Angin

Barang siapa menebar angin akan menuai badai.

images (10)Pagi-pagi sekali saya duduk di depan rumah menikmati sejuknya udara pagi, yang tidak dapat kita nikmati di Indonesia. Udara cukup dingin sekitar 6 derajat celsius, sangat bersih dan segar, langit juga bersih, clear ada awan sedikit dan biru. Di hadapanku ada beberapa ekor burung gagak besar. Mereka hidup bebas dan tidak takut orang. Jalan sana jalan sini lalu berteriak-teriak. Dari jauh aku bisa memandang burung-burung lain berterbangan dan sangat ceria menyambut pagi. Saya senang bisa menikmati ciptaan Tuhan. Sungguh indah. Polusi sangat ringan dan lingkungan dijaga bersih dan asri. Sampah-sampah di manage baik sekali. Ya kira-kira ini gambaran dan cita-cita kita untuk masa depan negara kita yang bisa bebas polusi, kekotoran dan semrawut.

Angin bertiup menerpaku. Enak sekali saat aku menarik nafas menghirupnya. Memang benar bahwa barang siapa menebar angin dia akan menuai badai. Kalau tidak mau ada badai kita harus coba mengikuti arah angin dan menikmati kehidupannya. Kalau kita tidak bisa menjaga kebersihan, kelak kita akan menuai kotoran. Kalau kita tidak bisa menjaga lingkungan, cucu kita akan menikmati kerusakan. Angin pagi kota Melbourne membisikkan sesuatu kepadaku bahwa aku harus belajar mulai dari diri kita. Jangan mengharap terlalu banyak sesuatu di luar kemampuan kita, tapi lakukan sesuatu biar sekecil apapun, tapi berguna bagi lingkunganku. Kelak kita akan menuai hasilnya.

Kapan ada waktu tentu angin juga akan bercerita buat semua sahabat. Ke manapun kita pergi angin selalu mengikuti kita, tanpa pernah lelah mau memberikan kesegaran buat kita. Lalu kita mau berbuat sesuatu agar angin bisa menghantarnya kepada siapa saja yang mau mendengarnya.

Angin itu pertanda baik. Coba lihat apa yang angin buat. Para nelayan melaut karena angin. Udara berubah karena angin. Banyak ahli belajar tentang angin supaya bisa terbang nyaman. Laut juga berombak karena angin. Peselancar menikmati angin dan ombak. Walau hanya sedikit berbicara angin berguna buat kita semua.

Aku juga ingin tahu ke mana angin bertiup. Sebenarnya di sana pasti banyak sahabat, sehingga di sini kita belajar bahwa persahabatan begitu indah. Kemana saja angin pergi di sana ada sahabat, sehingga suatu saat kita bisa terus menjalin persahabatan, sampai ke ujung dunia.

Ada seorang sahabat. Beliau pengamat spiritual paranormal bercerita kepadaku bahwa jika anda rindu kepada seseorang kaatakanlah saat angin bertiup di sisimu. Terus saya bercanda kalau menurut Teresa Teng, biar bulan terang saja mewakili hatiku (Yue Liang tai piauw Wo de xing).
Kami suka bercanda. Sayang beliau sudah mendahului pulang ke rumah Bapa.

Semoga angin segar memberikan semangat baru. Mari kita bangkit bergerak karena bergerak tanda hidup. Di situ angin mengajar kita bergerak. Bergerak dan bergerak jangan diam. Di sana semua terhenti. Tuhan mengajarkan kita bergerak seperti angin.
Tuhan memberkati. Salam dan doa

8 responses to this post.

  1. Udara yang segar bisa menyegarkan hati. Jika anda mau, di Jakarta masih ada momen dimana udara masih segar, yaitu pagi-pagi sekitar jam 6 kurang. Saat mobil dan motor masih sedikit di jalan, saya membawa motor sambil merasakan sejuknya udara yang mengenai tangan dan wajah saya. Angin inilah yang membuat saya semangat setelah bangun pagi-pagi.

    Reply

  2. Angin sejuk dan sepoi-sepoi memang sangat nikmat untuk menyegarkan tubuh di pagi hari.. Angin juga memberi banyak keuntungan seperti yang anda sampaikan.. Namun, sewaktu-waktu, angin dapat menjadi jahat dan bersifat merusak (Angin Topan / Badai).. Angin dapat dianalogikan dengan perkataan kita, apabila perkataan kita baik pasti akan menyejukkan hati orang yg mendengar, sebaliknya apabila perkataan kita kasar dan jahat pasti akan menusuk dan menyakiti orang lain..

    Reply

  3. Posted by 01PNO-Andrien on January 16, 2014 at 8:40 am

    Angin memang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah angin menyediakan udara sehingga kita dapat bernafas. Tanpa adanya angin maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu, kita harus menjaga bumi kita ini (dimulai dari lingkungan sendiri) agar angin segar tetap dapat selalu bertiup.

    Reply

  4. Adakalanya dalam kehidupan ini kita melakukan apa yang terbaik dan membiarkan semuanya terjadi begitu saja sesuai kehendak Tuhan bagaikan angin yang berhembus,ketika angin bertiup tidak ada yang dapat mengubah arah ke mana angin itu akan pergi

    Reply

  5. ketika sedang mengendarai sepeda, terasa angin yang sangat sejuk. semakin sejuk angin yang saya rasakan semakin semangat saya mengayuh sepeda, walupun itu menguras tenaga yang lumayan banyak.

    Reply

  6. Posted by Restu Petrus Matondang on March 26, 2014 at 9:49 am

    1601287796_Restu P Matondang: Banyak impian yang ingin kita capai. seperti yang di ceritakan didalam artikel ini, dia ingin sekali menikmati udara yang segar lingkungan yang bersih dll. Oleh sebab itu marilah kita memulai dari diri kita sendiri untuk tetap menjaga lingkungan kita sendiri. Banyak orang yang kurang sadar tentang menjaga lingkungan sendiri. kepekaan ini lah yang harus kita bangun untuk tetap menjaga lingkungan kita untuk mencegah terjadi nya bencana alam, banjir, gempa bumi, erosi dan lain-lain.

    Reply

  7. Posted by Angela Audrey on March 26, 2014 at 3:38 pm

    Kita tidak mungkin dapat mengubah arah angin, namun kita masih boleh mengubah layar perahu.

    Reply

  8. Posted by rizaldyfaroqi on March 27, 2014 at 2:00 pm

    Angin membawa pengaruh kepada kehidupan manusia. Jika kita menjaga lingkungan yang ada disekitarnya, maka angin akan membawa kesejukan. Sehingga kita menghirup udara yang sejuk dan dapat membangkitkan semangat untuk beraktivitas kembali

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: