Busway

Hati-hati memasuki jalur busway karena melanggar hukum.

buswaySehabis main Golf di Senayan, kami makan malam bersama kawan-kawan. Salah satunya Pak Erwin pemilik pengelola Busway di DKI Jakarta. Kami sempat mendapat cerita tentang terobosan pembuatan Busway dan idealisme serta perjuangannya. Beliau menjelaskan bahwa Busway yang menelan biaya ratusan juta dollar bukan proyek yang menguntungkan, melainkan murni untuk orang kecil. Keberpihakan kepada pengguna jasa Busway yang umumnya level bawah, tetapi dinikmati juga level atas, karena banyak yang pakai jas, full dress dan beberapa orang asing. Berbeda sekali dengan di negara tetangga, ambil saja Sydney atau Brisbane. Investor didukung pembiayaan dan jaminan dari pemerintah dan motivasinya untung. Atau misalnya MRT di singapura, yang mengalami keuntungan besar. Lalu apa halnya dengan busway? Menurutnya, hitungnya dengan jarak lalu semua risiko ditanggung investor seperti kalau macet, banjir, dan jalan rusak sehingga ticket 3.500 rupiah jauh dekat kadang kala mau nutup biaya operasional saja susah.
Saya dalam hati bingung juga. Kalau tidak menguntungkan kenapa dikerjakan. Semua orang berpikiran Busway pasti menguntungkan. Mungkin beliau bisa membaca pikiran saya lalu beliau menjelaskan : coba anda beli sebuah bus dengan harga sekian lalu hitung dengan penghasilan sekian, nanti akan terlihat jelas, lalu dijelaskan lagi oleh beliau, siapa yang mau melihat kepentingan orang bawah ?
Saya terharu juga mendengar penjelasan beliau, karena hampir kita semua hanya memikirkan diri sendiri belum memikirkan orang lain. Masa Prapaskah kita diajak menoleh sedikit ke bawah memberikan perhatian dan berbagi rasa. Ada baiknya untuk orang terdekat kita. Lihatlah saudara-saudara terdekat kita yang susah, seperti kakak, adik, keponakan dan lain lain.
Coba bayangkan saat kita masih kecil. Orang tua kita tidak pilih kasih. Kita bermain bersama, senang- susah bersama, menangis bersama, bercengkerama bersama, makan bersama, berpelukan mesra dengan penuh cinta, tapi kadang nasib menentukan lain. Setelah dewasa ada yang menjadi kaya raya, senang dan penuh tawa, ada yang susah, makan saja tidak bisa, sakit dan menderita, lalu kita katakan itu nasibmu, siapa suruh malas, siapa suruh gak mau kerja.
Di sini kita melihat bahwa di dunia ini tidak ada satu orang pun mau jadi orang miskin, mau jadi orang sakit, mau jadi maling, mau jadi penjahat atau menjadi PSK. Lalu, mengapa semua harus terjadi? Saya teringat kisah busway tadi lalu saya coba pikirkan dengan hati yang tenang bahwa suka atau tidak suka kita harus membantu orang susah karena begitulah cinta dinyatakan. Bayangkan kalau tidak ada orang kaya atau tidak ada orang miskin, maka di dunia ini akan dihuni oleh robot, karena hewan saja seperti anjing bisa hidup di keluarga kaya tapi bisa juga hidup dengan makan sampah. Anjing bisa hidup bergelimpangan susu seperti anjing saya yang makan, minum susu, dan kue, sedangkan di luar ada anjing kampung hanya bisa melihat dan tentu dengan airmata kalau ada dan bisa keluar.
Semoga kita semua diberikan kekuatan terutama kekuatan cinta untuk membantu sesama. Tuhan memberkati mu. Salam dan doa.

27 responses to this post.

  1. Busway merupakan angkutan yang paling aman en nyaman dipakai,kebanyakan orang memilih naik busway daripada naik angkut biasa karena busway bisa dibilang hemat biaya en dapat membantu bagi warga yang menengah kebawah dan dapat mengatasi masalah kemacetan,pak Erwin memang seorang yang berbesar hati dan berjiwa besar,tidak mementingkan diri sendiri karena membuat angkutan busway bisa dapat membantu masyarakat yang kurang menengah kebawah,busway bukan saja diminati orang-orang yang menengah kebawah tapi juga diminatin orang-orang yang menengah keatas

    Reply

  2. Memang kadang kita tidak sadar apa yang kita perbuat kepada orang lain ataupun keluarga kita. TIdak semua manusia itu sama, ada yang sukses ada yang memilih jalan lain. Bagi yang sudah sukses terkadang mereka tidak ingat betapa susah jerih payah nya sewaktu ia berjuang untuk menjadi orang yang sukses. Tetapi orang yang memiliki rasa cinta kasih walaupun ia sudah sukses tapi ia masih tetap mengingat kehidupan awalnya yang serba kurang. Di sini kita di ajak untuk tidak melupakan masa lalu kita, ibarat pepatah “jangan sampai seperti kacang yang lupa kulit nya”.

    Reply

  3. dalam kehidupan sekarang kita harus saling tolong menolong dan membantu sesama. karena setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing”

    Reply

  4. ya, kita hidup bukan hanya untuk kepentingan duniawi saja, yang hanya mengejar kekayaan dan nama. tetapi lebih penting adalah rasa kasih kita terhadap sesama, dalam kehidupan selalu ada antara orang miskin dan orang kaya, baik dan jahat, semuanya seperti Ying dan Yang.
    maka dalam hidup ini jangan lah bersedih ketika kita hidup dalam kesusahan, karena didalam kesusahan pasti ada makna yang mendalam yang bisa diambil dari nya supaya kita bisa hidup lebih baik lagi, dam hidup penuh dengan rasa syukur.
    dan ketika kita hidup dalam kesenangan mempunyai harta yang banyak, kita janganlah menjadi sombong. kita hidup bukan sendiri saja, masih bnyak orang yang hidup kesusahan, jadilah orang yang penuh kasih untuk membantu sesama manusia yang kesusahan ..

    Reply

  5. Posted by Reynold Lukman on March 7, 2013 at 12:54 pm

    pak erwin memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. kita harus tiru, kita harus saling membantu dengan sesama kita yg sedang dalam kondisi kesulitan. banyak orangorang yg kurang beruntung dibandingkan kita. mungkin tidak dengan hal yg besar tapi mulailah dalam halhal kecil.. namun pada kenyataannya msh banyak diantara kita yg belum dapat menyadari hal itu. semoga kedepannya kesadaran masyarakat kita semakin tinggi untuk membantu org2 yg kurang mampu

    Thanks
    Reynold

    Reply

  6. Saya setuju dengan pemikirian diatas,karena kita hidup di dunia ini bukan individual tetapi harus bermasyarakat..kita tidak bsa hanya dengan mengandalkan diri sendiri..

    Reply

  7. Manusia diciptakan berbeda beda dengan maksud agar kita bsa saling mengisi kelurangan kita dengan yang lain..tidak ada manusia yang sempurna..jika kita mampu menolong orang lain kenapa tidak??

    Reply

  8. Ternyata pemikiran saya bahwa busway pasti untungnya besar adalah salah. Karena saya mikir, 3.500 rupiah per orang dikaliin dgn jumlah org dan total busway, seharusnya mencapai angka yang sangat besar sekitar 200jutaan perhari. tetapi ternyata dibalik itu, malahan cost yg dikeluarkan lebih tinggi di bandingkan penghasilan

    Reply

  9. dikatakan bahwa di dunia ini tidak ada satu orang pun mau jadi maling, mau jadi penjahat atau menjadi PSK. Lalu, mengapa semua harus terjadi? menurut saya, penyebab terbesar menurut saya, penyebab tebesar dari hal diatas adalah keadaan atau kondisi lingkungan yang memaksa. disamping itu, coba bayangkan kalau semua manusia itu kaya raya, tidak ada pencuri, tidak ada penjahat, semuanya serba positife dan lain lain, maka ini bukanlah lagi dunia manusia. seperti yang dikataan di atas, ini adalah dunia robot. Dunia akan menjadi tidak stabil, karena kestabilan itu berasal dari perputaran antara yin(negative) dan Yang(positife). Tapi dibalik itu, menurut saya manusia harus saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain. Karena menurut saya, walau kita berada dari suku, agama, dan bangsa yang berbeda, tetapi semua manusia di dunia merupakan satu keluarga besar.

    Reply

  10. hal yang dapat di ambil dari artikel tersebut adalah untuk membantu seseorang kita jangan melihat kualitas atau derajat orang tersebut. membantu seseorang harus dilakukan dengan segenap hati.

    Reply

  11. Posted by yugi damah rustandi 11120154 on March 8, 2013 at 5:17 am

    memperhatikan terkadang lebih sulit daripada diperhatikan. dari bacaan diatas kita di ajak saling memperhatikan dan membantu orang-orang disekitar kita yang berkekurangan. dan harus bersyukur akan apa yang kita punya. seperti busway dijakarta yang selalu rugi dan disalahkan namun tetap ada sampai sekarang

    Reply

  12. Iya, kita harus berhati hati ketika masuk ke jajalur busway, selain berbahaya, tindakan ini juga disebut sbg tindakan melanggar hukum, karena kmrn saya baru saja ditilang.. Walaupun menurut saya ditilang krn masuk jalur busway bukan merupakan suatu kesalahan, namun saya tdk bs berbuat apa apa :((

    Reply

  13. saya kurang setuju dengan disebutnya masuk jalur busway adalah sebuah pelanggaran hukum.
    karena setiap orang memiliki kepentingan masing masing untuk menempuh waktu, bukan hanya pengguna busway.
    namun, saya tidak berhak apa apa, karena kemarin saya baru saja kena tilang karena saya melintasi jalur busway dengan alasan ingin ke kampus dengan tepat waktu.

    Reply

  14. Posted by cottonbutton on March 10, 2013 at 1:57 pm

    dengan adanya kisah busway ini kita diharapkan dapat tidak membeda-bedakan orang lain. karena selama ini tentu saja kita pasti ada merasa hanya mau berteman dengan si A, atau tidak mau berteman dengan si B. dan saya merasa, ada juga orang yang mau berteman hanya karena “materi”. setiap orang pasti mau berteman dengan orang yang kaya agar tidak malu ataupun gengsi. tapi mari kita pikirkan,bagaimana jika kita berada diposisi menjadi orang yang tidak berkecukupan ? tentu banyak kendala2 yang kita hadapi dalam hidup ini. jika bukan teman, siapa lagi yang bisa membantu kita? oleh karena itu, marilah kita berteman kepada siapa saja, karena roda kehidupan itu selalu berputar, jika sekarang kita berada diposisi atas, tentu kita tidak tahu posisi kita beberapa saat kedepan.

    Reply

  15. Menurut saya, busway sudah tepat dibuat dan masih perlu ditambah banyak koridor2 baru, dan bus nya juga ditambah. Dan mudah2an MRT juga terlaksana sesuai jadwal. Sebagai warga Jakarta dan Indonesia, saya senang pemerintah membuat kebijakan yang pro rakyat miskin. Bravo!

    Reply

  16. Amazing!! Saya sangat terharu membacanya, kita memang harus peduli sama orang” disekitar kita, jangan terlalu egois . Karna gak ada yang mau miskin..tapi mungkin karna nasib atau karna malas. oleh sebab itu kita yang sekarang yang masih bisa menjangkau semua keperluan sehari- hari ,janganlah terlalu egois , jangan Selalu mementingkan kita dulu Tanpa mementingkan nasib orang lain. Kasihan sama orang di luar yang Masih kelaparan. Dan tau lah be graceful n say thank you untuk Tuhan…

    Reply

  17. Ya menurut saya busway itu mambantu rakyat kecil karena jika ada busway rakyat yang hanya punya 3.500 mampu jalan” ke tempat yang jauh tanpa perlu memerlukan banyak uang untuk ongkos . Dan kalau kita ga tau jalan kita tidak mungkin kesasar , Menurut saya busway pilihan yang baik untuk rakyat kecil🙂

    Reply

  18. kita memang sudah seharusnya saling peduli sama orang sekitar karna kita semua sama . sama-sama hanya manusia biasa tapi hanya saja ada sebagian orang yang membedakan mana yang miskin mana yang kaya .Tuhan tidak pernah membedakan anak-anaknya jadi kita juga harus memikirkan nasib orang kecil karena masih banyak diluar sana yang masih banyak kelaparan …

    Reply

  19. saya sangat setuju ….kita seharusnya peduli sama orang disekitar kita….karena semua manusia sama saja…hanya saja ada beberapa orang yang membedakan mana yang miskin dan mana yang kaya …maka itu marilah mulai sekarang kita harus lebih peduli sama orang yang diluar sana karna masih banyak yang kelaparan. dan jika ingin melakukan sesuatu marilah terlebih dahulu liat orang disekitar kita

    Reply

  20. saya sangat setuju ….kita seharusnya peduli sama orang disekitar kita….karena semua manusia sama saja…hanya saja ada beberapa orang yang membedakan mana yang miskin dan mana yang kaya …maka itu marilah mulai sekarang kita harus lebih peduli sama orang yang diluar sana karna masih banyak yang kelaparan. dan jika ingin melakukan sesuatu marilah terlebih dahulu liat orang disekitar kita

    Reply

  21. Posted by Yunita on March 14, 2013 at 1:54 pm

    Sebenarnya saya kurang setuju dengan artikel ini. Karena saya oernah membaca di sebuah surat kabar bahwa busway mengalami untung yang sangat besar. Setiap harinya mereka bisa mengangkut berapa miliar orang. Padahal bus yang dipake hanya itu” saja. Bahkan sampe sekarang sudah 6 tahun berjalan lebih busway berjalan tetapi busnya tidak ada yang baru. Memang bus itu mau disusutkan berapa tahun. Saya sebagai pengguna busway merasa tidak setuju disebabkan byk hal. Panasnya halte busway karena kipas angin tidak dinyalakan. Bus yang sangat lama datang padahal membeludaknya penumpang. Bus yang sering mogok karena sudah tua tetapi tidak diganti. Padahal seharusnya jika ingin melayani masyarakat pemerintah harus memberikan yang terbaik dalam pelayanannya bukan seperti sekarang yang terjadi. Terima kasih.

    Reply

  22. keberpihakan bagi kaum bawah ? ah klasik tidak mungkin jika tidak ada untung yang diperoleh dari Transjakarta ini. sangatlah tidak masuk di akal

    Reply

  23. Yang saya rasakan selama menggunakan jasa transportasi ini kurang puas karena pelayanan di halte atau bisnya pun kurang baik. Tetapi jika memang kenyataannya pengelola busway ini memang dengan tulus hati tanpa mendapatkan keuntungan yang besar, saya juga sangan menghargai itu.
    Tetapi agar transportasi ini dapat terus memberikan manfaat secara terus menerus untuk khalayak. Baiknya ada kerja sama yang lebih mendalam antara pengelola dan pemerintah DKI Jakarta.
    Walau bagaimanapun, kepuasan konsumen harus dijadikan nomor satu. Terimakasih.

    Reply

  24. saya sering kesal
    kenapa sih banyak motor , kendaraan yang masuk jalur busway ?
    apa kesadaran manusia akan bahaya dan peraturan sudah tidak ada ?
    mungkin ini juga karena kurangnya ketegasan dari para Aparat ..
    padahal ini adalah salah satu alat transportasi yang sangat berguna di jakarta ..

    Reply

  25. Posted by Ervina on June 17, 2013 at 4:51 pm

    busway ini adalah angkutan yang biasanya sering dipakai orang-orang dan juga busway bisa dibilang menghemat biaya.

    Reply

  26. hidup ini diciptakan seimbang dan hidup ini selalu berputar, kita harus senantiasa tolong menolong, apabila kita sedang diatas kita tidak boleh lupa dengan yang dibawah, karena niscaya ketika kita dibawah maka kita akan selalu berharap yang di atas membantu kita. dan hukum karma seringkali terjadi

    Reply

  27. Posted by auditiaharival on March 26, 2014 at 4:04 pm

    sudah sepantasnya sebagai sesama umat manusiamakhluk sosial, kita saling bantu ,dan tolong menolong.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: