Laut

Kalau kamu sedang galau, susah, dan banyak masalah, maka pergilah ke laut, kalau perlu sebrangilah laut dan disana ada suka cita besar dan lautan yang kumaksud adalah hatimu sendiri (Adh)

Kakek-nenek saya semuanya pelaut. Kakek dari ibu saya seorang pelaut tangguh. Ayah saya juga pelaut tangguh, tapi sayangnya saya dan anak-anak tidak ada yang jadi pelaut tapi saya masih mencari makan di laut.
Ada sebuah nasehat dari Ayah saya : “Kalau kamu sedang galau, susah, banyak masalah, pergilah ke laut kalau perlu sebrangilah laut disana ada suka cita besar”. Ada pepatah juga mengatakan :
“Kuman di sebrang lautan bisa dilihat, tetapi gajah di plupuk mata tidak tampak”. Kata orang supaya gajahnya tampak kita harus menyebrang lautan, kalau dari sebrang kuman ajah tampak apalagi gajah.
Saya suka sekali Laut. Beberapa minggu lalu saya mengunjungi tempat kelahiran saya di pulau Alor. Di sana lautnya indah sekali, saking tidak tahan saya langsung nyebur, walau tidak bawa ganti, akhirnya pulang dengan badan dan baju basah.
Tetapi sungguh suka cita besar bisa saya rasakan, karena saya bersentuhan dengan karya terindah dari tangan Tuhan sendiri.
Ada seorang Teman dekat dengan saya, karena usahanya sulit dia pinjam uang, berlalunya waktu dia sudah bisa mengatasi masalahnya, dan jadi sukses. Suatu hari saya coba berbicara dengan beliau mengenai pinjaman uang beliau, tetapi bukan saya diterima baik tetapi saya kena omelan. Katanya kamu teman baik, saya kan belum mati masa kamu tega menagih, lagian uang itu bukan saya yang pakai, dst. dst.
Hampir semua kesalahan ditimpakan ke saya. Sebenarnya saya marah juga, tetapi saya pikir memang tidak pantas saya marah, karena memang berbeda tingkatan, kalau saya marah artinya saya ini tidak mampu mengatasi diri saya.
Memang nasihat bagus kalau kita ada masalah pergilah ke laut kalau perlu menyebrangi laut. Kini saya mengerti bahwa apa maksud laut yang sebenarnya ternyata adalah hati kita sendiri!
Kalau kita kembali ke hati kita kalau perlu kita menyebrangkan hati kita sebagai empati. Kita akan menemukan suatu kebahagiaan besar sekali, benar sekali kata Ayah saya.
Seperti saya marah, ini adalah gelombang laut saya,
dan ombak yang berbahaya adalah ombak yang di tepi laut, bukan ombak di tengah laut! Oleh karena itu boleh bertolaklah lebih dalam (Duc in Altum)
Kalau bisa menyebranginya maka kita bisa mengatasi kemarahan, kebencian, susah dan sedih, dan segala macam sakit penyakit hati.
Pelaut yang tangguh tidak takut ombak dan badai, dan berani menyebrangi lautan, dan mengatasi masalahnya bukan lari dari kenyataan yang ada.
Yang sulit sekarang adalah bagaimana kita bisa sampai di tepian laut hati kita. Apalagi kalau tidak ada jalan. Untuk itu kita perlu berdoa kepada Tuhan kita untuk membuka jalan agar kita bisa menemukan lautan hati kita.
Selamat berlayar mengarungi lautan hati, jangan lupa memancing ikan kebaikan karena disana banyak sekali. Tuhan memberkati

Salam dan doa

29 responses to this post.

  1. Istilah yang sangat menarik tentang laut. Laut dalam kutipan diatas diumpamakan sebagai hati kita. Hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya. Seperti yang telah dikatakan diatas apabila terdapat permasalahan, kembalilah kita kedalam hati kita. Bila kita tidak benar-benar masuk kedalam hati kita maka masalah tersebut sulit untuk dicari penyelesaiannya. Karena menurut saya dengan kita masuk kedalam hati kita akan terjadi berbagai perbandingan yang mungkin membantu kita menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu bantu dalam doa apabila jalan untuk mengarungi lautan(hati) itu belum ditemukan. Karena Tuhan ikut membantu menyelesaikan masalah kita melalui hati didalam doa. GBU

    Reply

  2. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 5:56 am

    Kutipan serta pepatah yang bagus untuk saran dan masukannya yang patut diterapkan

    Reply

  3. Posted by leonardy on May 24, 2013 at 11:11 am

    bacaan ini mengajarkan kitatentang cara menemukan tepian laut dari hati kita
    agar dapat mengetahui diri kita sendiri

    Reply

  4. laut tenang tapi sangat berbahaya. menurut saya pelaut ada diri yang sangat baik di ikuti karena dirinya yang tidak takut akan kegagalan dan terus mencoba tidak pernah berpaling dari kesalahan dan selalu mengatasi masalah masalah yang ada (tidak lari dari masalah tepapi menyelesaikannya dengan baik)

    Reply

  5. Posted by Johanes on May 24, 2013 at 2:09 pm

    Laut itu sangat berarti dalam kehidupan kita. bacaan ini mengajarkan kita tentang cara menemukan tepian laut dari hati kita agar dapat mengetahui diri kita sendiri..

    Reply

  6. laut adalah wialayah yang terluas dalam bumi, laut menghubungkan kita dalam negara-negara, dengan adanya laut juga, kita bisa berekreasi, dan mencari pendapatan, Tuyhan menciptakan binatang-binatang di laut agar, disana terdapat penghuni kehidupan di laut,
    laut juga menggambarkan kita dalam hati kita, ia menggambarkan kerasnya ombak, dan juga menghubungkan sifat kita dengan baik kepada sesama, Tuhan memberikan hal yang luar biasa dalam hidup kitam patutlah kita bersyukur terus pada Tuhan.

    Reply

  7. laut,tempat yang sangat besar bumi kita ini dan mempunyai keindahan dan kekayaan yang tidak ada batas apabila kita tidak menghancurkannya.. tetapi kini laut sudah semakin hancur oleh keegoisan seseorang karena ingin mempercepat kekayaan diri sendiri

    Reply

  8. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 6:58 am

    memang benar laut dapat dijadikan tempat untuk kita kunjungi pada saat kita susah, banyak masalah…. karena setidak-tidaknya hati atau pikiran kita dapat lebih tenang….

    Reply

  9. semua rintangan hidup bisa diatasi dengan percaya pada kekuatan tuhan

    Reply

  10. Artikel ini sangat maenarik bagi saya, dimana hati kita diperumpakan sebagai sebua lautan yang diterdapat tepinya dan ombaknya.
    hati kita memang kerap kali berguncang sebagaimana laut yang terserang badai sehingga mengakibatan obak yang besar. Kita mampu bercermn kepada diri kita sendiri sebagai langkah untuk menyelesaikan masalah kita. kita mampu melihat diri kita pribadi sebagaimana orang lain melihat kita dengan memposisikan diri kita sebagai orang lain. Berintroeksi terhadap diri kita sendiri adalah hal yang paling pentng untuk menyelesaikan suatu masalah,, karenanya kita mampu mendapatkan kedamaian sebagaimana lautan yang tak berombak.

    Reply

  11. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 11:49 am

    Laut tempat yang dapat menghilangkan rasa beban ~

    Reply

  12. Memang kita harus membuang segala ke gelisahan kita di Laut, karena Laut adalah tempat yang tepat untuk itu.

    Reply

  13. Posted by Alfaty Rachmania on May 25, 2013 at 1:58 pm

    kita perlu berdoa kepada Tuhan kita untuk membuka jalan agar kita bisa menemukan lautan hati kita.

    Reply

  14. hati kita memang tempat kita merenung yang paling baik karena hati kita kita juga bisa memberikan solusi terbaik bagi kita apalagi ketika kita merenungi maslah yang kita hadapi dengan penuh ketenangan dan ingatlah jika tuhan selalu bersama kita🙂

    Reply

  15. Laut merupakan ciptaan tuhan yang sangat indah. Berjuta-juta kehidupan ada didalam laut. Tetapi, seringkali manusia merusak lautan-lautan yang ada didunia. Seringkali para nelayan memancing menggunakan bahan peledak yang menyebabkan ekosistem lautan menjadi rusak.

    Reply

  16. wah bagus sekali , Lautan memang luas mungkin lautan meng-ngetest kita sebagaimana kah kita mampu mengarungi lautan itu ?

    Tentu saja kita mampu dengan penuh keberanian dan ketangguhan sehingga sampai ketepi pantai , namun untuk mengarungi lautan yang begitu luas kita harus mengarungi lautan hati kita sendiri🙂

    Reply

  17. sangat setuju dan dalam makna dari artikel ini. saya juga orang yang sangat mencintai laut. saya selalu ingin lari dari kehiruk-pikukan aktivitas yang ‘bejibun’ ini dengan pergi ka laut. saya merasa bahwa dengan hanya melihat laut saja, saya bisa merasakan ketenangan batin. mungkin karena keindahan laut tersebut yang mebuat saya merasa tenang dan merasa bahwa laut adalah tempat pelarian terbaik. nah, laut adalah merupakan karya Tuhan yangh paling indah menurut saya. bercermin dari laut, begitu juga dengan isi hati manusia. tidak ada manusia yang mengetahui isi hati manusia lainnya, tapi saya yakin, setiap manusia pasti memiliki lautan yang indah. lautan yang penuh niat-niat dan keinginan-keinginan yang baik dan indah seperti halnya laut nyata. kekurangan laut hati pada manusia adalah ada pada bagaimana seorang manusia mengatasi dan menyalahgunakan laut hati nya sendiri untuk hal-hal yang merugikan. semoga kita dapat mengatur dan mengikuti alur ombak hati kita dengan penuh kebaikan dan semoga kita senantiasa mendapat bimbingan Tuhan.

    Reply

  18. Kisah yang sangat menginspriasi karena penuh dengan sarat dan makna bagaimana sang penulis bisa tenang menghadapi segala cobaan. Sangat benar jika kita mengikuti kata hati kita karena memang itulah pilihan terbaik yang mungkin dapat kita putuskan bagi diri kita.

    Reply

  19. ombak dan badai ibarat cobaan dalam hati kita, oleh sebab itu kita harus berlatih menjadi pelaut yang handal untuk menyebrai cobaan tersebut. Maka berdoalah kepada tuhan karena Tuhan senantiasa mendampingi kita.

    Reply

  20. Posted by Melisa Patricia on June 15, 2013 at 8:04 am

    Yang sulit sekarang adalah bagaimana kita bisa sampai di tepian laut hati kita. Apalagi kalau tidak ada jalan. Untuk itu kita perlu berdoa kepada Tuhan kita untuk membuka jalan agar kita bisa menemukan lautan hati kita

    Reply

  21. Posted by Melisa Patricia on June 15, 2013 at 8:05 am

    Kalau bisa menyebranginya maka kita bisa mengatasi kemarahan, kebencian, susah dan sedih, dan segala macam sakit penyakit hati.
    Pelaut yang tangguh tidak takut ombak dan badai, dan berani menyebrangi lautan, dan mengatasi masalahnya.Bukan lari dari kenyataan yang ada.

    Reply

  22. Posted by Ikke Winarya on June 15, 2013 at 10:20 am

    Laut sangat cantik dan indah. Namun di samping itu laut juga cukup berbahaya dengan ombaknya yang kencang. Dari bacaan di atas kita dapat belajar bagaimana kita berjuang untuk tidak patah semangat dengan menggunakan perumpamaan ombak sebagai tantangan kita untuk mencapai suatu keberhasilan.

    Reply

  23. dalam menjalani kehidupan memang harus seperti itu, sebesar apapun ombak yang menerpa kita harus dapat melaluinya. seberat apapun masalah yang dihadapi kita harus tetap sabar dan ikhlas dan mampu bangkit lagi. perbaiki segalanya dan perbaiki juga spiritual diri.

    Reply

  24. Pelaut yang tangguh tidak takut ombak dan badai, dan berani menyebrangi lautan, dan mengatasi masalahnya bukan lari dari kenyataan yang ada.Yang sulit sekarang adalah bagaimana kita bisa sampai di tepian laut hati kita. Apalagi kalau tidak ada jalan. Untuk itu kita perlu berdoa kepada Tuhan kita untuk membuka jalan agar kita bisa menemukan lautan hati kita

    Reply

  25. Posted by Ervina on June 17, 2013 at 4:24 pm

    Laut itu sebuah tempat yang membuat kita lebih merasa tenang. Karena laut itu adalah tempat kunjungan disaat kita banyak masalah dan di saat kita susah. karena laut itu membuat kita merasa tenang dan kita bisa berpikir dengan tenang.

    Reply

  26. Posted by chandra Mustadiansyah-1501184222-04phj on June 17, 2013 at 4:47 pm

    artikel ini mengingatkan saya menjadi rindu akan suasana laut. ya memang hidup bisa di gambarkan dengan lautan. bila ada ombak yang bisa diibaratkan masalah besar bagi kita. maka kita harus merakit kapal yang kuat untuk menghadapi ombak tersebut.

    Reply

  27. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 2:34 pm

    laut adalah tempat rekreasi yg cukup indah dan enak apalagi disaat liburan ,di laut ada ombak ,begitupun dengan kehidupan kita terkadang ada ombak masalah dlm hidup kita,tetaplah berlayar dengan perahu yg kuat untuk menghadapi ombak kehidupan

    Reply

  28. Laut itu memang sangat luas, luas lautan itu 7 kali luas daratan, laut juga memberikan penghidupan bagi manusia, makanya sudah sepantasnya kita juga melestarikan kekayaan laut.

    Reply

  29. Laut merupakan tempat menghilankan stress menurut saya , karena laut merupakan tempat yang dapat digunakan untuk membuang semua uneg-uneg dan kedongkolan hati kita kepada orang yang kita benci atau orang yang tidak kita suka , laut juga merupakan tempat yang sangat luas , dan kekayaan alam di bawah laut merupakan hal yang harus dilestarikan agar keindahan bawah laut selalu terjaga sampai kapan pun😀
    Joel Timothy / 01PA2 / 1701290141

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: