Winter

Saat winter tiba, aku selalu ingat bahwa saatnya mempersiapkan diri (JP II)

images (11)Kita hidup di Equator atau garis horison sebenarnya mendapat berkat besar karena sepanjang tahun tanpa ganti musim. Suhu udara juga mirip sepanjang tahun dan tentu saja kehidupan di zona tropis jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan iklim subtropics. Musim dingin atau winter bagi daerah sub tropis masih tidak terlalu bahaya dibandingkan daerah antartika karena musim dingin berarti musibah akan tiba. Paus Johanes Paulus II dalam kunjungan musim dingin ke utara saat memasuki musim dingin mengingatkan umat di sana bahwa saat winter tiba, aku selalu ingat bahwa saatnya kita mempersiapkan diri.

Mengapa dingin begitu mengerikan? Suhu udara di bawah minus 20 derajat celsius itu sangat berkesan menjadi pembunuh manusia. Hanya yang memiiki fasiitas yang bisa bertahan. Di tahun 80-an akhir saya mengunjungi negara Cina. Ada giliran lampu mati sesudah jam 10 malam di saat musim dingin. Heater tidak bisa berfungsi jadi dinginnya sangat menggigit sampai mematikan. Cara supaya bertahan adalah tidur berselimut kayu gergajian.

Winter memberikan kita gambaran putih, salju, dan dingin. Kalau di Eropa siap-siap mau menyambut Natal. Ada sedikit kesan bahwa winter juga siap-siap buat bersih-bersih dan banyak berbuat amal, banyak berdoa dan sering kumpul keluarga, karena keluar rumah semuanya beku. Saya pernah mengalami di Korea, karena asyik ngobrol dan makan malam, saat keluar restoran ada hujan salju. Dalam waktu 1 jam saja ketinggian salju sudah 40 sampai 60cm. Kami tidak bisa pulang harus menunggu berjam-jam sampai mobil penghapus salju membersihkan jalan. Jangan melawan salju atau kita bisa kena ice bitting yang resikonya fatal.

Musim dingin memberikan tanda bahwa beberapa saat lagi kita akan memasuki musim semi atau spring time dimana seluruh bunga-bunga akan mekar mewangi menghias alam jauh lebih indah dari saat musim panas. Pohon-pohon pun tumbuh dan daun daun pun menghijau. Sedangkan rumput menghias tanah bak carpet digelar. Itu saat dinanti saat musim dingin.

Hati yang dingin, dan tawar tidak usah terlalu banyak dibawa dalam tidur karena saat matahari terbenam sirnalah semuanya. Mari kita hilangkan semua duka cita dan kesedihan. Mari menyambut fajar di musim dingin. Tuhan menjanjikan semuanya akan bersemi kembali, tetapi di saat musim dingin kita perlu siap siap berjaga. Demikian saat hati kita dingin, maka berhati-hatilah. Kita siap-siap dan berjaga-jaga karena begitu mudah pengaruhnya buat kita. Kita ditawarkan jalan pintas dan kenikmatan sesaat, tapi kita akan jatuh dalam dosa. Musim dingin harus kita lalui, bukan kita tinggalkan, tetapi kita semua harus berjaga-jaga. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

11 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 6:05 am

    Winter merupakan suatu musim yang paling ditunggu tunggu oleh setiap keluarga.Datang pada akhir tahun dan merupakan momentum pendekatan keluarga dan saling bersilaturahmi

    Reply

  2. Hal yang baik dari musim dingin adalah dia membuat semua orang bertahan di rumah. Momen ini menjadi saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, berbagi kehangatan, dan saling bertukar cerita. Terlihat bahwa Tuhan tidak menciptakan musim dingin tanpa tujuan yang baik. Jika kita sudah menghabiskan tiga musim sebelumnya di luar rumah, maka inilah saat yang Tuhan berikan untuk kita sejenak mengingat kembali apa yang kita miliki dalam keluarga kita.

    Reply

  3. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 3:08 pm

    Memang hati yang dingin perlu dijaga dan diwaspasai,berdoa saja agar Tuhan mencairkan hati yang dingin supaya kembali hidup dan hangat

    Reply

  4. Posted by 01PNO-Andrien on January 16, 2014 at 8:18 am

    Winter identik dengan masa-masa yang sulit. Namun pada masa itu kita juga harus mempersiapkan diri.

    Reply

  5. Posted by 01PNO-Andrien on January 16, 2014 at 8:23 am

    Mempersiapkan diri jangan hanya dilakukan sesekali saja, namun harus dilakukan setiap kali, bahkan ketika Winter datang. Winter identik dengan masa-masa yang sulit, namun pada masa itu kita juga harus mempersiapkan diri.

    Reply

  6. Posted by Vinny Tan on March 24, 2014 at 10:01 am

    sema hal yang telah diciptakan Tuhan tentu baik dan memiliki makna tersendiri. seperti menciptakan musim dingin, makan akan ada waktu untuk berkumpul d rumah, sama juga dengan di Inodnesia dengan iklim tropis, membuat beberapa orang malas keluar rumah dan mau di rumah saja.

    Reply

  7. Posted by Johan Hanli on March 24, 2014 at 10:23 am

    Winter (musim salju) merupakan hal yang sangat disukai banyak orang, terutama anak-anak , waktu kecil saya sangat senang dengan salju,dan bercita-cita bisa bermain salu, tetapi setelah saya ketahui salju itu identik dengan masa-masa sulit, jadi kita harus mempersiapkan diri dengan baik.

    Reply

  8. Posted by kelwin1995 on March 24, 2014 at 12:03 pm

    Musim dingin merupakan musim yang sangat indah dan suci.Diman natal juga terletak pada saat musim dingin tersebut.Merayakan natal dengan orang yang kamu kasihi erupakan sesuatu yang tidak dapat terlupakan sepanjang tahun

    Reply

  9. Posted by Alfred Handoko on March 24, 2014 at 4:43 pm

    Musim dingin memanglah berbahaya, namun dibalik itu semua ada keindahan yang tidak biasa dari musim dingin sendiri. keindahan – keindahan itu bisa kita dapatkan bila kita bertindak dengan benar bila kita sedang berada di musim dingin, namun bila kita salah bertindak maka hasilnya malah akan fatal ke diri kita sendiri. hal ini sama seperti hidup kita, dimana bila kita menjalani hidup dengan sepenuhnya., maka kita akan sering melihat keindahan yang ada di dalam hidup ini.

    Reply

  10. Posted by Aldibaraniz on March 26, 2014 at 12:57 pm

    Musim salju memang cukup menyulitkan, tapi dengan itu kita bisa belajar untuk menghargai musim yang datang sesudahnya. Setelah kesulitan di musim dingin, pasti akan datang musim semi yang indah dan menyenangkan, dimana banyak bunga bermekaran. Dan kita hanya perlu bertahan di musim salju untuk menikmati kebahagiaan tersebut. Seperti salah satu quote yang pernah saya baca, “To attain happiness, you must first know sorrow”. Untuk bisa merasakan kebahagiaan, seseorang harus terlebih dahulu merasakan kesulitan.

    Reply

  11. Posted by andy widya perdana on March 26, 2014 at 4:06 pm

    musim dingin menrurut saya adalah musim yang enak. Walaupun bersalju dan sangat dingin. Tetapi keluarga akan lebih dekat karena mereka semua mencari sumber kehangatan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: