Bayang-bayang

Sesuatu yang paling setia mengikuti kita ke mana saja kita pergi adalah bayangan kita, itu pun dengan catatan selama ada cahaya (Adharta).

3853602349_c11e419fc6Siapa yang sangka teknologi begitu cepat merubah bayang-bayang menjadi sesuatu yang indah dan bisa kita nikmati seperti film layar lebar, televisi dan photography. Dahulu kala orang nonton film seperti nonton wayang kulit. Ada benda lalu dikasih cahaya, penonton duduk dibalik layar, film bayang-bayang pertama kali dipentaskan sekitar tahun 1600 SM karena suasana tidak ada bintang opera sehingga pemainnya cuma 2 orang saja dan dialog saja, saya tidak tahu kapan wayang kulit lahir dan pertama kali di pentaskan, informasi bahwa wayang kuit diperkirakan sekitar abad ke 9 sejak raja Airlangga memerintaah kerajaan Singosari di Jawa timur, sedangkan kata Wayang sendiri artinya bayang atau bayangan, tetapi bayang-bayang ini memberikan inspirasi gambar hidup atau kita kenal sebagai film saat kini, dulu film pertama hitam putih 8mm dan bisu, semasa aku kecil film bisu ini asyik di tonton judulnya aku masih ingat Abbot and Costelo, itupun nontonnya berdesak desakan di lokasi misbar atau gerimis bubar.

Kalau kita perhatikan ternyata bayangan atau bayang-bayang atau sebut saja Wayang memiliki filosofi hidup yang sangat tinggi. Seorang ahli bahasa pernah mengatakan bahwa bayang itu diambil dari bahasa jawa kuno pengaruh Sansekerta berarti “Setia”. Oleh karena itu, saya memberi catatan bahwa
sesuatu yang paling setia mengikuti kita ke mana saja kita pergi adalah bayangan kita. Itu pun dengan catatan selama ada cahaya.

Mulai dari sana lalu dicatat tentang filosofi hidup dengan dasar kesetiaan. Apa saja jika kita setia, baik yang kecil maupun yang besar, tentu memberikan kisah tersendiri. Demikian Dia mengajarkan kepada kita agar mulai setia pada hal yang kecil, supaya kita bisa diberikan kepercayaan yang lebih besar. Bagaimana kalau hal yang kecil saja sudah tidak setia mau masuk untuk hal yang besar?
Seperti kita diatur libur dimulai tanggal 3 ternyata kita sudah tidak masuk tanggal 2. Atau harus masuk tanggal 12 kita masuk tanggal 13. Setia punya makna tanggung jawab mulai dari paling kecil sampai paling besar. Kalau kita perhatikan orang-orang besar pasti mereka berjiwa besar. Mengapa mereka bisa jadi orang besar karena mereka bertanggung jawab dan setia! Semoga Tuhan menjadikan malaikat pelindung sebagai bayanganku. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

6 responses to this post.

  1. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 8:12 am

    bayangan diumpamakan sebagai kesetiaan yang selalu mengikuti kita kemanapun kita berada dan bayangan merupakan simbol kehidupan kita.. kehidupan kita akan berarti jika kita memiliki kesetiaan. namun bayangan akan terlihat jika adanya cahaya, dimana kesetiaan akan terlihat jika ada perbuatan baik🙂

    Reply

  2. Membaca artikel tentang kesetiaan ini membuat saya teringat akan seekor anjing bernama Hachiko, kita semua pasti sudah mendengar kisahnya. Bagaimana sebuah kesetiaan dapat membuat seekor anjing dikenal oleh masyarakat dunia dan menjadi besar. Bahkan kisahnya kita ceritakan pada anak cucu kita. Kesetiaan memang bukan hal besar, tetapi prakteknya sulit dilakukan. Banyak orang tidak setia hingga mengalami kehancuran.

    Reply

  3. Posted by 01PNO-Andrien on January 16, 2014 at 8:30 am

    Kesetiaan pada jaman ini memang sudah sulit ditemukan. Banyak orang yang tidak mampu bertanggung jawab pada hal kecil namun ingin mengurus hal-hal yang besar. Padahal makna dari setia adalah tanggung jawab mulai dari paling kecil sampai paling besar. Tuhan juga mengajarkan kita untuk setia pada hal kecil terlebih dahulu, sebelum kita bisa diberikan kepercayaan yang lebih besar.

    Reply

  4. Posted by 01PNO-Fulgensius on January 16, 2014 at 1:03 pm

    Sangat setuju sekali… Kesetiaan merupakan suatu komitmen dan sikap yg sangat berharga saat ini.. Setia juga merupakan modal juga untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain sehingga membuka peluang-peluang yg positif juga untuk kita sendiri.. Mari kita belajar setia seperti bayang-bayang…

    Reply

  5. Seiring berjalannya waktu, kesetiaan menjadi langka esksistensinya karena hidup yang semakin kompleks. Suami isteri yang sebelumnya menjalin masa pacaran yang cukup lama pun akhirnya bisa bercerai karena tidak bertanggung jawab memelihara kerukunan dalam rumah tangga. Beda pendapat dalam mengurus anak saja bisa memukul. Padahal, itu perkara kecil yang sebenarnya bisa diatasi dengan pembicaraan yang tenang. Ketika kita bersalah, bayangan diri yang tergambar pun menjadi gelap. Tetapi ketika kita berusaha hidup damai, terang itu akan membayangi kita.

    Reply

  6. Posted by Rengga Aditya Prawira on March 26, 2014 at 4:25 pm

    Bayangan adalah hal yang paling hebat dan paling setia karena kemanapun kita pergi bayangan akan selalu mengikuti kita selama ada cahaya yang menerangi. Seperti halnya dalam cinta, ketika kita setia pada orang yang kita cintai pasti kita akan bahagia dengan orang tersebut. Dan apapun yang setia pasti akan membuat orang menjadi bahagia dan hebat seperti halnya orang yang selalu konsisten dalam mengerjakan apapun di kehidupannya sehari-hari.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: