Menu

Menu memberikan kemudahan kita untuk memiih jenis makanan (Adh).

images (9)Urusan makan memang sedikit ruwet. Kalau makan di rumah itu paling istimewa. Istri sebagai ibu rumah tangga yang bijaksana selalu menanyakan kepada suami dan anak-anak soal makanan kesukaan mereka atau membuat kejutan dengan memasak makanan kesukaan suami. Sebaliknya kalau kita menikmati makanan di luar rumah atau di restoran maka urusannya jadi berbeda. Sebab pertama-tama kita harus pilih lokasi, lalu pilih jenis makanan, apakah Indonesia, Western, Chinese, lalu pilih harganya apakah mau yang mahal dan mewah atau yang murah dan sederhana. Setelah itu apakah perlu reservasi atau tidak atau go show saja, sampai di sana baru atur bagaimana baiknya. Setelah semuanya selesai baru minta MENU untuk pilihan mau makan apa?

Ada juga restoran tidak ada menu, misalnya sate padang, soto madura, gado-gado, tetapi sekarang hampir semua pakai MENU sampai KFC, AW, dan McD semua pakai menu bahkan paket panas atau pamur ( paket murah).

Ada seorang sahabat saya dia selalu makan satu jenis saja. Misalnya ke restoran ya disana makannya satu jenis saja seumur hidup. Seperti istri saya juga kalau ke restoran kesayangan pasti mau makan makanan kesayangan, jarang mau coba yang lain. Berbeda dengan saya selalu mau variasi yang baru, karena rugi kalau makan sejenis dan bosan. Kecuali kalau tujuannya makan Sop Kaki Kambing Sudi Mampir di Roxy menunya satu jenis saja seumur-umur yaa.

Kemarin dulu saya dan anak cucu menikmati restoran Rock Pool, di daerah Downtown Melbourne, dalam komplex Royal Crown Casino dan hotel terbesar di Melbourne. Restoran Rock Pool juga termasuk termewah dan romantis sekali. Saat memilih menu saya melihat-lihat banyak sekali mau pilih yang mana bingung juga. Saya pasrahkan ke anak saya yang pilih karena saya benar-benar kebingungan. Sebentaran memilih makanan, saya ke luar melewati beberapa table. Kelihatan mereka punya masalah yang sama, saya sempat dengar dialog antara pelayan dan tamu. Kata pelayan tersebut, “Anda adalah the leader malam ini, menu ini disediakan untuk para pemimpin yang memerintahkan kami untuk membuat makanan sesuai keinginan” Sang tamunya diam saja karena sudah kemakan pujian, lalu mulai memilih makanan yang ada dalam MENU !

Saya menyimpan dalam hati kata-kata pelayan tersebut dan saya rasa benar sekali ungkapannya dan sangat tepat. Dalam hidup kita juga seperti kita mau makan ke restoran. Sampai MENU disediakan di hadapan kita dan kita adalah “the leader” yang harus mengambill keputusan. Memang hidup itu adalah pilihan. Memilih itu adalah keputusan yang harus kita hadapi setiap hari dan Tuhan menyediakan jenis pilihan buat kita. Karena begitu besar cinta-Nya, sehingga bukan Dia yang memilih tetapi memberikan kita yang memilih. Saya rasa ini tanda cinta yang sungguh besar. Bukan seperti saya menyuruh anak saya memilih karena saya kebingungan. Tuhan ingin kita semua menjadi pemimpin atau the leader bukan karena Tuhan bingung, tetapi Tuhan mencintai ciptaan-Nya lebih dari segalanya.

MENU sudah disediakan. Itulah berkat buat kita dan pasti berkat yang tertera adalah yang terbaik. Kita sudah saatnya menjadi pemimpin untuk memilihnya, namun seperti proses menuju restoran, kita juga sudah harus siap segalanya, termasuk uang untuk membayarnya. Kita semua juga dituntut untuk membayar setelah menu kita pilih, yakni dengan cinta kasih yang mendasari kerja keras, jujur, sopan, setia dan syukur atas perkenaan-Nnya untuk kita menikmati dunia.

Semoga kita semua bisa memilih menu terbaik buat kita melalui berkat tangan Tuhan. Salam dan doa.

3 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 6:09 am

    Menu adalah langkah awal sebelum kita memilih makanan sebelum kita mengetahui apa yang harus kita makan.Dan fungsi menu sangat penting bahwa apa yang kita ingin makan terdapat seluruh komposisi didalamnya

    Reply

  2. Posted by 01PNO-Fulgensius on January 16, 2014 at 1:08 pm

    Ya saya sangat setuju… Seharusnya kita bersyukur karena kita telah disediakan menu-menu yg nikmat di dunia ini oleh Tuhan… Tinggal kita santap dan nikmati.. Yang perlu kita lakukan hanyalah membayarnya dengan mengikuti arahan dan ajaran-ajaran-Nya, hidup senantiasa untuk memuliakan sesama dan Tuhan…

    Reply

  3. Posted by Defreia on January 16, 2014 at 3:58 pm

    Memilih menu makanan menurut saya cukup penting, karna dgn itu kita jg mengetahui apa yg akan kita makan, mengandung apa, komposisi, selera, dan juga kepuasan kita sendiri

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: