Administrasi

Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan suatu kelompok atau organisasi (Adh)

Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi:
Catat-mencatat,
Surat-menyurat, Pembukuan ringan,
Ketik-mengetik,
Agenda dan Notulen,
Arsip dan penyimpanan
dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Fx AdministrasiAdministrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna bagi kelompok atau organisasi.

Setiap hari kerja saya bertatap muka dengan teman-teman di kantor mulai dari jabatan office boy, receptionist, sekretaris sampai para manager dan direksi, kadang dengan komisaris. Sungguh suka-cita besar kita semua diberi kesempatan buat bekerja, karena di sana pasti juga karya kasih Tuhan ada. Seorang sahabatku mengatakan: “Bahwa dua orang tidak mungkin jadi sahabat kalau tidak karena Kasih-NYA”, tetapi aku sering katakan bahwa segala sesuatu terjadi di dunia ini adalah karena perjumpaan. Setiap perjumpaan itu bukanlah kebetulan. Demikian juga kita semua hadir dan ada karena perjumpaan kedua orang tua kita dan semua dalam rencana Tuhan.

Lalu pertanyaan yang timbul di kantor atau di kelompok, apakah ada administrasinya? Tuhan sudah mengajarkan kita bagaimana membuat administrasi yang baik. Contoh terbaik adalah Kitab Suci yang merupaka kabar gembira. Dari sana kita bisa membaca dan saya berani mengatakan bahwa kalau sebuah kelompok atau organisasi atau perusahaan yang memiliki administrasi yang benar dan baik maka di sana akan timbul suka cita yang besar sekali.

Perhatikan sebuah rumah tangga, suami-istri, anak-anak, dan orang tua. Jika semua teratur rapi maka baiklah keluarga ini. Suka cita dan penuh kegembiraan. Tetapi kalau tidak rapi, maka akan timbul kecemburuan, ketidakadilan, perebutan harta dan lain sebagainya.

Semoga kita semua bisa menjadi administrator yang baik, tangguh dan berdaya guna, bukan di Group BB saja, tetapi di dalam segala hal terutama Cinta Kasih.

29 responses to this post.

  1. Menurut saya, Kitab Suci (Alkitab) merupakan sarana administrasi untuk orang-orang Kristiani karena apapun yang kita cari, ada di Kitab Suci. Melalui Kitab Suci, kita dapat mengenal kasihNya dan kasihNya itu yang menuntun dalam setiap pilihan yang akan kita ambil.

    Reply

  2. Administrasi didefinisikan sebagai proses beberapa orang mencapai tujuan bersama dengan memanfaatkan sarana prasarana yang ada.. Administrasi memang sangat penting dalam setiap segi kehidupan kita..Dengan administrasi yang baik maka kehidupan kita senantiasa berjalan baik dengan penuh sukacita..

    Reply

  3. Administrasi merupakan sebuah pekerjaan yang dapat sangat membantu kita agar tidak bingung, apalagi kalau kita membuka usaha besar maka dibutuhkan sekali admin untuk membantu memudahkan mengetahui dan mengontrol segala hal

    Reply

  4. suatu administrasi yang baik dan benar memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan tidak hanya dalam bekerja di perkantoran saja tetapi dalam kehidupan sehari-hari memang membutuhkan administrasi yang benar

    Reply

  5. dengan adanya administrasi yang baik didalam suatu organisasi maka organisasi tersebut akan menjadi lebih baik dan bekerja dengan semestinya.

    Reply

  6. Dengan adanya pengaturan yang baik maka semua hal juga akan menjadi baik.

    Reply

  7. “Segala sesuatu terjadi di dunia ini adalah karena perjumpaan,” hal ini memang benar. Jika kita tidak pernah berjumpa, kita tidak akan pernah tahu dan tidak akan pernah kenal. Perjumpaan adalah permulaan pada hal-hal yang Tuhan ingin kita kenal, agar kita bisa mengaturnya sedemikian rupa hingga akhirnya menciptakan kebahagiaan dalam hidup kita.

    Reply

  8. Administrasi itu sebagai usaha/kegiatan dalam penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan suatu kelompok /organisasi. Administrasi itu dua orang/lebih kerja sama dalam mencapai suatu tujuan.

    Reply

  9. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 10:56 am

    Sebagai administrator, kita haruslah bisa bekerjasama dengan baik dengan orang-orang disekeliling kita. Untuk menjadi administrator yang baik, haruslah kita mengingat selalu ada campur tangan Tuhan dalam segala apapun yang kita kerjakan, Tuahnlah yang mengatur perjumpaan kita dengan orang-orang yang akan menentukan keberhasilan kita menjadi administrator yang baik.

    Reply

  10. Posted by branov on December 5, 2013 at 12:12 pm

    administrasi salah satu bagian yang paling penting dlm perusahaan ataupun keluarga, dgn memanage administrasi dengan baik sudah pasti kita akan dapat lebih mudah dalam menjalani kehidupan

    Reply

  11. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on December 5, 2013 at 12:53 pm

    dalam artikel ini kita bisa belajar bahwa keteraturan adalah hal yang sangat baik dan patut diterapkan dalam segala bidang mulai dari yang terkecil seperti keluarga hingga yang terbesar seperti negara.

    Reply

  12. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 1:05 pm

    setuju dengan artikel diatas seperti administrasi adalah proses mengelola atau mengatur pekerjaan suatu tujuan demikian administrator adalah orang yang mengaturnya. jika sebuah perusahaan memiliki admin yang baik maka pekerjaan di kantor akan lebih mudah selesai karena pekerjaan pasti diporsikan sesuai kemampuan seseorang. jika admin sebuah perusahaan tidak baik dijamin pekerjaan akan menjadi kacau pekerjaan bertumpuk sana sini. proses pekerjaan di kantor tidak akan dapat berjalan dengan lancar

    Reply

  13. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 1:56 pm

    Kita memang harus mampu menjadi administrator yang baik dalam kehidupan kita… Dengan demikian, kita akan menjadi lebih mudah dalam mencapai tujuan-tujuan dan impian-impian yang pernah kita tetapkan sendiri…

    Reply

  14. yang saya pikir dari administrasi awalnya adalah tentang pembayaran pembayaran. ternyata dapat juga dikaitkan dengan cinta kasih juga.

    Reply

  15. Saya setuju dengan artikel Administrasi ini. Setiap apapun yang terjadi dengan baik dan teratur pasti memiliki administrasi yang tertata dengan baik. Oleh karena itu, kita harus menjadi administrator”Nya Tuhan untuk sebagai pengatur yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

    Reply

  16. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 2:58 pm

    saya setuju dengan kalimat Perhatikan sebuah rumah tangga, suami-istri, anak-anak, dan orang tua. Jika semua teratur rapi maka baiklah keluarga ini. Suka cita dan penuh kegembiraan. Tetapi kalau tidak rapi, maka akan timbul kecemburuan, ketidakadilan, perebutan harta dan lain sebagainya. karena segala sesuatu yang teratur dapat membawa kedisiplian

    Reply

  17. dipelajaran character building saya juga diajarkan mengenai hal ini dan salah satu tugas saya adalah membagikan komentar saya pada blog ini sebanyak 32 komentar setiap 1 pos. Hal ini juga merupakan bagian administrasi dalam tugas yang saya dapat dari mata kuliah ini dari kampus. sangat bermanfaat!

    Reply

  18. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 3:08 pm

    Administrasi dibutuhkan agar timbul suka cita. Tuhan telah mengajarkan kepada kita bagaimana membuat administrasi yang baik. Contoh terbaiknya adalah Kitab Suci.

    Reply

  19. Posted by septi indah christina on December 5, 2013 at 3:21 pm

    menurut pendapat saya, administrasi ini sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. tetapi jika kita dalam mengatur administrasi keuangan dalam keluarga tidak dengan baik dan teratur maka akan menyebabkan kita menjadi kekurangan uang atau kerugian karena memakai uang berlebihan dan tidak terkontrol. dengan adanya administrasi di dunia pekerjaan dapat membuat kita melakukan perjumpaan dengan orang lain dan dapat melatih cara komunikasi kita dengan orang lain.

    Reply

  20. Posted by Aghel Prabandono on December 5, 2013 at 3:50 pm

    Administrasi disini menurut saya jika dilihat dari pengertiannya yaitu “Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan suatu kelompok atau organisasi” maka saya menyimpulkan bahwa administrasi yang baik adalah administrasi yang benar-benar transparan.

    Kenapa transparan ? misal seperti anda pacaran, apakah anda mau sama pasangan anda berpacaran tapi menutup-nutupi sesuatu ? pasti secara cepat atau lambat memunculkan kecurigaan yang berimbas pada pikiran dan hasil yang negatif jika diketahui kebenaran dari apa yang ditutup-tutupi tadi (tidak transparan)

    Reply

  21. Tidak ada sangkut pautnya antara tuhan dengan administrasi yang ada dikantor, tuhan masih punya tugas lain yang lebih penting daripada harus mengajarkan kalian cara beradministrasi yang baik. Belajar dan coba, karena kegagalan adalah guru paling baik.

    Reply

  22. Terima kasih, artikel yang sangat informatif.

    Reply

  23. Posted by hudson on December 5, 2013 at 4:24 pm

    sangat setuju karena hal ini merupakan hal dasar dalam segala hal yang jarang di perhatikan oleh kita tanpa sadar. saat kita sadar semuanya telah menjadi berantakkan dan sudah sangat terlambat untuk memulai kembali.

    Reply

  24. Hidup akan terasa lebih bermakna apabila dijalankan seperti seorang administrator.

    Reply

  25. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 10:07 am

    Apapun dijalankan dengan baik dan teratur pasti memiliki administrasi yang baik.

    Reply

  26. Posted by Olivia Rusli on January 16, 2014 at 4:26 pm

    Kita harus bisa menjadi administrator yang baik dalam perusahaan Hidup yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Sehingga hidup kita tidaklah sia-sia.

    Reply

  27. 1601252760 – Faris Shulhan

    Ya setiap manusia membutuhkan administrasi dalam dirinya . Karena dengan adanya administrasi diri yg baik mampu membuat kehidupan teratur . Selain itu dengan administrasi yg baik seseorang mampu menjadi leader yg baik. Sebelum mengatur orang lain harus mampu mengatur dirinya sendiri .

    Reply

  28. Posted by rachelia on March 26, 2014 at 3:06 pm

    Administrasi merupakan sebuah pekerjaan yang dapat sangat membantu kita agar tidak bingung, apalagi kalau kita membuka usaha besar maka dibutuhkan sekali admin untuk membantu memudahkan mengetahui dan mengontrol segala hal. Kita memang harus mampu menjadi administrator yang baik dalam kehidupan kita. Dengan demikian, kita akan menjadi lebih mudah dalam mencapai tujuan-tujuan dan impian-impian yang pernah kita tetapkan sendiri

    Reply

  29. Posted by Abraham on March 27, 2014 at 4:12 pm

    1601277290_04PJT_Abraham
    Mungkin kata “administrasi” bagi kita itu adalah pekerjaan yang biasa,tidak memiliki peranan penting di dalam suatu perusahaan.Tetapi jangan salah,kalau tanpa administrasi tidak akan ada laporan yang bisa di buat dan di sampaikan ke direktur/pemimpin perusahaan tersebut.Maka oleh karena itu administrasi memiliki peranan yang tidak kalah penting dari jabatan-jabatan lainnya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: