Proses

Witing tresno, jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekaso.

images (16)Masih ingat ungkapan dalam bahasa Jawa? Buat para tetua atau orang tua Jawa pasti mengerti arti kata di atas, kalau saya boleh terjemahkan : Tumbuhnya cinta, karena terbiasa atau kedekatan. Kemuliaan hidup harus melalui pengorbanan atau penderitaan. Menjalin sebuah hubungan, baik urusan cinta atau persahabatan pasti membutuhkan waktu, keberanian, mau menerima apa adanya, berbagi rasa dengan orang yang kita cintai.
Kita tahu bahwa hidup itu harus memilih, apa yang kita pilih itulah yang harus tumbuh menjadi cinta.
Seiring berjalannya waktu maka setiap hubungan, seperti hubungan suami-istri pasti banyak menemui perbedaan, ketidakcocokan, dan perselisihan. Di sana bisa terjadi keretakan kalau kita tidak mengerti arti cinta. Sebagian orang akan menganggap sebagai nasib buruk, tetapi sebagian orang justru menganggap ini sebagai bumbu, yang bahkan saling mendekatkan diri untuk mengatasi perbedaan sehingga cinta akan semakin indah dan manis. Nah, di sini saya melihat makna kata di atas, karena terbiasa, maka cinta itu tumbuh, pengertian tumbuh artinya berakar jadi kuat, sehingga tahan uji, kuat dan tak tergoyahkan. Seorang sahabat saya bercerai dengan istrinya setelah 10 tahun hidup bersama. Setelah 5 tahun bercerai, mereka sepakat bersatu kembali. Salah satu alasannya adalah karena mereka sudah biasa hidup bersama, begitu berpisah ternyata hidup lebih menderita.
Dalam kehidupan rumah tangga, cinta harus tumbuh dan tumbuhnya itu karena terbiasa. Maksud biasa di sini bisa banyak diartikan :
Biasa ke gereja bersama
Biasa makan bersama
Biasa berdoa bersama
Biasa bergandengan tangan bersama
Biasa berdiskusi bersama
Biasa bercanda bersama
Biasa nonton bersama
Biasa memakai baju kembar bersama
Dan lain-lain kebiasaan
Terciptanya kebiasaan ini menumbuhkan cinta semakin kuat.
Ada sahabat saya bertanya bagaimana kalau keluarga sudah berantakan? Apakah mungkin disatukan lagi? Saya bertanya kembali untuk mewakili jawaban saya bahwa apakah di samping pertengkaran ada hal lain yang bisa di kerjakan bersama? Contohnya, menolong orang susah, mengunjungi orang tua, membantu tuna netra, membantu korban banjir, dan mengunjungi nara pidana di penjara. Jika itu dilakukan bersama, maka cinta akan bersemi kembali. Sejauh kita harus saling memaafkan dan saling berbagi rasa. Kisah Rara Jongrang, dalam filosofi Jawa, mengajarkan kita bahwa cinta tidak bisa dipaksakan, tetapi harus tumbuh. Salam dan hormat saya. Semoga semua sahabat bisa tumbuh dalam cinta melalui kebiasaaan, terbiasa dan mampu untuk tumbuh, demikian kata lanjut “Witing mulyo jalaran wani rekaso”. Tuhan memberkati.

18 responses to this post.

  1. Posted by Justman Tan - 1601266186 on May 22, 2013 at 4:16 pm

    Hidup pasti selalu butuh proses, tidak ada yang instan.
    Seperti hal nya dalam menuju kedewasaan, kita membutuhkan proses yang sangat panjang..

    Dengan adanya proses inilah kita bisa menjadi banyak belajar dalam kehidupan kita ini. Saat menuju dewasa kita melewati proses dimana kita belajar untuk menjadi mandiri, kita belajar untuk bagaimana kita mengatasi masalah kita di kehidupan kita sehari-hari.
    Tapi tanpa adanya proses, kita tidak mendapatkan manfaat apapun

    Reply

  2. Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, denagn adanya proses kita dapat melihat bagaimana sesuatu itu di buat seperti bahasa dan lain lain dan dalam kehidupan kita bisa melihat bagaimana cinta dan kasih berlangsung dalam sebuah proses

    Reply

  3. Posted by Sugianto on May 25, 2013 at 2:15 am

    Menurut saya, proses sendiri adalah rangkaian kegiatan yang harus kita lakukan untuk menjalankan aktifitas dalam satu hari. dengan adanya proses kita dapat menyelesaikan aktifitas dengan baik apalagi dengan kita merancang proses tersebut dengan sungguh – sungguh🙂

    Reply

  4. artikel yang bagus,proses itu memang kita butuhkan untuk menjadi baik walaupun dari buruk sekali pun

    Reply

  5. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 8:01 am

    dalam hidup ini sebuah kehidupan semuanya membutuhkan proses… atau tidak dapat langsung sempurna seperti apa yang kita inginkan kita harus berusaha untuk mendapatkannya….

    Reply

  6. proses mencintai itulah yang disebut dengan cinta

    Reply

  7. menjalani hidup itu butuh proses. memilih sesuatu pun butuh prose untuk mengungkapkannya. bahkan hidup ini sendiri adalah proses. Proses yang dinginkan adalah proses untuk mencapai sesuatu yang diinginkan pula. Cara untuk memprolehnya atau proses yang dibutuhkannya adalah dengan mmbuatnya biasa. terbiasa akan sesutu akan menciptakan suatu identitas, sehingga menjadi pula sebuah budaya Terbiasa akan sesuatu akan menumbuhkan rasa cinta antar satu dengan yang lainnya. Kita terbiasa tinggal di Indonesia, maka kita akan cinta dengan indonesia, sebaliknya jika ia terbiasa dengan mendengarkan lagu band korea, maka akan muncul cinta di dalamnya. Sehingga Proses yang kita butuhkan adalah poses untuk membiasakan sesutu demi terwujudnya apa yang kita cita-cita kan.

    Reply

  8. saya setuju banget sama artikel ini.. cinta tumbuh karena biasa.. mungkin saya belum sampai pada titik cinta dalam pernikahan.. tapi saya sangat percaya bahwa cinta tumbuh karena terbiasa.. karna saya sudah mengalami itu dalam persahabatan saya dan kehidupan dengan orang tua saya…saat kita berjauhan kita akan merasakan rindu yang teramat sangat dengan orang yang sudah terbiasa mengisi hari-hari kita…

    Reply

  9. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 3:44 pm

    kehidupan , kebutuhan dan segala2 nya membutuhkan proses yang panjang

    Reply

  10. Proses adalah hal penting sebelum keluar hasilnya. Seringkali orang hanya melihat hasilnya tanpa melihat proses yang dilalui. Contoh : Orang-orang sukses yang ada di dunia mungkin terkenal saat ini tapi setelah ditelusuri mereka pun pernah gagal didalam prosesnya menuju sukses hanya saja mereka pantang menyerah untuk mencapai kesuksesan.

    Reply

  11. Posted by Alfaty Rachmania on May 26, 2013 at 5:03 am

    kehidupan , kebutuhan dan segala2 nya membutuhkan proses yang panjang

    Reply

  12. sangat suka cita membaca artikel ini, betapa berharganya orang-orang yang kita sayangi bila berharga disekitar kita.dan alangkah indahnya jika mereka selalu mengisi hari-hari kita sehingga menjadi ‘moodbooster’ bagi kita. namun, itu semua tak terlepas dari saling memaafkan, saling menerima, saling terbuka dalam berkomunikasi dan saling berbagi rasa. jika kita senantiasa melakukan hal tersebut maka, orang-orang yang kita sayangi akan selalu merasa nyaman berada disekitar kita.

    Reply

  13. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 4:15 pm

    proses merupakan sesuatu yang ssangat penting dalam kehidupan kita,untuk mencapai sesuatu selalu memerlukan proses,walaupun proses tersebut tidak semuanya yang enak untuk dijalani,jadi kita harus belajar dari proses tersebut,hal tersebutlah yang akan membuat kita semakin dewasa.

    Reply

  14. Posted by Ervina on June 17, 2013 at 4:25 pm

    Proses adalah sebuah hal yang penting. Dimana sebelum kita melakukan sesuatu kita membutuhkan proses.

    Reply

  15. Posted by andre 04PHJ on June 20, 2013 at 10:26 am

    proses merupakan bagaimana cara kita mencapai suatu tujuan. Dalam hidup ini kita tidak mungkin meraih apapun tanpa adanya proses. Meskipun proses itu tidak gampang, tapi kita harus melakukan proses itu dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil yang maksimal

    Reply

  16. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 12:25 pm

    Merupakan sebuah urutan yang dilakukan seseorang untuk menjadi pribadi yg lebih baik lagi. Semakin sulit proses tersebut maka semakin besar penghasilan yg akan didapat sesorang. Lebih baik lagi apabila kita menghargai proses, dan menghargai proses adalah hal yg paling penting dalam mencapai sesuatu.

    Reply

  17. apapun yang kita kerjakan perlu proses, tanpa proses, kita tidak dapat berkembang. tanpa proses kita tidak dapat maju.

    Reply

  18. kehidupan merupakan proses, diamana saat kita kecil dan menjadi orang dewasa, di situlah sebuah proses kehidupan terjadi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: