Mengaku Dosa

images (1)Tadi malam di rumahku ada Ibadat Tobat, yang dipimpin oleh Romo Yohanes Sujono MSC. Demi menyambut Paskah kita perlu membersihkan diri. Seberat apapun dosa yang kita miliki, Tuhan tidak memperhitungkannya, tetapi sekecil apapun keinginan kita untuk mau mengakui kesalahan dan dosa kita itu sudah merupakan tindakan yang luar biasa di mata Tuhan. Suatu keajaiban bila mau mendalami suatu berkat Tuhan melalui pengakuan kesalahan dan mohon ampun kepada Tuhan, sebab kita sudah melakukan 5 hal yang luar biasa :

1. Kita sudah berani berlutut mengakui kesalahan kita artinya seluruh dosa kita sudah diampuni Tuhan : Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi (lagu instrumental You Raise Mee up menuntun)
2. Begitu besar kemurahaan Tuhan (Amazing Grace mengiringi perenungan), yang selalu mengampuni kita dan menuntut kita juga untuk mengampuni orang lain. Dalam pengampunan suka cita besar dalam damai sudah menanti kita.
3. Suatu doa yang langsung dikabulkan Tuhan, yaitu penyembuhan total terhadap sakit rohani kita (diiringi lagu di Doa Ibuku Namaku Disebut )
4. Suatu terang besar sudah kita lihat karena saat kita mengaku dosa, pintu surga terbuka lebar dan seluruh Malaikat Sorgawi menyanyikan lagu menyambut jiwa kita (diiringi lagu Tuhanlah Gembalaku)
5. Ketika Dia berlutut di Taman Getzemani, Dia minta ampun kepada Tuhan, Bapa-Nya di Sorga untuk mengampuni-Nya, tapi sesungguhnya dosa kitalah yang minta diampuni, sehingga saat kita mengaku dosa, otomatis kita juga mohon ampun atas segala dosa orang yang kita cintai seperti suami, istri, anak, mantu, dan cucu. Jadi, bukan saja atas dosa kita tapi juga atas dosa mereka, sebab karena iman kita mereka juga ikut diselamatkan (lagu kami memuji kebesaran-Mu dan Terima Kasih Tuhan mengiringi )

Sepanjang perjalanan pulang dari kantor kemarin sore, saya mengalami kondisi macet dan hujan besar, tapi 90 menit saya telpon non stop berbicara dengan seorang account officer bank yang sangat mengecewakan transaksi saya. Saya tidak mendapatkan perlindungan dan pelayanan baik. Saya marah dan menganggap diri lebih menguasai permasalahan. Saya kemudian berbicara dengan salah satu VP-nya, seorang ibu perkiraan saya pasti orang sudah tua, tetapi akhirnya telepon harus saya tutup karena dia secara terbuka minta maaf dan akan membuat surat terbuka minta maaf kepada saya. Kenapa gak mau dari tadi, leher saya sakit dan suara hampir hilang.
Saya saja begitu senang mendengar kata maaf, apa lagi Bapa kita di Surga. Saya rasa akan luar biasa senangnya melihat anak-anak mau dengan suka rela mengakui kesalahan dan dosa, sebab saat itu juga Sorga dan Bumi akan bersorak sorai karena 1 orang bertobat.
Tugas kita menerpa jalan yang panjang ke depan, tetapi mari bayangkan saja bau busuk sampah dosa yang kita jinjing dan dibawa kemana-mana, sekalipun ditaburi pewangi sejuta bunga atau parfume selaksa wangi tiadalah gunanya. Mengapa tidak mau dihantar ke kaki Tuhan saat ini?
Semua sahabat, istriku, anak-anakku, dan cucu-cucuku, aku mohon maaf karena masih banyak kekuranganku seperti ketidakpedulianku dan ketidaksetiaanku, tetapi aku berjanji dengan pertolongan Roh Kudus mau menjadi baik, mau melayani dan mau menerima segala kekurangan para sabahat, kerabat dan keluarga.
Tuhan ampunilah segala dosaku, dosa seluruh sahabatku, dosa keluargaku, orang tuaku, saudara-saudaraku semua, kiranya seucap kata “MAAF” menjadi janjiku buat-Mu sekarang, selalu dan selamanya. Tuhan memberkati. Damai Paskah menyambut kita, dan selamat memasuki minggu indah bagi yang merayakannya.

19 responses to this post.

  1. kata maaf menjadi sesuatu yang sulit untuk diucapkan ketika ego dan gangsi kekuasaan merasuki jiwa

    Reply

  2. Dosa ibarat sampah yang kita selalu kita jinjing kemana mana. Apabila sampah itu tidak segera dibuang maka akan menimbulkan penyakit bagi kita sendiri ataupun bahkan mungkin bagi orang lain yang ada disekitar kita. Begitu juga dengan dosa kita, apabila kita tidak segera mengaku dosa dan mohon ampun maka dosa itu akan terus menerus menumpuk dan akan memperburuk keadaan kita. Niat yang tulus memberikan kelegaan dan sukacita. GBU

    Reply

  3. dalam dunia ini kita harus dapat mengenali kesalahan yang telah kita perbuat kepada orang lain dan kita harus berani meminta maaf atas kesalahan kita kepada mereka yang telah dirugikan akibat perlaukan kita.
    bayangkan saja bagaimana perasaan orang yang telah kita lukai dan kita tidak minta maaf kepada mereka, mereka pastinya akan menjadi sangat marah dan tidak mau berteman kepada kita lagi karena perlakuan kita yang sangat buruk.
    sama halnya yang dirasakan Tuhan karena itu banyak perbuatan kita yang sudah membuat Tuhan menjadi kecewa dan sedih akibat perlakuan kita selama di dunia ini, maka dari itu setia hari suci seperti natal dan paskah kita harus mengaku dosa kepada Tuhan dan meminta maaf kepada Tuhan agar semua kesalahan kita di maafkan dan hidup kita dapat berjalan dengan lancar tanpa beban.

    Reply

  4. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 8:23 am

    mengakui perbuatan kita yang bersalah adalah sangat baik karena itu dapat melambangkan kejujuran kita dalam hidup….

    Reply

  5. wah hebat sekali orang-orang yang mau mengakui dosa mereka terhadap orang lain.. karena.. biasanya org2 hanya mencari aman dengan menutupi dosa mereka dan mereka melakukan dosa baru seperti berbohong.. jadi saya mengancungkan jempol buat seseorang yang dapat mengakui dosa mereka..

    Reply

  6. Pertobatan adalah hal yang dibutuhkan setiap diri manusia. Manusia membutuhkan pertobatan karena dosa yang telah dibuatnya. Tetapi terkadang manusia lupa dan tidak sadar apa dosa yang telah diperbuatnya. Kiranya dengan artikel ini kita dapat bertobat dan meminta pengampunan kepada Tuhan atas penebusannya yang tidak ternilai.

    Reply

  7. pengakuan dosa kepada Tuhan ..
    kepada teman,kerabat,saudara dan terutama kepada orang tua
    adalah suatu hal yang mulia ..
    Tuhan pun akan memberikan kita jalan yang indah , apabila kita mengakui dosa dosa kita
    dan bertobat di jalan yang benar🙂

    Reply

  8. Kita sebenarnya hanya segelintir debu tanah yang tidak ada artinya…
    Manusia berdosa yang tadinya harus ke neraka…
    Tapi syukur kepadaNya, Yesus Kristuslah pendamai kita diantara kita dengan Bapa..
    kita adalah orang berdosa karena keturunan Adam,, yang telah kehilangan kemuliaan Allah sehingga terputus dengan Allah, alkitab menerangkan sejak dalam kandunganpun dikandung dalam dosa..dosa yang diturunkan Adam..
    itulah asal mengapa kita disebut orang berdosa (dosa asal)
    Ketika Adam melanggar perintah di taman eden, disitulah roh nya mati,,,Allah sudah berpesan,”Jika kamu makan buah itu, saat itu juga kamu akan mati…” mati disini adalah mati roh…(dalam arti mati fungsi)
    sebelumnya, Allah sudah menghembuskan roh pada Adam (Kej 2:7) Bahasa Indonesia menyebutkan “Adam menjadi makhluk yang hidup”..kurang tepat, bahasa asli lebih mengartikannya sebagai “Roh yang hidup” atau Living Spirit”.. Allah itu ROH (Yoh 4:24), maka manusia yang dihembusi roh itu dapat berhubungan dengan Allah yang adalah ROH. Firman ALLAH itu juga ROH (Yoh 6:63), maka bobot perintah Allah itu untuk Roh, itulah sebabNya ketika Adam pertama kali melanggar ketetapan Allah di taman eden, roh nya terputus dengan Allah..sehingga dikatakan kehilangan kemuliaan Allah (Roma6)
    itulah dosa asal yang sudah melekat kepada semua keturunan Adam, yakni kita.
    Yesus Kristus, diutus untuk menyelesaikan DOSA ASAL demikian…DOSA bawaan Adam, Dosa asal ini harus diselesaikan dengan curahan DarahNya. tidak bisa dengan cara lain,,,
    lalu bagaimana dengan Dosa perbuatan dan Dosa Sifat yang ada pada tubuh ini? Dosa ini akan selalu ada selama kita masih memiliki tubuh…
    Yesus sudah menanggung dosa asal kita dengan harus mencurahkan Darah, tapi dosa sifat dan perbuatan itu diampuni dengan WIBAWANYA..tapi bukan berarti kita boleh sengaja terus-terusan berbuat dosa sifat dan perbuatan…
    itu sama dengan menyalahgunakan kasih karunia🙂
    Bila kita membaca ke 4 kitab Injil, semua menuliskan bahwa ketika yesus bertemu seorang berdosa baik itu pelacur,orangsakit,dll, Ia selalu berkata : Tenanglah Anakku, dosamu sudah diampuni..pergilah dan jangan berbuat lagi”…
    COBALAH untuk Kritis? Perkataan Yesus ini adalah sebelum Ia disalib..lalu bagaimana Ia bisa berkata bahwa dosa sudah diampuni? Ya,dalam alkitab tersingkaplah secara jelas bagaimana dosa itu dibagi dan cara penyelesaiannya…Ya, ini menunjukan bahwa dosa-dosa perbuatan n sifat (terkait Hukum Taurat) diampuniNya dengan wibawaNya…tapi untuk dosa asal HARUS dengan mencurahkan Darah…
    maka hal kematian Yesus itu untuk membereskan status kita sebagai orang berdosa dari pada mulanya🙂

    sekarang kita sudah anak Allah, menerima kasih karunia, tapi Iblis tidak diam..terus berusaha membuat kita jatuh dalam tubuh ini..tubuh yang berbuat dan roh yang kelak menanggung..
    untuk itulah, bertobat setiap hari, mengaku dosa dihadapanNya dan bersandar pada DarahNya yang kudus, itulah iman dasar bagi orang yang percaya Yesus.
    didalam tubuh fana ini, hanya ada kecenderungan dosa. maka harus penuh Roh Kudus yang bisa menolong kita…
    Alkitab mengajar bertobat itu harus seperti berjuang melawan dosa sampai mencurahkan darah..
    Allah mengampuni pendosa, tapi Allah tidak bisa kompromi dengan dosa. bila kita bertobat, bencilah dosa itu sendiri dengan sungguh-sungguh.

    AMIN…🙂🙂

    Reply

  9. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 13, 2013 at 3:37 pm

    Pengakuan dosa adalah salah satu hal yang baik. Dengan melakukan hal seperti itu, beban di hati rasanya sedikit berkurang dan lebih lega. Tetapi, terkadang orang melakukan hal tersebut tidak sungguh-sungguh ingin bertobat. Ketahuilah bahwa sesungguhnya jika kita benar-benar ingin bertobat dan tidak kembali melakukan dosa, maka Tuhan juga akan mengampuni dosa kita.

    Reply

  10. saya sangat setuju dengan artikel diatas,pengakuan dosa kepada Tuhan, orang lain itu sangatlah bagus ,dalam dunia ini kita harus dapat mengenali kesalahan yang telah kita perbuat kepada orang lain dan kita harus berani meminta maaf atas kesalahan kita kepada mereka.
    Tuhan rela berkorban demi kita semua maka dari itu kita harus menerima maaf dari orang” yang berbuat salah kepada kita.

    Reply

  11. Posted by khairani bianda on June 15, 2013 at 5:25 pm

    mengaku dosa sama saja mengaku kesalah kita. dan itu sangat baik, bahwa artinya kita telah menyadari perbuatan kita. dan itu hal yg positif yg dapat mengembangkan kita

    Reply

  12. dalam melakukan pertobatan kita harus melakukannya benar benar dari dalam lubuk hati kita dan niat kita,kita juga harus mengakui perbuatan dosa apa saja yang telah kita lakukan. selagi kita hidup bertobatlah segera tidak ada kata terlambat untuk mengakui dosa dan melakukan pertobatan, percayalah segala bentuk pertobatan yang dilakukan seseorang akan selalu diterima oleh tuhan karena tuhan maha pengampun bagi hambanya

    Reply

  13. Posted by yugi p10 ubm on June 21, 2013 at 12:57 pm

    Mengaku dosa tidak akan merugikan , hanya saja saat kita mengaku dosa ada resiko yang harus kita tanggung karena kesalahan kita.

    Reply

  14. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 7:24 am

    Mengaku dosa berguna bagi kita namun tidak boleh dianggap remehkan, karena mungkin ada orang yang berpikiran bahwa seseorang telah melakukan banyak dosa, lalu orang itu akan berpikir nantinya,”ah saya nanti pergi ke gereja aja untuk mengaku dosa, pasti saya diampuni karena saya telah mengakui dosa – dosa saya”. Sehingga menyebabkan orang tersebut menganggap setiap ia melakukan dosa / kejahatan saya tinggal mengaku dosa saja maka saya pasti akan diampuni

    Reply

  15. Menurut saya pengakuan dosa adalah suatu tindakan yang melatih kejujuran dan dapat memberi efek jerah kepada si pembuat dosa, tetapi hanya pengakuan saja tidaklah cukup. Diperlukan juga tindakan nyata untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  16. Manusia ialah debu tanah dan bernafas karena hembusan nafas dari Tuhan, sehingga secara spiritual bisa saja Tuhan menciptakan dan melenyapkan kita sesuai keinginanNya. Apalagi sejak manusia berdosa, Tuhan tetap mengampuni manusia. Pengampunan diberikan secara cuma-cuma, tetapi dengan begitu manusia sering mencobai Tuhan untuk berbuat sesukanya. Setelah melakukannya, timbul perasaan bersalah dan akhirnya kita mengaku dosa dihadapanNya. Tuhan adalah Tuhan yang cemburu. Jika kita lebih memilih terus berdosa, sesungguhnya iblis tertawa dan menganggap kita adalah antek-anteknya. Tuhan cemburu bila kita lebih memilih melakukan dosa dibandingkan kebenaran. Oleh karena itu, ketika kita mengakui segala dosa, hendaknya tidak dilakukan lagi. Bertobatlah dan lakukanlah yang benar sesuai firmanNya.

    Reply

  17. mengaku dosa dalam hal ini kita harus mengakui sebuah kesalahan yang telah kita perbuat, entha itu kepada tuhan, keluarga , dan teman.
    mengakui sebuah kesalahan akan sulit jika taruhanya adalah harga diri. dan untuk mereka yang bisa mengakui kesalahannya dan membiarkan harga dirinya diketahui orang lain. maka dialah orang yang mempunyai harga diri lebih tinggi daripada, orang yang tidak mengakui kesalahannya.

    Reply

  18. Mengakui atas kesalahan dan dosa yang kita telah perbuat , bertaubat dan tidak melakukannya lagi , bukan hanya direnungkan dan meminta pengampunan tanpa tindakan apa – apa , oleh sebab itu renungkanlah dari dalam diri kita secara mendalam dan meminta pengampunan kepada sang Khalik.

    Reply

  19. Posted by Zunvindri on January 16, 2014 at 3:08 pm

    Masih banyak orang yang lebih memikirkan ego dan gengsi mereka sehingga membuat mereka sulit untuk mengakui kesalahan mereka.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: