KTP

Kartu tanda penduduk wajib dimiliki oleh siapa saja di Indonesia untuk kepentingan komunikasi.d0e0a4c265cd60e8a259a7bba99910d2_thumbnail

Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi penduduk Indonesia sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kartu ini wajib dimiliki bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin. Anak dari orang tua WNA yang memiliki ITAP dan sudah berumur 17 tahun juga wajib memilki KTP. KTP bagi WNI berlaku selama lima tahun dan tanggal berakhirnya disesuaikan dengan tanggal dan bulan kelahiran yang bersangkutan. KTP bagi WNA berlaku sesuai dengan masa Izin Tinggal Tetap. Khusus warga yang telah berusia 60 tahun dan ke atas akan mendapat KTP seumur hidup yang tidak perlu diperpanjang setiap lima tahun sekali. Mengurus KTP sekarang ini sudah jauh lebih mudah daripada 30 tahun lalu. Pengalaman saya waktu mengurus KTP tahun 70-an membutuhkan waktu lebih dari 6 bulan. Sekarang sehari saja jadi. Sama halnya dengan sulitnya urus paspor jaman dulu, setelah ada paspor masih perlu exit permit. Susahnya mengurus dokumentasi atau tanda kenal diri masa lalu kita sudah alami.

KTP mengapa harus wajib dimiliki? Itu menguntungkan buat kita untuk berkomunikasi, baik dengan pemerintahan, instansi, swasta dan untuk usaha. Pemerintah juga mudah menghitung penduduk dan sangat membantu sensus jumlah penduduk. Walaupun ada istilah agama KTP tetapi sebetulnya semua baik adanya.
Kalau KTP di luar negeri singkatanya Knowledge Transfer Partnership (KTP). Pemerintah disana sangat konsen dengan ilmu pengetahuan, kalau disana KTP itu disebut ID. Tetapi sebenarnya nilai KTP itu jauh lebih dari hanya dipakai sebagai identitas diri karena KTP ada 3 macam. Pertama, KTP tertulis seperti yang kita miliki. Kedua, KTP pengakuan diri atau eksistensi diri terhadap lingkungannya. Ketiga, KTP Rohani, yang dibuat supaya Allah Bapa mengenal anak-anak-Nya dan anak-anak yang hilang bisa ditemukan kembali. Kita semua adalah petugas KTP jenis ketiga ini kapan saja dimana saja. Kita siap selalu mencari anak-anak yang belum memiliki KTP ini, demikian kita diutus! Tuhan memberkati melindungi dan merawat kita semua dalam tangan kasih-Nya kita hidup penuh suka cita. Salam dan doa.

6 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 7:08 am

    Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan identitas wajib bagi warga negara Indonesia.Karena merupakan suatu tanda pengenal warga negara dan penting nya KTP merupakan suatu jaminan kewarganegaraan ataub syarat utama kewarganegaraan,Oleh karena itu jangan anggap enteng KTP.

    Reply

  2. Saya sering melihat fenomena di Indonesia bahwa orang menaruh agama di dalam KTP hanya sebagai “formalitas” karena agamanya tidak diakui di Indonesia, tidak memiliki agama, atau hanya sekedar untuk mempermudah pernikahan beda agama yang sering disebut dengan “Kristen KTP”. Sesungguhnya bukan hanya KTP yang dapat menunjukan siapa kita sebenarnya tetapi bagaimana seseorang bersikap untuk mempertahankan eksistensinya terhadap lingkungan maupun dihadapanNya.

    Reply

  3. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 8:34 am

    MENARIK..
    KTP memiliki arti yang sangat penting, selain sebagai idenditas, KTP juga merupakan alat yang bisa mengenali seseorang secara sekilas dan menemukan orang ketika hilang.. dengan kata lain KTP merupakan nyawa kita, yang jika hilang, maka akan merasakan kesulitan untuk berkomunikasi dan untuk mengurus segala hal.

    Reply

  4. Lebih dari selembar kertas berlapis plastik, KTP adalah bukti identitas kita. Pengakuan dari eksistensi kita. Mungkin bagi sebagian besar masyarakat KTP hanyalah sebuah bukti yang diperlukan ketika akan mengkredit motor, atau ketika akan membuka rekening bank. Tapi KTP sendiri memiliki fungsi pengenalan diri, bukti nyata akan diri kita sebagai manusia.

    Reply

  5. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 12:43 pm

    Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan identitas kita sebagai warga negara Indonesia, dan kita perlu KTP ketika membuka rekening baru untuk mengetahui identitas kita.

    Reply

  6. Posted by 01PNO-Andrien on January 16, 2014 at 3:13 pm

    Dengan memiliki KTP berarti kita mengakui keberadaaan kita sebagai bagian dari suatu sistem masyarakat (dalam konteks ini adalah warga negara). Ada juga KTP jenis KTP rohani, dan kita adalah petugasnya. Sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu mencari anak-anak yang belum memiliki KTP ini.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: