saling mengalah” adalah kata kunci dari permasalahan traffic light yang sering terjadi.

    Reply

  46. Posted by rachelia on March 26, 2014 at 3:09 pm

    Traffic Light.. sebuah benda yang memang sering menjadi yang disepelekan oleh orang Indonesia. Banyak dari mereka yang menerobos lampu merah karena terburu-buru dan akhirnya dapat menyebabkan kecelakan yang menimpa dirinya dan bisa saja menimpa orang lain yang tidak bersalah. Seharusnya kita bisa mengantisipasi semua itu dengan tidak berangkat terlalu mepet dengan jam harus kita tiba, dan kita harus berhati-hati dan tidak ceroboh dalam mengendarai motor. Kita harus mematuhi tata tertib pengguna jalan raya terutama traffic light baik dalam keadaan ramai atau sepi sekalipun.

    Reply

  47. Posted by andy widya perdana on March 26, 2014 at 3:27 pm

    Traffic light, rambu -rambu lalu lintas dan lampu sen dari motor dan mobil biasanya tidak pernah diperhatikan, kalaipun diperhatikan paling dalam arti kebalikannya dari apa yang dimaksud. kebanyakan orang pun tidak paham terhadap maksud dari kebanyakan rambu dan tata-cara sikap dalam mengemudi kendaraan akhirnya orang pun asal ambil jalan saja. Agama pun sama, walaupun udah ada buku panduan sering terjadi tafsiran atau interpretasi beda dari orang-orang yang seharusnya seiman. Yang terjadi dari situ biasanya adalah konflik yang paling bengis yaitu antar agama yang hampir sama tapi tafsiran atau interpretasi atau ajaran beda seperti sunni dan syi’ah atau protestan katolik di tahun 1300. Kita semua beruntung dalam berlalu lintas ada polisi yang bisa menunjukkan jalan yang benar, sama seperti dalam agama ada pastor, tetapi masih tergantung orangnya juga apakah mereka bisa nyetir dengan benar di jalanan ataukah mereka akan balik lagi ke cara yang salah ketika polisi atau tuhan tidak sedang melihat.

    Reply

  48. Posted by Priska Lucyana Tendean on March 26, 2014 at 4:25 pm

    Setiap pengendara kendaraan sudah seharusnya mematuhi peraturan lalu lintas. Traffic light sengaja dibuat agar lalu lintas teratur. Sudah banyak korban yang meninggal akibat ugal-ugalan di jalan dan melanggar traffic light. Oleh karena itu kita harus mematuhinya, seperti Firma Tuhan yang juga merupakan penuntun hidup kita.

    Reply

  49. Posted by Rengga Aditya Prawira on March 26, 2014 at 4:26 pm

    Traffic light adalah hal yang paling penting di persimpangan jalan karena memberi peringatan terhadap kita untuk “berhenti” dan “jalan”. Dan dalam kehidupan banyak juga peringatan yang diberi Tuhan kepada manusia contohnya ketika terjadi bencana alam. Itu bisa dijadikan peringatan kepada kita untuk berdoa dan beribadah lebih banyak kepada Tuhan sehingga kita bias dihindarkan dari peringatan tersebut.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: