Otak

Pusat dari segala kegiatan kehidupan manusia, seperti membangun diri dan berkembang semua dimulai dari otak (Adh).

cara-kerja-otakDari keseluruhan kegiatan yang kita kerjakan setiap hari dimulai dari otak kita, sehingga kalau jutaan sel dalam otak tidak berfungsi maka kejadiannya akan fatal, artinya seluruh kegiatan kita akan berhenti, rasanya kita semua tahu apa itu otak kita, bagaimana memanfatkannya dan juga bagaimana menjaga dan merawatnya.

Otak (bahasa Inggris: encephalon) adalah pusat sistem saraf (bahasa Inggris: central nervous system, CNS) pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya. Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran.

Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Otak terbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmiter. Neurotransmiter ini dikirimkan pada celah yang dikenal sebagai sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya. Vertebrata besar manusia bisa mempunyai hingga seratus miliar neuron.

Neuron otak mengandung dua jenis asam lemak PUFA (polyunsaturated fatty acids),
yaitu asam arakidonat (AA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) yang terletak pada posisi sn2 dalam otak dari molekul fosfogliserida dalam membran sel neuron. PUFA dapat terlepas dari fosfogliserida oleh stimulasi fosfolipase PLA-2. Molekul AA yang terlepas akan diproses oleh enzim siklo oksigenase menjadi prostaglandin dan tromboksana, atau diproses oleh enzim 5-lipo oksigenase menjadi lipoksin.
Baik AA maupun DHA dapat diproses oleh enzim lipo oksigenase guna membentuk senyawa turunan hidroksi dan leukotriena.

Sedikit pengetahuan diatas memberikan gambaran betapa luar biasa Sang Pencipta kita dan begitu sayangnya DIA, memberikan begitu canggih perlengkapan peralatan dalam otak kita. Sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Dari sebuah otak manusia yang demikian luar biasa baru kita pergunakan tidak lebih dari 10 persen sisanya masih terbuka lebar dan masih bisa diisi dengan kemampuan daya cipta dan kreasi. Bagaimana kita sebagai ciptaan Tuhan bisa memanfaatkan otak kita? Yang penting kita tahu memanfaatkannya karena kita diberi kesempatan Tuhan memiliki otak yang begitu besar daya guna dan manfaatnya, lalu bagamana mengisinya? Belajar dan pembelajaran adalah bagian dari pemanfaatannya dan aplikasi dan sinkronisasi antara otak dan badan. Kita serta seluruh struktur tubuh kita yang harus patuh mengikuti instruksi Otak.

Demikian kita mengenal maksud dan rencana Tuhan melalui Otak kita, bukan karena kehebatan kita melainkan karena kebesaran-Nya. Semoga kita semua bisa mengenal lebih dekat fungsi dan kemampuan otak kita dan semakin kita mengenal semakin kita berdaya guna. Tuhan terima kasih atas segala karunia-Mu. Salam dan doa.

52 responses to this post.

  1. Posted by Andhika on March 26, 2014 at 1:18 pm

    Otak merupakan pusat dari seluruh kegiatan pada manusia. dalam otak, manusia dapat mengatur segalanya, termasuk pikiran dan kondisi hati. Semua yang terjadi pada seseorang dapat dikendalikan melalui otak

    Reply

  2. Posted by Handi Steven on March 27, 2014 at 3:14 pm

    Otak merupakan salah satu hal yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Tuhan mengkaruniakan kita otak untuk berpikir agar kita dapat menggunakannya dengan bijak. Namun dalam berberapa hal kita berhenti menggunakan otak kita dan memilih ikut pada arus dunia. Jika sudah begitu, apa bedanya kita dengan hewan yang hanya ikut pada arus?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: