Anak Domba Paskah

Di antara simbol-simbol Paskah yang populer, Anak Domba Paskah adalah yang paling utama dalam perayaan agung ini.

Anak Domba PaskahAnak Domba Paskah, yang melambangkan Kristus, dengan bendera kemenangan, dapat dilihat dalam lukisan-lukisan yang dipasang di rumah-rumah keluarga Katolik. Doa paling awal untuk pemberkatan Anak Domba ditemukan dalam buku ritual abad ketujuh Biara Benediktin di Bobbio, Italia. Dua ratus tahun kemudian Roma mempergunakannya dan sesudah itu, selama berabad-abad kemudian, menu utama santap malam Paus pada Hari Raya Paskah adalah anak domba panggang. Setelah abad kesepuluh, sebagai ganti anak domba utuh, disajikan potongan-potongan daging yang lebih kecil.
Tradisi kuno Anak Domba Paskah juga mengilhami umat Kristiani untuk menyajikan daging anak domba sebagai hidangan populer pada masa Paskah. Hingga sekarang, daging anak domba disajikan sebagai menu utama Minggu Paskah di berbagai daerah di Eropa Timur. Tetapi, seringkali bentuk-bentuk anak domba kecil terbuat dari mentega, roti atau pun gula-gula kue-kue menggantikan sajian daging anak domba dan menjadi hidangan utama jamuan Paskah.
Kemarin, saya mengunjungi Kota Surabaya, yang paling indah adalah bernostalgia. Pertemuan dengan sahabat lama dari SMA sungguh menyenangkan karena banyak kisah yang diceritakan, terutama yang penuh kenangan. Salah satu rencana adalah mengulang kenangan Paskah yang dirayakan dengan mengisi acara Reuni tahun 2009 dan rencananya mungkin akan diadakan tahun depan.
Paskah memang cocok dipakai atau diisi dengan acara silaturahmi, perjumpaan dan melepas rindu. Sebentar lagi kita akan memasuki Hari Paskah. Kalau di gereja tentu sudah siap-siap dengan acara yang padat, sedangkan kita masing dalam keluarga juga perlu dipersiapkan. Apa yang harus kita inginkan dari perayaan Paskah ini?
Saya dan keluarga akan menikmati makan Paskah bersama kakak, adik, anak, cucu, dan mantu di Surabaya minggu depan. Kesempatan ini juga akan diisi dengan mengunjungi makam orang tua kami.
Paskah memang perlu dijadikan sebagai bagian dari Keluarga. Keluarga akan menjadi kuat penuh dengan suka cita. Hidup dalam cinta bisa memanfaatkan Paskah. Persahabatan akan menjadi indah jika bisa diisi dengan sering bersilaturahmi, kesempatan saling memaafkan dan saling mendoakan.
Semoga keluarga-keluarga para sahabat bisa memanfaatkan Paskah ini sebagai kesempaatan berharga untuk saling bertemu, saling memaafkan dan berdoa bersama. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

2 responses to this post.

  1. Paskah yang diartikan Gereja Katolik sebagai peristiwa Yesus kristus yang telah melawan maut atau bangkit dari maut. kita pun seharusnya ikut bangkit, bukan dari maut melainkan dari sikap sikap negatif sehingga kita dapat menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

    Reply

  2. Seharusnya Paskah memang menjadi sarana berkumpul dengan keluarga untuk bisa saling menguatkan dan mendukung

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: