VISA

Visa yang dikeluarkan suatu negara memberikan keleluasaan pemilik visa untuk masuk dan tinggal di negara tersebut (Immigration 1.1)United-States-visa

Selama di Hamburg, Jerman, saya dan istri disibukkan mengurus paspor baru di Konsulat Jendral RI di Hamburg, karena Paspor kami hilang dicopet saat makan malam di restoran Franscis Karner. Hari pertama tiba di kota Hamburg yang ternyata sangat tidak aman buat para pelancong. Bukan saja kami berdua yang sibuk tetapi teman-teman, konsul dan para sahabat di konsulat pun ikut sibuk, tetapi berkat Tuhan saya mendapatkan paspor baru yang permanen. Menjadi kendala buat saya karena dalam paspor lama ada beberapa visa, seperti USA, Australia, China, Kanada dan Korea. Khusus USA dan Australia, pengurusan visa sama seperti mengurus baru, sehingga semua dokumen dimulai dari awal, padahal dalam waktu singkat ini saya dan istri harus terbang ke Melbourne untuk menengok cucu kami. Syukur dan terima kasih kepada Tuhan, pagi ini saya mendapat email dari kedutaan Australia bahwa Visa saya sudah selesai.

Visa, bagi para pengusaha atau turis berperan penting, sebagai awal perjalanan mereka, demikian juga dengan kita semua. Ayahanda saya waktu di usia 80-an bercanda. Katanya VISA beliau sudah keluar dan tunggu Exit Permit (saat itu perlu) ternyata beliau meninggal usia 95 tahun. Lelucon yang beliau buat sangat sederhana, tapi maknanya baik buat kita. Apakah kita sudah apply VISA untuk pergi ke surga? Apa syarat-syaratnya? Hanya canda saja tapi saya rasa memang perlu kita siapkan juga. Caranya saya rasa kita semua sudah paham dan jelas. Ada di 10 perintah Allah kata anakku.

Tentu arti Visa sangat penting, karena dokumen ini menyangkut banyak kepentingan.Buat teman-teman yang belum keluar negeri sebagai pengetahuan saja bahwa VISA sangat penting untuk sebuah prerjalanan.

Semoga kita bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena tidak semua Visa bisa disetujui. Kadang-kadang di tolak. Kalau sampai terjadi ditolak karena dokumentasi dan persiapan kita bisa mencoba dan mencoba lagi. Salam dan doa.

Catatan :

Negara-negara Dunia yang Bebas Visa Tidak Ada VoA. Salah satu hal yang harus perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: mencari tahu mana saja negara-negara yang BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia.

Sementara arti visa sendiri adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Kemudian ada istilah “bebas visa” dan ada “visa on arrival”. Bebas visa artinya hanya perlu paspor saja untuk masuk ke negara tersebut.

Sedangkan Visa on Arrival (VoA), artinya setelah pemegang paspor tiba di bandara negara yang menerapkan VoA, maka pemegang paspor diwajibkan untuk mengurus visa dan membayar sejumlah biaya administrasi untuk bisa masuk ke dalam negara tersebut.

Jadi, tidak perlu mengajukan permohonan visa ke Kedubes di negara asal, karena bisa langsung mengurus di negara tujuan. Biasanya VoA ini diperbolehkan untuk kunjungan singkat saja, seperti berlibur atau kunjungan sosial.

Berikut negara-negara Asia yang bebas visa adalah :

1. Brunei : 14 hari
2. Kamboja : 30 hari
3. Hong Kong : 30 hari
4. Macau : 30 hari
5. Malaysia : 30 hari
6. Filipina : 21 hari
7. Singapura: 30 hari
8. Thailand : 30 hari
9. Vietnam : 30 hari

Berikut negara-negara Afrika yang bebas visa, adalah

1. Maroko : 90 hari
2. Seychelles : 30 hari

Berikut negara-negara Amerika Selatan yang bebas visa, adalah

1. Chile : 90 hari
2. Kolombia : 90 hari
3. Ekuador : 90 hari
4. Haiti : 3 bulan
5. Peru : 90 hari

Berikut negara-negara Amerika Utara yang bebas visa, adalah

1. Bermuda : 90 hari
2. Saint Vincent & Grenadines : 1 bulan

Berikut negara-negara Eropa yang bebas visa, adalah ( VoA )

1. Kosovo : 90 hari
2. Turki : 30 hari

Sebagai catatan, pastikan paspor Anda memiliki masa berlaku minimal 6 bulan sebelum hari keberangkatan. Seringkali imigrasi menolak paspor yang masa berlakunya sebentar lagi habis.

One response to this post.

  1. Memang beberapa negara memberlakukan kebijakan untuk para visitor memiliki VISA, namun ada juga negara yang tidak memerlukan VISA.. Untuk ‘hidup selanjutnya’ kita juga memerlukan ‘VISA’ untuk menuju surga.. Syarat dan dokumen yang diperlukan untuk mengurus ‘VISA’ ini dapat kita baca dan pahami melalui Kitab Suci sesuai agama dan kepercayaan masing-masing..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: