Terima Kasih (2)

Mengucapkan terima kasih kepada orang yang menerima adalah lebih agung daripada mengucapkan terima kasih kepada orang yang memberi kepada kita
(Adh)

ThankYouLanguage-main_FullKita itu wajib mengucapkan terima kasih kepada siapa saja yang mau menerima pemberian kita. Sebab, jikalau ada yang mau menerima pemberian itu sama artinya dengan Tuhan telah memberkati kita. Demikian juga termasuk kalau kita memberi kepada orang yang paling hina dan miskin sekalipun kita harus berterima kasih kepadanya. Demikianlah kita akan di berkati dan sempurnalah segala pengharapan kita.
Berterima kasih kepada orang yang memberi sesuatu kepada kita adalah hal yang biasa, tetapi harus berterima kasih kepada orang yang menerima pemberian kita adalah hal yang luar biasa dan aneh, namun kalau kita mengerti arti cinta maka hal ini akan menjadi suatu keindahan hidup yang luar biasa.
Bayangkan anda memberi uang kecil kepada seorang pengemis dan anda ucapkan terima kasih kalau perlu dengan sapaan dan senyuman. Apa yang terjadi? Kemungkinan sang pengemis akan bengong atau tersipu malu atau heran menatap anda, tapi yang pasti saat itu pula anda berada dalam suka cita besar dan penuh dengan kuasa Roh Kudus.
Suatu hari saya dan beberapa kawan berbincang-bincang diantaranya ada pendeta, ada hwesio/biksu, dan kawan-kawan dari gerejaku. Saya mengajukan pertanyaan, jika kita punya panti asuhan anak yatim piatu, mana yang kita harapkan, apakah kita berterima kasih kepada anak-anak panti atau mengharap anak-anak tersebut berterima kasih kepada kita. Mereka agak bingung dengan pertanyaan saya, tetapi saya sampaikan bahwa setiap kepercayaan mengajarkan cara berterima kasih kepada orang yang memberi, tetapi kalau seperti contoh panti asuhan tersebut tadi, di mana kita terus menerus jika berterima kasih kepada anak-anak panti maka kita telah mengajarkan anak-anak ini dengan cinta yang sempurna, kelak anak-anak ini akan tumbuh menjadi orang besar.
Teman-teman saya bertanya teori mana yang mengajarkan? Saya sampaikan bahwa kita hidup selalu bersekutu dan saling mencintai. Kalau kita memberi cinta kepada keluarga dan kita berterima kasihlah kepada orang yang kita cintai. Hal ini indah sekali. Misalnya anda mencintai istri anda maka berterima kasihlah kepada istri anda karena dia mau menerima cinta anda. Di sana cinta itu akan sempurna karena tidak mengharapkan balasan terima kasih. Sebaliknya cinta kasih akan semakin dalam pengertiannya.
Teman-teman saya bilang bahwa benar sekali dan mengajak semua sahabat yang melayani dan bekerja di ladang Tuhan agar terus menerus berterima kasih kepada siapa saja yang kita layani, termasuk untuk para sahabat yang kurang beruntung.
Prinsip dasar cinta kasih memang demikian adanya. Seorang ibu mendidik anaknya menjadi besar dia harus berterima kasih kepada anaknya karena sumber kebahagiaannya besar, Sirnalah segala kekecewaan yang ada.
Sering kita memberi sesuatu kepada seseorang, lalu dalam hati kita memaki : : “Orang itu tidak tahu terima kasih!” Atau kita lebih jelek lagi kalau kita mengharap orang yang kita beri menyembah kita seperti raja dengan ucapan terima kasih. Tetapi, jika hal yang anda harapkan tidak terjadi, maka anda akan membenci orang itu, memakinya, kecewa, dan dendam. Sekali ini saja ya, lain kali sorry ajah. Nah di mana cinta? Tetapi jika anda berterima kasih kepada seseorang yang menerima pemberiaan anda, maka apapun reaksinya anda akan penuh suka cita, seperti hal Kasih Tuhan kepada kita tidak pernah mengharap balasan apapun,
Terima kasih buat semua sahabat, yang membaca tulisan ini dan maaf kalau ditulis ulang karena beberapa teman ingin membacanya. Terima kasih, terima kasih dan terima kasih. Tuhan memberkati Salam dan doa.

43 responses to this post.

  1. dalam kehidupan kata “Terima kasih” itu sangat penting, terkadang orang menganggap itu hal yang sepeleh. sebagai contoh seorang pengemis menemukan dompet dan mengembalikan kepada kita, kita refleks untuk berterima kasih. pengemis itu pasti merasa senang karena ternyata walaupun dia seorang pengemis tetapi orang yg ia tolong tersebut mau mengucapkan terima kasih kepadanya. karena sering kita temui orang yang sudah di bantu enggan meminta terima kasih karena menurutnya itu hal yang tidak perlu untuk di katakan. sekian dan terima kasih

    Reply

  2. Posted by Nindy on May 22, 2013 at 11:36 am

    Saat tangan kanan memberi janganlah sampai diketahui oleh tangan kiri. Bantulah dan berilah dengan hati yang seikhlasnya. Dan ucapkan terimakasih, tanpa berharap ucapan terimakasih.

    Reply

  3. menurut saya jaman sekarang sudah banyak orang yang jarang mengucapkan kata ” Terima Kasih ” maka dari itu, kita harus sering mengucapkan kembali kata ” terima kasih ” dalam hal pemberian dari seseorang

    Reply

  4. Terima kasih adalah suatu ucapan yang kita ucapkan ketika kita mendapatkan bantuan dari orang lain. setiap kali kita di bantu atau melakukan sesuatu kita harus mengatakan terima kasih karena dengan terima kasih kita bisa menambah moral yang ada dan solidaritas yang ada

    Reply

  5. Mengucapkan terima kasih kepada orang yang menerima pemberian kita, tema yang sangat menarik untuk disoroti. Ucapan terima kasih dari seseorang yang memberikan sesuatu, merupakan gambaran sebuah pemberian tulus. Memberikan dengan hati penuh sukacita dan tak mengharapkan pamrih. Dari cara itu mungkin kita belajar melatih kepekaan hati untuk meberikan dengan memprerhatikan hal kecil yang sangat berpengaruh yaitu mengucapkan terima kasih. Hal yang menciptakan kelegaan tersendiri dan membuat pemberian kita lebih bermakna. kiranya sharing saya berguna. GBU

    Reply

  6. Saya mengambil satu pelajaran dari tulisan ini. Seperti halnya kita menyatakan cinta pada seseorang, lalu orang tersebut menerima cinta kita, kita pasti akan bersyukur dan berterima kasih kepada orang yang menerima cinta kita itu. Mengapa? Karena ungkapan cinta yang kita berikan kepada dia memang tulus dari hati dan menyadari bahwa kita membutuhkannya. Begitupun jika kita memberikan sesuatu kepada orang lain dalam bentuk apapun dan orang lain tersebut menerima pemberian kita, lalu kita berucap terimakasih, itu menunjukan bahwa kita memang tulus memberi dan butuh untuk memberi. Terimakasih.

    Reply

  7. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 7:38 am

    terimakasih adalah suatu ucapan yang wajib kita ucapkan ketika ada seseorang yang telah melakukan suatu hal untuk kita, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyampaikan rasa terimakasih.

    Reply

  8. seseorang yang mendengarkan kata terima kasih pasti akan sangat senang karena semua perbuatan kita kepada orang tersebut dihargai. bayangkan saja jika kita minta tolong kepada orang lain dan orang tersebut sudah melakukan apa yang kita perintahkan dan kita tidak mengatakan terima kasih kepada orang tersebut pastinya orang tersebut akan menjadi kesal kepada kita dan tidak akan membantu kita lagi karena perlakuan orang tersebut tidak kita hargai, hanya dengan sebuah kata TERIMA KASIH saja akan mengubah pandangan orang terhadap kita, apakah kita mempunyai tata krama yang baik atau buruk.

    Reply

  9. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 8:18 am

    dalam setiap bantuan dari orang lain, harus adanya rasa terima kasih kepada orang.. karena sebagai balesan kebaikannya terhadap kita…

    Reply

  10. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 8:45 am

    terimakasih adalah suatu ucapan yang wajib kita ucapkan ketika ada seseorang yang telah melakukan suatu hal untuk kita, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyampaikan rasa terimakasih

    Reply

  11. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 4:38 pm

    terimakasih ini mempunyai suatu arti yang mendalam bagi seseorang untuk mengungkapkan nya dan juga mempunyai arti kesenangan sndiri , contoh dari kesenangan ini sndiri ” seseorang berterima kasih kpd orang yang mengembalikan dompet yang tertinggal di taxi , dan supir taxi itu pun lgsg berhenti dan mengembalikan kpd pemilik nya , sang pemilik dompet itu bertimakasih kpd supir taxi dan memberi imbalan”

    Reply

  12. sungguh pemikiran yang hebat… jarang ada orang yg mau mengucapkan terima kasih saat memberikan bantuan.. malah kebanyakan dr mereka, hanya mengharapkan suatu pujian dari org yg telah dia tolong..

    Reply

  13. Posted by Alfaty Rachmania on May 26, 2013 at 5:16 am

    Mengucapkan terima kasih kepada orang yang menerima adalah lebih agung daripada mengucapkan terima kasih kepada orang yang memberi kepada kita

    Reply

  14. Mengucapkan terima kasih dahulu
    adalah awal yang baik ..
    dengan kita mengucapkan terima kasih ,
    berarty kita sudah menjadi orang yang selalu bersyukur dalam hidup .
    tidak selalu menguluh dan bilang kurang
    namun selalu bilang cukup , dan terima kasih🙂

    Reply

  15. Posted by priscilamarcelina on May 26, 2013 at 3:32 pm

    Saya sangat setuju, karena dimana kita mampu berterimakasih, kita menunjukkan bahwa kita mengasihi dan bersyukur atas segala hal yang terjadi di kehidupan kita.

    Reply

  16. “Terima kasih” kata yang sederhana tapi dapat menghasilkan perasaan sukacita. Mungkin dari kecil kita diajarkan untuk mengucapkannya ketika kita diberi sesuatu, kini kita telah dewasa dan mengerti bahwa memberi lebih baik daripada menerima, mulailah untuk berbagi.

    Reply

  17. Posted by ANDRI / 02PNM / 1601232576 on June 14, 2013 at 3:30 pm

    ketika kita melakukan sesuatu kita harusnya mengucapkan terimakasih, namun untuk ukuran oran gindonesia saat ini susah sekali untuk mengucapkan terimakasih walupun untuk hal yang sangat kecil.. sebagai orang timur kita harusnya lebih tau sopan santun untuk berteimakasih dalam keadaan apapun..

    Reply

  18. Saya sangat setuju dengan artikel diatas,kita harus mengucapkan terima kasih dengan tulus pada diri kita karena Tuhan memberikan kehidupan kepada kita ,dan kita harus menjalankan hidup yang diberikan Tuhan kepada kita semua maka dari itu kita tidak boleh menyia-nyiakannya kesempatan yang telah diberikan mesti bersyukur atas segala diberikan.

    Reply

  19. Posted by cindy on June 15, 2013 at 8:13 am

    Saya sangat setuju, karena dimana kita mampu berterimakasih, kita menunjukkan bahwa kita mengasihi dan bersyukur atas segala hal yang terjadi di kehidupan kita.

    Reply

  20. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 2:20 pm

    Terima kasih dapat memberikan perasaan yang baik kepada orang yang kita ucapkan.. Karena dengan mengucapkan terima kasih kepada mereka, mereka akan merasa dihargai..

    Reply

  21. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 4:20 pm

    Terimakasih merupakan suatu kata yang sederhana namun dapat membuat orang senang dan merasa dihargai,menurut saya kita harus sering menggunakan kata terimakasih ini karena dengan mengucapkan terimakasih kepada orang lain yang membantu kita atau menolong kita maka kita telah menghargai perbuatannya dan menyenangkan perasaannya.

    Reply

  22. Posted by khairani bianda on June 15, 2013 at 5:20 pm

    ucapaan terima kasih sudah sangat jarang kita dengarkan, namun ucapan yg hanya 2 kata ini sangat bermakna dan memberi kepuasaan sendiri bagi orang yang di terima kasihkan. maka berterima kasilah jika kita mendapatkan bantuan atau apapun itu. agar menghargai org lain juga

    Reply

  23. Terima kasih ialah kalimat yang simple dan mempunyai banyak arti. saat kita mengucapkan terima kash dengan penuh rasa terima kasih, sang penerima pun juga akan menerima dan merasa di hargai.
    04PIF Lydia

    Reply

  24. Posted by yugi p10 ubm on June 21, 2013 at 12:18 pm

    Mengucapkan terima kasih tidak akan membuat kita rugi , karena mengucapkan kata terima kasih kepada orang-orang yang mengasihi kita akan membuat kita merasa bahagia .

    Reply

  25. Kata terimakasih menurut saya merupakan hal yang penting, sesuatu yang kecil jika diungkapkan dengan perasaan tulus dan ucapan terimakasih yang tulus maka akan menjadi suatu perpaduan yang baik. Kata terimakasih merupakan 1 kata saja, tetapi artinya dapat ribuan makna. Maka dari itu kita harus selalu mengucapkan syukur apalagi kepada Tuhan YME.

    Reply

  26. Terima kasih memang merupakan kata yang indah. Kata terima kasih dapat membuat orang yang membantu kita melewati harinya lebih baik, meskipun yang ia lakukan adalah pekerjaannya seperti tukang parkir yang menjaga agar kendaraan kita tidak curi.
    Dalam buku “The Hidden Messages in Water” oleh Masaru Emoto juga disebutkan bahwa kata ‘terima kasih’ dapat menghasilkan kristal air yang bentuknya indah.

    Reply

  27. terimakasih adalah suatu ucapan yang wajib kita ucapkan ketika ada seseorang yang telah melakukan suatu hal untuk kita, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyampaikan rasa terimakasih
    joel timothy/01pa2/1701290141

    Reply

  28. kata terima kasih memang hal yang sepele tapi jarang diucapkan karena memang kita tidak meminta seseorang itu melakukan sesuatu. tetapi sebuah ucapan terima kasih tersebut dapan membahagiakan dan memberi semangat kepada orang yang melakukan dan juga sama sekali tidak merugikan kita. jadi knapa tidak banyak banyak berterima kasih ?😀

    Reply

  29. terima kasih adalah salah satu cara kita untuk mengungkapkan rasa bersyukur terhadap suatu hal, dan kata inilah yang diciptakan suatu bangsa yang berbudaya tinggi.

    Reply

  30. Terima kasih adalah kata sederhana yang dapat memberikan kebahagiaan.

    Reply

  31. “Terima kasih” ialah kata sederhana rasa penghargaan kita atas tindakan atau bantuan orang lain. Kata tersebut mampu menciptakan energi positif dikala kita sedang berseteru dengan seseorang, tetapi tiba-tiba orang itu malah berterima kasih dan meminta maaf pada kita. Terima kasih seharusnya berjalan otomatis dan tidak dipaksakan (keluar dari hati yang tulus).

    Reply

  32. Terima kasih merupakan kata-kata sederhana yang keluar saat kita diberi sesuatu / ditolong.. Namun setelah saya baca artikel ini, ternyata “Mengucapkan terima kasih kepada orang yang menerima adalah lebih agung daripada mengucapkan terima kasih kepada orang yang memberi kepada kita” memang benar.. Pada kenyataan, banyak orang yang lupa mengucapkan terima kasih saat dibantu / ditolong / diberi sesuatu… Apakah hari ini anda sudah berterima kasih karena masih diberikan nafas oleh Allah sang pencipta??

    Reply

  33. Menghormati maka kalian akan dihormati , walau hanya sebuah kata “Terima kasih” tapi itu sangat berarti dan bisa dibilang tahu sopan santun karena kita sudah dibantu dalam suatu hal , itulah hal yang patut dibudayakan kembali pada negara ini.

    Reply

  34. FATHUBILLAH 1701360601
    “Terima Kasih” kata yang sangat mudah untuk diucapkan, bermakna banyak, tetapi sering diabaikan?

    Reply

  35. Posted by 04PHO//BELLIA PUTERI NOVIANTY//1601272466 on March 23, 2014 at 4:12 am

    Terimakasih adalah istimewa. Pada dasarnya setiap manusia ingin dihargai. Dihargai kehadirannya, statusnya, kelebihan dan kekurangannya, apatah lagi dihargai atas kebaikan dan jerih payahnya. Ingin dihargai bukanlah hal yang keliru. Lebih mulia lagi apabila setiap kita selalu memiliki energi untuk menghargai orang lain. Siapapun orang yang selalu meraih penghargaan adalah istimewa. Namun setiap orang adalah istimewa, yaitu mereka yang selalu menyimpan kemurahan hati dan tidak pernah kehabisan energi untuk selalu menghargai orang lain.

    Reply

  36. Posted by 04PAW_Putri Shinta H on March 24, 2014 at 1:58 pm

    Bersyukur berarti mengucapkan terima kasih, memperhatikan keceriaan-keceriaan kecil, dan mengakui segala sesuatu yang kita terima. Ucapan terima kasih adalah hal sederhana yang menimbulkan rasa senang atau pun bahagia. Namun jarang orang mau mengatakannya. Padahal terima kasih bukanlah kalimat yang sulit atau rumit untuk diucapkan. Setiap ucapan terima kasih yang kita keluarkan kita memberikan kehangatan, penghargaan yang dibutuhkan banyak orang. Dengan ucapan terima kasih pun dapat membuat seseorang selalu berpikir positif tentang kita.

    Reply

  37. Terimakasih adalah suatu kata yang singkat dan simpel tetapi banyak orang yang susah mengeluarkan katakata itu dari mulutnya.
    padahal Ucapan terima kasih itu sangatlah memiliki makna yang penting.dengan mengucapkan kata itu berarti kita sudah menghargai,santun dan hormat kepada orang lain yang telah membantu kita.
    Sebagai orang indonesia kita harus membiasakan diri mengucapakan terima kasih karena negara kita terkenal dengan negara yang memiliki penduduk ramah dan memiliki sopan santun.

    Reply

  38. Posted by Angela Audrey on March 26, 2014 at 4:03 pm

    Thank you is the hardest word to be said but the best to be heard.

    Reply

  39. Posted by Priska Lucyana Tendean on March 26, 2014 at 4:45 pm

    Mengucapkan terima kasih pada saat kita menerima sesuatud ari orang lain sudah menjadi adat di berbagai negara manapun. Namun biarlah dibalik ucapan itu tersimpan rasa kesungguhan karena mensyukuri pemberian orang lain, bukan mengandung kepalsuan. Mengucap syukur dan terima kasih juga harus selalu kita panjatkan kepada Tuhan yang selalu memelihara kita. Ingat, jangan dengan kepalsuan namun tulus hati.

    Reply

  40. Posted by qurota aini on March 26, 2014 at 5:52 pm

    Bersyukur berarti mengucapkan terima kasih,..memperhatikan keceriaan-keceriaan kecil, dan mengakui segala sesuatu yang anda terima. Hal ini berarti belajar untuk menjalani hidup seolah-olah segala sesuatu adalah keajaiban, dan menyadari secara terus menerus berapa banyak anda telah diberi

    Reply

  41. Posted by Rinaldy Zulkarnain / 04 PJT / 1601277044 on March 27, 2014 at 2:29 pm

    Terima kasih, adalah salah satu rangkaian kata yang ajaib. Dengan kalimat tersebut, dapat merubah perspektif mereka mengenai kita. Namun sayang, nampaknya budaya “Terima Kasih” sudah mulai berkurang akhir-akhir ini. Mereka lebih senang “Meminta Tolong” dibanding “Berterima Kasih”. Bukankah seringkali kita ditolong tanpa meminta? Tapi mengapa kita tidak pernah berterima kasih tanpa kita ditolong?

    Reply

  42. Posted by Andi Reva Refiana on March 27, 2014 at 4:50 pm

    Dengan kita mengucapkan Terima Kasih sama hal nya dengan kita bersyukur terhadap apa yang Tuhan beri untuk kehidupan kita.

    Reply

  43. Posted by yohanes on September 1, 2014 at 7:33 am

    Terima kasih…tulisan ini menyadarkan saya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: