Mpek mpek

Ingat Mpek mpek pasti ingat Palembang
Ingat Palembang artinya ada kerinduan
Dan kerinduan adalah bagian dari pengharapan
Dan pengharapan itu dalah bagian dari Karya Keselamatan.

tumblr_lfbk2p5Ges1qd0bc5o1_500Sungguh suatu kebahagiaan bagi kita masih bisa menikmati makanan khas Palembang yang dibuat dari ikan tengiri dan tepung, juga dari Jambi dan Bangka yang masing masing memiiki ciri khas tersendiri. Sore ini saya menikmati mpek mpek goreng dibawa anak saya dari Jambi. Justru saat makan ini terus melayang kenangan masa lalu karena hampir 6 bulan saya tinggal di Jambi, karena ada sebuah kapal saya naik dok dan perbaikan di sana. Hampir tiap hari kami makan mpek mpek karena murah bisa bikin sendiri. Ikan dan udang tinggal serok saja dari sungai.

Pada suatu pertemuan masyarakat Palembang di Jakarta, saya lupa tahun berapa. mereka membuat misa yang dipimpin seorang pastor di sebuah rumah umat yang cukup besar. Hadir hampir 100 orang. Sebelum misa seorang bapak mendekati saya. Dia memperkenalkan diri sebagai kepala Sekolah Xaverius di Palembang dan beliau minta saya berbicara sedikit setelah misa. Sebagai motivasi para orang atau umat Palembang yang di Jakarta, ternyata akhirnya saya bicara dalam konteks Liturgi setelah khotbah. Saya mengambil cuplikan pembicaraan saya waktu itu :

“Sebagai umat Katolik, kita harus memiliki Iman, Pengharapan dan Kasih dimana pun dan kapan pun kita bekerja dan berkarya apapun. Daripadanya itu KASIH adalah yang utama. Iman dan Kasih saya rasa bagian dari khotbah Pastor, karena saya kurang mengerti, tetapi di sini saya mau bicara tentang pengharapan. Salah satu bagian dan tidak bisa dipisahkan dari Pengharapan adalah Kerinduan. Apa bila kita rindu apa saja, rindu orang tua, rindu kekasih, rindu rumah, rindu tanah kelahiran Palembang ini adalah bagian dari Pengharapan. Jadi kalau bagian dari Pengharapan artinya tidak terlepas dari Iman dan Kasih.”

Belum saya lanjut saya bicara, para hadirin bertepuk tangan. Tetapi saya menyelak agar jangan tepuk tangan dalam misa nanti dimarahi sama Rm. Magnis, SJ.

Saya lanjutkan : “Sekarang tentu kita rindu Mpek mpek. Semua hadirin tersenyum karena memang tuan rumah sudah sedia Mpek mpek. Rindu akan makanan tempat kelahiran, adalah juga merupakan karya keselamatan. Apa hubungannya? Siapa yang punya hati merindu pasti orangnya bersifat sosial dan suka menyumbang!” Karena saat saya bicara umat berbisik-bisik tentang kerinduan. Rindu akan tanah kelahiran. Umat sudah mulai berisik. Mereka mendengung bahwa mereka sudah rindu makan mpek mpek. Saya terpaksa berhenti bicara karena waktu diberikan kepada saya sudah lewat beberapa menit.
Lalu misa lanjut dan ditutup, tetapi bapak yang tadi, minta saya bicara lagi karena banyak yang masih mau dengar suara saya. Saya mau menolak kurang enak, tapi saya terima tawaran. Pertanyaan pertama dari nyonya rumah, bagaimana saya tahu bahwa akan dihidangkan Mpek mpek? Lalu, saya katakan bahwa saya juga rindu Mpek mpek karena kata-kata yang saya keluarkan adalah ekspresi hati dan kerinduan hati saya. Semua hadirin tertawa ceria dan bertepuk tangan. Apa hubungan Mpek mpek dan karya keselamatan lalu saya katakan :
Ingat Mpek mpek pasti ingat Palembang
Ingat Palembang artinya ada kerinduan
Dan kerinduan adalah bagian dari Pengharapan
Dan Pengharapan itu dalah bagian dari karya Keselamatan.

Gara-gara khotbah Mpek mpek malam itu menghasillkan cukup lumayan sumbangan. Inilah Karya Keselamatan Nyata (KKN) yang disampaikan oleh umat Palembang di Jakarta. Saya berasal dari Alor jauh sekali dimana disana tidak ada Mpek mpek, yang ada cuma Jagung Titi.

Semoga Tuhan memberkati kita semua dalam tangan kasih-Ny saat kita saling melepas rindu.
Karena rindu akan TUHAN adalah Pengharapan yang paling indah. Salam dan doa.

14 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 5:25 am

    Menurut saya pempek adalah salah satu contoh dari kebudayaan Indonesia karena tidak dimiliki oleh negara lain dan merupakan aset bangsa Indonesia

    Reply

  2. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:24 am

    Mpek mpek merupakan salah satu makanan favorit saya, terutama menu mpek mpek kapal selam.

    Reply

  3. Posted by branov on December 5, 2013 at 12:25 pm

    memang kerinduan pada seseorang adalah suatu kebahagian, semoga kita bisa saling menyangi satu dengan yang lain

    Reply

  4. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 12:25 pm

    kerinduan kita akan Tuhan harusnya sama akan kerinduan kita akan tanak kelahiran atau makanan dari tempat asal dan lain-lain. hal ini disebabkan oleh kerinduan kita akan membuat kita terus mencari Tuhan.

    Reply

  5. karya keselamatan yang berasal dari Tuhan memang tidak ada habisnya. dan jika kita menginagat satu persatupun tidak akan memakan waktu yang sangat lama. karena Tuhan sungguh amat maha pemurah.

    Reply

  6. saya hanya tahu empek-empek sebagai makanan khas di Palembang, yang lain saya kurang tahu.

    Reply

  7. Salah satu makanan yang belum saya coba, dan terlihat enak.😀

    Reply

  8. Kerinduan dapat dirasakan saat kita mengingat sesuatu yang mengesankan yang pernah kita alami.

    Reply

  9. Mpek – Mpek merupakan makanan favorit saya.. Hendaknya kerinduan kita akan mpek-mpek juga menjadi kerinduan kita untuk senantiasa berbuat baik, saling tolong menolong dan berbagi kasih melalui mpek-mpek hehe..

    Reply

  10. Posted by Christine Myrafirmin on January 16, 2014 at 9:28 am

    Mpe mpe itu enak, membuat kita rindu untuk makan apabila sudah lama tidak menyantapnya.Sama seperti hidup kita ,kita selalu merindukan hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kita

    Reply

  11. Posted by Zunvindri on January 16, 2014 at 1:32 pm

    Bagi saya merindukan Tuhan adalah hal yang terindah.

    Reply

  12. Mpek Mpek adalah makanan favorit saya, dan saya suka rindu sama kelezatannya, Rasa rindu itu bisa membuat kita mengingat sesuatu hal yang baik-baik, ya sama aja ketika kita selalu rindu sama sesuatu hal yang kita senangi, maka hal–hal baik tersebut akan teringat, dan menciptakan kebahagiaan serta memberikan energi positif di dalam diri.

    Reply

  13. Posted by luqman ardana siswandaru on March 24, 2014 at 4:02 pm

    Mpek mpek,ketika aku bertemu dengannya beberapa tahun lalu aku langsung jatuh hati.Rasanya yang bercampur gurih pedas dan asam mengingatkan akan keberagaman dalam hidup.Hidup seringkali tak hanya satu rasa saja,berbagai rasa itu lah yang dinamakan hidup,dan keberagaman sudah menjadi bagian dari budaya Negeri kita ini.Saya juga rindu sama mpek mpek ini,sudah cukup lama tidak main ke Palembang.

    Reply

  14. Posted by Adrian Prasetya on March 27, 2014 at 1:35 pm

    Dari mpek-mpek pun kita dapat mangambil nilai jika kita dapat melihatnya . Menurut saya pengharapan iman dan kasih saling berkesinambungan. Dengan pengharapan kita dapat melihat dan menilai seberapa besar iman kita, dengan iman kita dapat mengerti apa itu kasih , dan dari kasih kita dapat melihat pengharapan orang lain.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: