Rahasia

Setiap orang atau perusahaan bahkan negara memiliki rahasia tersendiri, demi untuk kebaikan bukan sebaliknya(BK)

Top-SecretRahasia pribadi atau perusahaan atau negara itu harus dijunjung tinggi, bukan dalam maksud yang tidak baik melainkan justru untuk menjadikan pribadi, perusahaan atau negara tersebut menjadi kuat dan berwibawa.
Tidak bisa dibayangkan kalau rahasia perusahaan diumbar atau rahasia negara bisa kemana-mana maka semuanya akan amburadul.
Perusahaan kami menoreh confidential atau rahasia pada setiap data yang dikeluarkan. Dengan demikian data tersebut harus dilindungi sedapat mungkin dan diberikan sanksi pidana bagi siapa saja yang mengetahuinya dan membocorkannya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.
Pihak HRD dan GA akan melindungi semua kerahasiaan dokumen rahasia sampai batas waktu yang tidak ditentukan dan jika sanpai batas tertentu akan dimusnahkan.
Mengapa rahasia itu begitu penting? Pertanyaan ini akan menjadi menarik buat kita terutama yang memegang pentingnya rahasia baik secara pribadi atau organisatoris, tetapi rahasia ini juga menjadi beban berat bagi kita yang bertanggung jawab atas rahasia tersebut.
Setiap jabatan dalam perusahaan kami juga di sumpah untuk melindungi rahasia perusahaan. Saya sendiri pernah merasakan bagaimana keadaan perusahaan yang rahasianya bocor ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab dan perusahaan mengalami kerugian signifikan.
Memasuki pekan suci, secara pribadi kita harus mengakui segala DOSA kita yang sekaligus menjadi rahasia pribadi. Bagaimana sulitnya dimana rahasia pribadi harus dibongkar habis-habisan di hadapan pastor, yang secara dogmatis kita percaya mendapat kuasa langit dan bumi untuk memberi pengampunan dan penghapusan dosa kita.
Salah satu kekuatan agama Katolik adalah Sakramen Pengakuan Dosa atau Tobat, yang tidak dimiliki oleh agama lain. Mengapa menjadi salah satu kekuatan gereja, karena secara mental dan spiritual, kita terlepas dari beban yang mengikat kita. Para Romo juga diharapkan bisa memberi sumbangan pemikiran betapa bergunanya Sakramen Tobat bagi kehidupan rohani. Semoga Tuhan memberkati. Salam dan doa.

47 responses to this post.

  1. di dalam kehidupan kita tidak usah menyimpan rahasia di dalam diri kita, karena menyimpan rahasia sangat tidak nyaman karena menjadi beban berat bagi kehidupan kita dan membuat pikiran kita semakin berat. jadi dalam hidup kita tidak perlu menyimpan rahasia .

    Reply

  2. Sakramen Rekonsiliasi memang butuh keberanian untuk melakukannya, karena kita harus membongkar atau membeberkan dosa dosa kita dari yang kecil hingga besar, dan dari yang ringan hingga yang berat. Karena kita sebagai umat beriman percaya, pastor yang dalam hal ini adalah in persona christi atau sebagai pribadi Kristus mempunyai kuasa unutk menghapuskan dosa dosa kita sepenuhnya.

    Reply

  3. Sebuah rahasia merupakan penting untuk dijaga kerahasiaannya. Baik itu dalam perusahan, individu atau lainnya. Namun segala kerahasian tidak dapat ditutupi dihadapan Tuhan. Disaat kita memang harus membuka rahasia individu kita dihadapan Tuhan maka haruslah kita buka kerahasiaannya. Rahasia disini adalah dosa kita untuk selanjutnya diperbaharui dihadapannya. Kerahasian yang belum kita sampaikan sebaiknya segera kita sampaikan pada Tuhan. Karena terdapat proses kelegaan dan pemulihan sendiri yang diberikan kepada kita oleh Tuhan tentang rahasia tersebut. GBU

    Reply

  4. tidak ada rahasia yang dapat kita tutupi di hadapan Allah. meskipun tanpa kita bicara sekalipun

    Reply

  5. Rahasia adalah sesuatu hal yang penting untuk dijaga. apalagi jika diminta untuk menjaga rahasia tersebut agar tidak diketahui orang lain, apabila kita tidak dapat menjaga rahasia tersebut secara sengaja maka kita akan dicap sebagai orang yang tidak dapat dipercaya. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya rasa kepercayaan terhadap kita dan kita dapat dijauhi. Maka jagalah rahasia sebaik baiknya karena itu adalah amanat dari orang lain untuk ditepati.

    Reply

  6. rahasia adalah sifat yang sangat menjadi hal yang tidak boleh diketahui oleh orang banyak, karena rahasia juga terdapat dalam diri kita,
    Tuhan menciptakan pastor agar kita dapat pengakuan dosa, agar kita bisa bertobat dalam hidup, dan juga menhapus dosa-dosa kita agar tenang dalam hidup kita.

    Reply

  7. kepercayaan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran Karena keyakinan merupakan suatu sikap dengan adanya kepercayaan akan Tuhan maka kita mendapatkan spritualitas yang baik secara pribadi.

    Reply

  8. Menurut saya rahasia itu bukanlah sebuah kebohongan yg ditutupi tetapi hak setiap orang untuk memilikinya. Bahkan pasangan suami istripun tetap memiliki privasi masing2.

    Reply

  9. Rahasia adalah hal penting yang tidak dapat seenaknya dibocorkan ke orang lain, maka rahasia benar-benar harus dijaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Lain halnya dengan pengakuan dosa agama katolik yang harus mengungkapkannya untuk mendapat pertobatan.

    Reply

  10. rahasia , merupaka sesuatu yang harus dijunjung tiggi karena menjadikan diri kita menjadi kokoh , bukan kita saja yang mempunyai rahasia, sebuah perusahaan pastinya mempunyai rahasi yang sangat penting untuk mempertahankan perusahaannya dan tidak boleh terbocorkan kepada perusahaan lain , karena sekali saja rahasia perusahaan terbocorkan kepada orang lain maka perusahaan kita pastiunya akan mengalami kebangkrutan dan perusahaan lain akan meniru semua apa saja yang membuat perusahaan itu sukses, maka dari itu pentingnya perusahaan menyimpan perusahaan tidak boleh sampai rahasianya terbocorkan kepada yang lain karena dampaknya akan sangat berbahaya.

    Reply

  11. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 8:17 am

    rahasia adalah suatu hal yang pribadi yang tidak boleh ada orang lain yang mengetahuinya….

    Reply

  12. bagaimana ya agar kita bisa menjaga rahasia itu dengan baik.. seperti yang kita ketahui bahwa manusia tidak luput dari hilaf.. pasti mereka juga pernah dengan cara tidak sengaja membocorkan rahasial orang lain..

    Reply

  13. Posted by Alfaty Rachmania on May 26, 2013 at 5:15 am

    Setiap orang atau perusahaan bahkan negara memiliki rahasia tersendiri, demi untuk kebaikan bukan sebaliknya

    Reply

  14. sehabis membaca artikel ini sayang paham mana yang menjadi rahasia yang boleh diceritakan kepada beberapa orang saja dan rahasia yang sangat prioritas tidak boleh di ceritakan kepada siapapun dan hanya kita yang tau rahasia itu

    Reply

  15. Benar bahwa setiap manusia mempunyai rahasia yang tidak mungkin diungkapkan oleh sekitarnya. Contoh nyata adalah dosa individu itu sendiri. Setiap individu pasti mempunyai dosa yang tidak mungkin diungkapkan kepada sekitarnya. Dari artikel ini kita diingatkan agar semakin menghargai kekuatan dari sakramen tobat yang membuat rahasia itu menjadi hal yang baik dan bukan sebagai hal yang ditutup-tutupi.

    Reply

  16. berbicara mengenai rahasia, juga berbicara mengenai hak seseorang yang menyimpan perkaranya untuk tidak diketahui orang, mungkin juga bisa diketahui orang..tapi orang yang dipercayainya..
    Kadang memang tidak mengenakan, bila kita dikhianati orang yang mengetahui rahasia kita..tapi membeberkannya..

    itu hubungan antar manusia…
    dengan Tuhan pun tidak ada rahasia, karena Ia maha Tahu..tapi kita sebagai umatNya juga harus mengaku dosa kita dan memohon ampun..
    pertobatan itu, bahasa aslinya “metanoette” pembaharuan…artinya ada perubahan yang menanggalkan kesalahan yang dipertobatkan,,,
    bertobat itu menjadi kunci kehidupan iman yang sukses..
    bagi kita hanya ada dosa, tidak ada bakti apa-apa yang bisa dibanggakan kepadaNya..maka baiklah bersandar pada bakti Yesus dikayu salib dan menghasilkan buah yang sesuai dengan pertobatan itu.🙂

    Amin…🙂

    Reply

  17. Rahasia adalah hal pribadi yang kita “Tutupi” agar tidak sampai ada seorangpun yang mengetahuinya. Tetapi terkadang keterbukaan adalah awal dari pemulihan hidup, terbuka membuat hidup kita merasa lebih “Lega” dan tenang.

    Reply

  18. Posted by ANDRI / 02PNM / 1601232576 on June 14, 2013 at 3:21 pm

    satu rahasia bisa membuat orang tersiksa batinnya karena dalam dunia ini menyimpan sebuah rahasia bukanlah sesuatu hal yang sangat mudah bagi setiap orang, jika kita menyimpan sebuah rrahasia maka suatu saat rahasia yang kita simpan selama ini pasti akan terbongkar,..jika terbongkar akan membawa malu yang lebih besar lagi daripada kita tidak menyimpan rahasia itu

    Reply

  19. saya sangat setuju dengan artikel diatas,pada diri kita ada rahasia sendiri yang kita ketahui masing” itu bisa bersifat rahasia pribadi ,rahasia keluarga dan lain”.naa di dunia ini kita kan tidak tau apa akan yang terjadi itu semua tertuju pada Tuhan kita ,karena dia mempunyai rahasia besar bagi kita semua dan kita semua harus sabar apa yang diberikan Tuhan kepada kita semua.

    Reply

  20. Posted by cindy on June 15, 2013 at 8:11 am

    Rahasia adalah hal penting yang tidak dapat seenaknya dibocorkan ke orang lain, maka rahasia benar-benar harus dijaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

    Reply

  21. Posted by khairani bianda on June 15, 2013 at 5:18 pm

    rahasia bukanlah kebohongan namun itu hanya menjadikan privasi dari masing-masing orang dan tentunya privasi orang. namun tuhan tahu segalanya walaupun kita merahasiakannya, karena tuhan maha tahu segalanya

    Reply

  22. Rahasia merupakan suatu hal yang dimiliki oleh setiap orang. rahasia alangkah baiknya tidak diketahui orang karena itu bersifat pribadi. apabila diketahui orang lain kita akan menjadi malu atau harga diri kita menjadi taruhannya. lebih baik kalau mengetahui rahasia orang lain kita tetap diam dan tidak membocorkannya.

    Reply

  23. Segala rahasia yang kita miliki dan kita berusaha menutupinya akan terbuka juga dan di ketahui oleh orang lain walaupun kita sudah berusaha menutupinya dengan sebaik-baiknya. namun, dalam hadapan Tuhan, kita tidak akan pernah bisa untuk menutupi segala sesuatu, karena Ialah Sang Pencipta.
    04PIF_Lydia

    Reply

  24. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 2:05 pm

    rahasia merupakan sesuatu yang tidak ingin diketahui orang-orang. Tentunya jika karyawan diberi kepercayaan untuk suatu rahasia perusahaan , ia harus menjaga rahasia tersebut sampai waktunya telah tiba(bukan meninggal nih :p). Menjaga rahasia juga sebenarnya pelatihan diri apakah kita dapat menahan diri dari godaan

    Reply

  25. Posted by yugi p10 ubm on June 21, 2013 at 12:12 pm

    Rahasia = bom , karna sewaktu” bisa ketahuan , dn sprti bom yg mldak jika ketahuan , jdi lbh baik , jngn mnympn , lbh baik jjur

    Reply

  26. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 7:17 am

    Setiap orang pasti memiliki rahasia, namun sekeras apapun kita berusaha menyembunyikannya, tetap kita tidak bisa menyembunyikannya dari hadapan Tuhan karena Ia Maha Tahu sehingga percuma untuk menyembunyikannya.

    Reply

  27. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 7:51 am

    Setiap manusia pasti memiliki rahasianya masing – masing, tetapi jika rahasia itu merupakan rahasia yang negatif, maka rahasia itu sendiri semakin lama akan semakin membebani pikiran kita. Jika rahasia itu merupakan rahasia yang negatif, maka ungkapkanlah rahasia tersebut kepada orang tua atau sahabat sehingga bisa ditemukan solusinya.

    Reply

  28. Sebuah rahasia merupakan penting untuk dijaga kerahasiaannya. Baik itu dalam perusahan, individu atau lainnya. Namun segala kerahasian tidak dapat ditutupi dihadapan Tuhan. Disaat kita memang harus membuka rahasia individu kita dihadapan Tuhan maka haruslah kita buka kerahasiaannya
    Joel Timothy/01PA2/1701290141

    Reply

  29. Rahasia adalah sesuatu hal yang penting untuk dijaga. apabila kita tidak dapat menjaga rahasia tersebut secara sengaja maka kita akan dicap sebagai orang yang tidak dapat dipercaya. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya rasa kepercayaan terhadap kita dan kita dapat dijauhi. Oleh karena itu kita harus berhati-hati danmenjaga sikap dalam berbicara,agar kita tidak mudah membuka rahasia seseorang yang dapat menyinggung/menyakiti orang tersebut.

    Reply

  30. rahasia adalah jawaban untuk masa lalu seseorang, masa sekarang dan masa depan. hanya diri sendirilah yang mengetahui rahasia tersebut, dan juga hanya diri sendirilah yang memiliki hak untuk membagikan atau menceritakan rahasia tersebut kepada orang lain ataupun menyimpan nya sendiri secara pribadi.

    Reply

  31. Sesuatu harus dirahasiakan dengan bijaksana dengan tujuan yang baik, tetapi tidak untuk tujuan yang tidak baik karena hanya akan menimbulkan masalah berkepanjangan apabila rahasia itu terungkap.

    Reply

  32. Setiap orang berhak memiliki rahasia. Setiap orang juga berhak memiliki perasaan ingin tau rahasia orang lain. Namun sebaiknya sebagai mana mestinya, kita harus bisa menghargai rahasia orang lain. Tidak perlu dicari cara untuk membongkar rahasia orang lain. Cukup yang punya rahasia dan Tuhan yang tahu.

    Reply

  33. Posted by Defreia on December 5, 2013 at 4:20 pm

    Rahasia adalah privacy, seseorang tidak mungkin memberitahu rahasia dirinya kepada orang lain tanpa adanya rasa percaya yang besar kepada orang tersebut.

    Reply

  34. rahasia adalah hal yang biasa pada kehidupan, setiap manusia pasti mempunyai suatu rahasia.
    dan ada beberapa orang yang merasa nyaman dengan menceritakan rahasia mereka kepada temannya, dan ada juga yang hanya menyembunyikannya.
    rahasia juga bisa menjadi kunci kesuksesan.

    Reply

  35. Posted by Henricko Randy Setiawan on January 16, 2014 at 7:25 am

    Semua orang pasti mempunyai rahasianya masing – masing. Kita pasti tidak akan memberitahukan rahasia tersebut kecuali kepada orang yang sangat dekat dengan kita ataupun orang tua.

    Reply

  36. “Jika kita menjaga aib orang lain makan Tuhan akan menjaga aib kita” oleh karena itu ada rahasia yang harus diungkapkan dan juga tidak karena jikalau kita terlalu bersifat terbuka maka kita akan mudah dibodohi dan juga kita jangan menjadi pembuka rahasia orang karena selain dosa kita juga akan banyak tidak disenangi , hanya kepada Tuhan lah tempat berserah sebaik – baiknya.

    Reply

  37. FATHUBILLAH 1701360601
    Mengapa setiap hal mempunyai rahasianya masing-masing?
    di ibaratkan saja kalau kita sedang ujian, kalau tidak ada rahasia diantara peserta ujian, maka arti ujian tersebut tidak akan terlaksana. hasil yang didapat siswa yang belajar akan sama dengan siswa yang tidak belajar. Jadi rahasia itu penting untuk menjaga terjadinya komunikasi terus menerus antar manusia dan juga agar manusia bisa mengembangkan kemampuan nya tanpa takut ditiru oleh orang lain

    Reply

  38. 1601252760 – Faris Shulhan

    Menurut saya rahasia sangat penting kita simpan jikalau memang itu privasi milik kita . Terkadang rahasia dapat terumbar karena ilah teman/sahabat , oleh karena itu dibutuhkan org yg sangat terpercaya untuk menyimpan rahasia kita . Bicarakan rahasia kepada tuhan . Allah akan selalu mendengar apa yang kita inginkan🙂

    Reply

  39. Posted by 04PAW_Putri Shinta H on March 24, 2014 at 1:37 pm

    Rahasia adalah sesuatu yang bersifat privasi. Semua orang pasti mempunyai rahasia. Sahabat biasanya menjadi orang terpercaya kita dalam memberitahu rahasia kita. Rahasia tidak bisa sembarangan diceritakan kepada orang lain. Apalagi orang yang belum pernah bertatap muka. Karena tentu saja ada orang lain yang memanfaatkan dari rahasia tersebut. Maka dengan itu kita harus menjaga rahasia tersebut dengan baik, dengan kejujuran.

    Reply

  40. Posted by Ryo Hadinata on March 24, 2014 at 4:15 pm

    Rahasia = milik semua org yg ada, karena setiap orang pasti memiliki privasi dalam kehidupannya masing-masing yg tidak ingin diketahui orang lain

    Reply

  41. rahasia memang harus dijaga, karena hal tersebut menurut saya merupakan amanat yang tidak boleh dibocorkan kepada yang tidak berwenang. rahasia merupakan privasi dan bukan untuk ruang publik sehingga menurut saya sewajarnya setiap orang memilikinya dan kita tidak perlu mencari tahu rahasia orang lain

    Reply

  42. Posted by Juliastina_04PKF on March 26, 2014 at 11:40 am

    Menurut saya setiap manusia itu mempunyai rahasia nya sendiri. Sering kali kepenasaran orang-orang membuat kita harus mengungkapkan rahasia kita. Hal ini tergantung kepada diri kita sendiri, seberapa kuat kita mempertahankan sebuah rahasia agar tidak diketahui orang lain. Dan jika ketika rahasia tersebut bukan milik kita saja melainkan rahasia bersama, maka sering kali harus ditekan kan untuk menjaga kerahasiaan nya, dan akan diberi sanksi jika mengungkapkan nya.

    Reply

  43. Posted by 04PKF_Bayu Prabowo_1601267232 on March 26, 2014 at 1:38 pm

    Rahasia sangatlah penting dan juga sangat di jaga. Rahasia hanya diri sendiri lah yang mengetahui semua. Apabila rahasia itu merupakan rahasia yang negatif, maka ungkapkanlah rahasia tersebut kepada orang tua atau sahabat sehingga bisa ditemukan solusinya atau jalan keluarnya.

    Reply

  44. Posted by Imam Ferdiyansyah on March 26, 2014 at 4:26 pm

    Rahasia adalah suatu hal yang menjadi milik pribadi/banyak orang yang tidak boleh dengan mudah diumbar kepada orang lain guna menjaga identitas diri tersebut. Dengan adanya rahasia, akan ada juga orang yang ingin membuka atau mengetahui rahasia tersebut mau secara sengaja maupun tidak sengaja. Kuncinya adalah kepercayaan, dengan saling percaya kepada orang yang diberikan rahasia tersebut berarti rahasia tersebut sudah dinilai aman. Tetapi janganlah terlalu percaya karena terkadang oranag yang dipercaya malah yang berkhianat.

    Reply

  45. Posted by qurota aini on March 26, 2014 at 5:47 pm

    perkara tersembunyi yang terjadi di antara diri kita dan orang lain. Menjaga rahasia adalah dengan tidak menyebarkannya atau bahkan sekedar menampakkannya. Menjaga rahasia hukum asalnya adalah wajib karena rahasia termasuk janji yang harus ditunaikan.

    Reply

  46. setiap hal memiliki rahasia tersendiri karena memang rahasia itu merupakan ciri yang hanya bisa dikenali oleh pihak-pihak yang mengetahui rahasia itu. dimana rahasia ini merupakan jati diri seseorang untuk berkarya. merupakan pegangan yang dimaksudkan untuk menjaga hal-hal yang tidak ingin diketahui oleh pihak-pihak lain.

    Reply

  47. Posted by Agung Nugroho on March 27, 2014 at 12:41 pm

    setiap orang mempunyai hak untuk mempunyai rahasia karena setiap manusia pasti mempunyai privasi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: