Bisikan

Ada istilah bisikan kuda mencari jalan dan bisa menjadi baik adanya.3412686168_6b64d38b95

Film Horse’s Whisper memiliki cerita bagus sekali. Lengkapnya saya sudah lupa. Cuma saya catat bahwa bisikan itu memang banyak mempengaruhi kehidupan, baik bisikan malaikat maupun bisikan setan. Seperti kalau kita jalan, atau mengendarai kendaraan kadang kala terasa seperti mau menabrak orang saja atau yang paling sering terjadi adalah bisikan-bisikan yang menyuruh kita melakukan sesuatu yang di luar norma kehidupan. Atau bisikan-bisikan agar kita melakukan kejahatan. Jarang kita mendapat bisikan berbuat baik, karena kita merasa jika berbuat baik itu adalah dari saya, bukan bisikan siapa-siapa. Saya rasa ini wajar dan manusiawi.

Bagaimana kita mengenal sebuah bisikan baik dan jahat? Memang secara naluri kita bisa merasakannya, tetapi karena kita ditutup oleh masalah duniawi, maka kita tidak bisa membedakan mana bisikan malaikat mana bisikan setan. Sebenarnya secara naluri kita bisa membedakan bisikan dengan beberapa cara :

Pertama, melalui balasan doa, karena bisikan itu memberikan dorongan cukup kuat, jadi kalau jelas sesuatu yang buruk lebih baik ditinggalkan saja.

Kedua, kalau bisikan itu menyangkut pemilihan, pengambilan keputusan, jodoh, maka di sini diperlukan suatu kemampuan untuk membaca apa yang diinginkan oleh Tuhan dan menselaraskan apa yang dimaui oleh Tuhan patut kita syukuri.

Ketiga, bisikan yang menyangkut dorongan untuk melepas sesuatu, meninggalkan, memutuskan hubungan dan perceraian, ini bisa dirasakan kalau seseorang memiliki nilai spiritual yang baik.

Bisikan memang mempengaruhi kehidupan kita. Barang siapa bisa membaca bisikan yang baik, dia akan mendapat keuntungan dan berkat. Buat kita mudah-mudahan bisa diberi kemampuan menerima bisikan yang baik dan menolak bisikan yang jelek. Tuhan memberkati.

14 responses to this post.

  1. Bisikan memang selalu mengiringi kehidupan kita dalam melakukan sesuatu. Apabila kita ingin melakukan suatu yang baik maka ada sedikit bisikan buruk yang mengatakan agar kita tidak melakukannya maupun sebaliknya. Kita sebagai manusia agar dapat mengikuti bisikan yang baik harus meningkatkan iman kita kepada Dzat yang menciptakan kita agar kita tidak mengikuti bisikan buruk yang membuat kita menyesal pada nantinya. Sebelum melakukan sesuatu kita memang harus mengerti konsekuensi agar hal tersebut tidak mencelakai kita di masa yang akan datang.

    Reply

  2. Baik dan jahat adalah hal yang manusiawi bagi diri kita .. sudah jelas bahwa kejahatan akan membawa kemungkaran dan menuju kepada dosa jika dilakukan .. lalu bagaimana kita suapaya terhindar dari kejahatan ? jawabanya adalah dalam doa kita dan niat kita karena yang memntukan kehidupan kita selain diri kita sendiri adalah Tuhan YME jadi kegiatan kita tergantung dari niat dan tujuan kita 

    Tugas kampus

    Reply

  3. Posted by branov on December 5, 2013 at 1:17 pm

    bisikan ada yang baik dan yg jahat, tinggal kita yg memilihnya agar bisa berguna di kehidupan kita

    Reply

  4. setuju sekali bahwa bisikan kebanyakan dari yang negatif atau jahat.karena Tuhan ingin mengetes kita apakah kita memilih jalan yang baik atau memilih jalan yang salah.banyak orang yang sudah kemakan bisikan setan untuk berbuat jahat/negatif seperti merampok,mencuri untuk mendapatkan uang secara cepat dan tuhan pun akan melihat itu

    Reply

  5. Bisikan bisa kearah positif atau negatif. Intinya, jika bisikan itu menjerumus ke arah negatif (bisa disebut intimidasi), kita harus tolak dan tinggakan, lalu menyondongkan diri pada bisikan yang positif (membangun). Bisikan berbeda dengan feeling. Bisikan menggunakan telinga dan feeling menggunakan kata hati. Hidupi kata-kata yang membangun sehingga kita bisa melangkah dengan percaya diri dan pasti.

    Reply

  6. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 3:32 pm

    Hendaknya kita mendengar bisikan-bisikan positif dalam hidup kita,dan menghindari bisikan setan,selalu berdoa supaya kita terhindar dari bisikan iblis

    Reply

  7. Menurut saya, saya setuju bahwa bisikan mempengaruhi kehidupan kita. Karena sering kali kita tidak percaya pada diri kita sendiri. Kita malah mendengarkkan bisikkan orang lain yang belum tentu bisikkan tersebut baik atau buruk. Jadi di dalam kehidupan kita harus yakin pada diri kita sendiri dan kita harus membedakan mana bisikan baik mana yang buruk

    Reply

  8. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on January 16, 2014 at 7:02 am

    jangan terlalu mendengar bisikan, ada maksud dan sebab mengapa bisikan terjadi yaitu agar orang lain tidak mengetahuinya, bisikan lebih condong kepada hal yang negatif karena berusaha menyembunyikan sesuatu dari orang lain.

    Reply

  9. Kadang kita mendengar bisikan tertentu saat hendak melakukan sesuatu..Bisikan dapat berisfat positif dan negatif (Sering dibilang bisikan malaikat dan bisikan setan).. Menurut saya, bisikan itu datangnya dari diri sendiri dan yang menentukan langkah selanjutnya ialah diri kita sendiri.. Apabila kita negatif thinking maka biasanya bisikan jahat yang biasa kita dengar.. Berlaku sebaliknya

    Reply

  10. Posted by Aditya Arya Ramadhan on January 16, 2014 at 3:22 pm

    Setuju, bisikan memang cukup berpengaruh banyak pada kita. Terkadang akibat bisikan tersebut kita lupa akan tujuan kita.

    Reply

  11. Posted by andiani herlina on March 24, 2014 at 9:42 am

    tutuplah telinga kalau itu buruk,tapi dengarkan dan perhatikan kalau bisikan itu baik dan membangun.dan jangan selalu mudah percaya pada bisik-bisikan orang lain terhadap seseorang,karena belum tentu kebenarannya seperti itu

    Reply

  12. Posted by 04PKF_Bayu Prabowo_1601267232 on March 26, 2014 at 12:55 pm

    Kita sebagai manusia agar dapat mengikuti bisikan yang baik harus meningkatkan iman kita kepada yang menciptakan kita agar kita tidak mengikuti bisikan buruk yang membuat kita menyesal pada nantinya. kerna bisikan setan sngatlah mempengaruhi kita di jalan yang salah. Dengan kita mendekatkan diri kepada ALLAH kita dapat merasakan bisikan bisakan yang positif.

    Reply

  13. saya setuju kadang bisikan bisa mempengaruhi kita dalam bertindak atau mengambil suatu keputusan. namun jika kita mempunyai IMAN yg kuat maka kita bisa dapat memilih bisikan yg baik untuk kita lakukan.

    Reply

  14. Posted by Justinus Raymond on March 26, 2014 at 2:38 pm

    bisikan menurut saya merupakan suara hati nurani kita. kadang kita berpikir untuk menolong orang tetapi akhirnya kita hanya diam saja. bisikan memang ada yang baik serta ada yang buruk. kita harus belajar memilah mana hal yang harus kita lakukan serta mana yang sebaiknya kita hindari.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: