Bahasa Isyarat

Bahasa isyarat adalah komunikasi yang lebih baik untuk mencapai suatu keindahan hubungan.

images (5)Semalam saya dan istri mengantar jalan-jalan cucu kami  ELLE yang baru berusia 1,5 tahun ke Central Park.  Rencana untuk potong rambut, tapi mungkin karena baru pertama kali jadi sepanjang waktu gunting rambut dia menangis terus.  Demi menyenangkan hatinya kami ajak makan Sushi Tei dan dia makan dengan lahap, lalu selanjutnya kami menuju fun world arena mainan anak-anak.  Tentu saja ia senang sekali.  Pertama ada mainan dan kedua karena banyak teman. Hal yang sangat menarik perhatian saya adalah dia mendapat sahabat baru.  Walau usia sahabatnya hampir 3 tahun, tapi mereka bercakap-cakap sangat serius dan akrab sekali.  Saya sendiri tidak mengerti apa yang mereka perbincangkan.

Hampir semua menggunakan bahasa isyarat, tapi sebentar-sebentar diiringi tawa dan canda. Menjelang beberapa saat anak kecil itu memanggil orang tuanya.  Ternyata dia memiliki 2 balon yang satu warna hijau kecil dan yang satu kuning besar.  Di sini saya terus mengamati anak-anak ini berkomunikasi ternyata anak itu menyerahkan 2 balonnya  dan saya sadar bahwa dia minta cucu saya memilih mana yang disukainya.  Setelah itu cucu saya memilih balon warna kuning dan akhirnya mereka berpisah sambil melambaikan tangan karena mungkin tidak berjumpa lagi karena tidak saling memperkenalkan diri maupun tanya alamat dan nama.

Saya pun menggendong cucu saya yang sudah kelihatan mengantuk sekali.  Setelah di atas mobil dia langsung tidur nyenyak penuh damai karena wajahnya membayangkan kebahagiaan tersendiri. Sesungguhnya kata-kata Yesus bahwa berbahagialah mereka yang bisa menyerupai anak-anak ini karena merekalah pemilik Kerajaan Surga. Ini merupakan suatu tanda bahwa kita kalau berkomunikasi dengan bahasa anak-anak atau saya sebut bahasa isyarat anak-anak maka komunikasinya akan menjadi indah. Karena komunikasi formal banyak distorsi, terutama egoisme, bahkan intrik-intrik kepentingan pribadi yang mengakibatkan komunikasi menjadi buruk dan akhirnya putus hubungan.

Pertanyaan dari seorang sahabat bahwa untuk komunikasi bahasa isyarat dalam rumah tangga antara suami istri mungkin masih mudah karena satu atap, tetapi bagaimana dengan orang di luar? Tentu susah sekali pelaksanaannya. Saya sampaikan ke beliau bahwa komunikasi dengan bahasa isyarat justru sulit dilaksanakan untuk orang dekat, karena pada umumnya kedekatan justru bisa membuat kabur sebuah komunikasi.

Komunikasi verbal memang perlu diikuti bahasa isyarat yang bisa disampaikan melalui body language, body moving sampai eyes contact. Saya rasa untuk komunikasi tulisan dan suara, adanya tulisan-tulisan indah, puji-pujian, bisa menghantar suatu suka cita besar, utamakan pujian dari pada kritikan.

Sejalan dengan perkembangan jaman,  di mana komunikasi tumbuh begitu cepat, kelihatan komunikasi isyarat sudah hampir hilang.  Contohnya dulu kapal-kapal menggunakan semapore (isyarat bendera) seperti di pelajari di pramuka, seperti halnya menggunakan isyarat Moorse,  sekarang sudah ada faximile, email dan komunikasinya yang menggunakan teknologi.

Komunikasi menjadi sangat penting karena bagian dari karya keselamatan.  Selain komunikasi formal langsung perlu tambahan komunikasi bahasa isyarat.  Seperti kemauan sungguh-sungguh disampaikan dengan senyuman, lalu keseriusan disampaikan gerakan-gerakan tubuh yang menunjukkan keseriusan.  Tentu banyak sekali isyarat-isyarat yang bisa kita sampaikan agar komunikasi sempurna adanya. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

 

21 responses to this post.

  1. Seorang bayi atau balita yang masih murni dan tidak berdosa, mereka memang penuh dengan kemurnian. Memang komunikasi penuh dengan misteri yang tidak kita ketahui ada yang bisa menyenagkan ataupun menghancurkan. Maka kita di ajak untuk berhati-hati dalam berkomunikasi dengan orang lain.

    Reply

  2. komunikasi memang sangar penting dalam kehidupan sehari-hari kita , namun karna ad perkembangan teknologi, kita semakin gampang untuk berkomunikasi dengan saudara atau teman kita yg berada d luar pulau atau berada jauh dari kita.

    Reply

  3. Komunikasi verbal memang perlu diikuti bahasa isyarat yang bisa disampaikan melalui body language, body moving sampai eyes contact. Saya rasa untuk komunikasi tulisan dan suara, adanya tulisan-tulisan indah, puji-pujian, bisa menghantar suatu suka cita besar, utamakan pujian dari pada kritikan.Komunikasi menjadi sangat penting karena bagian dari karya keselamatan. Selain komunikasi formal langsung perlu tambahan komunikasi bahasa isyarat

    Reply

  4. Memang benar…karena kemajuan teknologi menyebabkan kemudahan dan efisien dalam hal komunikasi..itu pula yg menyebabkan orang2 sekarang lebih memilih menggunakan teknologi karena alasan kemudahaan dalam penyampaian pesan..kurangnya komunikasi jga membuat manusia itu berubah menjadi egois dsb..karna sebetulnya komunikasi antar sesama manusia sangat dibutuhkan

    Reply

  5. dalam setiap komunikasi yang kita lakukan, sering kali bahasa tubuh digunakan untuk membantu menyanpaikan maksud dari apa yang kita sampaikan,
    oleh karena itu bahasa tubuh sangat penting dalam setiap komunikasi, selain memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, bahasa tubuh juga menjadi bahasa yang biasa digunakan dalam suatu misi,.

    Reply

  6. Saya sangat setuju dengan cerita diatas, terkadang bahasa isyarat atau bahasa no-verbal diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyeimbangkan bahasa verbal. Menyeimbangkan disini maksudnya adalah, bahasa isyarat atau bahasa no-verbal membantu kita untuk mengekspresikan kata-kata maupun ucapan kita kepada seseorang dengan tujuan lawan bicara dapat lebih memahami dan mengerti lebih dalam apa yang ingin disampaikan kepadanya (Robert Yohanes,11120207, 2MAK2)

    Reply

  7. Posted by Reynold Lukman on March 8, 2013 at 11:36 am

    saya setuju, karena. bahasa isyarat tdk dapat membohongi kita sedangkan bahasa yg kita gunakan dengan mulut kita dapat membohongi kita. saya bisa berkata demikian dikarenakan bahasa isyarat itu keluar dr dalam hati kita. dan secara reflek kita utarakan. sedangkan bahasa dr mulut kita dapat berubahubah karena sebelum kita utarakan kita berpikir dahulu apakah kata” ini dapat menyinggung perasaan org atau tidak.

    Thanks
    Reynold

    Reply

  8. Menurut saya bahasa isyarat masih sebagai bentuk komunikasi yang kuat, misalnya body language.

    Reply

  9. Iya,komunikasi memang sangat penting!! Apalagi kita yang hidup dizaman modern ini yang penuh dengan alat” canggih seperti iphone,HP, internet.,,komunikasi memang penting. Seperti cerita diatas anak” saja bisa pakai b.isyarat untuk komunikasi apalagi kita yang sudah dilengkapi dengan alat” canggih. Maka kita harus mempergunakan kesempatan ini untuk menuju lebih baik.

    Reply

  10. Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana orang tuli menjawab telepon? Bagaimana individu tuli tahu kapan ada ketukan di pintu? Bagaimana mereka bangun di pagi hari untuk bekerja? Pernahkah terpikir kepada Anda bagaimana orang tuli berkomunikasi dengan orang-orang yang mendengar? Untuk sebagian besar, belajar bahasa lain juga mengharuskan Anda untuk belajar tentang budaya juga. Budaya tunarungu memiliki warisan yang kaya, dan itu mencerminkan kebanggaan yang luar biasa. Orang tuli fungsi cara yang sama orang akan mendengar, kecuali dengan beberapa akomodasi dibuat untuk ketidakmampuan mereka untuk mendengar. Beberapa akomodasi ini mungkin termasuk pengetuk pintu khusus, yang memicu lampu berkedip yang memberitahu orang tuli. Konsep yang sama dapat digunakan untuk memperingatkan panggilan telepon masuk. Bagaimana individu yang tuli “bicara” di telepon jika mereka tidak dapat mendengar? Nah, teknologi telah menyediakan beberapa akomodasi dibutuhkan banyak yang membuat kehidupan warga tuli jauh lebih mudah dibandingkan dengan apa yang tersedia di tahun-tahun terakhir. Sebelum munculnya TTY, orang tuli harus pergi ke restoran pizza ke tempat memesan makanan, kemudian kembali ke kendaraan dan menunggu sampai pizza siap, dan kemudian pulang. Untungnya, mereka ketidaknyamanan adalah sesuatu dari masa lalu.

    Sekarang, perangkat teknis terakhir adalah videophone, sehingga bahkan TDD TTY / sedang digunakan lebih setiap hari. Dengan menggunakan videophone, individu tuli dapat menempatkan panggilan telepon kepada siapa saja dengan menggunakan teknologi baru ini. Seorang orang tuli hanya harus menghubungi pusat relay di mana orang pendengaran terlihat untuk kedua belah pihak melalui layar televisi. Daripada mengetik seperti teknologi TTY / TDD membutuhkan, keduanya akan berkomunikasi hanya dalam bahasa isyarat. Orang tuli akan menyediakan Penerjemah dengan nomor telepon untuk panggilan. Penafsir tempat panggilan ke pihak pendengaran. Percakapan kemudian ditandatangani kepada individu tuli. Penerjemah hanya tanda-tanda di atas layar TV untuk orang tuli, dan berbicara kepada orang yang mendengar melalui headset. Percakapan antara tuli dan pendengaran sekarang sedang dilakukan dengan cara ini di seluruh dunia.

    Reply

  11. Bahasa isyarat itu juga penting buat kita untuk mengetahui isyarat-isyarat yang ad di dunia ini, dengan mempelajari bahasa isyarat kita dapat mengerti dunia orang lain dengan maksut untuk memahami kehidupannya, sehingga timbulnya rasa untuk berkomunikasi dengan yang lain. Bahasa isyarat memiliki keistimewaan tersendiri kepada saya karena bahasa isyarat itu sulit untuk dimengerti kecuali kita dapat mempelajarinya dengan sunguh-sungguh.

    Reply

  12. Bahasa isyarat merupakan bahasa yang diperbantukan untuk orang-orang kesulitan dalam berkomunikasi. Hal ini dapat dijumpai ketika kita bertemu dengan orang asing yang sedang kesulitan dan memiliki keterbatasan dalam komunikasi, sedangkan kita juga memiliki keterbatasan dalam komunikasi maka bahasa isyarat merupakan satu-satunya jalan untuk dapat saling berkomunikasi.
    Selain itu, bahasa isyarat dapat meredam kemarahan dalam diri kita. Contoh : sepasang kekasih sedang beradu argument dan memicu kemarahan pada lawan bicaranya agar tidak terjadi pertengkaran yang hebat maka lawan bicara yang satunya lagi dapat memeluk pasangannya atau penggemam tangannya sehingga amarahnya dapat segera redah tanpa perlu menggunakan kata-kata.
    Aneh memang tetapi seperti itu lah kehidupan tidak ada yang pasti dan penuh dengan keajaiban dan teka teki.

    Reply

  13. Posted by Linda on March 14, 2013 at 6:15 am

    Mungkin kita semua harus mempelajari bahasa isyarat karena bahasa isyarat dapat digunakan disaat-saat darurat .

    Reply

  14. bahasa isyarat itu masih sangat penting untuk kita gunakan karna bahasa isyarat bisa mengutarakan apa yang ingin kita bicarakan dan apa yang kita rasakan …dan bahasa isyarat itu juga salah satu cara kita untuk berkomunikasi dengan baik.

    Reply

  15. Posted by Yunita on March 14, 2013 at 1:59 pm

    Bahasa isyarat sangatlah kuat sehingga tidak dapat diingkari bahwa semua ekspresi akan terlihat jelas. Terkadang kita bermulut manis tetapi hati berkata lain. Beda dengan bahasa isyarat. Bahasa itu sangat nampak jelas terlihat ekspresi mereka dalam berkomunikasi. Sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi.

    Reply

  16. bahasa isyarat menurut saya bahasa bantuan selain bicara yaitu seperti bahasa tubuh , gerakan atau ekspresi yang kita lakukan dengan lawan komunikasi kita . namun betapa indahnya Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ada baik dan ada buruknya yang kita dapatkan namun tetaplah bersyukur apa yang kita punya dan kita dapatkan

    Reply

  17. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 7:11 am

    bahasa isyarat merupakan bahasa yang unik, karena biasnya bahasa itu terkadang sudah ada dalam diri kita tanpa kita sadari sendiri. ketika kita memberikn lambaian tangan kepada orang lain itu memberikan isyarat bahwa kita sedang say hello dengan mereka.

    Reply

  18. Posted by wisnu wicaksono - 04PAW on March 24, 2014 at 2:34 pm

    salah satu bagian dari komunikasi yang efektif adalah gerak tubuh. dengan adanya gerak tubuh maka komunikasi bisa menjadi lebih hidup dan lebih baik menyampaikan maksud dibanding dengan hanya berupa kata-kata. itulah salah satu alasan mengapa lebih baik menggunakan bahasa isyarat berupa gerakan-gerakan dibandingkan dengan tulisan

    Reply

  19. Posted by Twinna on March 26, 2014 at 1:05 pm

    Saya dari kecil sampai hari ini sering menggunakan bahasa isyarat dengan kerabat dekat dan keluarga. Kalau dengan orang yang baru dikenal, tidak mungkin menggunakan bahasa isyarat karena antara saya, teman dan keluarga punya bahasa sendiri yang mungkin orang luar tidak akan mengerti. saya sangat tertarik dengan cerita diatas, 2 anak kecil berbincang dan yang mengerti hanya mereka berdua saja. Menarik melihat moment itu.

    Reply

  20. Posted by maria_04PJT on March 27, 2014 at 1:38 pm

    Komunikasi verbal memang perlu diikuti bahasa isyarat yang bisa disampaikan melalui body language, body moving sampai eyes contact. Saya rasa untuk komunikasi tulisan dan suara, adanya tulisan-tulisan indah, puji-pujian, bisa menghantar suatu suka cita besar, utamakan pujian dari pada kritikan.
    bahasa isyarat itu sangat penting untuk kita gunakan karna bahasa isyarat bisa mengutarakan apa yang ingin kita bicarakan dan apa yang kita rasakan dalam kondisi darurat.

    Reply

  21. Posted by Wilson on March 27, 2014 at 3:30 pm

    Menurut saya, bahasa isyarat adalah bahasa yang dipelajari secara natural. DImana pada dulu, orang lebih suka menggunakan bahasa tubuh ketimbang bicara panjang lebar. Ironis melihat anak sekarang lebih suka berkomunikasi menggunakan smart phone ketimbang bicara langsung dan menggunakan bahasa tubuh. Alangkah baiknnya jika kita bisa membudayakan bahasa tubuh ke generasi mendatang.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: