Peringatan

Lakukanlah ini sebagai peringatan akan Aku!

warning redSaya hadir di sebuah pertemuan Persatuan Alumni Mahasiswa sebuah perguruan tinggi, yang dihadiri sekitar 400 orang. Yang menarik sekali adalah tema yang diambil dan ditulis di back drop : “Peringatan Kebersamaan dalam Kenangan”. Saya teringat kata-kata saat konsekrasi : “Lakukanlah ini sebagai peringatan akan Aku!”
Sungguh luar biasa pertemuan alumni mahasiswa agama tertentu ini, karena juga dihadiri oleh mahasiswa perwakilan agama lain. Suasana keagamaan kental sekali dan persahabatan yang bagus. Reuni atau pertemuan ini dijadikan peringatan tahunan. Hal menarik lainnya adalah mereka mengungkapkan hal-hal yang kurang di masa lalu lalu ada upaya memperbaiki ke depannya. Misalnya, acara yang tidak melibatkan para dosen dan dekan, termasuk civitas academika yang lain. Ada satu hal yang menarik, yaitu mereka memberikan santunan kepada mantan tukang foto copy yang sekarang usianya sudah lebih 60 tahun, sedangkan reuni ini dibatasi antara tahun 1970-1990.
Peringatan ulang tahun seperti kelahiran, perkawinan, kematian keluarga, dan macam-macamnya memang membawa kesan tertentu. Peringatan artinya memperingatkan kita akan sesuatu hal penting. Itu bisa dalam bentuk kenangan, keberhasilan, bahkan sampai kesulitan dan kesengsaraan. Semua yang perlu mengingatkan kita untuk menjadi baik adanya. Kalau di kantor, kadang kita menerima Surat Peringatan (SP) yang gunanya untuk memperingatkan kita atas suatu kejadian yang dapat menurunkan prestasi kita. Di sepanjang jalan yang kita lalui penuh dengan peringatan seperti :
• Hati-hati licin
• Jangan ngebut
• Berbahaya di tikungan
• Kurangi kecepatan

Jadi, hampir dimana-mana kita dikelilingi oleh peringatan! Coba lihat di mobil ada SRS, air bag pasti ada warning, achtung! Peringatan menurut saya sangat perlu, demikian untuk memandu hidup kita mulai dari kita bangun sampai kita tidur lagi dan selamanya. Peringatan memberikan kita suatu pengharapan baik, misalnya di jalan raya supaya kita selamat. Kita memperingati ulang tahun juga demikian, supaya kita ingat ibunda yang melahirkan kita. Tujuan utamanya supaya kita selamat dalam kehidupan kita. Ibunda kita cukup menderita melahirkan kita. Bagaimana kita membalasnya? Apa yang kita berikan kalau beliau masih hidup begitu pun kalau sudah tiada apa yang bisa kita berikan?
Tuhan sendiri juga memberikan kepada kita peringatan-peringatan melalui suara hati kecil kita dan melalui orang-orang yang kita cintai. Melalui peringatan-peringatan yang kita rayakan, khususnya Perayaan Ekaristi, yang setiap minggu buat kita peringati Tuhan kita yang berkorban buat kita.
Semoga setiap peringatan memberikan kita pengharapan. Tuhan memberkati.

16 responses to this post.

  1. 1701293351_Andre Jonathan : peringatan merupakan suatu tanda yang secara perlahan mengajak kita untuk melakukan/menghindari sesuatu. banyak sekali peringatan-peringatan dalam hidup kita. Tuhan seringkali memperingatkan kita jika kita berbuat hal yang salah melalui hati nurani. namun seringkali manusia mudah jatuh ke dalam dosa dan lebih memilih berbuat jahat karena peringatan Tuhan yang diberikan secara tidak langsung melalui suara hati tidak didengarkan. kita harus sering berlatih untuk meningkatkan suara hati agar setiap kali Tuhan memperingati kita, kita ingat akan perkataan Tuhan dalam hati kita dan berusaha untuk melakukan yang baik di mata-Nya.

    Reply

  2. peringatan dibuat agar kita mengetahui batasan-batasan yang tidak boleh di lewati karena akan berakibat buruk bagi kita yang melanggarnya. peringatan ini juga dibuat untuk memperingati sebuah peristiwa agar kita juga dapat berterima kasih dengan apa yang terjadi pada pristiwa tersebut.

    Reply

  3. Saya sependapat dengan Artikel di atas. Peringatan sudah menjadi bagian dari hidup kita, di setiap pergerakkan yang akan kita lakukan akan selalu memiliki tanda “Peringatan”. Menurut saya “Peringatan” tersebut ada agar kita terhindar dari segala hal-hal yang bersifat merugikan dan negatif.

    Reply

  4. Peringatan memiliki dua makna menurut saya dan menurut artikel di atas, pertama bisa di artikan sebagai cara untuk mengingat sesuatu di masa lampau, kedua bisa diartikan sebagai cara memperingati kita agar tidak melakukan/bertindak hati-hati akan hal yang sudah di peringatkan. Pada pengertian pertama, kita harus mengingat sesuatu yang sudah lalu yang akan digunakan sebagai acuan di masa depan. Pada pengertian kedua, kita diajak untuk lebih bersikap dewasa dalam menyikapi suatu perintah yang berupa peringatan tersebut.

    Reply

  5. peringatan adalah teguran yang kita terima ketika kita melakukan suatu kesalahan, peringatan tersebut memberikan kita kesempatan untuk memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat.

    Reply

  6. peringatan dibuat untuk kita agar tidak salah untuk memilih/mengerjakan sesuatu.ada kata ingat dalam peringatan agar kita selalu ingat.

    Reply

  7. Peringatan yang diberikan Tuhan haruslah kita tanggapi karena peringatan tersebut demi kebaikan kita juga.

    Reply

  8. peringatan tidak dapat jauh dari diri kita seperti yang di tulis di artikel ini, dimana pun kita berada pasti ada peringatan, dan jangan sekali-sekali menghiraukan peringatan, karena peringatan dapat bisa saja membantu anda keluar dari suatu masalah.

    Reply

  9. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on January 16, 2014 at 7:13 am

    peringatan adalah sesuatu yang penting, terkadang kita harus mendengar orang lain bukan dengan apa yang kita ingin dengarkan saja.

    Reply

  10. Live is never flat , begitulah kehidupan yang sebenarnya akan ada suatu saat dimana semua tidak sesuai dengan kehendak kita , oleh sebab itulah diperlukan “sentilan – sentilan” kecil oleh Tuhan YME kepada kita agar kita selalu mengingat kepada-Nya dan selalu rendah hati akan nikmat-Nya yang diberikan ,dan belajar dari kesalahan itu.

    Reply

  11. Posted by Ryo Hadinata on March 24, 2014 at 4:23 pm

    Peringatan adalah sesuatu yg esensial dalam hidup kita karena mereka memberikan batas untuk hal yg dapat dilakukan dan tidak boleh dilakukan😀

    Reply

  12. Posted by Marcellus Jeffrey on March 24, 2014 at 4:36 pm

    Hidup selalu penuh dengan peringatan, baik peringatan tertulis seperti tulisan “Hati-hati banyak anak-anak” hingga peringatan dari diri sendiri seperti hati nurani. Hati nurani akan bertindak untuk mencegah kita melakukan hal-hal yang berada di luar norma (mencuri, membunuh. etc). Peringatan dibuat supaya manusia lebih berhati-hati dalam menjalani hidup dan tidak mengambil tindakan yang salah. Beda nya peringatan tertulis dibuat oleh manusia sedangkan hati nurani diciptakan Tuhan untuk membimbing manusia.

    Reply

  13. Posted by santoso on March 26, 2014 at 1:13 pm

    saya setuju dengan artikel ini, ranpa peringatan yg memandu nilai dan norma ddalah hidup pasti dunia ini akan sangat kacau, bayangkan saja apa jadinya jika tidak ada peringatan

    Reply

    • Posted by santoso on March 26, 2014 at 1:44 pm

      saya setuju dengan artikel ini, tanpa peringatan yg memandu nilai dan norma ddalah hidup pasti dunia ini akan sangat kacau, bayangkan saja apa jadinya jika tidak ada peringatan

      04PKF_santoso

      Reply

  14. Posted by 04PKF_Bayu Prabowo_1601267232 on March 26, 2014 at 1:50 pm

    Peringatan adalah sebuah pemberitahuan bahwa itu tidak boleh dilakukan. Peringatan pada diri sendiri harus ada agar kita bisa memilih mana yang benar atau salah.

    Reply

  15. Posted by Rinaldy on March 27, 2014 at 2:13 pm

    Peringatan adalah sesuatu yang penting,karena dengan adanya peringatan kita dapat berhati-hati dalam bertindak selanjutnya,tetapi jangan lah sampai karena adanya peringatan kita jadi takut bertindak.Dan juga jangan lah kita terlalu mengabaikan peringatan,karena peringatan sebenarnya ada untuk membantu kita.Tetapi apakah mengapa masih banyak orang yang mengabaikan peringatan2?seperti rambu2 dijalan banyak yang diabaikan / dilanggar,apakah mereka sendiri tidak sayang kepada diri nya sendiri?semustinya orang lebih berhati-hati dan mematuhi peringatan2 yang ada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: