SOS

SOS is a signal sign for emergency rescue (Adh)

SOS-LogoSOS bukan sebuah singkatan tetapi signal Morse, yang dipakai secara international agar mengenal tanda permintaan pertolongan. Dulu di kapal signal radio ini mendapat prioritas, sehingga saat SOS dipancarkan, maka siapa saja yang berada di frequensi harus stop dan mencatat alamat peminta tolong dan setiap kapal laut dalam radius 12 mil laut berkewajiban mengubah arah ke tujuan SOS untuk memberi pertolongan. Oleh karena itu, signal SOS dikenal para pelaut sebagai
“Save Our Soul” seperti signal voice dari SOS adalah “May Day” yang dipanggil melalui frekuens khusus, di mana kalau seorang pilot memanggil “May Day” otomatis semua panggilan di frekuensi radio terblokir atau jam. Lalu, semua frequensi otomatis mendengar panggilan pertolongan tersebut, sehingga di udara tidak mungkin ditolong di udara maka semua rescue darat harus stand by termasuk fire fighting atau pemadam kebakaran di airport terdekat.
SOS itu jadi bagian terpenting dari safety operation procedure di perusahaan kami, terutama buat seluruh crew kapal-kapal kami. Seorang kapten kapal yang handal mengerti persis apa yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dipersiapkan baik untuk keselamatan diri sendiri atau untuk menolong orang lain.
Memasuki hari Paskah, kita bukan sekedar merayakan wafat dan kebangkitan Kristus melalui proses puasa dan pantang, misa Trihari Suci, tuguran dan bersalam-salaman, tetapi ada yang lebih penting bahkan sangat penting, yaitu kita diajarkan untuk mengenal signal atau tanda SOS untuk menolong diri sendiri dan menolong orang lain. Paskah adalah SOS, yang sangat jelas didengar, jadi saat kita merayakan Paskah kita mendengar dan mencatat tanda SOS yang dipancarkan oleh diri kita sendiri.
Benar sekali bahwa diri kita segera ditolong karena berada dalam bahaya kematian akibat dosa yang berdampak juga pada orang-orang yang kita cintai.
Paskahlah saatnya kita menolong diri kita sendiri sebelum kita menolong diri orang lain.
Jika Anda berada di pesawat udara, APS (Asosiasi Penerbangan Sipil) mewajibkan penumpang memperhatikan demonstrasi pramugari jika berada dalam keadaan SOS seperti : “Pakailah masker oksigen Anda sebelum menolong orang lain”.
Paskah sebagai demonstrasi total Kristus agar kita bisa membaca tanda SOS yang dipancarkan oleh roh kita bahwa sudah saatnya kita tahu bahwa kita berada dalam bahaya. Kita pun siap-siap untuk memanggil “May Day” agar kita bisa menolong diri kita sendiri dari badai di tengah ombak kehidupan dan turbulen dalam perjalanan melintas katulistiwa surgawi.
Selamat merayakan Paskah dan Tuhan memberkati kitadengan Damai bersamamu.

3 responses to this post.

  1. signal sos sangat menyusahkan apabila kita sedang butuh untuk menghubungi seseorang

    Reply

  2. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 8:12 am

    presentasi dapat dilakukan untuk menunjukkan hasil kerja kita untuk orang atau perusahaan…

    Reply

  3. Paskah selalu bermakna bagi setiap umat kristen maupun katolik. Karena tepat paskah dapat memberikan refleksi terhadap apa yang diberikan Kristus terhadap hidup umat manusia. Yesus selalu memberi tanda agar kita berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Kiranya kita dapat membaca tanda-tanda yang diberikan Kristus dan melakukan sesuatu sesuai instruksinya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: