Cucu

Memiliki anak sungguh suka cita besar, tetapi memiliki cucu itu berkat dan anugerah besar (Adh)

1146537_10151594618162939_235821941_nDengan penerbangan Garuda, saya dan istri terbang malam hari, menuju Melbourne, Australia. Penerbangan yang indah sekali karena cuaca bagus. Walau bulan separo tetapi terang sekali karena terbang di atas strastofir jadi tidak ada awan, yang dilihat hanya bulan dan bintang saja. Setelah melintas benua selama 5 jam, akhirnya kami mendarat dengan mulus jam 08.00 pagi waktu Melbourne. 3 jam lebih cepat dari Jakarta di musim dingin, tetapi kalau musim panas beda 4 jam. Suhu udara pagi hari ini 3 derajat, nanti malam bisa di bawah nol. Saya dijemput Dirga, anak saya dan IrIs cucu saya kedua. Di Melbourne saya ada 3 cucu semuanya wanita. Jadi, semua sekarang ada 5 cucu dari dua anak laki. Anak saya tiga orang laki-laki semua.

Orang bilang memiliki anak sungguh suka cita besar, tetapi memiliki cucu itu berkat dan anugerah besar Kalau sampai cicit wah itu sudah miracle. Cucu itu kalalu dalam kehidupan seperti mendapat hadiah besar atau rejeki nomplok, karena sungguh luat biasa bahagianya dan sulit dilukiskan. Ada sesuatu yang begitu indahnya dan memberikan kebahagiaan besar. Sebenarnya dari garis keturunan biasa saja, tapi ada beberapa catatan penting dalam sejarah. Tradisi Cina menyebut Sam Cia contoh seperti Pangeran Charles dari Inggris (anak laki ke-1), lalu Willian (anak laki ke-1) dan George (anak laki ke-1). Ini disebut Sam Cia (terjemahan 3 rumah) dan dalam kepercayaan Cina ini mendapat berkat besar sekali. Di Inggris dan Scotlandia semua menyambut orang ketiga penyandang Crown Prince.

Cucu sebagai penerus keturunan memang menjadi penting dalam garis kehidupan, baik sebagai kakek dan nenek juga keluarga. Bagi kita yang masih memiiki kakek dan nenek tentu juga senang karena Mbah Putri dan Mbah Kangkung pasti merasakan kebahagiaan, karena kasih sayang yang berelebihan.

Kehidupan di dunia ini seperti dunia itu sendiri memiliki banyak sekali sumber mata air yang menjadi sumber kebahagiaan. Itu perlu kita cari, sehingga ada pepatah mengatakan sebagai berikut : “Kebahagiaan yang kita harapkan sebenarnya sudah tersedia, bahkan sesungguhnya Kebahagiaan itu sendiri menunggu kedatangan kita dan kita sendiri harus menjemputnya.”

Jadi, kalau ada orang yang tidak bahagia dan bersuka cita, maka jangan tunggu lagi. Kebahagiaan sudah menunggumu, tinggal kita mau atau tidak membuka hati menerimanya. Itulah yang membuat saya harus terbang menyebrang lautan dan benua untuk para cucuku. Di sana salah satu sumber mata air kebahagiaanku. Semoga Tuhan memberkati. Salam dan doa.

8 responses to this post.

  1. Memiliki cucu menjadi sebuah sukacita besar karena hal itu juga berarti kita mendapatkan umur yang panjang. Umur tidak dapat dibeli dengan uang, sebuah hal yang lebih berharga dari berlian. Begitu pula waktu yang diberikan Tuhan untuk bermain dan memberikan kasih sayang pada cucu kita.

    Reply

  2. Posted by 01PNO-Fulgensius on January 16, 2014 at 1:32 pm

    Memiliki dan pernah ikut merawat dan membesarkan cucu adalah kesempatan yang tak ternilai harganya.. Itu artinya kita telah diberikan umur yg panjang oleh Tuhan sehingga kita diperbolehkan untuk melihat seorang anak yang akan meneruskan garis keturunan kita… Bersyukurlah bagi kita semua yg sempat melihat dan memiliki cucu…

    Reply

  3. Bersyukur jika kita dianugerahi Tuhan dengan beranak cucu. Umur panjang saja adalah suatu anugerah yang sangat besar. Ketika kita memiliki itu semua, kita berusaha mewarisi hal-hal yang baik kepada mereka.

    Reply

  4. Posted by kelwin1995 on March 24, 2014 at 12:06 pm

    Merawat dan memiliki cucu itu merupakan sebuah anugerah yang paling indah yang didapatkan oleh nenek kakek mereka.Mereka dapat merasakan proses perkembangan cucu mereka..Itu semua sudah cukup untuk dirasakan oleh mereka.Tidak perlu lagi sesuatu yang lain

    Reply

  5. Posted by wisnu wicaksono - 04PAW on March 24, 2014 at 3:08 pm

    suatu kebahagiaan yang sangat besar bisa melihat cucu bahkan cicit kita sendiri. dengan diberikan kesempatan berupa umur panjang, sehingga dapat melihat anak, cucu bahkan cicit tumbuh berkembang menjadi anak yang baik. menjaga pola makan dan hidup sehat merupakan salah satu cara yang dapat kita tempuh untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut

    Reply

  6. Posted by Cindy Purnamasari on March 26, 2014 at 8:00 am

    Memiliki cucu memang merupakan suatu anugerah besar yang dikirim oleh Tuhan. Semua orang pasti mempunyai pikiran seperti itu. Memiliki cucu dan bahkan sempat merawat dan membesarkannya dapat memberikan suatu kebahagiaan tersendiri untuk kita, karena Tuhan masih memberikan waktu dan umur untuk kita agar bisa melakukannya, dan kita harus bersyukur untuk itu.

    Reply

  7. Posted by Chandra Gumelar Aulia on March 26, 2014 at 9:46 am

    cucu adalah karunia yang diberikan Tuhan kepada seseorang agar meneruskan generasi sebelumnya. Berbahagialah orang yang mendapatkan cucu, karena dia mendapat warisan dari sebelumnya. Jangan tunggu kebahagian menghampiri kita, tetepi kita sendiri yang menciptakan kebahagiaan kita sendiri.

    Reply

  8. Posted by ridho hidayatullah on March 26, 2014 at 12:19 pm

    memiliki cucu merupakan suatu anugerah dari tuhan dan kita harus mensyukurinya karena dibalik keberadaan cucu kita telah diberikan anugerah yang besar oloeh tuhan yaitu umupr panjang dan dengan adanya cucu kita dapat mewarisi kebaikan-kebaikan kepadanya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: