Analisa

Apapun yang kita kerjakan sebaiknya diawali dengan sebuah analisa untuk mengambil keputusan.

swot_imgBuat teman-teman yang bekerja di kantor atau pernah sekolah Manajemen, analisa sudah bukan hal baru yang kita kenal paling familiar adalah SWOT : Stregth (Kekuatan), Weakness (Kelemahan) Opportunity (Kesempatan) dan Threat (Ancaman)
Dengan kita mengenal analisa tersebut, kita akan lebih mudah untuk mengambil langkah-langkah ke depannya, memang dianjurkan agar sebelum kita mengambil keputusan strategis ada baiknya kita mebuat suatu analisa. Masih banyak analisa lain yang kita kenal seperti decision tree, CPM, Matrix, dan sampai ada istilah mengambil keputusan dengan tebak kancing atau mendengar suara tokek.
Analisa menjadi bagian dari sebuah kehidupan, sampai mau ke Gereja atau Mesjid kita hitung untung rugi. Sebagai contoh :
kalau mau ke gereja cari yang dekat busway atau yang dekat-dekat saja atau yang banyak temannya atau yang membuat saya senang.

Ada kisah dari Nabi Muhamad SAW sebagai berikut :
Ada sahabat nabi, seorang cacat, kakinya pincang dan matanya rabun, tetapi tinggalnya jauh dari mesjid. Kemudian beliau minta ijin kepada nabi agar pindah lebih dekat mesjid, tapi nabi tidak mengijinkan, terus dia agak sedikit ngedumel, karena menurut analisa dia kalau deket mesjid akan praktis, mudah dan gampang, lalu dia mengadu kepada nabi tentang hal ini, tetapi nabi tetap menolak, dan bapak ini sangat penasaran bertanya lagi apa sebabnya dia tidak boleh tinggal dekat mesjid.
Lalu sabda nabi kepadanya:

Pertama, hatimu tidak memikirkan perihal surgawi, tapi mau cari gampang saja.
Kedua, rumahmu jauh dari mesjid dan engkau jalan kaki maka setiap langkah kaki kirimu itu akan menghapus dosamu, dan setiap langkah kaki kananmu akan memberi berkat.

Sungguh indah kisah ini. Memang kita selalu menghitung untung rugi dalam dunia ini, tapi lupa bahwa analisa sorgawi juga penting.

Saya punya kisah menarik di tahun 90-an. Saat anak kami yang kecil Pandu baru berusia setahun, tradisi keluarga adalah naik mobil Jakarta-Surabaya. Ketika melintas Kendal Semarang, dalam suasana hujan rintik-rintik sebuah mobil box di depan kami selip dan masuk lembah lebih kurang 10 meter jatuh ke dalam sawah dan gelap gulita. Suasana sepi sekali hanya kami dan mobil yang naas ini dan hanya kami yang menyaksikan kejadian ini.
Lalu, aku analisa untung rugi menolong orang di depanku, yang pasti aku banyak ruginya akhirnya aku dan istri putuskaan kita jalan terus saja, tetapi akhirnya kami tidak sampai hati, walaupun sangat berat kami putar kembali. Apa lagi kami bawa bayi. Aku turun ke lembah sawah. Kedalaman lumpur di atas dengkul hanya dengan cahaya lampu mobil untuk menolong orang kecelakaan yang sama sekali tidak kami kenal.
Tuhan banyak menceritakan lain dalam kehidupan kita, tetapi manusia selalu membuat analisa untung ruginya untuk kepentingan diri sendiri,
Ada kisah saya dengan bapak Prof. Dr. Djisman Simandjuntak. Beliau katakan sekolah saya mengajarkan bagaimana cari uang, tetapi pak Adharta Mengajarkan saya untuk membagi uang pada orang lain, kata beliau saat pembentukan Lions Club Prasetiya Mulya 5 tahun lalu
Memang analisa kehidupan kita diperlukan bagi suatu keputusan, namun keputusan itu ada di tangan kita dan kebijaksanaan kitalah yang diperlukan. Apapun keputusan kita tidak perlu disesali, tetapi jadikanlah berkat untuk hari depan kita. Tuhan memberkati kita semua

10 responses to this post.

  1. Analisis berguna untuk menentukan sasaran dan target yang dituju sehingga pekerjaan menjadi efektif

    Reply

  2. perusahaan yang ingin menjadi sukses pastinya harus menganalisa lingkungan sekitarnya agar perusahaan tersebut berjalan dengan lancar dan dapat mengatasi permasalahan. Dengan segala kekuatan perusahaan yang dapat mengatasi kelemahan dan dapat mengalahkan strategi perusahaan lain
    karena itu membutuhkan analisa yang sangat kuat dan akurat karena dapat menyangkut masa depan perusahaan apakah perusahaan tersebut menjadi maju atau mengalami gulung tikar.
    dengan ancaman dari perusahaan lain harus kita hadapi dengan strategi yang telah kita buat dari analisa yang telah diperhitungkan.
    maka dari itu analisa yang penting dan akurat itu sangat penting

    Reply

  3. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 8:24 am

    analisa sangat dibutuhkan dalam kita mengerjakan sesuatu… sehingga kita dapat mengetahui mana yang benar dan salah….

    Reply

  4. Biasanya pertimbangan itu adalah 2 pertentangan yang ada didalam diri dan ahirnya diri kita sendiri yang menentukan pilihan. Tapi saya percaya apapun yang saya pilih dan apapun hasilnya, semua itu telah diatur oleh yang maha kuasa. Terimakasih.

    Reply

  5. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 5:07 pm

    kita harus menganalisa keperluan kita sendiri , baik keuangan , belajar dll

    Reply

  6. Analisa adalah salah satu cara manusia untuk menentukan pilihan mereka agar mendapat yang terbaik. Tetapi analisa pun tidak selalu benar, maka dari itu kita harus percaya pada diri kita tentang pilihan hati secara bijaksana.

    Reply

  7. analisa adalah awal dalam penyelesaian masalah ..
    dengan analisa kita bisa mengambil keputusan terbaik ..
    mengetahuin pokok permasalahan🙂
    seperti langkah-langkah dalam melakukan pembuatan keputusan dalam perusahaan
    itupun dibutuhkan analisa ,
    analisa yang baik akan menghasilkan hasil yang baik🙂

    Reply

  8. Posted by Ervina on June 17, 2013 at 4:27 pm

    Analisa sangat berguna untuk menentukan strategi dan target yang akan dituju supaya pekerjaan lebih efektif. Contohnya sebuah perusahaan yang ingin menjadi sukses maka harus melakukan analisa swot. Analisa swot ini sering kali digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis

    Reply

  9. Hal pertama yang harus dianalisa ialah diri kita sendiri.. apa saja kelebihan, kekurangan dan kemampuan kita?? Begitu pula dengan menghadapi sebuah masalah..Kita harus mampu menganalisa masalah tersebut, sehingga kita dapat menentukan langkah apa yang selanjutnya kita ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut..

    Reply

  10. Analisa memang penting dilakukan sebelum memutuskan sebuah keputusan namun ada kalanya ketika kita melihat sebuah kondisi yang tidak menguntungkan tapi tidak merugikan juga, hati nurani kita berbicara untuk memilih mana yang harus dilakukan. seperti menolong orang, itu merupakan pilihan dan bisikan hati nurani kita. terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: