Presentasi

Mengenal presentasi untuk memahami dan mempraktekkannya bisa memberikan kemampuan negosiasi yang baik.

MOĆNEHampir setiap hari saya menerima presentasi baik oleh para direksi perusahaan, para manager, dan para customer kami. Mereka melakukan presentasi supaya bisa memahami pokok pembicaraan, saling diskusi dan bisa mengurangi kesalahan penjelasan terhadap sebuah permasalahan.
Presentation skill memang tidak mutlak atau penting tetapi dalam kondisi tertentu akan menjadi sangat penting, misalnya, anda mau menjadi seorang pemimpin, baik di perusahaan maupun di pemerintahan termasuk juga di organisasi keagamaan. Coba bayangkan kalau seorang pastor setiap khotbah hanya baca melulu atau tidak ada ekspresi, maka susasana akan menjadi jenuh, kering dan membosankan.
Di Lions Club, ada session tentang presentation skill dalam sebuah training yang disebut Faculty Development Institute. Di sana bukan saja dilatih untuk pengembangan diri tetapi juga bagaimana bisa menjadikan orang lain berkemampuan atau disebut train the trainer (secara cuma cuma termasuk makan dan tidur). Selama hanpir 4 hari penuh peserta dilatih mengenal bagaimana seseorang bisa tampil sebagai seorang pemimpin, pertama-tama adalah presentation skill.
Berbicara di depan kamera untuk memberikan penjelasan dan menjadi presenter atau moderator, mengenal peralatan bantu mulai dari kertas, alat tulis, LCD projector, OHP, cara duduk, cara menyusun meja, cara memimpin rapat dan mengatur waktu rapat, rapat hanya maksimal 90 menit (er 15 menit), materi rapat dan mencatat MOM (minute of meeting atau notulen rapat).
Sedangkan di dalam membawakan presentasi, peserta diarahkan memenuhi tata cara yang bisa menarik perhatian. Body language seperti bagaimana kita bisa menggerak-gerakkan badan saat pidato, sehingga memberikan kesan khusus dan menambah kemampuan orang untuk memahami apa yang kita bicarakan, kalau berdiri kaku seperti patung membuat orang mengantuk. Eyes contact (tatapan mata) untuk memberikan perhatian terhadap audience, mengajak komunikasi dan juga bisa mengarahkan bahkan mengajak interaktif pembicaraan dengan hadirin.Tata bahasa yang sopan dan menarik memberikan penampilan tersendiri dan dalam memberikan bahasa yang jelas dan baik.
Ice breaking juga harus disiapkan kalau suasana sudah jenuh bisa mengambil perhatian khusus, bercanda atau permainan kecil supaya membuat hadirin tidak jenuh, menyegarkan suasana dalam kegembiraan dan suka cita.
Dialog artinya setiap pembicaraan mengarahkan dua arah dialog, walaupun seluruh pembicaraan dalam koordinasi supaya tidak melebar atau tidak terarah.
Motorik juga diperlukan agar setiap pembicaraan harus bisa memotivasi orang agar setelah selesai setiap orang akan mengalami suka cita dan merasa bahagia. Ketika kita sudah bisa memberikan presentasi secara baik, maka otomatis kita akan berpenampilan lain daripada yang lain. Semoga kita semua diberi kesempatan memiliki kemampuan berpresentasi yang baik, banyak guna dan memberikan sumbangsih kepada kehidupan manusia secara menyeluruh. Salam dan doa.

8 responses to this post.

  1. Posted by Sugianto on May 25, 2013 at 2:26 am

    Presentasi membuat kita akan terbiasa untuk berbicara dengan orang lain dengan demikian kita juga akan semakin mengasah diri kita sehingga kita dapat menjadi seseorang yang lebih baik🙂

    Reply

  2. presentasi merupakan sebuah cara bagaimana kita dapat mempromosikan atau memperkenalkan produk kepada perusahaan lain melalui meeting , selain memperkenalkan produk presentasi dapat digunakan untuk menjelaskan sesuatu kepada orang.
    dengan menggunakan mode presentasi maka orang akan mudah dimnegerti dibandingkan dengan membaca artikel yang kita buat, karena kebanyakan orang memahami dan lebih mudah tertarik dengan cara mendengarkan dibandingkan dengan membaca, karena itu presentasi lebih efektive dibandingkan dengan cara menerbitkan artikel.

    Reply

  3. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 8:13 am

    presentasi dapat dilakukan untuk menunjukkan hasil kerja kita untuk orang atau perusahaan… sehingga hasilnya dapat lebih detail….

    Reply

  4. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 4:06 pm

    presentasi membutuh kan konsentrasi yang sangat tinggi untuk materi yg akan di presentasi kan , dan juga membutuhkan skill menjelaskan apa yang akan di presentasi kan

    Reply

  5. Posted by Alfaty Rachmania on May 26, 2013 at 5:05 am

    presentasi membutuh kan konsentrasi yang sangat tinggi untuk materi yg akan di presentasi kan , dan juga membutuhkan skill menjelaskan apa yang akan di presentasi kan

    Reply

  6. Posted by priscilamarcelina on May 26, 2013 at 3:31 pm

    Artikelnya sangat membantu. Ini menyadarkan saya bahwa gerakan yang aktif dalam bahasa tubuh dapat menarik perhatian orang dan membawa mereka kedalam ‘pengaruh’ si pembicara.

    Reply

  7. Presentasi itu merupakan salah satu melatih kemampuan kita berbicara didepan banyak orang(public speaking) menurut saya. Kita harus mampu mempengaruhi pendengar dalam menyampaikan isi presentasi. Jaman kini, orang-orang sangat takut dalam melakukan presentasi dikarenakan malunya berbicara didepan orang banyak. Namun inilah salah satu cara jika ingin sukses.

    Reply

  8. You share interesting things here. I think that your blog can go viral
    easily, but you must give it initial boost and i know how to do
    it, just search in google for – wcnu traffic increase

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: