Koperasi

koperasiSesuai dengan Pasal 33 UUD 1945 ayat (1) menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan, dan badan usaha yang paling sesuai dengan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia adalah koperasi. Koperasi berasal dari kata cooperatif yang berarti usaha bersama.
Seorang sahabat saya kini menjadi rektor salah satu universitas besar di Indonesia, beliau dianggap sebagai bapak koperasi Indonesia, sangat aktif dalam mengembangkan koperasi di Indonesia.
Untuk mengenal sedikit mengenai KOPERASI saya tuliskan sebagai berikut :
KONSEP KOPERASI :
• Koperasi sebagai badan usaha
• Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat
• Anggota koperasi adalah oarang-orang atau badan hukum koperasi
• Prinsip koperasi
• Asas kekeluargaan
Koperasi dibentuk bukan untuk mengejar keuntungan akan tetapi untuk memenuhi keperluan dan kesejahteraan bersama. Untuk mencapai tujuan tersebut, koperasi berfungsi sebgai berikut :
1. Membangung serta mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota maupun masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.
2. Ikut berperan secara aktif mempertinggi kualitas hidup anggota dan masyarakat.
3. Ikut serta memperkokoh perekonomian rakyat sebagai kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya
4. Berusaha mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama atas dasar asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
Koperasi ditetapkan sebagai ciri utama perekonomian Indonesia, maka makna Pasal 33 UUD 1945 telah menetapkan koperasi sebagai sokoguru perekonomian nasional maupun sebagai bagian dalam tata perekonomian nasional.
Koperasi dijadikan sebagai sokoguru perekonomian nasional karena :
1. Koperasi mendidik sikap self-helping.
2. Koperasi mempunyai sifat kemasyarakatan, dimana kepentingan masyarakat harus lebih diutamakan daripada kepentingan diri atau golongan sendiri.
3. Koperasi digali dan dikembangkan dari budaya asli bangsa Indonesia.
4. Koperasi menentang segala paham yang berbau individualise dan kapitalisme
Menurut Kamus Umum Lengkap karangan Wojowasito (1982), arti dari sokoguru adalah pilar atau tiang. Jadi, makna dari istilah koperasi sebagai sokoguru perekonomian dapat diartikan koperasi sebagai pilar atau ”penyangga utama” atau ”tulang punggung” perekonomian. Dengan demikian koperasi diperankan dan difungsikan sebagai pilar utama dalam sistem perekonomian nasional.
Siapa rakyat Indonesia yang tidak mengetahui koperasi? Semua orang mengetahui koperasi tetapi dalam perkembangan zaman sinar koperasi mulai redup. Kita semua bukan hanya pemerintah harus bertanggung jawab untuk memajukan koperasi dengan kerja sama dan kerja keras.
Koperasi harus berbenah, kurang tertariknya seseorang untuk masuk ke dalam koperasi karena kurangnya informasi dan sosioalisasi koperasi. Salah satunya penyebab koperasi tidak berkembang juga karna tidak dikelola dengan benar. Kita semua harus bersatu dan mendukung koperasi sebagai landasan perekonomian Indonesia.
Sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945 ayat (1) menyataka bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Badan usaha yang paling sesuai dengan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia adalah koperasi. Koperasi berasal dari kata cooperatif yang berarti usaha bersama.
Mengapa koperasi demikian penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tetapi justru dianggap remeh bahkan sama sekali tidak dilirik oleh kita semua? Saya ambil contoh koperasi di gereja saya, sama sekali tidak berfungsi baik, dengan umat lebih dari 12,000 koperasi hanya dijadikan bagian yang boleh dibilang memberatkan gereja bukan menunjang. Kalau pun ia dapat menolong hanya untuk beberapa orang saja yang bisa dibantu. Memang ada beberapa koperasi yang berhasil, tetapi tentu di sana ada perjuangan beberapa tokoh koperasi yang menanganinya secara profesional.

Saya ingin memberikan bahwa pengelolaan koperasi bisa memberikan suatu wacana ROHANI. Beberapa kawan saya tidak sepakat dengan saya, tetapi saya hanya memandang dari sisi positifnya saja bahwa kita dalam kehidupan sehari-hari ibarat menjalankan koperasi. Tanpa kita sadari secara fisik, tetapi inti tolong menolong dan gotong royong adalah dasar cinta kasih dan pengharapan yang sangat baik sekali. Mari kita bersama memulai mendirikan koperasi-koperasi kecil dalam diri kita dan dengan pengharapan mudah-mudahan bisa menjadi koperasi besar yang dapat menolong sesama kita yang membutuhkannya. Tuhan memberkati. Salam dan Doa.

2 responses to this post.

  1. dengan adanya koperasi dapat membatu masyarakat.

    Reply

  2. sangat informatif Pak!😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: