Rasi Bintang

Mengambil arah akan lebih mudah dengan rasi bintang, demikian halnya Tuhan memberi kita petunjuk

Suatu malam, di sebuah pulau di Kepulauan Seribu kami harus menyebrang kebeberapa pulau dalam misi kerja sama sosial untuk memberikan bantuan. Karena ombak dan badai cukup besar kami tidak bisa kembali, terpaksa harus menunggu habis magrib. Kami sempat dijamu makan oleh penduduk pulau Pramuka untuk makan malam. Sehabis makan malam udara cerah sekali, cuma waktu mau jalan ternyata GPS kapal kami rusak, mungkin terjadi benturan keras saat mendarat tadi. Saya mencoba membuat kompas darurat dari silet, hasilnya kurang maksimal.
Malam cerah sekali, di atas lagit saya melihat rasi bintang salib atau gubuk penceng. Saya tersenyum lalu bilang ke teman saya apakah lampu batery kita bisa tahan 2 jam. Kata beliau masih bisa bahkan lebih. Terus saya katakan ayo kita berangkat saya tahu arah. Kami berdelapan sebagian besar mereka ragu karena sebenarnya yang paling ahli namanya Raymond, dia yang punya speed boat, kata dia tidak berani karena GPS mati, tapi saya meyakinkan mereka, saya katakan kamu punya boat saya punya kapal, ayo jalan saja.
Walau dengan keraguan hati kami jalan tentu semua hanya bisa berdoa, walau demikian saya dalam hati ragu-ragu juga, apakah saya bisa bawa speed boat tanpa kompas.
Saya cuma membuka diary saya dan memandang ke langit. Tanpa penggaris baringan atau kompas saya mengambil arah barat laut.
Saya mengendarai speed boat dengan kecepatan setengah karena takut salah arah juga. 60 menit kami berlayar dengan arahan rasi bintang dan penuh keragu-raguan. Kalau di darat kami bisa berhenti tanya orang alamat yand dituju kalau di tengah laut mau tanya siapa.
Hatiku mulai ragu juga jangan-jangan saya salah. Saya berdoa terus, sambil bernyanyi bersama, dan tentu ada lagu Tuhanlah Gembalaku. Teman-teman ikut bergembira sampai lupa apakah arah kita benar atau salah, saya juga ikut bergembira sebab kalau aku ragu nanti mereka cemas.
Saya coba mempercepat kecepatan supaya hati tidak ragu, 30 menit kemudian waktu hampir jam 22.00 WIB. Sama-samar bintang mulai tertutup awan, tapi aku bersorak dalam hati karena dari jauh aku bisa melihat lampu Tanjung Priok. Teman-teman semua bersorak bahkan memeluk aku dan memuji kehebatan aku membawa speed boat dalam kegelapan.

Pertengahan tahun lalu saya bertemu beberapa teman. Dalam makan malam bersama, sungguh lucu entah siapa yang mulai kita lalu bercerita tentang malam itu, lalu cerita melebar, mereka semua ingin cerita tentang bagaimana saya bisa menentukan arah padahal malam begitu gelap gulita, hadir Raymomd, salah seorang director di Mitshubishi beliau pemilik kapal saat itu, lalu saya katakan sederhana sekali saya lihat bintang salib, kakinya menunjuk 0 derajat arah Selatan, semua senang mendengar cerita saya.
Rasi Bintang memang luar biasa. Jaman dahulu kala para pelaut tidak ada kompas atau GPS. Mereka hanya pakai arah bintang. Tuhan sebenarnya sudah mengatur semuanya tentang kebutuhan kita.
Sebenarnya, kalau kita mau sedikit merenung masalah apapun yang kita hadapi pasti ada petunjuk jalan keluar, tinggal bagaimana kita pintar-pintar membaca rasi bintang dalam hati kita. Petunjuk Tuhan selalu ada seperti halnya bintang-bintang di langit. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

25 responses to this post.

  1. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 5:55 am

    Serahkan semuanya kedalam Tuhan maka tidak ada yang tidak mungkin, Dialah petunjuk jalan bagi orang yang percaya.

    Reply

  2. Posted by leonardy on May 24, 2013 at 11:09 am

    bacaan ini mengajarkan kita,mengethaui tentang rasi bintang,dan membanu kita mengethui diri kita melalui rasi bintang

    Reply

  3. cerita perjalanan yang sangan bagus untuk di share. tentang rasi bintang tentunya Tuhan sudah menyusun semua rencana untuk diri tiap masing masing orang tinggal bagaimana masing amsing orang tersebut melakukan atau melaksanakan tindakan Tuhan yang telah di berikan.

    Reply

  4. Posted by Johanes on May 24, 2013 at 2:03 pm

    bacaan ini memberitahukan kita mengenai rasi bintang dan membantu kita mengethui diri kita melalui rasi bintang.

    Reply

  5. dalam rasi bintang ini Tuhan telah menciptakan hal yang menakajubkan dalam bumi, dengan adanya bintang-bintang itulah kita dapat melihat cantiknya, yang menyinari kegelapan. Tuhan menciptakan sebagaimana kitadapat menjaga dan menjaganya agar tetap ada, kuasa Tuhan memang sangat hebat.
    maka dari itulah kita tetaplah bersyukur apa Tuhan berikan pada kita.

    Reply

  6. rasi bintang yang dulu dipakai untuk penunjuk arah tetapi kini dilupakan karena adanya GPS padahal GPS tidak selalu akurat dibandingkan dengan rasi bintang yang selalu akurat apabila kita dapat membacanya..

    Reply

  7. tuhan selalu memberikan kita jalan keluar disetiap masalah yang kita hadapi tinggal tergantung kita untuk mencari jalan tersebut

    Reply

  8. saya suka sekali dengan kata “Tuhan sebenarnya sudah mengatur semuanya tentang kebutuhan kita.” saya suka dengan kata ini karena saya percaya bahwa Allah akan selalu ada di sisi saya untuk membatu saya dalam kesulitan.. sesungguhnya orang-orang yang percaya dengan kebesaran Allah dia akan dapat melihat dengan jelas petunjuk yang Allah berikan untuk membantu kita dalam suatu kesulitan…

    Reply

  9. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 6:56 am

    ada orang yang dapat melihat hidupnya melalui rasi bintang… tapi selain itu kita juga dapat melihat hidup dengan mata hati kita….

    Reply

  10. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 11:47 am

    Tuhan sebenarnya sudah mengatur semuanya tentang kebutuhan kita , dan Tuhan telah mengatur bagaimana nasib kita kelak

    Reply

  11. Kita memang harus mengikuti petunjuk arah seperti layaknya arah yang di berikan oleh Tuhan.

    Reply

  12. Posted by Alfaty Rachmania on May 25, 2013 at 1:56 pm

    Mengambil arah akan lebih mudah dengan rasi bintang, demikian halnya Tuhan memberi kita petunjuk

    Reply

  13. saya stuju tentang pendapat bapak karena jika merenungi masalah pasti tuhan akan membantu kita menunjukkan jalan terbaik kepada kita karena tuhan ingin memberikan petunjuknya kepada orang-orang yang dia kehendaki atau orang yang selalu mengingat tuhan….

    Reply

  14. Menurut saya, seorang petualang wajib bisa membaca rasi bintang ataupun arah matahari karena sangat berguna dalam menentukan arah apabila tersesat.

    Reply

  15. Rasi bintang memang kala kita percayai sebagai simbol bintang dan keindahan semesta🙂 sangat indah

    Reply

  16. Tanda-tanda dari Tuhan memang nyata. Itu tergantung dari keyakinan hati kita mengikuti tanda-tanda itu sepenuh hati atau tidak. Disini digambarkan bahwa penulis yakin dengan tanda yang diliatnya dan dia mengikuti tanda tersebut. Saya berharap saya dapat melakukan hal yang sama dengan beliau

    Reply

  17. berbagaimasalah dalam kehidupan akan mudah terselesaikan, asalkan kita mau bersunguh-sunguh dan sabar. karena tuhan selalu memberikan petunjuknya.

    Reply

  18. Posted by Lilyana on June 15, 2013 at 8:01 am

    kalau kita mau sedikit merenung masalah apapun yang kita hadapi pasti ada petunjuk jalan keluar. Tinggal bagaimana kita pintar-pintar membaca rasi bintang dalam hati kita. Petunjuk Tuhan selalu ada seperti halnya bintang-bintang di langit.

    Reply

  19. Posted by Melisa Patricia on June 15, 2013 at 8:02 am

    Rasi Bintang memang luar biasa. Jaman dahulu kala para pelaut tidak ada kompas atau GPS. Mereka hanya pakai arah bintang. Tuhan sebenarnya sudah mengatur semuanya tentang kebutuhan kita.

    Reply

  20. Tuhan memang lah pencipta segalanya. Seperti rasi bintang yang di ciptakan untuk memberikan arah saat kita tidak tahu harus kemana. Rasi bintang memberikan kita petunjuk arah yang harus di ambil saat kita tersesat seperti Tuhan yang memberikan kita petunjuk dan selalu ada untuk membantu saat kita kehilangaan arah.

    Reply

  21. ini lah kekuasaan Tuhan yang tidak dapat dimengerti manusia, dan semua terjadi pasti karena alasan dan memiliki manfaat masing masing. kecanggihan teknologi sekarang pun pasti terinspirasi dengan kecanggihan alam yang dibuat Tuhan.

    Reply

  22. Posted by Alvia Oktaviani on June 16, 2013 at 8:37 am

    sesungguhnya Tuhan menciptakan segala hal di dunia ini dengan berbagai macam manfaat yang kita sendiri tidak akan pernah bayangkan. tapi segala hal yang diciptakan Tuhan selalu menjadi fenomena yang luar biasa bagi manusia. begitu mulianya Tuhan menciptakan kita di dunia dengan segala fasilitas alam yang begitu sempurna.

    Reply

  23. Rasi bintang dipakai oleh pelaut jaman dulu untuk menentukan arah. Rasi bintang juga dipakai oleh kebudayaan barat dalam memberikan lambang sesuai dengan waktu tanggal lahirnya, misalnya lahir tgl 28 april, berarti rasi bintangnya taurus.

    Reply

  24. rasi bintang pada jaman sekarang kurang dipakai oleh orang orang biasa , kecuali para nelayan yang mencari nafkah nya masih menggunakan rasi bintang sebagai sarana untuk menentukan arah .
    selain itu rasi bintang sekarang ini juga digunakan untuk mencocokan jodoh , contoh : taurus tidak cocok dengan sagitarius atau apapun itu

    Joel Timothy / 01PA2 / 1701290141

    Reply

  25. rasi bintang sangat berguna karena bintang memancarkan sinar di tengah kegelapan langit, sama halnya dengan petunjuk yang dikasih tuhan kepada kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: