Mangga

Palinglah enak si mangga udang
pohonnya tinggi buahnya jarang
Palinglah enak si orang bujang
kemana-mana tiada yang melarang

manggoHari Minggu 1 September 2013 sebagian besar penduduk Australia, Eropa Barat dan Amerika merayakan hari AYAH atau FATHER’s day. Mengenang AYAH atau menghormati seorang ayah menjadi tradisi di Australia, karena pada umumnya dan rata-rata di sana seorang ayah sangat dekat dengan anak-anaknya. Saya turut merasakan karena di Australia secara umum tidak ada pembantu, akibatnya seorang ayah harus turut menjaga anaknya dengan demikian hubungan ayah dan anak akan sangat dekat sekali. Sehingga dalam perayaan hari AYAH biasa di hotel-hotel meriah sekali dan banyak diskonnya.

Pagi ini saya sarapan dengan sebuah mangga manalagi yang manis sekali. Di sini saya baru tahu kalau arti mangga itu sama dengan AYAH. Ini kisah dari orang-orang tua bahwa MANGGA itu memang dari Indonesia tapi ada yang bilang dari India asalnya. Orang sono bilang Mango. Kalau di Amerika Latin artinya hormat, tetapi bahasa jawa MANGGA atau monggo artinya silahkan atau please. Mangga diceritakan dalam hikayat sebagai induk dari segala buah, karena kalau kita perhatikan dari sekian puluh atau bahkan ratusn jenis mangga, rata-rata memang sangat menarik sekali buahnya dibandingkan dengan jenis buah-buahan lain, tetapi kenapa disebut ayah saya belum mendapat referensi yang ada. Nama mangga atau Pelem (mempelam) atau orang jawa bilang Poh cantik sekali ” MAGIFERA INDICA”.Kalau di India disebut Manggaa arinya kuat atau tua.

Tapi yang terang enak sekali makan mangga. Di rumah saya tumbuh dua buah pohon mangga. Mangga harum manis dan mangga manalagi. Wah manis sekali. Saya sungguh merasakan bahwa Tuhan mengirim mangga buat saya tanpa harus saya beli, tanpa repot merawat dan memberi makan tapi dia hadir dalam buah cantik-cantik dan manis sekali. Hari ini saya benar-benar ikut merasakan sekaligus nikmatnya MANGGA dan bahagianya menjadi seorang AYAH karena dalam kehidupan tentu kita penuh suka duka, tetapi sebagai AYAH saya merasa begitu besar karena dicintai anak-anak walaupun tidak secara langsung namun bisa dirasakan. Apalagi dari anak-anak saya bisa mendapat cucu-cucu yang cantik-cantik dan ganteng serta lucu lucu.
Bagaimana kita merasakan kebahagiaan ini merupakan hal yang penting karena banyak sekali manusia di dunia ini tidak dapat merasakan kebahagiaan. Walaupun di depan mata penuh dengan suka cita, tetapi hatinya lebih senang tenggelam dalam duka. Apalagi kalau dipenuhi dengan dendam dan kebencian. Ini sungguh disayangkan. Saya secara pribadi ingin mengajak semua sahabat bisa mengikuti filosofi tentang buah mangga yang dituangkan dalam lagu :

Palingnglah enang si mangga udang
Pohonnya tinggi buahnya jarang
palinglah enak si orang bujang
ke mana-mana tiada yang melarang

Coba kita simak penggalan lagu yang jenaka dan mengkritik orang bujang, tetapi yang terang yang dimaksud adalah bujang lelaki bukan bujang lapuk ya. Tetapi ini ada benarnya bahwa begitu tenggelamnya kegembiraan si orang bujang, tetapi saat menjadi AYAH maka dia akan merasakan jauh lebih bahagia. Sekali lagi SELAMAT buat seluruh AYAH-AYAH dalam kegembiraan iman, juga buat pastor-pastor sebagai bapa, ayah, dan orang tua kami semua. Semoga kasih karunia Tuhan selalu mendampingi dan melindungi kita dan jangan lupa sering-sering makan mangga karena banyak manfaatnya. Di akhir tulisan ini saya tambahkan manfaat mangga bagi kesehatan kita. Semoga Tuhan memberkati. Salam dan doa.

Sepuluh kegunaan makan mangga
1. Mencegah Kanker
Penelitian menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga melindungi tubuh terhadap risiko kanker usus besar, payudara, leukemia dan prostat. Senyawa dalam mangga yang berperan dalam mencegah kanker yakni quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat.

2. Menurunkan Kolesterol
Tinnginya kandungan serat, pectin dan vitamin C dalam mangga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mencerahkan Kulit
Senyawa dalam mangga mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal bagi kulit.

4. Menyehatkan Mata
Secangkir mangga memasok 25 persen nilai harian vitamin A yang diperlukan. Karenanya, konsumsi mangga baik untuk kejernihan penglihatan dan mencegah mata kering.

5. Memenuhi Kebutuhan Alkali
Asam tartrat, asam malat, dan asam sitrat dalam buah ini membantu menjaga cadangan alkali tubuh.

6. Menormalkan Kadar Insulin
Daun mangga membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Buah mangga juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60) sehingga cukup mengkosumsi mangga tidak berbahaya bagi kadar gula Anda.

7. Meningkatan Performa Sex
Mangga kaya akan vitamin E. Meskipun hubungan populer antara gairah seks dan vitamin E pada awalnya diciptakan oleh generalisasi studi pada tikus, penelitian lebih lanjut menunjukkan asupan buah mangga dapat membantu meningkatkan gairah seks.

8. Meningkatkan Pencernaan
Serat dalam mangga juga membantu kelancaran pencernaan dan sekresi hasil pencernaan.

9. Mengobati Panas Dalam
Teriknya sengatan matahari dapat menyebabkan kelelahan otot dan masalah diuretik. “Serangan panas” menyebabkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Pada saat-saat seperti ini pendinginan tubuh dengan mengkonsumsi jus mangga amat disarankan.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jumlah vitamin C dan vitamin A yang cukup, ditambah 25 jenis karotenoid dalam mangga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

13 responses to this post.

  1. Mangga sebuah buah yang benar – benar bisa membuat kita merasakan surga apa lagi kalau dimakan dalam keadaan baru keluar dari kulkas dan buat kita penasaran karena apakah maniis atau asem mangga tersebut

    Reply

  2. sungguh sangat banyak sekali manfaat buah mangga untuk tubuh seseorang dan tentu saja rasanya pun enak.

    Reply

  3. Memang sungguh indah, segala yang diciptakan Tuhan pasti ada manfaatnya. Ini seharusnya menjadi sesuatu yang kita gunakan untuk meningkatkan iman dan kepercayaan kepada Tuhan, bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik kepada kita. Namun, kita juga harus tau bagaimana cara menyikapinya. Contohnya jika kita mendapat musibah, apabila kita menghadapinya dengan ikhlas dan legowo maka hal tersebut telah mencerminkan iman kita kepada Tuhan yang menciptakan apa yang di dunia ini dengan penuh manfaat. Seperti kita di kelilingi dengan buah-buahan seperti mangga dan lain sebagainya, merupakan suatu nikmat yang sering kita abaikan.

    Reply

  4. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 12:29 pm

    kita harus menyayangi ayah kita, karena ayah kita yang telah menyayangi serta mendanai kita agar kita bisa menjadi seperti saat ini. peran ayah sangatlah besar dalam suatu keluarga karena ayah merupakan tulang punggung dalam sebuah keluarga.

    Reply

  5. lebih nikmat lagi ketika menyantap mangga hasil petikan dari pohon di kebun sendiri

    Reply

  6. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 3:06 pm

    kebahagiaan itu relatif. tergantung dengan pemikiran individual, jika sang individu merasa bahagia akan suatu hal ia akan bahagia. namun jika tidak walaupun hal yang terjadi adalah suatu kebhagiaan ia tidak akan merasakan. faktor yang dapat membuat orang menjadi bahagia adalah seberapa sering orang itu bersyukur terhadap apa yang ia punya. orang yang penuh dengan rasa syukur adalah orang yang paling bahagia di dunia walaupun ia miskin dan terluka,

    Reply

  7. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 3:45 pm

    setelah membaca artikel ini saya semakin menukai mangga. tidak hanya manis, tapi bermanfaat. sama seperti orang, tidak hanya membuat orang suka, tapi harus bermanfaat.

    Reply

  8. terima kasih atas informasinya, Pak.

    Reply

  9. Posted by Aristo Leonardo on December 5, 2013 at 4:37 pm

    Selain buah, beberapa hal penting yang harus diperhatikan aga tubuh tetap seha yaitu, keseimbangan hormon dalam tubuh, nutrisi, dan waktu tidur yang pas, 7-8 jam sehari.

    Reply

  10. Posted by Christine Myrafirmin on January 16, 2014 at 9:24 am

    Artikel ini menambah pengetahuan saya dan sangat bermanfaat.Ternyata buah mangga selain enak,juga bermanfaat sekali untuk kesehatan kita

    Reply

  11. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 11:34 am

    Ternyata mangga mempunyai banyak manfaat, tapi setau saya mangga bisa menimbulkan panas dalam ketika mengkonsumsinya ..

    Reply

  12. Posted by Olivia Rusli on January 16, 2014 at 4:55 pm

    Mangga, asam manis kadang bercampur jadi satu, ada yang dominan asam ada yang manis, walaupun ada asamnya mangga tetap memiliki khasiat yang baik. Begitu juga dengan Ayah, tidak melulu Beliau memuji anak-anaknya, kadang marahanpun dilontarkan olehnya, tapi percayalah bahwa Ayah menginginkan yang terbaik untuk kita. Thanks and God Bless untuk para Ayah

    Reply

  13. Generally I do not read post on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to check out and do it!
    Your writing style has been surprised me. Thank you, quite nice article.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: