BATIK

UNESCO designated Indonesian batik as a Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity on October 2, 2009.As part of the acknowledgment, UNESCO insisted that Indonesia preserve their heritage. Sebagai harta kekayaan bangsa, herritage Batik sangat bernilai.

202193_batik-air_663_382Setiap Jumat, saya menyiapkan batik untuk seragam kantor. Aku mengangkat seragamku hari ini yang usiannya sudah setahun lebih. Ternyata robek. Aduh, sedih juga hari ini harus pakai batik tidak seragam, ya malu juga tapi tak apalah, maklum dan bisa dimaklumi, mudah-mudahan segera dapat ganti yang baru. Minggu lalu, saya menikmati penerbangan khusus percobaan BATIK Air. Saya rasa BATIK Air mengembang sebuah misi yang luar biasa, mulia dan anggun untuk memperkenalkan BATIK kepada dunia luar. Hal itu saya bandingkan dengan nama besar penerbangan lain yang lebih mengutamakan nilai komersial saja.
Batik berasal dari kata ’’amba’’ dalam Bahasa Jawa yang artinya menulis, dan kata ’’nitik’’ yang artinya titik. Amba itu juga bisa berarti menorehkan sejarah, seperti program ATT (Alkitab Tulis Tangan) Kitab Deuterokanonika, yang kelak akan menjadi Herritage Gereja Katolik di Indonesia dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia, khususnya umat Katolik.
Saya sendiri termasuk penggemar BATIK. “Biar Aku Terus Ikuti Karya-NYA”. Kata ini jadi menarik buat kita semua dengan harapan bisa mencintai BATIK, karena dalam arti kata luas sebenarnya kita mengibarkan bendera untuk menuju damai sejahtera. Demikian saat kita memakai BATIK, kita selalu ingat bahwa kita sedang menyandang misi khusus bagi kebanggaan suatu bangsa dan negara.
Ada kisah menarik tentang BATIK. Suatu saat saya mengunjungi Jogja. Ketika itu saya masih mahasiswa. Kami menuju suatu tempat pembuatan batik. Di sana ada 10 orang membatik dan satu diantaranya gadis bule bernama Irene (19th saat itu), yang masih muda. Dia orang Polandia. Dari negaranya, ia jauh-jauh hanya mau belajar batik. Teman-teman saya agak gusar karena janjian kita cuma sebentar, tapi sudah lebih satu jam. Saya masih duduk dekatnya dan memandang hasil karyanya. Akhirnya teman-teman saya semua ikut duduk. Saat jam makan kami disuguhi Gudeg (tok) dan Krupuk melarat, tapi karena lapar kita makan lahap. Saat makan saya coba membuat lelucon (sebagai imbalan makan). Apa bedanya batik dan tenun? Kata saya kalau batik dibuat dulu baru diwarnai, kalau tenun itu diwarnai baru dibuat! Apa bedanya gadis Jawa dan gadis Bule? Hahahaha….. Semua tertawa mengerti apa yang saya maksudkan (sensor ya)
Tetapi buat saya, BATIK memang harus kita lestarikan sebagai kekayaan bangsa dan negara, sekaligus juga buat kita semua bisa mengerti apa itu BATIK. ” Biar Aku Terus Ingat Karya-NYA “. Jangan lupa, doaku bersamamu.

51 thoughts on “BATIK

  1. desyadamashinta

    betul sekali harusnya kita bangga terhadap batik yang dimiliki indonesia karena itu adalah aset negara yang berharga. saya juga pernah memberikan batik sebagai hadiah untuk wna dan mereka sangat senang

    Reply
  2. jessicatjua

    Dalam hal ini batik merupakan warisan bangsa Indonesia sejak dulu seharusnya pemerintah Indonesia melestarikan warisan nenek moyang kita seperti kesenian Indonesia. UNESCO saja sudah mengakui bahwa batik itu bernilai. Bahkan turis mancanegara pun mau untuk belajar seni Indonesia yang banyak ini. Dalam hal ini seharusnya pemerintah Indonesia membuat hak paten terhadap semua seni yang dimilikin oleh Indonesia. Agar seni ini tidak diambil atau diakui oleh bangsa lain. Seperti contoh angklung yang sebenarnya milik Indonesia dalam hal ini menjadi diakui oleh Malaysia bahwa itu menjadi miliknya. Dan untuk mempertahankan seni batik ini pun membuat pihak penerbangan membuat pesawat batik yang melambangkan ciri khas Indonesia. Kita boleh mengikuti perkembangan jaman tetapi kita juga harus tetap menjadi kelestarian seni serta alam kita. Sini saya sangat setuju dengan kutipan ini “ATIK memang harus kita lestarikan sebagai kekayaan bangsa dan negara, sekaligus juga buat kita semua bisa mengerti apa itu BATIK. ” Biar Aku Terus Ingat Karya-NYA “. Jangan lupa, doaku bersamamu. “

    Reply
  3. cynthiatanoto

    Batik memang sebuah karya bangsa yang tidak boleh hilang dari budaya kita. Saya setuju dengan Batik Air yang memakai nama dan ukiran batik untuk mempromosikan penerbangannya karena dengan cara ini batik juga akan lebih dikenal di luar negeri.

    Reply
  4. jack prayogo

    artikel diatas menarik, kita harus melestarikan budaya kita dengan kekayaan bangsa dan negara yang begitu indah jangan kita sia-siakan. kita sebagai orang indonesia harus bangga akan keindahan budaya kita karena orang barat saja ingin mengetahui dan belajar cara membuat batik. terima kasih.

    Reply
  5. Jessica

    Batik merupakan warisan bangsa Indonesia sejak dulu seharusnya pemerintah Indonesia melestarikan warisan nenek moyang kita seperti kesenian Indonesia. UNESCO saja sudah mengakui bahwa batik itu bernilai. Bahkan turis mancanegara pun mau untuk belajar seni Indonesia yang banyak ini. Dalam hal ini seharusnya pemerintah Indonesia membuat hak paten terhadap semua seni yang dimilikin oleh Indonesia. Agar seni ini tidak diambil atau diakui oleh bangsa lain. Seperti contoh angklung yang sebenarnya milik Indonesia dalam hal ini menjadi diakui oleh Malaysia bahwa itu menjadi miliknya. Dan untuk mempertahankan seni batik ini pun membuat pihak penerbangan membuat pesawat batik yang melambangkan ciri khas Indonesia. Kita boleh mengikuti perkembangan jaman tetapi kita juga harus tetap menjadi kelestarian seni serta alam kita. Sini saya sangat setuju dengan kutipan ini “ATIK memang harus kita lestarikan sebagai kekayaan bangsa dan negara, sekaligus juga buat kita semua bisa mengerti apa itu BATIK. ” Biar Aku Terus Ingat Karya-NYA “. Jangan lupa, doaku bersamamu. “

    Reply
  6. Justman Tan - 1601266186

    Batik adalah warisan bangsa Indonesia yang sangat berharga. Saya sedih sekali ketika mendengar warisan budaya kita ini di curi Negara lain, yang tidak punya Hak sama sekali. Tetapi karena hal ini batik jadi semakin di perhatikan di Negara kita ini. Begitu pula dengan singkatan BATIK yang bapak tulis “Biar Aku Terus Ingat Karya-NYA”. Jangan sampai kita melupakan karyanya seperti orang Indonesia melupakan batik sebelum di resmikan. Kita harus mengingat terus karya-Nya, sebelum ada hal yang membuatnya dicuri dan kita melupakannya. Dan akhirnya kita hanya meratapi penyesalan.

    Reply
  7. ryandeoanantyo

    Batik = Biar Aku Terus Ingat Karya-Nya. Karya Tuhan dapat kita lihat dan rasakan melalui apa yang ada disekitar kita. Hal tersebut dapat menibulkan rasa syukur sekaligus tanggug jawab terhadap karya-Nya tersebut. Singkatan yang cemerlang sekaligus akan terus mengingatkan kita apabila kita menggunakan baju batik. Karya Tuhan melalui bangsa Indonesia lewat kesenian itulah batik. Tugas kita sekarang adalah menjaga karya tersebut agar dapat merasakan indahnya Karya Tuhan dan selalu bersyukur atasnya. GBU

    Reply
  8. nickzoom

    ah. Batik merupakan warisan budaya,sayang bangsa ini t=belum begitu menghargai budaya nya sendiri. ketika ada yang sudah merebut baru berisik. prihatin

    Reply
  9. adityadityaa

    batik adalah suatu mahakarya indonesia yang sampai sampai negara lain ingin mengklaimnya, memakai batik menurut saya akan menimbulkan rasa nyaman dan menenangkan pikiran sehingga kita wajib bangga akan mahakarya indonesia. dan dari sana kita harus tahu bahwa jangan selalu meremehkan indonesia.. dan banggalah menjadi warga indonesia disaat jatuh ataupun bangkit

    Reply
  10. Romario Gautanto

    menurut saya Batik itu sangat bagus karena itu karya asli orang indonesia. apa lagi sudah di ciptakan pesawat batik air. seharusnya sebagai orang indonesia kita harus melestarikan batik bagi kelangsungan negara indonesia ini.

    Reply
  11. antoni

    batik merupakan nuansa yang lahir dari bangsa indonesia, maka dari itu kita tetap menjaga budaya batik ini, dengan adanya batik kita dapat menjadi khas dalam warga negara, menjaga budaya batik terus menerus jangan hilangkan budaya ini kaena negara-negara lain juga bisa mengambil budaya ini, tetap bangga dengan budaya kita.

    Reply
  12. rizaislamy

    Nilai budaya indonesia khususnya jawa banyak dituang dalam batik. senidi dalamnya banyak membuat orang lokal maupun international tertarik dengannya?
    lalu apa yang membuat mereka tertarik dengannya?
    apa hanya karena keindahannya? menurut saya ada hal yang tersirat dibalik keindahan tersebut. saya adalah pecinta batik. selama saya memakainya ada rasa yang berbeda dengannya. saya merasa lebih damai sekaligus merasa bangga dengan budaya sendiri yang banyak dikagumi oleh manca negara. saya rasa kita harus tetap melesatikannya dan menjadikannya sebagai aset yang mampu mengudang mancanegara untuk mengunjungi negara kita.

    Reply
  13. Hanfei Hermawan

    Sebagai WNI , kita harus bisa melestarikan peninggalan yang telah di berikan oleh leluhur kita terutama batik , karena keindahan nya malaysia sampai mengkalim bahwa batik adalah bagian dari mereka , ini jg bisa menjadi sebuah pelajaran bahwa apapun yg telah di anugrahkan kepada kita harus kita jaga dan kita hargai .

    Reply
  14. mariantochandra@gmail.com

    batik merupakan salah satu kekayaan tradisional dari Indonesia, maka sudah seharusnya kita menjaganya agar tetap ada….

    Reply
  15. Alfaty Rachmania

    batik, karena dalam arti kata luas sebenarnya kita mengibarkan bendera untuk menuju damai sejahtera. Demikian saat kita memakai batik, kita selalu ingat bahwa kita sedang menyandang misi khusus bagi kebanggaan suatu bangsa dan negara.

    Reply
  16. ajie sandi martin

    menurut saya setiap hari jumat memakai batik sangat baik karena dengan begitu kita bisa melestarikan kebudayaan asli bangssa indonesia dan tidak akan pernah di ganggu gugat lagi oleh pihak asing, orang asing aja senang bisa belajar membatik,jadi kita sebagai pemuda indonesia juga harus melestarikan batik indonesia 🙂

    Reply
  17. ajie19121993

    menurut saya setiap hari jumat memakai batik sangat baik karena dengan begitu kita bisa melestarikan kebudayaan asli bangssa indonesia dan tidak akan pernah di ganggu gugat lagi oleh pihak asing, orang asing aja senang bisa belajar membatik,jadi kita sebagai pemuda indonesia juga harus melestarikan batik indonesia 🙂

    Reply
  18. dinandaharin

    Bagus sekali Batik dikembangkan menjadi sebuah inovasi yakni ”Batik Air” dengan begini kancah internasional akan mengenal batik , dan ini salah satu yang harus kita kembangkan dalam budaya Indonesia

    Reply
  19. dinandaharin

    wah sangat bangga saya membaca ini , tentunya Batik Air sudah memberikan dukungan untuk indonesia dan membawa nama Kebudayaan Indonesia di Kancah Internasional , batik memang harus dikembangkan tradisinya , mari sama-sama kita lestarikan batik sebagai Budaya Bangsa Indonesia

    Reply
  20. Tessar Wijaya

    Batik sempat direbutkan antara Indonesia dan Malaysia dalam hal kebudayaan. Mungkin semua bertanya-tanya sebenarnya siapa yang benar dalam keributan tersebut? Menurut saya dalam hal ini kedua-duanya salah. Malaysia mungkin salah dalam mematenkan batik yang merupakan kebudayaan Indonesia. Tetapi, menurut saya Indonesia juga salah karena tidak mematenkan kebudayaannya sebelum di rebut oleh orang lain. ^_^ 😀

    Reply
  21. Michael Kusnadi

    Dengan ini membuktikan bahwa batik sangatlah diperhitungkan di dunia luar. Bahkan banyak orang luar negeri ingin belajar membuat batik sebagai karya seni. Maka dari itu marilah kita sebagai warga Indonesia berbangga dan ikut melestarikannya

    Reply
  22. priscilamarcelina

    Batik merupakan heritage penting bagi Indonesia, jadi saya sangat bangga akan keputusan Lion Air untuk menerbitkan anak penerbangan yang memakai batik sebagai simbol utamanya. Semoga dengan ini, batik makin dikenal dan bisa membawa nama Indonesia lebih lagi ke kancah international.

    Reply
  23. Melisa Patricia 1501178346 04PHJ

    Batik merupakan warisan bangsa kita. maka dari itu kita harus melestarikannya agar tidak punah dengan cara mulai dari diri sendiri yaitu mencintai produk negara kita. dengan hal itu maka negara kita akan menjadi negara yang kaya akan budaya

    Reply
  24. Lilyana 1501178056 04PHJ

    negara kita merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi. salah satu budaya atau ciri khas dari negara kita adalah batik. kita sebagai bangsa indonesia harus bangga dan cinta terhadap budaya kita

    Reply
  25. Ikke Winarya

    Salah satu ciri khas dari negara kita Indonesia adalah batik. Ada baiknya kita melestarikan budaya kita ini, tidak hanya batik saja namun juga kebudayaan kita yang lainnya seperti tarian dll. Untuk memajukan dan melestarikan kebudayaan kita ini yaitu dengan mencintai produk dalam negri sendiri, karena dapat di lihat orang luar (USA/Europe/etc) mereka menyukai batik dan mengatakan bahwa batik Indonesia unik. Jadi bangga dan cintailah Indonesia dan kebudayaannya.

    Reply
  26. Pinashti Sakanti

    Artikel ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Produk batik dewasa ini semakin bervariasi. Tak lagi sebatas busana, tetapi batik juga muncul dalam aneka produk atau aksesoris, seperti aneka tas hingga alas kaki. Adanya pengakuan dari lembaga internasional menjadi bukti bahwa batik merupakan sebuah karya agung masyarakat Indonesia yang sarat akan nilai-nilai luhur dan patut dilestarikan. Karenanya, sudah sepatutnya kita melestarikan batik.

    Reply
  27. masytha

    batik diindonesia begitu kaya dan mempnyai tingkat estetika yang tinggi.
    namun kalangan anak muda masih ada yg tidak menghargai itu.
    warisan yang sangat berharga tersebut tidak boleh luput oleh waktu

    Reply
  28. richard rioyanto

    Batik merupakan budaya tercinta negara indonesia ini. tetapi negara indonesia sendiri tidak menghiraukannya dan dampaknya sekarang batik dapat di ambil oleh negara lain. sedikit demi sedikit budaya-budaya indonesia menjadi milik negara lain dan akhir-akhirnya budaya indonesia menjadi habis dan tak bersisa.

    Reply
  29. herdiansyaah

    Karena dalam arti kata luas arti Batik sebenarnya kita mengibarkan bendera untuk menuju damai sejahtera. Demikian saat kita memakai Batik, kita selalu ingat bahwa kita sedang menyandang misi khusus bagi kebanggaan suatu bangsa dan negara

    Reply
  30. sandra

    Batik merupakan budaya indonesia yang harus kita lestarikan. karena jika tidak maka akan diambil oleh negara lain. dan banggalah menjadi orang indonesia.

    Reply
  31. Steven Yang

    Batik adalah kebudayaan bangsa kita yang unik. Sudah seharusnya kita lestarikan selalu keberadaanya. Menarik sekali, saya baru tahu ada Batik Air. Boleh diterapkan. Hehe

    Reply
  32. sandra

    Batik adalah merupakan karya anak bangsa yang sangat populer baik di dalam maupun diluar negri. Batik merupakan suatu kebanggan bagi kita semua dalam memperkenalkan tanah air tercinta membuat suatu mahakarya yang sangat unik dan anggun yang tidak dapatkan diluar sana. Kini para anak bansa mempersembahkan batik air, yaitu pesawat yang bercorak batik sungguh membuat daya tarik bagi siapapun yang melihatnya. Great job kawan!

    Reply
  33. chandra Mustadiansyah-1501184222-04phj

    batik sangat orisinil dari budaya indonesia. sudah sebaiknya kita berbangga pada batik. dan kita harus terus mengaplikasikan kebanggan kita terhadap batik seperti pada artikel ini 🙂

    Reply
  34. Tumpal Immanuel ( 04PIF )

    Saya sedih sekali ketika mendengar warisan budaya kita ini di curi Negara lain, yang tidak punya Hak sama sekali. Tetapi karena hal ini batik jadi semakin di perhatikan di Negara kita ini. Begitu pula dengan singkatan BATIK yang bapak tulis “Biar Aku Terus Ingat Karya-NYA”. Maka dari itu marilah kita sebagai warga Indonesia berbangga dan ikut melestarikannya

    Reply
  35. depri christian

    batik merupakan budaya khas orang indonesia,gubernur dki jakarta aja jokowi pake baju batik masa kita kagak pake baju batik

    Reply
  36. andre 04PHJ

    batik merupakan salah satu kebudayaan khas milik indonesia. Pertahanakan apa yang telah menjadi milik kita dan jangan biarkan diambil oleh siapapun, negara manapun dan kapanpun. Orang bule saja mau jauh-jauh datang ke indonesia hanya untuk belajar batik, begitupun seharusnya kita yang merupakan warga negara ini

    Reply
  37. Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702

    Batik merupakan hal yg kaya yg dimiliki Indonesia. Warisan luhur yg harus dijaga keasliannya dan kelestariannya di masyarakat yg sedang gempar-gemparnya ‘diserang’ globalisasi. kita harus menjaga apa yg telah diciptakan, apalagi ciptaan-Nya yg luar biasa.

    Reply
  38. Jonathan

    batik adalah salah satu bagian dari harta indonesia, batik memiliki seni tersendiri di dalamnya.
    saya bangga menggunakan batik dan saya sangat kecewa kalau batik dibiarkan di curi oleh negara lain

    Reply
  39. smartbudiman

    Batik merupakan warisan sekaligus budaya yang luar biasa bagi Indonesia, sampai-sampai ada hari batik di indonesia, yang di harinya banyak orang yang memakai batik, dan batik juga sudah diakui oleh unesco sebagai budaya indonesia.

    Reply
  40. cottonbutton

    Tugas kita sebagai generasi muda tentunya adalah harus ikut serta melestarikan budaya yg ada. Kita seharusnya bangga dengan apa yg kita punya. Dan jgn malu memakai batik

    Reply
  41. Mei Lani

    Sebagai orang Indonesia saya tergolong jarang menggunakan batik, namun ketika batik ingin di claim Malaysia saya ikut kecewa juga sih karena batik itu merupakan ciri khas Indonesia yang hanya dimiliki di Indonesia.

    Reply
  42. stkkkge

    batik merupakan salah satu karya indonesia yang patut kita banggakan, juga lestarikan. Banyak nilai sejarah yang bermakna terkandung di dalamnya dengan corak-corak dan warna yang indah, maka sudah tugas kita untuk terus memperkenalkannya ke negara-negara lain agar semua orang tahu bahwa batik adalah karya indonesia.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s