Tantangan (2)

Bagaimana merubah tantangan menjadi peluang (Ciputra)

tantanganPagi sekali saya bagun waktu masih menunjukkan pukul 3 pagi. Saya harus jalan menuju bukit pelangi untuk bermain golf jam 06.00. Perjalanan akan ditempuh satu setengah jam kalau tidak macet. Rasa kantuk harus dilawan. Masih untung saya tidak mengendarai sendiri tapi ada sopir. Kebiasaan saya jarang tidur di mobil karena hobi membaca susah dihilangkan. Jadi, di mobil pasti ada buku untuk dibaca apalagi kalau buku itu menarik.

Saya membuka buku karangan Ir. Ciputra soal bagaimana merubah tantangan menjadi peluang sangat menarik. Karena kita hampir setiap hari mendapat tantangan. Setelah membaca beberapa saat saya tidak bisa melanjutkan karena mengantuk. Jadi saya tidur-tidur ayam, tetapi dalam lamunan saya jadi berpikir juga bagaimana merubah tantangan menjadi peluang. Saya punya sahabat karib beliau orang Aceh, dan saya selalu ingat apa yang beliau katakan : “Peluang buat tantangan tetapi tantangan buat uang “. Saya rasa kedua statement yang dibuat oleh teman saya Bapak Wahab dan Ir. Ciputra ada hubungannya.

Sekarang saya dalam perjalanan menuju Surabaya. Saya terbang sore hari. Saya teringat masalah buku Pak Ciputra yang belum saya ceritakan habis saat di Lapangan Golf Bukit Pelangi cuma sebagai referensi.

Tantangan bisa bermacam-macam. Ada tantangan yang datang dengan sendirinya. Ada tantangan yang dibuat dan ada tantangan yang muncul saat kita ingin melakukan sesuatu, tetapi ada dasar tantangan yang berdasarkan probability atau kemungkinan seperti halnya berjudi.

Waktu main golf juga demikian, kalau golf tanpa tantangan bukan namanya golf jadi saat saya main golf saya selalu teringat teori bagaimana mengubah tantangan menjadi peluang. Suatu sore, seorang sahabat wanita saya mengirim bbm. Singkat saja bahwa beliau ingin mencari tantangan, saya sungguh terkejut karena sebagian besar orang terutama yang bukan entrepreneur, lebih suka menghindar atau tidak mau mencari masalah apalagi tantangan, tetapi secara jujur saya suka dengan pribadi orang yang ingin mencari tantangan.

Sebenarnya secara alamiah Tantangan itu berbanding lurus dengan talenta. Semakin besar talenta yang kita terima semakin besar tantangan yang akan kita hadapi. Sebaliknya semakin besar tantangan yang kita hadapi artinya sebenarnya kita juga semakin diberkati. Jadi kalau ada dorongan hati ingin membuka suatu tantangan, maka otomatis terbuka juga peluang untuk dirinya.

Ada kisah seorang penjual sapu lidi di sebuah desa. Setiap hari dia memotong daun kelapa dan membuat sapu lidi. Dari hari ke hari kerja itu saja, sampai sampah daun kelapa di belakang rumahnya menggunung, dan dia ingin membersihkan sampah dan membuangnya, tetapi karena cukup berat terpaksa dia mengupah orang untuk membuang sampah, tetapi tidak ada seorangpun yang mau dengan upah yang murah. Akhirnya si tukang sapu berpikir bahwa tidak jalan lain dia harus kerjakan sendiri, supaya muatan sepedanya banyak dia mengikatnya, menyusunnya lalu menaruh di sepedanya dan mengayuhnya ke luar desa untuk dibuang. Saat mendekati batas desa banyak orang datang mengerumuninya dan ingin membeli daun kelapanya. Para gembala yang ingin membangun kandang-kandangnya. Para nelayan ingin membuat gubug. Para petani buat rumah sawah. Mereka semua berebutan. Tukang sapu lidi kewalahan untuk menjual daun kelapa sampai lupa jual sapu lidi. Ia pun menjadi orang kaya di desa itu, tetapi dalam hati dia berpikir, mengapa saya bisa menjadi orang kaya, tetapi saya tidak berani menerima tantangan. Dia mulai merekrut orang upahan untuk bekerja. Ada yang bikin sapu lidi, ada yang bikin lidi sate dan ada yang bikin atap rumah. Dia pun membeli kebun kelapa dan juga menjual buah kelapa, sampai akhirnya si tukang sapu lidi yang masih muda menjadi pengekspor kopra dan minyak goreng terbesar bukan hanya di desanya tapi di seluruh negeri.
Ternyata tantangan membuka peluang. Keterpaksaan dalam suatu kondisi, kepepet, terpojok harus memaksa kerja keras ternyata tantangan ini membuka peluang seseorang untuk menjadi orang besar.

Saya bertanya apakah saya mau membuka peluang atau saya mau menerima tantangan, ataukah saya mau mencoba merubah tantangan menjadi peluang, seperti tulisan Bapak Ir. Ciputra?
Saya juga berpikir bahwa sebenarnya tantangan itu sendiri bagian dari peluang. Siapa berani melewatinya dia akan mendapatkannya. Sebaliknya seberapa besar pun talenta seseorang atau sepintar apapun atau serajin apapun, tetapi kalau tidak berani melewati suatu tantangan sama halnya dia berjalan di tempat dan tidak akan maju.

Mari kita berdoa agar Tuhan selain memberi talenta kepada kita juga memberikan keberanian buat kita untuk mendayagunakan talenta yang kita terima terutama mengatasi tantangan yang kita hadapi. Salam dan doa.

35 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari on December 5, 2013 at 5:20 am

    Menurut saya tantangan memang berbanding lurus dengan talenta,maka dari itu jika kita memiliki talenta yang baik maka terdapat tantangan dalam talenta itu.

    Reply

  2. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 7:45 am

    artikel ini merupakan artikel motivasi bagi diri saya, dimana di setiap tantangan pasti memiliki hasil meskipun terkadang hasilnya kurang memuaskan, namun jika kita berani menerima dan menghaddapinya, maka untuk mendapat peluang akan sangat mudah di lakukan.

    Reply

  3. dari kisah tersebut kita dapat mengambil pelajaran, untung selalu berfikir positif. Tantangan yang kita hadapi merupakan sebuah proses dimana kalau kita sendiri bisa mengelolanya dengan baik maka tantangan tersebut akan menjadi peluang yang sangat menguntungkan.

    Reply

  4. Saat kita berani mengambil tantangan yang tidak disukai orang, saat itulah kita menaikkan kapasitas dan kualitas kita dibanding orang lain pada umumnya. Kita berani untuk “out of the box” atau keluar dari zona nyaman. Dimana ada tantangan, disitu ada rintangan. Rintangan ialah bumbu penyedap yang membangkitkan passion sehingga tidak ada kata “menyerah”. itulah resep seorang pemenang. Satu tantangan membuat kita menjelajahi tantangan lainnya. Disinilah pengujian bagi mental dan bakat untuk menciptakan peluang besar yang berbeda dari biasanya, dan tentunya bernilai guna bagi kita terutama masyarakat

    Reply

  5. Tantangan merupakan suatu masalah yang harus kita hadapi. Baik itu mengenai diri sendiri atau menyangkut orang lain. Dari cerita di atas, penjual sapu lidi tersebut mempunyai tantangan dan menghadapinya, malahan dia makin menantang tantangan tersebut sehingga dia berhasil. Ada teman saya pernah berkata begini “take it or leave it” mungkin jika diartikan kedalam sini kita dapat berpikir jika mengambil ada kemungkinan untuk sukses dan jika tidak kita tidak mengupayakan untuk mengembangkan diri kita.

    Reply

  6. tantangan adalah hal yang banyak ditakuti oleh orang. tetapi sebaiknya tantangan harus dihadapi dengan persiapan dan percaya diri.karena dibalik tantangan terdapat kesuksesan dan tantangan dapat membuat kita lebih maju dan berkembang.

    Reply

  7. Saya setuju bahwa tantangan merupakan suatu peluang karena apabila kita mendapatkan suatu tantangan makan berbanding lurus dengan peluang sehingga apabila kita tantangan makin besar maka peluang kita mendapatkan sesuatu pun juga besar.seperti di game apabila kita mendapatkan misi yang berat maka hasilnya pun akan “worth it”.Semakin seseorang menerima tantangan dengan ikhlas dan bersungguh sungguh maka Tuhan pun akan membantu kita.

    Reply

  8. Tantangan datangnya selalu tidak terduga. Tantangan bisa dijadikan sebagai penyemangat(acuan), atau juga bisa menjadi sebuah batu sandungan bagi mereka yang takut menghadapi tantangan tersebut. Bagi mereka yang pintar, mereka menjadikan tantangan itu sebagai peluang, entah untuk mendapat uang, entah untuk mendapat nilai bagus atau lainnya.

    Reply

  9. Posted by Aghel Prabandono on December 5, 2013 at 2:12 pm

    Tantangan adalah sesuatu hal yang di satu sisi memberatkan kita, tetapi menguntungkan kita juga (itupun juga tergantung pribadi masing-masing menyikapinya).

    Lalu sebagaimana cerita yang diatas bagaimana cerita mengubah tantangan menjadi peluang itu ada benarnya juga, terkadang orang harus melalui keterpaksaan, kepanikan, atau kepepet (istilah umumnya the power of kepepet), dan mungkin kita semua merasakannya secara langsung maupun tidak langsung.

    Tapi ada juga sebagian orang memanfaatkan kesukaran orang lain dalam menjalankan suatu hal (disini kita katakan tantangan), lalu orang tersebut mungkin mengumpulkan ide untuk menjadikan tantangan menjadi peluangnya, dan mengeksekusi tantangan menjadi peluang, dan peluangnya bisa berupa jasa dan atau alat.

    Reply

  10. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 2:38 pm

    Kisah singkat yang cukup menarik.. tantangan oh tantangan.. pandanglah sebuah tantangan bukan menjadi halangan, melainkan tangga menuju keberhasilan. Semoga Tuhan selalu menyertai kita menghadapi segala tantangan🙂

    Reply

  11. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 3:09 pm

    kita harus selalu berani mencoba tantangan namun siap untuk menaklukan tantagan tersebut bukan hanya coba coba. ada pepatah yang mengatakan “kegagalan terbesar seseorang bukanlah ketika seseorang itu gagal namun saat dimana orang itu tidak mau mencoba”

    Reply

  12. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 3:40 pm

    Tantangan merupakan suatu media pembelajaran bagi kita semua… Dan bukan hanya itu, dengan tantangan kita akan mendapatkan pengalaman yg sangat berharga baik kita berhasil ataupun gagal dalam tantangan tersebut… Kita harus lebih berani dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup yg ada di depan kita, karena dr situ lah kita akan belajar dan sukses…

    Reply

  13. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 3:43 pm

    Kita harus berani menghadapi tantangan sehingga tantangan tersebut dapat menjadi peluang.

    Reply

  14. Di setiap kehidupan ini pasti ada tantangan, tantangan membuat diri kita menjadi lebih kuat.
    Tetapi tidak jarang juga tantangan membuat kita stress, hadapi tantangan dengan baik maka kehidupan kita juga akan berjalan lancar.
    Tetapi kadang kita menghadapi tantangan kita secara tidak biasa dan itu sering kali membuat kita jatuh

    Reply

  15. Posted by Henricko Randy Setiawan on January 16, 2014 at 6:53 am

    Dalam hidup, kita pasti akan menghadapi suatu tantangan. Kita harus mencoba dan tidak takut gagal untuk menghadapi tantangan tersebut, karena hal itu yang akan membuat kita menjadi semakin tumbuh dan berkembang.

    Reply

  16. Tantangan sangat diperlukan dalam hidup kita karena dari tantanganlah karakteristik diri kita dapat terbentuk.

    Reply

  17. Posted by Daniel Dwidjayanto on January 16, 2014 at 8:46 am

    Kita semua pasti pernah mengalami tantangan, tantangan bisa dianggap sebagai hal yang seru yang terjadi pada diri kita. Dan tantangan bisa menjadi hal yang baru dan kita bisa mendapatkan pengalaman juga dari tantangan itu

    Reply

  18. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 11:41 am

    Tantangan merupakan suatu hal yang pasti harus kita hadapi, dan sebuah tantangan dapat menghasilkan pengalaman-pengalaman tertentu.

    Reply

  19. tantangan pasti terjadi setiap hari tanpa kita sadari. misalnya saya bangun kesiangan, apakah saya bisa samapai kampus sebelum pelajaran dimulai ?. itu adalah sebuah tantangan. tapi kalian harus tahu terlebih dahulu apa resiko yang terjadi ketika anda mengambil tantangan tersebut. .

    Reply

  20. Dari artikel ini saya makin memahami bahwa, tanpa tantangan kita gak akan menjadi manusia yg lebih baik lagi, karena kita selalu berada pada zona aman yang gak pernah berani untuk menerima/menghadapi tantangan. bicara tantangan adalah bicara mengenai pembelajaran, jangan takut dalam menghadapi tantangan, yang terpenting adalah “proses” nya bukan “hasil akhirnya” dan tanpa tantangan kita akan terus terbelenggu dalam ketakutan akan peluang keberhasilan.

    Reply

  21. Posted by 04PHO_assarina on March 22, 2014 at 6:09 pm

    Tantangan merupakan hal yang pasti dialami setiap orang dalam berbagai bentuk. Menurut saya,dengan adanya tantangan memberi kita warna dalam kehidupan, tanpa adanya tantangan hidup menjadi membosankan. Ketika kita dapat melaluinya memberi rasa puas dan bangga. Membuat apa yang kita capai menjadi lebih ‘valuable’. Ada sebuah pernyataan dari salah satu tokoh yang saya sangat kagumi, Helen Keller bahwa “Security is mostly a superstition. It does not exist in nature. Life is either a daring adventure or nothing.”

    Reply

  22. Posted by ellen on March 24, 2014 at 11:10 am

    Tantangan membuat kita terpacu untuk melakukannya. Seperti permainan di dufan, yg memacu adrenalin membuat kita penasaran dan ingin mencobanya. Dan karena tantangan itu kita menjadi lebih pemberani. Dari artikel diatas, saya menyadari ternyata tantangan memiliki manfaat yg baik untuk memotivasi kita menjadi lebih baik lagi. Tidak masalah apabila gagal menyelesaikan tantangan,yg penting kita sudah mau mencobanya.

    Reply

  23. Posted by Budi Chandra on March 26, 2014 at 6:39 am

    Tantangan merupakan salah satu faktor yang ada dalam diri manusia, karena semua manusia pasti akan mengalami yang namanya tantangan. Semakin tinggi posisi kita maka tantangan yang kita hadapi juga pasti besar, karena ada beban yang di tanggung dalam posisi kita. Dan tantangan juga bisa membentuk karakterisktik kita.

    Reply

  24. Posted by Yovi Maria Kristanty on March 26, 2014 at 8:20 am

    Tantangan, kata” yang menarik
    Tanpa kita sadari setiap hari tantangan silih berganti dan tantangan juga terkadang rumit untuk dijalankan tapi tantangan jika sudah bergabung dengan kesempatan (Peluang) maka sudah dapat diraih keuntungan dengan kata mudahnya dengan bermodal tantangan dan peliang diraihlah keuntungan dengan kerjakeras tanpa rasa takut ingin kabur dari tantangan yang ada.

    Reply

  25. Posted by Restu P Matondang on March 26, 2014 at 11:50 am

    1601287796_Restu P Matondang: Persaingan yang semakin ketat, membuat kita selalu tertantang untuk memperbaiki kemampuan diri agar dapat bertahan hidup. Tetapi laju datangnya tantangan kadang kala tidak bisa diprediksi, sehingga diri kita kurang siap menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Sehingga tantangan berubah wujud menjadi masalah untuk memiliki karier yang lebih baik.

    Idealnya, kemampuan diri harus berbanding lurus dengan setiap tantangan di depan mata. Tetapi perasaan tidak yakin membuat kita merasa tidak mampu menaklukkan tantangan tersebut, alhasil kita kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri.

    Reply

  26. Posted by 04PKF_Bayu Prabowo_1601267232 on March 26, 2014 at 1:54 pm

    Tantangan bisa kita lihat menjadi peluang karena ada nya kesempatan yang sangat kecil untuk melakukannya dan itu sangat berguna untuk kita. sebesar apapun tantangan itu kita harus bisa menghadapi itu semua karena itu merupakan suatu peluang. Dan harus lebih berani dalam menghadapi sebuah tantangan tersebut.

    Reply

  27. Posted by Fadil Zayandra on March 26, 2014 at 2:34 pm

    Tantangan = HIdup, Hidup = Tantangan, Tidak usah berpikir jauh, menurut saya setiap harinya masalah yang kita lewati adalah tantangan pekerjaan,tugas,masalah, yang silih berganti yang harus kita jalani dan kita pelajari dari setiap penyelesaian dan keselahannya.

    Reply

  28. Posted by Haryanto on March 26, 2014 at 2:54 pm

    “Sebaliknya seberapa besar pun talenta seseorang atau sepintar apapun atau serajin apapun, tetapi kalau tidak berani melewati suatu tantangan sama halnya dia berjalan di tempat dan tidak akan maju.” Kalimat ini membuka mata saya untuk berani menerima tantangan. Terima kasih (y)

    Reply

  29. Posted by Frenky on March 26, 2014 at 3:01 pm

    menurut saya, tantangan memang merupakan peluang untuk kita sukses. semakin berat tantangan yang kita hadapi dan jika bisa kita lewati maka apa yang kita dapatkan akan benar – benar memuaskan kita

    Reply

  30. Posted by Jimmy on March 26, 2014 at 3:22 pm

    Setiap peluang yang ada terdapat tantangan di dalamnya, baik tantangan untuk menjalankan peluang tersebut, maupun tantangan untuk mengembangkan hal yang ada sehingga tercipta suatu peluang. Jika terjebak oleh rasa takut untuk berubah, rasa takut untuk beradaptasi. tidak berani melewati tantangan maka peluang yang akan hilang dan seperti kata pepatah “Peluang yang sama tidak akan dating untuk kedua kalinya”. Sama seperti apa yang disampaikan penulis, kembangkan talenta dan bakat yang kita miliki ini adalah tantangan untuk maju dan menjadi lebih baik dari sekarang.

    Reply

  31. Posted by Angela Audrey on March 26, 2014 at 3:44 pm

    Ketika segala sesuatu sepertinya sedang menantang diri kita, ingatlah bahwa pesawat terbang yang berada jauh di angkasa juga menantang angin.

    Reply

  32. Posted by fahrul rizky aulia on March 26, 2014 at 4:49 pm

    tantangan adalah suatu hal yg tak pernah lepas dari kehidupan manusia. dan dengan tantangan kita bisa mengukur seberapa besar kemampuan kita dalam menghadapi suatu tantangan itu sendiri.

    Reply

  33. artikel ini menyebutkan bahwa ciri-ciri orang sukses adalah orang yang bisa mengubah tantang menjadi peluang. karena tantangan adalah proses dari keberhasilan. dan bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan tantangan itu untuk menjadi pemacu dan penyemangat dalam menjalani setiap proses kehidupan tanpa merasa terganggu dan putus asa dengan adanya tantangan tersebut

    Reply

  34. Posted by Andi Reva Refiana on March 27, 2014 at 3:30 pm

    Karena dengan adanya tantangan dapat mengukur seberapa usaha kita untuk melewatinya. Tanpa tantangan hidup kita akan biasa saja dan tidak maju, Maka dari itu dengan tantangan dapat dijadikan pelajaran untuk kehidupan yang lebih baik.

    Reply

  35. Posted by Sebastian Limminata on March 27, 2014 at 4:55 pm

    dalam menjalani hidup, manusia pasti akan menemukan tantangan. menurut saya hidup tanpa tantangan akan terasa bosan dan membuat hidup menjadi kurang menarik. tantangan jangan dipandang dalam segi negatifnya saja, seperti pada artikel dijelaskan untuk menganggap tantangan sebagai peluang untuk memperluas talenta kita yang masih terbatas. orang yang tidak pernah merasakan tantangan akan sangat sulit untuk bertahan dalam kehidupan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: