Kepercayaan

To be trusted is a greater compliment than being love (McDonald)

TrustEquation-718721Mengungkap sebuah kekuatan dalam kehidupan kita adalah bagaimana menciptakan suatu keadaan dimana orang bisa percaya kepada kita. Ketika kita sudah dipercaya orang, maka banyak hal bisa dikerjakan jauh lebih mudah.
Siapa saja baik secara pribadi, bisnis perusahaan sampai pengelolaan sebuah negara. Kita berlomba-lomba menciptakan sebuah kepercayaan. Sebaliknya apapun adanya kalau kepercayaan sudah hilang musnahlah semua usaha yang dibangun dengan susah payah.
Sekarang kita semua pasti ingin agar diri kita bisa dipercaya, termasuk terhadap istri, suami, anak-anak dan orang tua. Akhirnya kita sepakat bahwa kepercayaan itu memiliki sebuah nilai yang tidak bisa dinilai dan hanya waktu saja yang bisa membuktikan seberapa tinggi nilai sebuah kepercayaan.
Ada beberapa bagian dari keadaan kita sehari-hari yang akan dapat membuahkan suatu kepercayaan orang. Hal ini harus dimulai dari kemauan kita, terutama dalam hal penampilan, tingkah laku dan kebiasaan kita. Ada jokes katanya dalam menentukan pemberian kredit di perbankan maka akan diutamakan debitur yang gendut dan berperut besar. Kalau yang datang minta kredit kurus kering dan lusuh, maka penilaiannya lebih birokratis dan panjang cerita. Penampilan akan menutupi kredibilitas. Misalnya, orang akan percaya kalau kita turun dari Mercedes Benz atau duduk di Business Class dibandingkan orang yang naik kijang apalagi naik ojek. Bagi kita yang ingin mendapatkan kepercayaan boss diperusahaan, perlu memperhatikan hal penampilan, kebersihan, wangi, rapi dan cara berbicara, disiplin, body language, eyes contact. Pokoknya hal-hal yang bisa membuat orang terpesona.

Kepercayaan juga bisa timbul kalau kita itu dekat dengan orang yang memberinya. Kalau tak kenal maka tak saying adalah hal yang sering kita dengar. Kalau kedekatan itu bisa disharingkan dan menjadikan suasana persahabatan, maka kepercayaan sudah ada di tangan anda. Bagaimana kita bisa mengadakan kerjasama sengan seseorang kalau kenal saja tidak. Oleh karena itu, nilai persahabatan menjadi suatu dasar kepercayaan yang dalam sekali. Dalam meletakkan kerja sama dalam perusahaan saya, maka unsur persahabatan menjadi utama sehingga tercipta sense of belonging atau rasa turut memiliki.
Kedekatan satu orang dan lainnya memberikan kepercayaan yang tinggi.
Kredibilitas seseorang akan tidak diperlukan jika terjalin kedekatan satu diantaranya, dan persahabatan menjadi ikatan rantai yang kuat dalam menjalin kepercayaan. Apalah arti senuah nama sering kita ingat. Padahal nama memiliki arti tersendiri.
Kalau saya mau minum air mineral saya akan cari AQUA, siapa yang bisa membantanya? Bukan iklan ya, tapi nama besar sebuah produk memberikan kepercayaan yang besar juga. Kita mau terbang dengan SQ apa lagi duduk di First Class, maka Anda sudah tidak perlu lagi meragukan pelayanannya. Kita mau beli Parfume Bvlgari atau tas Hermes atau makan Burger King atau tidur di Hotel Mulia atau mau makan malam di Edogin, atau mau sekolah di Prasetiya Mulya, mau naik Mobil BMW atau apa saya yang sudah terkenal tentu menimbulkan kepercayaan umum dan Anda tidak usah ragu.
Sungguh suatu kebahagiaan besar bagi siapa yang sudah memiliki kepercayaan, karena kepadanya diberi segala kemudahan. Tetapi, mereka yang belum kebagian mari kita berusaha karena kemauan keras, persahabatan dan nama kita sudah menanti kita untuk menatap masa depan cerah. Semoga Tuhan memberkati. Salam dan doa.

15 responses to this post.

  1. kepercayaan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran Karena keyakinan merupakan suatu sikap dengan adanya kepercayaan akan Tuhan maka kita mendapatkan spritualitas yang baik secara pribadi.

    Reply

  2. Posted by Sugianto on May 25, 2013 at 2:32 am

    Kepercayaan sendiri bagi saya adalah asset yang penting yang harus kita jaga. dengan adanya kepercayaan kita tidak perlu lagi ragu terhadap orang yang kita percayai🙂

    Reply

  3. kepercayaan merukan sesuatu yang sangat sulit kita dapatkan dari orang, karena orang yang mendapatkan kepercayaan adalah orang orang terpilih saja, tidak sembarang orang yang mendapatkan kepercayaan khusus. karena dengan kepercayaan yang telah diberikan maka tanggung jawab yang kita terima lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak mendapatkan kepercayaan dari orang lain
    kepercayaan didapatkan dari orang yang telah lama kita kenal dan selalu membantu dia dalam hal susah maupun senang, karena itu orang yang telah mendapatkan kepercayaan harus sangat menjaga kepercayaan tersebut karena sekali saja kita melakukan kesalahan yang menyebabkan orang itu tidak percaya lagi maka akan sangat sulit orang tersebut untuk percaya lagi kepada kita seperti sebelumnya karena perbuatan kita yang senonoh.
    kepercayaan seperti kertas putih dan sekali ada bekas coretan maka akan sangat dihilangkan karena warnanya tidak akan seputih kertas yang sebelumnya.

    Reply

  4. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 8:16 am

    dalam hidup harus adanya suatu kepercayaan, maka dari itu janganlah ada suatu kebohongan karena dari kebohongan itu dapat adanya rasa tidak percaya lagi….

    Reply

  5. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 4:07 pm

    mendapatkan kepercayaan kpd seseorang sangat sulit , maka dari itu harus jujur dalam segala hal agar di percaya orang

    Reply

  6. memang ya untuk mendapatkan sesuatu kepercayaan itu sulit… jadi kita sebagai manusia harus memulai membuat orang percaya dengan kita melalui penampilan kita terlebih dahulu…karena orang yang berpenampilan baik mereka biasanya libih tau cara menjaga kepercayaan itu…

    Reply

  7. Posted by Alfaty Rachmania on May 26, 2013 at 5:15 am

    Kepercayaan juga bisa timbul kalau kita itu dekat dengan orang yang memberinya

    Reply

  8. Kepercayaan akan diri sendiri merupakan modal penting bagi kehidupan kita..Kepercayaan adalah dasar sebuah bisnis.. Namun, dewasa ini sulit untuk mendapatkan seorang yang dapat dipercaya.. Kepercayaan dapat timbul dari pengetahuan akan orang lain.. Umumnya orang melihat segi riil / fisik agar dapat percaya kepada seseorang, seperti penampilan menarik / naik BMW..

    Reply

  9. kepercayaan adalah suatu sikap dan pedoman hidup kita yang kita pegang erat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. menurut saya kepercayaan akan Tuhan adalah yang terpenting karena Tuhan memberikan kita damai sejahtera dalam hidup ini.

    Reply

  10. Posted by Defreia on December 5, 2013 at 4:25 pm

    kepercayaan tidak akan timbuldan diberikan begitu saja kepada orang lain, orang asing, atau orang yg tidak ia kenal secara baik. Membangun sebuah kepercayaan tidak secepat membalikkan tangan tetapi membutuhkan proses yang lama. Kepercayaan jg sangat mudah menghilang apabila seeorang membuangnya dan tidak menghargainya

    Reply

  11. kepercayaan boleh saja beragam dan boleh saja dipercaya asalkan kepercayaan itu sendiri adalah kepercayaan yang tidak merugikan dan patut dipercayai

    Reply

  12. kepercayaan merupakan hal yang sulit di dapatkan dalam sebuah bisnis, tanpa adanya kepercayaan sebuah bisnis akan terasa lambat. sebaliknya jika semakin besar kepercayaan diantara mereka, semakin cepat juga bisnis yang mereka lakukan

    Reply

  13. Posted by 04PHO//BELLIA PUTERI NOVIANTY//1601272466 on March 22, 2014 at 4:34 pm

    Membicarakan kata-kata percaya ini merupakan langkah awal untuk terwujudnya suatu cita-cita. Katakan saja ketika manusia itu ingin selalu di sayangi atau di lindungi oleh Allah SWT maka tindakan pertama yang harus kita ciptakan adalah rasa percaya ini. Kalau kita percaya saja tidak apa ya mungkin itu semua akan di kasih oleh Allah, tentunya tidak kan, kalau pun it di kasih mungkin itu sifat Ar-Rohman dan Ar-Rohim nya Allah yang di berikan kepada kita.
    Percaya, juga bisa di sebut “pondasi”. Ketika kita membuat rumah dengan pondasi yang kuat maka rumah itu tidak akan goyah ketika ada bencana yang melanda dengan catatan pondasinya harus kuat. Kalaupun rumah itu ada bencana sampai rusak namun untuk memperbaikinya tidak membutuhkan biaya yang banyak. Masih bisa di renovasi sebaik mungkin, karena pondasinya sudah kuat.

    Reply

  14. Posted by 04PHO//BELLIA PUTERI NOVIANTY//1601272466 on March 22, 2014 at 4:40 pm

    membicarakan kata2 percaya ini langkah awal untuk terwujudnya cita2, contohnya manusia itu ingin slalu di sayangi dan di lindungi oleh allah swt maka tindakan pertama yang harus kita ciptkan ialah rasa kepercayaan. percaya juga bisa disebut dengan pondasi, ketika kita membuat suatu bangungan rumah dengan pondasi, rumah itu tidak akan goyah, jika ada ada bencana sekalipun, dengan catatan pondasi tersebut harus kokoh. Kepercayaan bukan suatu hal gampang yang dapat dibangun dengan sekejap mata saja, namun bisa melalui kebiasaan yang kosisten, komitmen yang tingi dalam sebuah hubungan kita. Dan itu kita yang bisa menciptakan, karena kepercayaan terhadap orang lain itu adanya pada diri kita sendiri setelah mengetahui orang yang kita akan percayai tadi.

    Reply

  15. Posted by 04PHO//BELLIA PUTERI NOVIANTY//1601272466 on March 22, 2014 at 4:44 pm

    kepercayaan bukan suatu hal yang mudah,yang dapat dibangun dalam sekejap mata saja.namun bisa melalui kebiasaan yang konsisten dengan komitmen yang tinggi dalam sebuah hubungan atau relasi. dan itu kita yang menciptakan, karena kepercayaan orang lain itu apa adanya dari diri kita sendiri yang mengetahui orang yang kita percaya tadi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: