Tangan Dingin

Seperti halnya pohon yang tumbuh di tepi sungai, yang daunnya rindang dan menghasilkan buah banyak pada musimnya, apa saja yang diperbuatnya berhasil ini yang disebut tangan dingin (Mazmur)

tangan-dingin130212cDi awal tahun 1990, nama Rudy Maeloa sangat terkenal, beliau dipanggil Tangan Emas dan Tangan Dingin, karena apapun yang dipegangnya semua berhasil. Karismanya luar biasa sampai hampir semua orang pebisnis yakin dia akan menjadi orang nomor satu di Indonesia.
Di dalam jamuan makan di rumah Keluarga Argopura, di rumah Ibunda Merry, saya diundang bersama ada hadir juga Pak Eka Widjaja, ayah mertua beliau, yang sambil bercanda mengatakan bahwa Rudy pasti jadi orang besar kelak.
Gurita bisnis dibawahnya terus berkembang dan besar. Sayangnya beliau harus meninggalkan kita di usia sangat muda sekali.
Saya teringat sekali ucapan beliau bahwa kalau kita ingin berhasil harus ingat Mazmur 1:1-3. Artinya, kalau ingin berhasil pertama sekali kita harus ingat Tuhan kita sebagai Sang Khalik yang mengatur hidup kita dan tidak lupa lingkungan kita karena kita tidak mungkin sukses tanpa didukung. oleh lingkungan kita.
Saya sangat sepakat sekali dengan apa yang beliau sampaikan. Apa lagi ingat kata Mochtar Ryadi bahwa bagaimana kita bisa mengejar kuda kalau kita tidak naik kuda ?
Tangan dingin tidak tergantung kepada apa yang dikerjakan atau siapa yang mengerjakan, tetapi kalau semua itu dikerjakan dengan mengikuti arahan Roh Kudus, maka itulah tangan dingin. Karena sebenarnya kegagalan adalah pondasi kesuksesan atau ada yang mengatakan sukses yang tertunda, karena hampir semua orang berhasil selalu diawali dengan kegagalan, sebab di situ kita dipacu untuk berhasil.
Kita semua dilahirkan untuk jadi pemimpin, paling tidak untuk memimpin diri kita sendiri untuk menjadi baik, benar dan bijaksana. Setiap pemimpin harus bertangan dingin karena siapa saja jadi pemimpin ingin menjadikan organisasi dibawahnya berhasil dan sukses. Tidak ada satupun orang yang mengharapkan kegagalan.
Hidup ibarat sebuah usaha, karena diakhir hidup kita pasti dan sangat pasti ada laporan pertanggungjawaban terhadap setiap apa yang kita perbuat di dunia ini. Siapa saja akan berbahagia jika menghasilkan laporan yang baik dan positif yang juga nantinya dinikmati anak dan cucu serta orang-orang yang kita cintai, sehingga kelak kita disebut orang yang bahagia.
Sampai suatu saat kita semua bersama-sama mengakui bahwa usaha-usaha yang kita kerjakan tidak terlepas dari apa yang juga diharapkan oleh Tuhan. Kata teman saya Pak Rudy Prayatna bahwa Tuhan tidak akan mempermalukan anak-Nya.
Tuhan memberkati, menyayangi dan melindungi kita sekarang, selalu dan selamanya. Salam dan doa.

12 responses to this post.

  1. enak sekali ya mempunyai tangan dingin yang dapat membuat apa saja.

    Reply

  2. Tidak ada orang sukses yang tidak mengenal Tuhan, maka benar sekali kalau ingin sukse maka kita harus selalu ingat kepada Tuhan.

    Reply

  3. bertangan dingin maksudya adalah seorang yang berfokus diri tidak terikut oleh arus yang negatif dan berpegang teguh pada hal positif yang diinginkan oleh tuhan

    Reply

  4. Kalo dibilang setiap orang melaukan sesuatu atau mengimpikan sesutu dan selu berhasil adalah mustahil. Karena kita untuk mencapai tersebut butuh namanya kegagalan, meskipun orang-rang pasti tidak menginginkan kegagalan tersebut. Tapi denga kegagalan itu, justru akan membangun kekuatan yang lebih untuk mencapai kesuksesan tersebut. bayangkan saja, seorang sukses yang tidak pernah mengalami kegagalan, tiba-tba dilanda kegagalan, maka pasti dia akan merasa sangat kesal dan bisa menjadi stress. Tetapi brbeda hal nya jika kita gagal sebelu kesuksesan, maka kita akan merasa kepuasan yang tersendiri tanpa orang lain merasakannya. lihat saja, Para pengsaha besar, mereka bisa menjadi besar pasti karen amereka sudah merasakan bagaimana rasanya kegagalan Tetapi jangan berputus asa terhadap kegagaln yang diperoleh, karen kesuksesan senantiasa menggunya di depan pintu rintangan.

    Reply

  5. saya sangat setuju sekali dengan kata “kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.” karena untuk menjadi seseorang yang sukses kita memperlukan pembelajaran yang sangat berati.. dan saya yakin bahwa melalui kegagal tuhan sedang mengajarkan kita tentang suatu hal untuk menuju kesuksesan.. dan melalui kegagalan tersebut tuhan berharap agar kita tidak jatuh di lubang yang sama dan tau bagaimana menyelesaikan nya..

    Reply

  6. Memang tepat jika kita harus mengandalkan Tuhan kepada semua yang kita kerjakan. Semua orang tidak mengharapkan adanya kegagalan makan dari itu mereka berjuang demi kesuksesan. Tetapi hidup dengan tuntunan roh kudus akan membawa kita menjadi pohon yang rindang dan berbuah banyak.

    Reply

  7. Posted by priscilamarcelina on May 26, 2013 at 3:30 pm

    Saya setuju sekali. Kalau kita terus kembali kepada Tuhan, mengucap syukur dan berterima kasih atas karunia yang Ia berikan dan juga mengeksplor karunia yang Tuhan sudah berikan kepada kita dan terus berusaha.. saya percaya kita akan diberi kesuksesan dariNya.

    Reply

  8. Posted by andre 04PHJ on June 20, 2013 at 10:32 am

    saya sangat setuju dengan artikel ini. Kita harus mengikuti jalan Tuhan untuk meraih sesuatu dan jalan Tuhan itu pun adalah yang terbaik buat kita. Tetapi jika sudah berhasil, kita tidak boleh sombong dan melupakan pihak-pihak yang berperan atas keberhasilan kita khususnya Tuhan. Kita harus mengucapkan syukur kepada-Nya

    Reply

  9. Saya sependapat dengan penulis, dimana kerja keras dan semangat untuk terus berusaha yang akan tercipta sebagai suatu keahlian dimana suatu saat nanti kita dapat memimpin dengan tangan dingin/keahlian yang kita miliki.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  10. “Ora Et Labora” berdoa dan bekerja, seseorang tidak akan sukses apabila kita sudah bekerja keras tapi tidak diiringi dengan doa. Percayalah akan kuasaNya, karena Ia tahu apa yang terbaik bagi kita.

    Reply

  11. kesuksesan kita tidak sepenuhnya bergantung pada “tangan dingin” maupun keberuntungan,semua itu berawal dari kerja keras dan berkat dari yang Maha Kuasa

    Reply

  12. Posted by Artarelia_ 1601283204 on March 26, 2014 at 10:08 am

    Manusia dapat sukses karena adanya dukungan dari orang-orang terdekatnya. Namun yang dapat memberikan dampak paling besar dalam kesuksesan manusia sebenarnya adalah dukungan dari dalam dirinya sendiri dan usaha tentunya. Dukungan dari dalam diri kita dapat kita peroleh dengan cara berusaha lebih dekat dengan-Nya . Karena ketika kita dapat dekat dengan Tuhan kita akan mampu membuat diri kita percaya bahwa kita mampu.
    04PIM

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: