Listrik (2)

Siapa bisa melihat listrik, tapi semua tahu gunanya listrik (T.A. Edison)

listrikDalam pertemuan Masyarakat Listrik Indonesia di Hotel JW Mariott Surabaya, ada pertanyaan salah satu hadirin, mengapa listrik di Indonesia selalu bermasalah di semua sektor? Memang jadi buah simalakama bagi pemerintah karena masalah listrik ini. Semasa Bapak Dahlan Iskan menjadi Dirut PLN beliau sendiri berusaha untuk mengatasi permasalahan yang timbul. Paling tidak kita rasakan PLN sudah menjadi baik. Listrik adalah simbol TERANG untuk energi saat ini dan kata beliau bahwa dimana-mana terang selalu dihalangi gelap, lalu kata beliau Fiat Voluntas tua.
Perusahaan kami bergerak di bidang transportasi, khusus untuk proyek sebagian juga seperti transformer dan generator. Tahun 2004 saya sendiri menyaksikan suatu peristiwa yang sungguh-sungguh menyedihkan. Kejadiannya di Pulau Raha dan sekitarnya di Sulawesi Tenggara. Di sana ada 10 Megawatt generator dengan tenaga diesel milik General Electric yang disewakan, tapi karena masalah berkepanjangan akhirnya pemilik GE terpaksa menarik mesinnya pulang. Saat itu seluruh daerah menjadi gelap gulita, kecuali yang punya genset kecil atau lampu Petromax atau strong king.
Saat proses penandatanganan penyerahan mesin, masyarakat semua menangis, lalu datang para tetua daerah setempat dan tokoh masyarakat dan berjumpa dengan saya. Mereka mohon supaya mesin itu jangan diangkat karena ekonomi daerah akan hancur dan rakyat akan susah. Saat itu banyak usaha yang berketergantungan pada listrik akan bangkrut, tetapi inilah kenyataan yang ada. Keputusan bulat bahwa mesin harus pulang, tinggallah hanya air mata. Jadi, buat kita yang tinggal di Jakarta sungguh beruntung.
Listrik yang ada sering kita lihat hanya produk saja, tapi kalau kembali ke proses alam, listrik yang demikian gagah perkasa sebenarnya hanya terjadi karena electron. Bisa dibayangkan betapa kecilnya bagian ini namun bisa berkarya demikian besar. Saya merenung saat menatap bola lampu yang menyala, lalu bertanya mengapa saya tidak bisa menyala sepertinya! Padahal saya diberi kemampuan jauh lebih besar darinya! Memang kita perlu melihat diri kita dan mampu bangkit terutama menjadi terang dunia. Pasti anda akan mengalami banyak masalah, hambatan dan usaha-usaha untuk menggelapinya, tapi percayalah bahwa terang tetap terang di manapun jadinya. Ada sebuah film ilustrasi tentang terang berjudul Eden Log. Film yang sangat membosankan tapi dialognya banyak menarik tentang kehidupan.
Tetapi bagaimana kita bisa memiliki energi seperti listrik? Kita harus belajar dari elektron, dari yang sangat kecil menjadi sangat kuat kalau bisa dimanfaatkan. Semoga Tuhan memberkati. Salam dan doa.

24 responses to this post.

  1. Posted by Leonard Arden ubm on March 8, 2013 at 9:41 am

    menurut saya artikel ini sangat menarik. awalnya mungkin agak membosankan dan tidak menarik di kalangan anak muda. tentang listrik di suatu daerah. namun lama kelamaan mulai ada sisi menarik dalam artikel ini. yang mengandung tentang nilai kehidupan.

    Reply

  2. Posted by Leonard Arden ubm on March 8, 2013 at 9:44 am

    menurut saya artikel ini sangat menarik. awalnya mungkin agak membosankan dan tidak menarik di kalangan anak muda. tentang listrik di suatu daerah. namun lama kelamaan mulai ada sisi menarik dalam artikel ini. yang mengandung tentang nilai kehidupan. dimana pemikiran seseorang tentang kehidupan, bagaimana sebuah lampu bohlam kecil bisa menjadi pacuan / gambaran betapa hal kecil sekalipun dapat menjadi sebuah hal yang begitu berarti, artikel ini sungguh menarik dan sangat berguna untuk kalangan anak muda, dimana anak muda saat ini banyak sekali yang tidak menyadari adanya kemampuan dalam diri mereka, dan mereka tidak mengembangkannya ke dalam karya nyata. semoga banyak kaum muda seperti saya yang tergerak hati dan pikirannya.

    Reply

  3. Sesuatu yang besar dimulai dengan sesuatu yang kecil, begitu pula dengan manusia, apa yang dilakukan manusia sekecil apapun dihari ini akan bermanfaat dikemudian harinya.
    Janganlah berkecil hati atas ketidakmampuan dihari ini, ketidakmampuan dihari ini adalah kesanggupan dan kekuatan kita dimasa depan. (Robert Yohanes,11120207,2MAK2)

    Reply

  4. Posted by Budiman on March 8, 2013 at 10:55 am

    Kita harus bersyukur sudah bisa menikmati manfaat listrik. Dan kita juga harus hemat dalam mengunakan listrik biar orang lain juga kebagian. Kita harus selalu bangkit dari kegagalan. Masalah dalam hidup itu tergantung bagaimana sikap kita terhadap masalah2 itu. Agar kehidupan kita dari gelap menuju terang. Salam.

    Reply

  5. energi manusia berasal dari makanan,,, dengan makanan, kemudian dilakukan sebuah proses, maka elektron elektron akan membentuk sebuah energi manusia untuk melakukan berbagai kegiatan… disamping itu, yang menjadi kekuatan lain dari manusia adalah semangat dan cinta kasih,,, dengan adalah semangat, maka manusia bisa melakukan berbagai hal untuk mencari masa depan

    Reply

  6. listrik bagaikan sebuah semangat manusia,,, kadang hidup kadang redup dan kadang mati,,, semangat manusia juga begitu,, kadang redup dan kadang terang… manusia harus bisa mengolah semangat tersebut,….

    Reply

  7. saya sangat tertarik dengan bacaan ini dikarenakan saya mulai menyadari dari setiap orang diberikan potensi baik besar, sedang maupun kecil dari Tuhan untuk dapat kita pergunakan dengan sebaik-baiknya. Karena jika potensi atau kemampuan yg kecil saja kita gunakan dengan semaksimal mungkin dapat menghasilkan sesuatu yang besar, bagaimana dengan potensi yang besar pasti menjadi luar biasa dan dapat berguna bagi orang lain..

    Reply

  8. Saya setuju dengan tulisan ini.
    kita sebagai warga jakarta hanya mengira listrik hanya lah energi biasa saja karena kita terlalu menyiyiakan energi satu ini padahal tanpa energi ini kehidupan kita akan gelap gulita.
    kita harus lah mulai belajar untuk mengirit energi listrik.
    dan saya rasa listrik di indonesia harus lah mulai berkembang seperti mulai menjangkau daerah-daerah terpencil agar semua daerah di indonesia bisa mendapatankan hak mereka …

    Reply

  9. Kita perlu bersyukur bisa menikmati pengunaan listrik, kita harus hemat dalam pemakaian listrik supaya orang lain juga bisa kebagian menikmatinya dan polusi juga bisa berkurang. Dalam kehidupan, bukan masalah2 yang terjadi pada anda yang membuat anda tidak bahagia, tapi bagaimana anda menyikapi masalah2 tersebut. Kita perlu berusaha dan percaya diri maka kehidupan kita yang tadinya gelap menuju terang.

    Reply

  10. memang tanpa listrik tanpa cahaya kita tidak bisa ngapa ngapain.

    Reply

  11. untuk artikel ini saya diingatkan kembali belajar melakukan perkara-perkara kecil terlebih dahulu , walaupun kadang perbuatan kita dianggap remeh oleh orang-orang sekitar kita percayalah perbuatan baik apapun yang kita lalukan untuk lingkungan kita itu akan sangat berdampak besar bagi orang-orang sekitar kita.
    cth : buang sampah pada tempatnya ( itu akan memberikan contoh untuk orang-orang sekitar kita akan pentingnya menjaga kebersihan ), mengucapkan kata maaf apabila melakukan kesalahan, menghargai satu sama lain,

    diingatkan kembali listrik terjadi hanya karna sebuah elektron namun efeknya sangat dasyat bagi kehidupan.
    maka kita belajar dari artikel listrik ini, jadilah terang bagi sekeliling kita. sekecil kebaikan apapun yang kita lakukan akan berdampak bagi orang-orang sekitar kita.
    mulai latih karakter kita dari pembelajaran ini.
    janganlah menyerah untuk menjadi terang bagi lingkungan kita, apapun halangannya tetap berjuang menjadi terang dan dampak sperti elektron.

    Reply

  12. Posted by meyliani on March 13, 2013 at 3:21 am

    di segala macam tindakan yang mau di lakukan pastilah akan selalu ada hambatan yang mendampingi kita…tinggal kita saja yang akan mengatasi hambatan itu dan membuat kita dapat berkembang karena di setiap hambatan yang ada kita akan maju 1 step ke depan….

    Reply

  13. Melalui talks yang saya baca, saya sadar, selama ini ternyata dari Hal kecil seperti elektron saja bisa membangkitkan manfaat yang begitu besar bagi dunia.kita sebagai manusia yang meneliti dan menciptakan barang tersebut. Pasti bisa mempunyai potensi yang lebih dan menang dari elektron tersebut

    Reply

  14. Listik memiliki manfaat yang penting bagi kita, penerang yang paling berguna pada saat kita sedang melakukan aktifitas dimalam hari. Belajar dari fungsi listik, kita sebagai manusia yang merupakan mahkluk sosial harus bisa menjadi terang dikehidupan sesama kita seperti berbuat baik antar sesama yang berbeda ras,suku, agama. Tetapi bila listrik itu mati atau tidak berfungsi lagi itu dapat membuat sesuatu keganjalan dikehidupan kita.

    Reply

  15. Menurut saya Listrik mengajarkan banyak hal kepada kita . Coba kalau mati lampu , semua orang kesusahan cari listrik . Listrik itu identik dengan terang dan kuat . Kita bisa mengambil pelajaran dari terang dan kuat . yang pertama terang . jadilah terang untuk sekeliling kita . kita harus menjadi terang saat teman” kita ada di kegelapan / putus asa . Jangan sama seperti orang” duniawi yang suka hal” negatif tapi jadi terang . yang kedua kuat , listrik yang kecil tapi sangat kuat menyetrum . So walaupun kita kecil tapi kita harus bisa bawa dampak yang baik untuk lingkungan kita

    Reply

  16. listrik adalah sumber untuk semuanya …karna kalau tidak ada listrik kita tidak bisa menonton tv, menyalakan radio,dvd,kulkas dll …jadi listrik sangatlah berguna dan sangat penting untuk kita …karna itu kita juga harus bisa memanfaatkannya dengan baik..

    Reply

  17. Posted by Yunita on March 14, 2013 at 1:18 pm

    Menurut saya manusia itu sebenarnya seperti bohlam lampu. Setiap manusia mempunyai terangnya masing-masing. Tetapi tergantung bagaimana listrik itu bisa membuat bohlam lampunya menyala terang atau malah meredup. Listrik di dunia ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa dari keluarga yang mendidik dia untuk tumbuh dewasa dan menyalakan terangnya pertama kali. Bisa juga dari lingkungan yang menjaga terang itu tetap nyala sempurna atau meredup. Sebenarnya sangat mudah berbagi terang dengan orang di sekitar. Tapi apakah orang tersebut mau membagi terang dirinya. Sungguh indah dunia ini jika lampu semua orang menyala. Maka akan banyak orang dapat merasakan sinarnya.

    Reply

  18. Saya merasa turut bersedih ketika membaca artikel ini, bahwa banyak masyarakat menangis dan mengalami kerugian besar akibat sumber mereka tidak dapat lagi membantu mereka menjalani aktivitas. Muncul pertanyaan, apakah pemerintah tahu bahwa rakyatnya kesusahan pasokan listrik? Dan mengapa tidak ada yang turun tangan??

    Mengenai terang, Pak Adharta bertanya mengapa kita tidak bisa bersinar seperti cahaya? Bukankah kita juga bisa menjadi terang? Terang bagi sesama dengan memancarkan sikap hidup berteladan..

    Reply

  19. Listrik. satu hal yang sangat penting dalam era komunikasi yang begitu cepat. bahkan ada jargon dari contoh beberapa smartphone yang mengunggulkan fitur fitur andalannya tanpa mereka sadari jika tanpa listrik mereka bukan apa apa. luar biasa

    Reply

  20. Menurut saya terangnya diri manusia itu ketika hidupnya dapat bermanfaat bagi orang lain. Dengan berbuat baik, menolong sesama dengan ikhlas, sebenarnya diri kita telah menerangi dunia mereka yang kesusahan dengan uluran tangan yang kita beri. Terimakasih.

    Reply

  21. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 5:10 pm

    listrik adalah sumber kebutuhan manusia di zaman sekarang , kalau tidak ada listrik manusia tdk bisa melanjutkan aktifitas dgn nyaman tentu nya

    Reply

  22. Listrik adalah sumber energi begitu juga Tuhan Yesus. Selalu memancarkan manfaat bagi yang bergantung kepadanya. Kiranya kita menjadi pribadi yang menyala seperti listrik membuat orang-orang dapat menyala dan terang memancarkan sinarnya.

    Reply

  23. Inti dari artikel ini adalah kita harus bersyukur. Bersyukur atas yang sudah kita miliki. Listrik adalah sumber energi yang dapat dinikmati orang kalangan perkotaan tanpa batas. Namun, tidak dengan mereka yang masih hidup dan tinggal di daerah pedesaan, mereka masih ada yang hidup tanpa listrik. Orang beranggapan, orang kini sangat bergantung pada listrik dan tidak bisa beraktifitas tanpa listrik. Lalu, bagaimana orang pedesaan atau pelosok bisa hidup tanpa listrik ? Listrik memang kebutuhan, tetapi menurut saya jangan dijadikan sebagai kecenderungan berlebihan yang menganggap listrik adalah segalanya.

    Reply

  24. listrik adalah hal yang berpengaruh dalam hidup kita, tetapi sering kali kita berboros menggunakan nya, padahal seharusnya listrik digunakan untuk kepentingan sesama

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: