Dinner

Dinner has a good sense for a happy family (William shakspeare)

dinner01-5e43720b764fe78176079ff3cbc6644ec7daa227-s6-c30Ada pepatah juga yang mengatakan bahwa makan malam dalam keluarga memberikan arti dan makna lebih dalam kehidupan keluarga itu sendiri. Saya kurang mengerti mengapa harus makan malam? Mengapa tidak makan pagi atau makan siang. Secara umum mungkin siang hari masing-masing suami istri anak sedang sibuk kerja jadi dipilih makan malam. Bisa juga karena suasana lebih romantis dan dingin. Kalau ada masalah mungkin lebih enak berbicara. Saya sendiri kalau berbicara bisnis lebih prefer makan malam daripada makan siang. Entah mengapa makan malam suasana lebih nyaman buat saya. Padahal kalau makan malam itu tidalk boleh banyak karena risikonya gendut atau mungkin susah tidur karena kekenyangan. Semalam saya menikmati makan malam di Ah Poong, Sentul Selatan. Di sana luar biasa ramenya. Bangku dan meja banyak sekali tetapi satupun tidak ada yang kosong. Itu pun masih ratusan orang yang antri. Akhirnya kami harus makan berdiri.

Disana saya perhatikan mungkin 80 persen adalah keluarga. Bisa juga mereka mengambil kesempatan berbuka puasa bersama. Ini tradisi bagus sekali. Saya makan berdiri, sementara kiri kanan dan depan semua diisi keluarga pasangan muda. Sambil makan saya mendengar percakapan mereka. Ternyata mereka berbicara makan malam atau dinner. Dialog mereka membuat saya sangat tersentuh. Ceritanya panjang, tetapi intinya mereka ingin menjadikan makan malam sebagai sumber suka cita keluarga dan anjang komunikasi keluarga yang baik dan sempurna. Indah sekali.

Dinner has a good sense for a happy family. Dialog dalam kisah Romeo dan Juliet sebagai suatu inspirasi bahwa keluarga yang bahagia akan lebih berbahagia kalau bisa memanfaatkan makan malam. Cinta Kasih sepasang sejoli akan menjadi indah dimulai dengan makan malam. Apalagi ada candle light dan musik yang romantis.
Gambaran keindahan makan malam sering kita saksikan dalam film romantis, tetapi dalam kehidupan nyata ini benar adanya.

Perjamuan terakhir atau last supper juga dilakukan saat malam hari. Tempat suasana dan kondisi bisa dibayangkan bahwa terjadi interaksi. Saya rasa DIA memang sudah memilih tempat tersebut untuk penyelamatan dunia dan bisa menjadikan kenangan. Bayangkan makan malam dua ribu tahun masih terus kita rayakan baik pagi siang maupun malam. Tentu tidak ada salahnya kita rayakan dalam keluarga sebagai kenangan akan DIA. Sumber damai sejahtera, suka cita, kebahagiaan dan kesatuan dalam cinta, yakni makan malam bersama keluarga dan berdoa bersama. Kalau mau undang saya boleh atau pastor atau suster supaya memberikan makna lebih dari sekedar makan malam. Sekali dalam sebulan sudah lebih dari cukup. Percayalah keluarga akan menerima berkat berlimpah dalam Cinta Tuhan.

Saya dan istri sudah 31 tahun menikah. Ada pertengkaran dan perbedaan pendapat apa saja sudah kami hadapi bertahun-tahun, tetapi tradisi makan malam bersama selalu kami usahakan. Walaupun saya sendiri lebih sering makan diluar rumah, namun tetap berusaha menyusun jadwal makan di rumah bersama anak cucu.

Sharing ini berharap agar Cinta Tuhan juga hidup dan mengembara dalam kehidupan keluarga kita semua. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

8 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 7:06 am

    Momentum dinner merupakan momentum yang paling ditunggu tunggu oleh setiap keluarga.Karena ketika dinner,semua anggota keluarga dapat berkumpul bersama dan dapat melepas cerita bersama.Pentingnya Dinner (Makan Malam) yaitu untuk mempererat hubungan keluarga.

    Reply

  2. Posted by Zunvindri on December 5, 2013 at 1:44 pm

    Menurut saya, makan malam bersama keluarga adalah momen yang paling membahagiakan karena pada makan malam, kita dapat berkumpul bersama setelah seharian sibuk dengan aktivitas atau kesibukan masing-masing dan malam hari adalah saat yang tepat untuk berkumpul, berkomunikasi, bercanda tawa dengan anggota keluarga.

    Reply

  3. Malam memang waktu yang tepat untuk bersantai. Waktu kita menghilangkan segala kejenuhan dan kepenatan akibat bekerja seharian. Suasana malam yang lebih sunyi dari siang hari juga mendukung obrolan dapat mudah didengar. Mungkin karena hal ini makan malam dipilih sebagai waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Untuk sejenak kembali pada ketenangan hidup setelah lama tenggelam dalam tuntutan pekerjaan.

    Reply

  4. Posted by Daniel Dwidjayanto on January 16, 2014 at 8:57 am

    Makan malam bisa dibilang sebagai momen dimana keluarga saling berkumpul untuk untuk bertemu kembali, karena pada saat makan malam itu kita tertawa dan bersenang – senang. Dan saling menceritakan cerita yang menarik yang terjadi pada hidup mereka

    Reply

  5. Posted by 01PNO-Andrien on January 16, 2014 at 9:05 am

    Saya juga menyenangi momen makan malam. Saya dan keluarga saya berkumpul dan berbicara santai mengenai apa saja yang telah kami alami selama hari itu. Suasana malam identik dengan ketenangan dan kesunyian sehingga membuat makan malam terasa lebih nyaman.

    Reply

  6. Makan malam bersama keluarga merupakan momen dimana kita bisa saling terbuka terdahap satu sama lain. Momen dimana kita makin mempererat tali keluarga dengan kebersamaan yang tidak bisa digantikan oleh momen lainnya. Bagaimanapun, keluarga merupakan wadah dasar pertumbuhan kita menjadi pibadi yang mengerti dunia.

    Reply

  7. Posted by Hendro Tjeng on March 24, 2014 at 5:06 pm

    Dinner itu sangat penting saat kita sendang bersama keluarga. saat kita makan malam kita bisa sharing pengalaman, masalah, dan lain-lain. makan malam itu ada momen yang sangat baik untuk hidup kita

    Reply

  8. Posted by hansen on March 27, 2014 at 9:45 am

    Menurut saya makan malam terasa lebih nyaman karena kita mungkin sudah menyelesaikan aktivitas kita pada siang hari. Suasana pada makan malam pun menjadi lebih santai. Makan malam dalam suatu keluarga sangatlah penting karena dapat memperkuat tali kekeluargaan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: