S a n k s i

Setiap ikatan perjanjian atau hal-hal berkaitan dengan suatu kerjasama saling menguntungkan pasti ada sanksi untuk suatu ketidaksesuaian dalam kesepakatan (Adh)

google_rulesSanksi dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, sanctie. Seperti dalam Hollandsche, sanctie yang terkenal dalam sejarah Indonesia pada masa kolonial Belanda. Kondisinya lebih memberatkan bangsa Indonesia. Ini seharusnya beda dengan sanksi yang benar, misalnya, kerja rodi atau kerja paksa pada jaman Jepang karena sanksinya mati! Ini bukan sanksi tapi ancaman karena berbeda maknanya.

Sanksi yang melibatkan negara atau sanksi internasional, yaitu langkah-langkah hukuman yang dijatuhkan oleh suatu negara atau sekelompok negara terhadap negara lain karena alasan-alasan politik. Sanksi diplomatik, yaitu penurunan atau pemutusan hubungan diplomatik, seperti misalnya penurunan tingkat hubungan diplomatik dari kedutaan besar menjadi konsulat atau penarikan duta besar sama sekali. Sanksi ekonomi, biasanya berupa larangan perdagangan, kemungkinan dalam batas-batas tertentu seperti persenjataan atau dengan pengecualian tertentu. Misalnya makanan dan obat-obatan, seperti yang dikenakan oleh Amerika Serikat terhadap Kuba. Sanksi militer, dalam bentuk intervensi militer. Sanksi perdagangan, yaitu sanksi ekonomi yang diberlakukan karena alasan-alasan non-politik, biasanya sebagai bagian dari suatu pertikaian perdagangan atau semata-mata karena alasan ekonomi. Lazimnya melibatkan pengenaan tarif khusus atau langkah-langkah serupa, dan bukan larangan total.

Dalam hubungan kerja Industrial antara perusahaan dan karyawan juga ada sanksi-sanksi yang tegas. Cuma seringkali disalah mengerti bahwa sanksi itu adalah ancaman hukuman, sehingga membuat karyawan bekerja seperti ada pistol di kepala untuk harus menuruti semua kemauan perusahaan. Padahal pandangan ini keliru sekali. Sanksi yang ditulis dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan sebenarnya justru sebaliknya. Mereka memberikan makna indah dalam kebersamaan, terutama disiplin yang tegas. Misalnya masuk pagi jam 8.30 WIB kalau terlambat akan dikenakan sanksi. Di sini kalau ada yang terlambat pasti kena sanksi. Oleh karena itu, kita sedapat mungkin bisa masuk lebih awal, sehingga kita semua bisa merasa hidup dalam kebersamaan. Kadang sanksi itu situasional, nah ini jadi masalah kalau ada like and dislike. Misalnya, seorang sekretaris yang dekat boss tidak kena sanksi. Ini kendala bagi seorang HRD. Atau sebaliknya ada sanksi buat seseorang yang quote unquote tidak disukai, lalu kena sanksi diberhentikan.

Dalam gereja, saat kita dibaptis, kita juga ada ikatan perjanjian, baik tertulis maupun tidak tertuis dan ada sanksi-sanksi buat kita. Apalagi kalau menjadi pelayan gereja atau pelayan umat. Kita harus bebas dari dendam, sakit hati, marah bahkan rela menyerahkan pipi kiri kalau pipi kanan ditempeleng. Ini adalah kesepakatan kita sebagai murid Yesus Kristus. Apalagi kita mendapat predikat diutus.

Semoga Tuhan membuka hati kita agar bisa melihat kenyataan hidup kita, sehingga membuat hati kita damai sejahtera. Salam dan doa.

8 responses to this post.

  1. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 8:29 am

    sannksi adalah konsekwensi hidup, dimana untuk hidup kita memerlukan sanksi untuk mengatur dan mengontrol perilaku kita sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan dan juga sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara. oleh sebab itu sanksi sangat berperan penting dalam kehdupan kita.

    Reply

  2. Menurut saya sanksi itu sebenarnya hal yang wajar yang di terapkan di dalam kehidupan kita dimana sanksi itu memberikan kita sebuah batasan atau mengontrol kita dalam mengambil sebuah tidakkan atau perilaku kita di dalam kehidupan. Tetapi dalam memberikan sanksi tersebut harus disertai dengan norma-norma dan nilai yang ada di dalam kehidupan kita. Kita tidak boleh memberikan sanksi yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku, karena hal itu dapat merugikkan orang lain.

    Reply

  3. sanksi juga bisa menjadi motivasi kita untuk tidak melakukan hal-hal negative, seperti terlambat, mencuri, berkelahi, dll. jadikan sanksi itu sebagai motivasi anda untuk tidak melakukan hal yang buruk. jangan menjadikan sanksi sebagai tekanan / beban pikiran anda yang dapat membuat diri anda stress.

    Reply

  4. Posted by Daniel Dwidjayanto on January 16, 2014 at 8:58 am

    Sanksi merupakan ganjaran dari perbuatan yang telah kita lakukan oleh orang lain, oleh karena itu kita harus menjaga sikap dan kelakuan kita kepada orang lain

    Reply

  5. Posted by 01PNO-Andrien on January 16, 2014 at 9:35 am

    Sanksi membantu kita untuk disiplin dan membantu menuntun kita untuk melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Seperti saat kita dibaptis, ada ikatan perjanjian serta sanksi-sanksinya. Sanksi itu dibuat agar kita selalu berada di jalan yang benar.

    Reply

  6. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 12:35 pm

    Sanksi dibuat untuk mencegahkan tindakan yang buruk muncul terus. Jadi sanksi itu bisa menjaga tindakan-tindakan orang.

    Reply

  7. Posted by 01PNO-Fulgensius on January 16, 2014 at 1:44 pm

    Orang yg benar, disiplin, dan tepat janji tidak akan takut dengan yang namanya sanksi.. Sanksi itu dibuat untuk mendidik orang yg memang tidak konsekuen dan tidak menepati janjinya… Sebaiknya belajar dari sanksi-sanksi yg pernah kita dapatkan.. Karena dari situ kita akan menjadi lebih berkembang menjadi pribadi yg lebih baik…

    Reply

  8. Sanksi seringkali menjadi “hantu” jika yang dikerjakan seseorang salah dan tidak sesuai harapan. Sanksi lebih jauh memberi tujuan agar kita secara maksimal mengerjakan sesuatu dengan sebaik-baiknya, disiplin, dan bertanggung jawab. Kalau kita menerima sanksi itu, berbahagialah karena kita mendapat pelajaran baru untuk tidak mengulangi hal yang sama selanjutnya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: