Asuransi

Asuransi bukan menutupi kerugian saja tetapi memberikan kenyamanan dan kedamaian (Fuhler)

images (3)Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.
Istilah “diasuransikan” biasanya merujuk pada segala sesuatu yang mendapatkan perlindungan. Seperti contohnya angkutan kargo, baik laut, darat maupun udara.
Dalam 30 hari ini saya sedang disibukkan dan dipusingkan (banget) dengan masalah asuransi, khususnya proyek yang sedang ditangani perusahaan kami di Timor Timor, baik karena faktor cuaca maupun faktor alam lain dan teknis lainnya serta HSE yang menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan.
Personal asisten saya bilang bahwa kalau manisnya bayar polis diikuti klausal yang kecil-kecil hurufnya, tapi pahitnya pembayaran klaim diikuti dengan klausal yang besar-besar hurufnya. Saya rasa ada benarnya juga. Saya mengutip kata manis dari asisten manager keuangan saya bahwa bukan kesulitan meembuat kita takut, tetapi ketakutan yang membuat kita sulit. Supaya tidak takut solusinya tutup asuransi.
Jadi, Fuhler, seorang pakar asuransi Jerman, seorang dean dari AIM Manila, guru asuransi saya di tahun 80-an memang benar bahwa kalau kita menutup asuransi, yang kita tutup sebenarnya bukan antisipasi kerugian saja tetapi kenyamanan, ketenangan, kedamaian dan yang pasti adalah membuka pengharapan besar.
Berbahagialah kita yang memiliki asurasnsi jiwa, jaminan sakit, tunjangan pensiun dan hari tua, bea siswa anak cucu, opo maneh maka hidupmu akan lebih tenang. Kata teman saya gimana tidak tenang wong seluruh agen asuransi dan perusahaannya serta jajarannya semua setiap hari berdoa agar anda sehat dan tidak sakit. Percayalah bahwa saya bukan promosi asuransi lho. Alasannya ada pendapat orang lain bahwa asuransinya adalah Yang Kuasa. Tetapi ada yang bilang begini semua yang saya miliki termasuk yang saya cintai sudah diasuransikan, yang belum hanya asuransi dari gangguan agen asuransi (kata Kapten Haddock dalam kisah petualangan TinTin)
Perusahaan kami cukup beruntung. Semua karyawan dilindungi asuransi Jamsostek, asuransi kecelakaan dan jaminan pensiun atau hari tua. Dan saya rasa ada baiknya dalam kesempatan Prapaskah ini kita berbagi. Lihatlah sejenak apakah pembantu kita sudah diasuransi, apakah satpam kita bahkan pekerja sosial kita sudah diasuransikan? Misalnya di gereja apakah karyawan gereja diasuransikan beserta keluarganya ?
Karyawan honorer di kantor saya dulu tidak diasuransi, tetapi sejak tahun 1998, semuanya diasuransikan dengan kondisi sama dengan karyawan tetap, karena pertimbangan berbagi kasih ucap Direktur HRD kami yang ganteng dan calon pendeta.
Bagaimana seorang karyawan bisa tenang bekerja kalau dirinya tidak diasuransikan? Sedangkan di sana mereka dianggap assets, tapi disisi lain dianggap memberatkan biaya. Saya mencoba meyakinkan otoritas HRD kami bahwa jika karyawan ada satu yang sakit maka perusahaan sakit dua kali lipat (Seorang saja sakit sudah terlalu banyak). Dan saya bilang kalau ada seorang karyawan tidak diasuransikan maka saya yang paling malu! Ternyata saya malu juga, karena jika pembantu rumah tangga kami belum diasuransikan (mudah mudahan besok istri saya ingat).
Sesungguhnya kita boleh berbagi dengan saudara kita yang berkekurangan, karena apa yang kita perbuat bagi saudara kita yang paling membutuhkan (!), kita telah berbuat banyak bagi-NYA.
Apalagi perbuatan untuk membuat orang lain senang itu termasuk ibadah dan membahagiakan orang lain itu adalah Karya Keselamatan. Tuhan memberkati. Salam dan doa. Saya berdoa khusus buat Pastor Budi Santoso, MSC yang sedang sakit dan dirawat di ICU RS Graha Kedoya, kiranya bilur-bilur-NYA menjadi jaminan kesembuhan beliau.

17 responses to this post.

  1. Posted by cottonbutton on March 10, 2013 at 1:30 pm

    menurut saya memang semua orang itu membutuhkan asuransi, tetapi tentu tidak semua orang mampu membayar asuransi. dan suatu perusahaan yang memberikan asuransi untuk karyawannya adalah perusahaan yang hebat, karena tidak semua perusahaan mau memberikan asuransi untuk karyawannya karena dianggap beban dan mengurangi keuntungan perusahaan.

    Reply

  2. Hmm,,memang si kalau punya asuransi tenang kalau kalau masuk Rumah sakit/ada kejadian yang tidak di inginkan.

    Reply

  3. tapi seandainya mau bikinin asuransi buat orang tua bisa gak yah pak?? ^^

    Reply

  4. Asuransi kesehatan itu mengurangi resiko finansial, kehidupan orang tak lepas dari resiko, orang bisa saja meninggal kapan pun dan di mana pun, maka untuk mengurangi beban finansial terhadapa keluarga yang telah kehilangan seorang pencari nafkah, maka kita memerlukan asuransi.

    Reply

  5. selamat malam, menurut saya memang asuransi sangatlah penting bagi semua orang, tapi dalam kehidupan nyatanya banyak sekali perusahaan-perusahaan memberikan asuransi. jangankan kepada ob, tukang bersih-bersih , dll bahkan ada karyawan tetap yang belum diasuransikan.
    memang saya sangat setuju asuransi itu sangat dibutuhkan dan membuat kita nyaman dan damai.
    tapi apakah orang-orang golongan bawah mampu mengasuransikan diri mereka sedangkan perusahaan-perusahaan saat ini belum semuanya mengasuransikan karyawan-karyawannya.
    sangatlah membantu apabila semua perusahaan diindonesia mau berbagi kasih kepada orang-orang yang tidak mampu ( misl : ob, tukang bersih-bersih, satpam ,dll ) karena dalam golongan ini mereka saya gajinya sudah pas-pas an untuk hidup jadi kadang kala mereka tidak bisa menyisihkan uang untuk diasuransikan dan memang kenyataannya tidak ada lebih dari gaji mereka.
    dan saya melihat itu contoh real kehidupan yang saya saksikan sehari-hari.
    jadi. artikel ini sangat membantu. dan akan lebih membantu lagi apabila dibaca oleh pengelola perusahaan agar mereka lebih perduli dengan orang-orang yang bekerja.

    Reply

  6. Posted by meyliani on March 13, 2013 at 3:39 am

    jangan berpikir bahwa asuransi hanya membuang2 uang anda…tetapi pikirkan lah itu sebagai bekal masa depan anda yang dapat di nikmati saat anda sudah tua nanti..

    Reply

  7. Saya setuju dengan asuransi ini, Asuransi memang penting buat kita. Apalagi buat kita yang tinggal di ibu kota begitu banyak polusi udara,dan kendaraan yang kita tidak bisa tau kapan akan terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan . Jadi bagusnya kita miliki dulu asuransi . Yang bisa membantu kita untuk meringankan biaya.

    Reply

  8. Dalam masyarakat di Indonesia ini,kalangan umat Islam ada anggapan bahwa asuransi itu tidak Islami. Orang yg melakukan asuransi sama halnya dgn orang yg mengingkari rahmat Allah.

    misalnya:

    1. Asuransi itu haram dalam segala macam bentuknya temasuk asuransi jiwa. Pendapat ini dikemukakan oleh Sayyid Sabiq Abdullah al-Qalqii Yusuf Qardhawi dan Muhammad Bakhil al-Muth’i . Alasan-alasan yg mereka kemukakan ialah:

    -Asuransi sama dgn judi
    -Asuransi mengandung ungur-unsur tidak pasti.
    -Asuransi mengandung unsur riba/renten.
    – Asurnsi mengandung unsur pemerasan krn pemegang polis apabila tidak bisa melanjutkan pembayaran preminya akan hilang premi yg sudah dibayar atau di kurangi.
    -Premi-premi yg sudah dibayar akan diputar dalam praktek-praktek riba.
    =Asuransi termasuk jual beli atau tukar menukar mata uang tidak tunai.
    =Hidup dan mati manusia dijadikan objek bisnis dan sama halnya dgn mendahului takdir Allah.

    2.Asuransi di perbolehkan dalam praktek seperti sekarang Pendapat kedau ini dikemukakan oleh Abd. Wahab Khalaf Mustafa Akhmad Zarqa Muhammad Yusuf Musa dan Abd. Rakhman Isa . Mereka beralasan:

    -Tidak ada nash yg melarang asuransi.
    -Ada kesepakatan dan kerelaan kedua belah pihak.
    -Saling menguntungkan kedua belah pihak.
    – Asuransi dapat menanggulangi kepentingan umum sebab premi-premi yg terkumpul dapat di investasikan utk proyek-proyek yg produktif dan pembangunan.
    -Asuransi termasuk akad mudhrabah
    -Asuransi termasuk koperasi .
    -Asuransi di analogikan dgn sistem pensiun seperti taspen.

    Reply

  9. Asuransi merupakan tindakan yang bersifat financial yang berujuk kepada jiwa manusia. Resiko kecelakan pada manusia pasti akan terus terjadi, tidak bisa kita hindarkan tetapi dapat kita cegah dengan memiliki asuransi, banyak orang yang menghiraukan asuransi karena pendapat dari masing-masing individu menggangap asuransi itu tidak penting bagi orang-orang yang memiliki kekayaan. Asuransi baik digunakan untuk membantu seseorang dalam permasalahan financial pada saat seseorang itu terjadi kecelakaan disisi lain asuransi dapat memberikan akses menabung untuk hari tua.

    Reply

  10. Didalam kehidupan alangkah baiknya untuk mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin terjadi seperti asuransi terhadap diri sendiri untuk masa depan.

    Reply

  11. Saya pernah dapet kata”” seperti ini ” Sekarang tidak mau asuransi , karena merasa buang” waktu . tetapi saat terjadi apa” asuransi itu ga bisa di beli ” jadi asuransi itu sangat penting apalagi asuransi kesehatan . Itu sangat penting karena kesehatan kan kita ga bisa prediksi kapan sakitnya

    Reply

  12. saya setuju karna asuransi sangatlah penting untuk kita semua … karna asuransi bisa menjamin masa depan kita , karna asuransi memiliki berbagai macam tunjangan contohnya : kesehatan , kecelakaan , ekonomi dll …. asuransi juga bisa meringankan beban ekonomi kita…

    Reply

  13. Posted by Yunita on March 14, 2013 at 1:29 pm

    Asuransi sangatlah berguna jika kita menyadari manfaat dari asuransi tersebut. Tetapi byk orang di Indonesia tidak menyadari hal ini. Mereka baru sadar pentingnya asuransi saat hal” yang tidak diinginkan terjadi dan merugikan mereka. Padahal mungkin asuransi sudah pernah ditawarkan kepada mereka tetapi mereka malas mendengarkan penjelasan dari agen asuransi tersebut dan tidak mau mengerti atau mereka merasa belum pentingnya mempunyai asuransi. Padahal mereka tidak tahu apa yang terjadi di masa yang akan datang.

    Reply

  14. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 5:15 pm

    ansuransi sangat bermanfaat sekali untuk masa depan kita baik itu mengansuransi kan kesehatan , kecelakaan dan lainlain

    Reply

  15. Posted by Ervina on June 17, 2013 at 4:48 pm

    asuransi itu merupakan suatu perjanjian dengan dimana seorang penanggung mengikatkan diri dengan seseorang tertanggung dengan menerima uang premi untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan. asuransi sangatlah bermanfaat.karena asuransi sangat menjamin masa depan kita

    Reply

  16. semua makhluk yang hidup di bumi ini pasti memerlukan perlindungan untuk menjaminn keselamatannya, tetapi sering kali hal ini di manfaat kan oleh oknum oknum untuk merauk keuntungan lebih, berdasarkan pemikiran guru saya, benar bahwa tidak perlu kita meng asuransi kan diri kita asalkan kita berhati hati dalam bertindak, karena peluang kita terkena musibah tidak sebesar yang kita cemaskan

    Reply

  17. Posted by Zunvindri on January 16, 2014 at 3:30 pm

    Semua orang pasti membutuhkan perlindungan. Asuransi adalah salah satu cara agar kita bisa memperoleh perlindungan itu.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: