Keputusan (3)

Apapun yang terjadi dalam diri kita, kita harus mengambil keputusan, berdiam diri juga termasuk keputusan yang kita ambil (Philip Kotler).

images (15)Philip Kotler (lahir May 27, 1931 di Chicago, Illinois) adalah seorang American Marketing Author, Consultant dan the S. C. Johnson Distinguished Professor of International Marketing at the Kellogg School of Management at Northwestern University. Dia menulis lebih dari 40 buku marketing, termasuk Principles of Marketing. Kotler on Marketing: How to Create, Win, and Dominate Markets,
and Marketing From Products to Customers to the Human Spirit. The decision must be even if we remain silent. Bagi para Eksekutif yang bergerak di bidang Marketing nama beliau sudah tidak asing.

Dalam suatu pidato ilmiah di, Massachusetts Institute of Technology (MIT), beliau mengutamakan masalah pengambilan keputusan. Apapun dan siapapun harus mengambil keputusan. Yang menarik buat kita sikapi adalah apapun keputusan kita, itu adalah benar. Jadi, tidak ada keputusan yang salah, karena kita harus memilih sekian banyak keputusan, dan yang kita ambil adalah yang terbaik menurut kita, sehingga semua keputusan yang kita ambil tidak perlu disesali atau kecewa. Sejelek apapun hasilnya, karena itu adalah konsekwensi atau risiko dari pengambilan keputusan, karena waktu tidak bisa diputar kembali kata beliau.

Saya juga bertanya dalam hati, apa saja yang saya perlukan dalam mengambil keputusan? Ada yang mengatakan dengan naluri atau instink, misalnya, dalam hal memilih pasangan hidup atau hitung kancing atau tunggu tokek berbunyi untuk pilihan ya atau tidak.

Ada 3 hal mendasar yang saya perlukan untuk mengambil keputusan. Pertama, analisa SWOT, matematis dan pengetahuan. Kedua, faktor internal seperti kemampuan membaca situasi dan kondisi, waktu yang tepat, dan keadaan serta kapasitas. Ketiga, faktor luck atau keberuntungan, saya lebih cenderung mengatakan campur tangan Tuhan. Apakah Tuhan memberikan kesempatan dan tanggung jawab buat kita! Untuk pekerjaan rutin lebih mudah daripada mengambil keputusan dalam sebuah kasus.

Mari kita berharap agar Tuhan memberikan kemampuan kita untuk mengambil keputusan, khususnya, buat sahabat yang mulai hari pertama bekerja setelah libur panjang. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

29 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 5:51 am

    Menurut saya dalam artikel mengenai “Keputusan” ini mengajarkan kita bahwa dalam kehidupan apapun harus mengambil keputusan.Dan dalam mengambil keputusan kita harus berhati hati karena setiapn keputusan yang kita ambil kita harus pertanggung jawabkan.

    Reply

  2. Setelah membaca artikel diatas, saya jadi mengerti bahwa setiap keputusan yang kita ambil tidak pernah salah menurut diri kita, seburuk apapun hasilnya kita tidak seharusnya kecewa.. Tiga hal dalam mengambil keputusan 1. analisa SWOT, matematis dan pengetahuan.2. faktor internal seperti kemampuan membaca situasi dan kondisi, waktu yang tepat, dan keadaan serta kapasitas. 3. faktor luck

    Reply

  3. Keputusan merupakan hal yang penting dalam hidup manusia karena keputusan adalah pilihan dari beberapa alternatif pilihan untuk memulai suatu perjalanan. Kita memang harus percaya bahwa keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang baik, namun tidak cukup dengan hanya percaya namun dibutuhkan kerja keras untuk merealisasikan keputusan tersebut menjadi keputusan yang baik dan meningkatkan iman kita kepada Tuhan, selalu berdoa kepadaNya.

    Reply

  4. keputusan yang sudah diambil tidak perlu disesali karena keputusan yang kita ambil tidak bisa di rubah kembali, yang kita perlu lakukan hanya intropeksi diri. tidak perlu menyesali apa yang sudah terjadi karena itu hanya menghambat kita. sesuatu yang harus di pikirkan adalah sebelum kita mengambil keputusan harus dipikirkan matang-matang .

    Reply

  5. Keputusan memang hal yang cukup menimbulkan kebimbangan bagi kita. Kebimbangan ini muncul karena kita tidak tahu apa yang ada di ujung keputusan kita. Apakah akan berujung pada hal baik atau buruk. Sebaiknya kita selalu mengandalkan Tuhan dalam mengambil keputusan, berdoa adalah jalan terbaik ketika kita mengalami kebimbangan. Percaya Tuhan akan menunjukkan jalan dan tidak akan menjerumuskan kita.

    Reply

  6. Posted by branov on December 5, 2013 at 1:04 pm

    keputusan adalah hal yg penting karena itu dapat menentukan nasib kita, semoga kita dpt menentukan hal yg baik dengan pengalaman yg sudah kita miliki

    Reply

  7. Menentukan sebuah keputusan adalah suatu yang sangat berat dalam hidup kita. Karena sebuah keputusan dapat mempengaruhi kehidupan kita dimasa kini dan masa yang akan datang. Dalam sebuah keputusan harus selalu di iringi dengan do’a, agar terhindar dari hal-hal yang tidak baik.

    Reply

  8. keputusan sangat berhubungan erat dengan memilih,dalam memilih keputusan kita perlu memikirkan dengan matang-matang,karena apabila kita tidak memikirkan dengan matang matang maka kita akan bimbang dan sangat berpengaruh kepada keputusan yang nanti kita pilih.

    Reply

  9. Keputusan dalam betindak merupakan hal yang penting bagi kehidupan kita kedepannya dan factor penentu apakah kita akan lebih baik atau lebih buruk . bersikap hati – hati dan mengumpulkan data serta membaca situasi dalam mengambil keputusan merupakan salah satu kunci kesuksesan 
    Tugas kampus

    Reply

  10. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 2:12 pm

    Keputusan, sebuah kata yang kadang terlihat begitu mengerikan dan berat. Namun keputusan adalah hal yang selalu ada di dalam hidup kita bahkan keseharian setiap orang. Untuk mengambil suatu keputusan, ada baiknya kita harus melihat kedepan resiko dan hasil apa yang mungkin terjadi.

    Reply

  11. keputusan awal mencerminkan kepribadian kita

    Reply

  12. Hidup yang kita jalani penuh pilihan, Manusia memiliki kebebasan memilih atau memutuskan. Keputusan adalah jalan dimana kita memilih satu atau lebih dari beberapa pilihan yang ada. Keputusan itu bisa terbagi menjadi keputusan individu dan kelompok. Jika keputusan individu, lebih baik berpikir matang-matang apakah yang akan diri kita sendiri putuskan, tanpa ada paksaan dari orang lain. Sebaliknya, keputusan kelompok membutuhkan beberapa pendapat yang dimusyawarahkan agar menghasilkan sebuah keputusan yang bisa diisepakati bersama.

    Reply

  13. Menurut saya, artikel ini sangat menarik sekali karena dalam mengambil keputusan ada 3 point penting yang saya tidak ketahui yaitu pertama SWOT,matematis dan pengetahuan, kedua Kemampuan membaca situasi dan kondisi, dan yang ketiga keberutungan. Dalam setiap situasi ataupun apa yang akan terjadi pada kita harus mengambil keputusan dengan cermat dan baik

    Reply

  14. Kita harus bijaksana untuk mengambil keputusan supaya kita siap bertanggung jawab.

    Reply

  15. Keputusan, penting untuk kehidupan kita, karena setiap apa yang kita lakukan itu merupakan keputusan yang kita pilih.

    Reply

  16. Didalam keputusan, pasti ada yang harus dipilih.
    Di artikel ini kita diajarkan dapat memilih keputusan dengan baik dan cermat.
    Keputusan merupakan hal yang penting yang harus dipilih, dapat mendatangkan kebaikan atau keuntungan jika pilihan yang kita pilih benar, dan juga dapat mendatangkan keburukan

    Reply

  17. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 12:18 pm

    Sebuah keputusan akan mempengaruhi hidup kita, jadi kita harus mengambil dengan keputusan yang baik agar bisa mencegah tindakan yang tidak diinginkan.

    Reply

  18. Posted by 01PNO-Fulgensius on January 16, 2014 at 12:47 pm

    Saya sangat setuju dengan topik ini… Mengambil keputusan akan menentukan arah dan tujuan kemana kita akan melangkah.. Kalau ternyata merupakan keputusan yg benar, maka kita akan senang, dan apabila ternyata salah, maka kita akan belajar.. Orang yg ragu-ragu, tidak akan mendapat apapun….

    Reply

  19. sebelum mengambil keputusan, kita harus memikirkan apa resiko yang terjadi jika kita mengambil keputusan tersebut. tanpa adanya keputusan, maka tidak jelaslah apa yang akan anda lakukan.

    Reply

  20. Posted by 04PHO_assarina on March 22, 2014 at 6:43 pm

    Keputusan yang kita ambil sekarang dapat menentukan masa depan kita. Untuk itu, mengambil keputusan perlu ditentukan secara matang. Saya menyukai kalimat pembuka pada kalimat diatas yang dikutip dari Philip Kotler, berdiam pun merupakan keputasan yang kita ambil. Seperti bila kita gagal dalam melakukan sesuatu. Kita dapat menentukan keputusan untuk meratapi dan menangisi apa yang telah terjadi, atau kita bisa menentukan untuk bangkit dari kegagalan tersebut dan melangkah maju.

    Reply

  21. Posted by Vinny Tan on March 24, 2014 at 9:58 am

    Terkadang sebagai manusia dalam mengambil keputusan kita suka menyesalinya. krena setelah keputusan itu di ambil, tidak sesuai dnegan pengharapan kita. tetapi kita sebagai manusia kita telah diberikan pemikiran yang baik dan benar oleh Tuhan, jadi dimana sbuah keputusan yang telah kita mabil tidak akan salah. dimana pengambilan keputusan berdasarkan 1. analisa SWOT, matematis dan pengetahuan.2. faktor kemampuan manusia untuk menganalisa terlebih dahulu.

    Reply

  22. Posted by Alfred Handoko on March 24, 2014 at 4:31 pm

    mengambil sebuah keputusan bukanlah hal yang mudah, terutama bila keputusan yang kita ambil menyangkut kepentingan banyak orang. karena hal ini, kita harus mengambil keputusan secara hati – hati dan tidak sembarangan. namun, semua hal itu bukanlah hal yang penting lagi bila kita sudah memilih karena hal berikutnya yang harus dilakukan merupakan berusaha yang terbaik dengan apa yang telah kita pilih.

    Reply

  23. Posted by Steven on March 24, 2014 at 4:50 pm

    setiap hari kita pasti menemui persoalan, dan itu memaksa kita untuk membuat keputusan, dalam mengambil keputusan tentunya pemikiran kedepan dan faktor keberuntungan lah yang sangat berpengaruh dari hasil keputusan tersebut

    Reply

  24. dari nilai yang saya bisa ambil bahwa kita harus mengambil keputusan dalam bertindak, dan kita harus menganalisa dan berhati-hati dalam mengambil keputusan tersebut.

    Reply

  25. Posted by Aldibaraniz on March 26, 2014 at 2:01 pm

    Keputusan memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk diambil. Terkadang diperlukan waktu lama untuk membuat pilihan, dan terkadang kita tidak punya waktu sama sekali untuk memikirkan piihan yang ada, belum lagi apabila keputusan tersebut menyangkut kehidupan banyak orang. Yang kita bisa lakukan hanyalah percaya bahwa keputusan itu adalah yang terbaik yang bisa kita lakukan saat itu. Untuk mengenai memilih menggunakan insting, jujur saya kurang percaya adanya pemilihan menggunakan insting, karena dibalik pemilihan yang kita lakukan, pasti ada satu alasan atau pemikiran khusus mengapa kita memilih pilihan tersebut, sehingga pilihan kita selalu dilakukan secara sadar, dan kita selalu tahu bahwa keputusan kita saat itu adalah yang terbaik yang bisa kita pilih.

    Reply

  26. Posted by Fadil Zayandra on March 26, 2014 at 2:39 pm

    Keputusan
    Analisis yang sangat dibutuhkan berpikir lah jauh kedepan, disetiap keputusan yang kita buat pikirkan hal terburuk yang akan kita dapatkan dari pilihan tersebut, karena jika kita sekali saja salah melangkah, pasti akan berdampak buruk nantinya,

    “Penyesalan selalu datang diakhir”

    Reply

  27. Posted by fahrul rizky aulia on March 26, 2014 at 5:07 pm

    hidup adalah pilihan , kita harus berani mengambil keputusan dalam memilih karena tanpa keberanian dalam mengambil keputusan kita tidak akan pernah tau apa yang akan kita alami kedepannya.

    Reply

  28. Posted by Rinaldy Zulkarnain / 04 PJT / 1601277044 on March 27, 2014 at 2:23 pm

    Seringkali dalam mengambil keputusan, kita terlalu khawatir. Sehingga ketika kita terlalu banyak khawatir, kita menjadi tidak yakin kepada keputusan yang telah diambil. Inilah faktor kebanyakan orang menyesali keputusan yang telah mereka ambil. Karena sesungguhnya keputusan terbaik adalah keputusan yang disertai keyakinan optimal

    Reply

  29. Posted by Sebastian Limminata on March 27, 2014 at 5:02 pm

    dalam kehidupan kadang kita dihadapkan pada banyak pilihan, dan kita tidak tahu pilihan apa yang terbaik untuk kita manusia sering bingung apabila dihadapkan pada masalah tersebut. menurut saya, hal yang paling dibutuhkan dalam keadaan tersebut adalah membuat keputusan. dalam menjalani hidup tidaklah selalu berjalan lancar, kadang kita perlu dalam mengambil resiko, daripada berdiam diri dan pasrah, lebih baik kita pikirkan untuk mengambil keputusan barangkali keputusan yang kita buat akan membuat kita menjadi lebih baik. tapi bila keputusan tersebut salah, jangan pasrah dan menjadi minder, hadapi lah tantangan berikutnya yang akan datang, dan buatlah keputusan pada hidup kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: