Wi Fi

Menyapa siapa saja, bisa melalui Wi Fi, seakan dunia tanpa batas. Jadi, sesungguhnya ada korelasi antara komunikasi dan kebersamaan,. Di mana semakin cepat komunikasi semakin cepat pula kebersamaan dijangkau itulah makna Wifi.

images (3)Wi-Fi atau Wireless Fidelity memiliki pengertian adanya sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16g atau yang paling baru adalah 802.11n. Spesifikasi terbaru ini juga menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Saya menginap di Bumi Surabaya, sebuah hotel tua tapi cantik dengan makanan yang enak-enak sekali. Saya suka hotel ini karena seluruh hotel dilengkapi oleh Wi Fi seperti kamar, lobby, restaurant, BC, dengan satu wadah, sehinga kita tidak perlu ganti-ganti user name atau password. Komunikasi yang bagus sekali menggunakan Wi Fi membuat saya feel convinient. Semua peralatan komunikasi saya menggunakan Wi Fi, sehingga kalau tidak ada Wi Fi maka saya merasa kesepian. Padahal beberapa tahun lalu, masih mengharapkan saluran telepon yang dirubah dalam hot spot. Kuatnya signal Wi Fi memberikan kemudahan kita meluncur tanpa harus menunggu dan menunggu. Apa lagi saat kita ingin bekerja cepat, ya semakin lama kita masuk dalam dunia komunikasi kita semakin ingin suatu kecepatan.
Buat orang biasa yang tidak menggunakan sarana komunikasi, atau hanya menggunakan komunukasi verbal, adalah hal biasa, tapi coba bayangkan tahun 80-an handphone saya menggunakan saluran FM dan digunakan oleh 10 orang. Untuk masuk tidak masalah tapi untuk keluar kita harus gantian antri dulu, sampai teknologi Dancall dan Ericson masuk disebut AMPS, yang diikuti Motorola. Hanya beberapa tahun saja masuklah GSM istilah saat itu Goyang Sedikit Mati, tapi saat sekarang kita semua sudah bisa menikmati komunikasi yang baik.
Saya percaya bahwa sebenarnya semua komunikasi apa saja semua tidak terlepas dari komunikasi kita dengan Tuhan. Jadi seharusnya semakin cepat suatu komunikasi, seharusnya juga memberi kesempatan kita semakin dekat komunikasi kita dengan Tuhan, bukan sebaliknya dengan menyalah gunakan fasilitas komunikasi.
Seperti jaman dulu, kalau kita dari Jakarta ke Surabaya tercepat adalah naik perahu selama 20 hari, kalau jalan darat 30 hari, tidak ada telepon hanya bisa via Radiogram Telex atau SSB. Kalau di gereja mau doa, kita ada selisih waktu lebih kurang 60 hari. Saat kini kita bisa melaksanakan misa serempak sama di seluruh dunia. Bayangkan saja, kata Bapa Suci Yohanes Paulus II, bahwa doa yang sama, yang dinaikkan bersama akan lebih bermanfaat berlipat ganda. Demikian kita manfaatkan bulan Mei sebagai bulan Maria, tentu kebersamaan membuat doa kita lebih bermanfaat. Jadi, ada korelasi antara komunikasi dan kebersamaan. Di mana semakin cepat komunikasi semakin cepat pula kebersamaan dijangkau. Semoga kita semua bisa memanfaatkan komunikasi sebagai suatu sumber suka cita besar, yang menjadikan kita semakin dekat dan semakin mengerti betapa besarnya Cinta Tuhan kepada kita.

39 thoughts on “Wi Fi

  1. cynthiatanoto

    Koneksi internet sangat dibutuhkan sekarang dan wifi adalah salah satu akses kita. Menurut saya menggunakan wifi juga harus dengan bijaksana dan tidak lupa waktu apalagi Tuhan.

    Reply
  2. Justman Tan - 1601266186

    Penggunaan Wi Fi saat ini memang sudah merupakan hal umum.
    Saat ini penggunaan Wi FI tidak hanya sekedar untuk berselancar di dunia maya saja, penggunaan Wi Fi juga dapat sebagai:
    1. Untuk Keamanan
    2. Share File dengan Komputer dan laptop lain
    3. Berguna sebagai router nirkabel
    4. Streaming film ke TV
    5. Sinkroninasi telepon tanpa kabel USB

    Untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa juga dengan mengunjungi situs ini

    http://www.overfans.biz/2033/kegunaan-wi-fi-selain-untuk-internet.html

    Reply
  3. ivn

    saya setuju dengan ada nya wi fi, pikiran kita terus teralihkan. kita lebih menikmati waktu bersama dengan internet, bahkan bisa berjam2 dan lupa beribadah. cobalah membuka pikiran sedikit dan berkomunikasi lebih kepada tuhan

    Reply
  4. desyadamashinta

    Kemajuan teknologi membawa banyak manfaat bagi manusia khususnya dalam hal berkomunikasi. Apalagi dengan adanya wifi yang bisa dengan mudah ditemukan dimana saja sehingga semua orang bisa mengakses internet kapan saja dan dimana saja. Dengan internet tersebut kita bisa memperlancar komunikasi tanpa mengeluarkan biaya, bisa juga mengakses sesuatu secara live menggunakan streaming. Kemudahan dari internet ini seharusnya digunakan secara bijaksana untuk hal – hal positif.

    Reply
  5. Nicholas Zhou

    wifi adalah alat penyiar jaringan internet yang sudah dikenal oleh banyak masyarakat dan semua menyukai adanya daerah yang dilengkapi dengan fasilitas wifi.
    karena dengan wifi maka kita tidak perlu susah susah untuk menyambungkan kabel ke hardware komputer kita, kita hanya perlu connect langsung melalui software yang telah disediakan dalam komputer.
    karena wifi ini mempermudah pekerjaan orang dan kecepatannya pun tinggi (tergantung dari operator mana).
    tetapi dengan jaringan komunikasi yang tinggi antara sesama kita juga tidak boleh melupakan komunikasi dengan Tuhan karena komunikasi yang terpenting adalah komunikasi kita dengan Tuhan, Karena Tuhan lah yang telah menciptakan skill kita dalam menciptakan semua barang yang ada di dunia ini dan tanpa Tuhan kita tidak dapat hidup dengan sempurna sampai saat ini.
    Maka dari itu komunikasi dengan Tuhan lah yang sangat penting dan pastinya jika kita menjaga relasi dengan Tuhan maka hidup kita akan menjadi damai.

    Reply
  6. kevin suhari

    Sama seperti wifi yang telah ada dimana saja.Berkomunikasi dengan Tuhan juga dapat kita lakukan dimana saja.Bermanfaat sekali

    Reply
  7. leonardy

    bacaan mengajarakan kita agar memanfaatkan komunikasi sebaik mungkin,agar dapat membantu kita berkomunikasi dengan orang lain

    Reply
  8. Romario Gautanto

    menurut gw Wi-Fi adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kecepatannya yang beberapa kali lebih cepat dari modem kabel yang tercepat. Jadi pemakai Wi-Fi tidak lagi harus berada di dalam ruang kantor untuk bekerja.dan memiliki jaringan komunikasi yang global.

    Reply
  9. Johanes

    Jaman sekarang komunikasi itu menjadi lebih mudah.. terlebih adanya jaringan wi-fi yang mempermudah komunikasi. bacaan ini mengajarakan kita agar memanfaatkan komunikasi sebaik mungkin,agar dapat membantu kita berkomunikasi dengan orang lain

    Reply
  10. antoni

    dalam wifi diartikan sebagai kebersamaan agar kita hidup bersosial, karena itulah manfaat dari wifi, membangun perluasan teman, mendapat teman baru,
    oleh karena itu juga wifi dihubungkan dalam koneksi global, baik dan bisa kita manfaatkan dalam perbuatan yang positif.

    Reply
  11. adityadityaa

    saya setuju,karena wifii kita dapat menyapa siapa saja melalu dunia maya,tetapi teknologi wifii itu bisa membuat sifat kita menjadi “berani di dunia maya saja”

    Reply
  12. mariantochandra@gmail.com

    pada zaman sekarang, semuanya sudah modern… sehingga tidak seperti zaman dulu lagi…

    Reply
  13. Dimas Abdul Aziz

    Wifi zone membuat kemudahan bagi user(pengguna) utk mengakses internet dgn gampang tdk terpaku dgn kabel (LAN)

    Reply
  14. ajie sandi martin

    seaharusnya semakin majunya komunikasi di dunia ini juga bisa dimanfaatkan oleh umat islam untuk selalu meningkatkan tali persaudaraan satu sama lain dan dapat saling membantu sesama 🙂

    Reply
  15. dinandaharin

    wah memang sekarang wi-fi mendunia kelebihan WiFi pun ternyata dapat diimplementasikan di kantor, rumah, Stasiun Airport atau Mall, atau di sebuah desa terpencil sekalipun. Dengan kelebihan WiFi yang terpasang di rumah Anda, Anda dapat mengakses internet dan berbagi file. Asalkan terdapat kekuatan sinyal nirkabel yang baik maka Anda dapat menggunakan fasilitas WiFi.

    Reply
  16. Tessar Wijaya

    Perkembangan jaman saat ini membuat dunia terasa semakin kecil saja karena dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat kita dapat mudah menghubungi siapapun dimanapun dengan mudah apalagi dengan difasilitasi banyak-nya spot free wifi yang ada disekitar jakarta.

    Reply
  17. Syarifah

    Saya sangat setuju dengan artikel ini, karena komunikasi yang paling penting ditengah maraknya kecanggihan dan berbagai macam sarana komunikasi yang terpenting adalah komunikasi kita terhadap Tuhan. Sebagai manusia, kita harus senantiasa bersyukur kepada Tuhan karena dengan rahmat-Nya kita dapat menikmati segala bentuk sarana untuk berkomunikasi disepanjang hidup kita. Namun, kita juga tidak boleh lupa untuk selalu berkomunikasi kepada Tuhan, yang telah memberikan kemudahan-kemudahan dalam hidup kita seperti sarana komunikasi sebagai contoh wi-fi yang dapat kita temui dimana saja saat ini, dan dapat memberikan kemudah bagi kita pribadi.

    Reply
  18. Michael Kusnadi

    Memang benar dengan wi-fi yang sekarang hampir di seluruh area Indonesia memudahkan kita untuk mengakses informasi dan juga mempermudah informasi kita. Kiranya wi-fi ini bisa menjadi sarana yang positif agar dapat memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya, karena jika dilakukan untuk hal yang negatif maka akan merugikan individu itu sendiri.

    Reply
  19. priscilamarcelina

    Sarana komunikasi yang cepat jaman sekarang sangat memudahkan alur komunikasi antar sesama. Sayang sekali pada saat ini banyak orang yang salah mengerti akan fungsi alat2 komunikasi tersebut, dimana banyak menggunakan Blackberrynya sebagai alat komunikasi utamanya, sehingga komunikasi secara face to face menjadi hal yang dianggap merepotkan dan lambat. Sungguh memprihatinkan, tapi kita tidak bisa menghindarinya.

    Reply
  20. Ikke Winarya

    Jaman sekarang siapa lagi yang tidak mengenal wifi? semua orang tau dan mengenal apa itu wifi. Wifi memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi atau mencari informasi secara cepat tanpa harus menunggu lama. Seperti contohnya sekarang ini banyak orang yang melakukan interview melalui skype sehingga tidak harus jauh-jauh datang untuk melakukan interview bila tempatnya jauh (contoh Jakarta – Bali)

    Reply
  21. Nabila Hanindya

    Kemajuan teknologi sudahlah sangat pesat di zaman ini, internet pun yang tadinya membutuhkan kabel yang di colokan ke komputer menjadi wireless (tanpa kabel). Hal ini dapat di lihat sebagi sesuatu yang positif dan negatif. positif adalah semakin mudah dalam mengakses internet tetapi juga ada sisi negatifnya yaitu orang semakin tergantung dengan internet karena wifi dapat di temukan di berbagai tempat sekarang ini.

    Reply
  22. masytha

    wifi merupakan suatu trobosan teknologi globalisasi yang mempuyai dampak besar.
    sinyal bisa dipakai banyak orang , dan mengakses koneksinya juga mudah

    Reply
  23. richard rioyanto

    Wi-fi merupakan teknologi modern saat ini yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menggunakan teknologi yang memiliki wi-fi. hanya dengan adanya wi-fi kita dapat lebih cepat berinteraksi dengan orang-orang dan mendapatkan informasi lebih cepat. apabila internet tidak ada maka segala sesuatu akan kembali ke jaman dulu yang mau melakukan apapun itu sangat susah.

    Reply
  24. herdiansyaah

    Saya percaya bahwa sebenarnya semua komunikasi apa saja semua tidak terlepas dari komunikasi kita dengan Tuhan. Jadi seharusnya semakin cepat suatu komunikasi, seharusnya juga memberi kesempatan kita semakin dekat komunikasi kita dengan Tuhan, bukan sebaliknya dengan menyalah gunakan fasilitas komunikasi

    Reply
  25. sandra

    Komunikasi global sudah menjadi tren saat ini. dimanapun dan kapanpun kita bisa berkomunikasi dengan orang lain. komunikasi yang tidak terbatas, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain sampai diujung negara sekalipun, bukan saja melalui telepon, sms dll namun sekarang juga kita bisa bertatap wajah. sungguh luar biasa. namun semua itu juga tidak terlepas dari yang namanya koneksi dengan internet. dan Wifi adalah salah satu koneksi internet yang sangat diminati oleh seluruh orang didunia.

    Reply
  26. Ervina

    Koneksi internet dan wi-fi sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Setiap pekerjaan pasti membutuhkan yang namanya internet atau pun wi-fi. Misalkan kita mempunyai sebuah tugas presentasi akan tetapi kita lupa membawa file tersebut kita bisa menyimpan file tersebut didalam account dropbox dan mengdownload.

    Reply
  27. chandra Mustadiansyah-1501184222-04phj

    hal positif dari wifi kita mendapatkan informasi melalui internet dimanapun. namun hal negatifnya adalah, kurangnya kreatifitas generasi sekarang yg menjadi generasi nunduk. dimana generasi tersebut hanya tertatap pada layar canggih dan tidak bersosialisasi dengan sekitar.

    Reply
  28. andre 04PHJ

    wi-fi sangat diperlukan untuk berkomunikasi pada jaman sekarang. Dengan menggunakan wifi kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain melalu internet. wi-fi dan doa merupakan suatu kemiripan. dengan berdoa, kita dapat berkomunikasi dengan Tuhan kapanpun dan dimanapun

    Reply
  29. Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702

    Jaman sekarang internet menjadi kebutuhan primer dalam hidup. Penggunaan internet menjadi lebih sering dan banyak digunakan masyarakat luas. karena kebutuhan masyarakan luas akan internet, banyak perusahaan, toko-toko menggunakan wifi untuk kenyamanan pengunjungnya. wifi juga sangat membantu kebutuhan masyarakat luas.

    Reply
  30. Jonathan

    wifi yang tersedia di banyak tempat, memungkinkan kita untuk dapat lebih sering menjangkau dunia melalui internet…
    wifi banyak digunakan oleh orang banyak karena koneksi yang cepat, dengan koneksi cepat, dapat mengecilkan resiko terjadinya missed communication

    Reply
  31. smartbudiman

    Wifi yang artinya wireless fidelity, sungguh memrberikan kemudahan dalam mengakses internet, tanpa harus memakai kabel lagi, sekarang ini wifi banyak terdapat di mana-mana yang biasa disebut dengan hotspot.

    Reply
  32. Mei Lani

    Wi fi itu memang merupakan teknologi yang sangat memberikan kemudahan karena dengan wi fi kita bisa mengakses internet di mana saja.

    Reply
  33. Johan Hanli

    koneksi internet sangat penting di jaman sekarang dan dengan adnya wifi memudahkan kita untuk mendapatkan jaringan internet ,untuk memudahkan kita mengakses internet dimana saja kita berada. wifi juga memberikan kemudahan dalam mengakses internet tanpa menggunakan kabel lagi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s