Boneka

Siapapun melihatnya akan membangkitkan ingatan kepada kenangannya, itulah boneka! (Isabella)

1366089738_334396223_1-Gambar--boneka-garfield-picture-boneka-garfield-lucuMemiliki anak dalam usia balita paling penuh suka cita, terutama saat bermain bersama mereka. Khusus anak perempuan, boneka adalah permainan yang sangat memberikan kenangan manis dan akan terekam sampai dewasa atau dihari tua nanti. Isabela Peron dan Imelda Marcos adalah kolektor noneka walaupun mereka sudah menjadi tokoh negara. Ada juga beberapa tokoh dunia yang sangat menyukai boneka. Madame Tussauds (siapa yang tidak kenal beliau?) yang karena cintanya terhadap boneka, maka beliau menciptakan patung-patung lilin yang diidolakan seperti tokoh dunia, artis dan orang terkenal.

Presiden Soekarno marah sekali ketika Indonesia dikatakan sebagai Boneka Amerika, maksudnya berada dibawah kekuasaan Amerika. Cerita soal boneka memang unik. Siapa yang tidak kenal Mickey Mouse, Doraemon, Guffy, Cookie Monster, Donald Bebek, sampai Barbie? Milyardan dollar dikeluarkan untuk membeli boneka-boneka ini dan sampai antri kalau ada sebuah produk baru dikeluarkan.

Mengapa boneka begitu menarik perhatian anak-anak, orang dewasa danmaupun orang tua? Menurut beberapa psikolog, boneka memberikan gambaran imaginasi seseorang dalam khayalan dan mendekati kesempurnaan dalam komunikasi. Jadi, jangan heran kalau lihat anak kecil bisa berbicara sendiri dengan boneka. Atau ada yang menciptakan boneka melalui wayang dan film. Komunikasi lebih mudah dicerna oleh anak-anak dan bisa membuat anak-anak tertawa, menangis dan berkelahi sehabis menonton film Micky Mouse. Penemu, sutradara, dan produser mengeruk uang banyak sekali dari boneka.

Boneka tidak terlepas dari kehidupan manusia. Yang sangat menarik adalah bisa membangkitkan kenangan dan berkomunikasi secara interinsuler dengan kita. Coba ambil sebuah boneka lalu lihatlah, maka dia akan bercerita banyak tentang kenangan kita, baik masa kanak-kanak atau kenangan khusus yang pernah kita alami.

Boneka juga berkomunitas, berkelompok dan bisa berkeluarga. Sungguh suatu hal yang sangata positif dalam menciptakan relasi personal. Dari sini kita bisa melihat bahwa Tuhan memberikan kita imaginasi dan tentu saja sangat berguna bagi perkembangan iman kita. Demikian juga dengan patung-patung. Ada sedikit kekeliruan antara menyembah berhala dan memuja, seperti halnya kita menyimpan foto kekasih kita dan orang tua kita dalam dompet.
Imaginasi yang timbul dari karakter-karakter boneka memberikan bantuan kepada anak-anak untuk mengenal dunia, baik dan buruk, suka dan duka melalui komunikasinya. Demikian kita diharapkan bisa menciptakan karakter boneka untuk diri kita sendiri, karena kita sendiri adalah boneka-boneka ciptaan Tuhan. Bedanya kita dikasih jiwa, nyawa dan akal budi. Semoga kita semua bisa menjadi orang dengan karakter yang diingini Tuhan, karena Cinta-Nya begitu besar terhadap ciptaan-Nya. Tuhan memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada kita untuk menjadi manusia. Tuhan memberkati selalu. Salam dan doa.

7 responses to this post.

  1. Boneka bisa mencerminkan karakter seseorang. Kita bisa menafsirkan mimik boneka. Seperti boneka teddy bear yang dibuat dengan ekspresi netral sehingga anak-anak yang memilikinya dapat menginterpretasikan ekspresi boneka tersebut dengan imajinasinya. Sama seperti manusia yang diciptakan dengan wajah yang berbeda-beda, tidak ada yang sama persis walaupun kembar identik sekalipun. Bukan hanya wajah yang menunjukan karakter seseorang tetapi juga ekspresi yang dibuat dan diintepretasikan.

    Reply

  2. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 8:54 am

    boneka merupakan teman yang dianggap setia, karena trkadang anak kecil sering membawanya kemana2,, namun boneka di sukai karena karakternya dalam menjadi sebuah tokoh di film2 atau brosur atw imajinasi kita. sama halnya manusia, jika memiliki sifat dan karakter yang baik maka orang lain akan suka pada kita dan akan mau bergaul dan berteman dengan kita.

    Reply

  3. saya masih bingung, apakah sampai sekarang boneka lebih identik dengan anak perempuan?

    Reply

  4. Boneka itu bagai museum kecil bagi kehidupan saya. Sebagai anak perempuan, saya mempunyai sebuah boneka yang sudah saya miliki sejak kecil. Boneka itu terus saya bawa bahkan ketika saya berpergian. Hingga saat ini, ketika saya melihat boneka saya, saya masih bisa melihat kenangan-kenangan manis saya ketika kecil di dalam boneka itu. Cerita saat orantua saya pertama kali membelikannya, atau ketika saya pergi ke luar kota. Memang hanya sebuah benda, tapi sebuah benda menjadi berharga karena menyimpan cerita di baliknya.

    Reply

  5. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 2:13 pm

    Sebuah boneka mempunyai kenangan tertentu dan dengan tidak sadar. terkadang kita menceritakan masalahnya dihadapi dengannya. Jadinya boneka tersebut seperti teman curhatan.

    Reply

  6. Posted by 01PNO-Andrien on January 16, 2014 at 3:24 pm

    Saya masih menyimpan boneka kesayangan saya yang dulu saya selalu pakai untuk bermain. Kenangan yang tersimpan di boneka tersebut tak ternilai harganya karena menyimpan kenangan manis sewaktu saya masih kecil. Ketika saya melihat boneka tersebut maka kenangan manis itu akan kembali memenuhi pikiran saya. Sungguh kenangan yang berharga.

    Reply

  7. bagi saya boneka itu ibarat teman diam. Maksudnya,dia tidak bisa berbicara. tapi bagi saya boneka itu selalu mendengarkan kita. Boneka juga bisa menjadi sebuah kenangan. misalnya ketika kita diberi boneka oleh orang yang kita sayang. Maka kita akan selalu mengingat kenangan itu,setiap melihat boneka itu.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: