Merah

Di saat harus memilih warna jika sedang marah, aku pilih warna merah (Adh)

maghribAda suatu pertanyaan lucu sekali : “Apa yang menyebabkan sebuah mobil berhenti saat lampu merah di persimpangan jalan?” Ada yang menjawab takut ditangkap polisi! Atau karena peraturan! Ada yang jawab takut kecelakaan! Atau ada kendaraan berhenti di depan kita kalau tidak berhenti nanti menabraknya! Semua jawaban benar tapi kurang tepat, jawaban yang pasti adalah karena yang mengendara menginjak rem! Jangan marah ya!
Kalau di peraturan lalu lintas ada lampu warna merah, kuning, dan hijau sebagai tanda aturan, maka kemungkinan pilihan ini karena mengikuti lagu anak-anak, yaitu pelangi yang merah kuning hijau dilangit yang biru,. Berbicara soal warna merah, saya paling suka warna merah, jika beli baju pilihan warna selalu cari merah. Jika ada acara juga saya suka warna merah. Kombinasi merah dan hijau serta kuning memberiku kesan tersendiri. Buatku merah itu lambang suka cita, simbol kebahagiaan dan keberanian, seperti halnya bendera Merah Putih. Merah berarti berani. Putih nan suci.
Merah sering diartikan marah! Di saat harus memilih warna jika sedang marah, aku pilih warna merah.
Dua tahun lalu ayahku meninggal dunia dalam usia 95 tahun. Semua anak, cucu, cicit, mantu, besan dan keponakan wajib pakai warna merah, karena tidak ada duka cita yang ada adalah suka cita penuh kegembiraan.
Merah, dalam liturgi gereja juga dipakai sebagai simbol pelayanan. Merah artinya kita harus berjuang melawan ketidakadilan. Walaupun orang yang berbuat tidak adil sama sekali merasa dirinya adalah adil dan bijaksana. Itu tugas perutusan kita. Bagaimana membuat kita mengenal siapa “aku” karena dengan mengenal diri kita paling tidak kita mengetahui apa yang akan kita perbuat. Dengan demikian kita sudah bisa menempatkan lampu “merah” supaya bisa berhenti, bukan karena direm tapi karena bisa membahayakan orang lain.
Yang aneh, ada suatu tempat, ada persimpangan jalan, waktu tidak ada lampu lalu lintas, tidak pernah ada kecelakaan, karena toleransi pengguna jalan sangat tinggi dan baik sekali. Sebaliknya saat dikasih pasang lampu lalu lintas malah sering terjadi kecelakaan? Jadi, penempatan peraturan jika tidak diikuti oleh pengertian dan komunikasi yang baik, maka peraturan itu justru akan membahayakan penggunanya.
Ada istilah hukum dibuat untuk dilanggar bukan dipatuhi. Tugas kita sekarang adalah membuat semuanya baik entah baik berkorban, baik bersaksi, baik melayani, tapi semuanya harus baik.
Semoga kita semua segera secara lahir batin siap mau mengenal diri kita. Jangan kaget kita bisa melihat bahwa diri kita suka melanggar lampu merah dan bisa mencelakakan orang lain. Tuhan melindungi sahabat semua dalam damai sejahtera. Tips pagi ini dari seorang sahabat, yaitu sulit menerima ketika hal buruk terjadi, namun akan lebih sulit lagi ketika kita tidak bisa memetik pesan baik dan makna dari hal buruk itu. Salam dan doa.

66 responses to this post.

  1. Posted by BRYAN PATTY on June 19, 2013 at 1:36 am

    Merah memiliki banyak arti. Ada yang bilang merah melambangkan sebuah keberanian, merah melambangkan sebuah pengorbanan, ada juga yang bilang bahwa merah melambangkan sebuah ketakutan. Semua dibalik lagi ke mindset kita masing-masing mengartikan warna merah seperti apa. Yang jelas semua warna memiliki arti dan makna masing-masing untuk hidup kita dan janganlah kita salah artikan warna-warna tersebut.

    Reply

  2. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 2:54 pm

    warna merah dapat melambangkan sesuatu yang penuh semangat dan penuh gairah,sesuatu yg merdeka seperti negara indonesia kita ini yg warna merah putih ,biarlah hidup kita ini menjadi penuh semangat dan penuh keyakinan seperti warna merah yang melambangkan penuh semangat.

    Reply

  3. Warna merah melambangkan keberanian, dan di kebudayaan tionghoa, warna merah melambangkan kebahagiaan. Di rambu lalu lintas, warna merah melambangkan berhenti. Di aspek lain lambang merah juga bisa berarti marah, atau negatif, misalnya rapor merah.

    Reply

  4. Posted by cottonbutton on June 21, 2013 at 3:31 pm

    Yang terpenting adalah jangan melanggar aturan. Sehingga kita tidak akan mendapatkan hal yg tak diinginkan

    Reply

  5. Posted by frans 2mak2 on June 21, 2013 at 4:19 pm

    peraturan dibuat untuk dipatuhi dan demi kebaikan kita….tidak ada salahnya kita menunggu untuk mendapatkan yang terbaik daripada terdesah2 dan mendapatkan suatu masalah.

    Reply

  6. Posted by Reynold Lukman on June 21, 2013 at 4:29 pm

    hal itu dapat terjadi krn semua org melihat warna merah sebagai tanda kemarahan. jd tertanam didalam otak kita kalau merah itu lambang kemarahan

    Thanks

    Reply

  7. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:44 am

    Merah tertuju pada sesuatu hal yang berani bahkan juga merah dapat melambangkan suatu kemarahan. Merah dapat melambangkan suatu hal positif ataupun negatif.

    Reply

  8. memang merah mempunyai banyak makna pada setiap masing2 orang. dan di artikel ini juga mengingatkan kita untuk sadar akan peraturan , dan menyadari kesalahan agar tidak terjadi kejadian yang tidak diharapkan.

    Reply

  9. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 2:30 pm

    merah mengandung makna yang berbeda bagi setiap orang, tapi menurut saya,merah melambangkan keberanian,tidak mengenal rasa takut,bebas. merah juga bisa melambangkan kemarahan yang membara.Tergantung suasana dan perasaan kita saat mengartikan warna itu bisa mengandung arti yang bertolak belakang,

    Reply

  10. menurut saya warna merah melambangkan keberanian, tetapi banyak yang salah mengartikan menjadi kemarahan

    Reply

  11. merah dapat mensimbolkan keberanian, dapat mensimbolkan semangat, tetapi janganlah menjadikan lambang amarah. kita harus memberi arti postif.

    Reply

  12. Biasa nya warna merah dipersepsikan sebagai kemarahan,tetapi menurut saya warna merah banyak menandakan arti sebagai contoh saya mengetahui kalau merah merupakan arti keberanian seperti dalam bendera Indonesia.Terima Kasih

    Reply

  13. Posted by Katrine on March 26, 2014 at 2:08 pm

    Memang warna merah sering di artikan dengan kemarahan, karena apabila kita sedang marah pun muka kita akan memerah. Tetapi sebenarnya itu hanya anggapan orang-orang saja. Menurut saya semua warna pasti memiliki arti nya tersendiri dan setiap warna baik adanya, tergantung orang yang menganggap arti dari warna itu sendiri.

    Reply

  14. Posted by Adrian Prasetya on March 27, 2014 at 12:37 pm

    Merah dapat memiliki banyak arti, karena pandangan setiap orang berbeda-beda. Dan merah sebagai lambang kemarahan, keberanian, pelayanan, ataupun sebagai tanda berhenti,hanyalah sebagai symbol. Dan dari “merah” tersebut saya dapat mengambil pesan bahwa satu kata atau symbol dapat berarti luas, tergantung orang memandangnya.

    Reply

  15. Posted by Wilson on March 27, 2014 at 3:40 pm

    Warna merah memiliki banyak sekali arti. Bisa diartikan berani, tegas, marah, dll.Semua tergantung kepada kita menggangap warna itu seperti apa. Semua warna memiliki arti dan maknanya sendiri. Bagi saya, merah menandakan keberanian. Bendera Merah Putih adalah simbol keberanian rakyat Indonesia.

    Reply

  16. Posted by rafli maulana on March 27, 2014 at 4:59 pm

    Merah berarti berani. merah itu lambang suka cita, simbol kebahagiaan dan keberanian. Merah artinya kita harus berjuang melawan ketidakadilan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: