Canggih

Melalui teknologi yang canggih, persoalan dunia bisa diatasi (Morita)

kendaraan-canggih-presiden-amerika-unikboss-7Kalau bicara soal teknologi canggih, maka kita akan bicara Sony, khususnya di bidang electronic. Sony, tak perlu ditanya lagi tentang perusahaan ini. Nyaris segala bentuk produk elektronik yang kita lihat, Sony menjadi brand yang terdepan. Orang melihat label Sony dalam suatu produk sebagai sebuah jaminan tentang kehandalan dan kekuatan inovasi yang membuat hal itu menjadi prestise tersendiri. Bahkan tidak hanya dalam dunia elektronik, Sony pun turut meramaikan dunia entertainment dengan adanya Sony Music Entertainment dan Sony Pictures Entertainment, serta masih banyak lagi karya inovasi Sony yang dapat dikatakan merajai dunia saat ini. Tapi sejenak kita lupakan itu semua, kita tinggalkan kesuksesan luar biasa tersebut, kita lihat bagaimana perjuangan luar biasa dari awal hingga mencapai posisi saat ini. Dari dasar pemikiran pendiri Sony dan misi bahwa melalui teknologi canggih untuk membangun dunia.
Adalah Mr. Masaru Ibuka dan Mr. Akio Morita, tentu menjadi dua orang paling berjasa atas keberadaan Sony saat ini. Merekalah para pendiri yang menancapkan nilai-nilai serta idealisme luar biasa, terutama dalam hal teknologi elektronik yang canggih, yang tidak hanya menjadi Sony begitu berjaya, namun juga berpengaruh besar terhadap iklim bisnis di Jepang yang hancur pada Perang Dunia II. Mereka bertemu di tengah peperangan, di mana keduanya bergabung dengan Angkatan Laut Jepang yang memang membutuhkan para insinyur berbakat. Di sana, Ibuka yang sedang mengerjakan sistem pendeteksi kapal selam mulai bertemu dengan Morita, seorang mahasiswa teknik elektronika berbakat di Osaka Imperial University yang sedang mengembangkan sistem pemandu pencari panas.
Saya sependapat dengan Masaru Ibuka dan Akio Morita tentang membangun dunia dengan kecanggihan karena memang Tuhan memberi kesempatan kepada kita manusia untuk menggunakan kemampuan daya pikirnya untuk mengembangkan kemampuan dalam aplikasinya teknologi tinggi,
Seandainya Adam dan Hawa datang di jaman sekarang maka mungkin dia akan terheran-heran, sama seperti kalau kita bisa terbang tidak usah jauh-jauh 100 tahun ke depan kita akan heran-heran, banyak impian yang ingin dijangkau oleh teknologi. Tahun 1975 saya punya komputer dengan kecepatan 10 HZ kapasitas memori 10 MB, 30 tahun kemudian komputer saya memori sudah memiliki memori 2 terra.
Bagaimana kita membangun kehidupan rohani kita dengan aplikasi teknologi canggih, karena pembangunan rohani tidak terlepas dari teknologi canggih. Bagaimana dengan Gereja? Kita masih ketinggalan jauh dalam menggunakan teknologi canggih. Sound system dengan teknologi tidak lagi dinikmati suara keras, tapi suara lembut namun jelas didengar. Pencahayaan dan arsitektur serta design termasuk lighting.
Sungguh suatu berkat buat kita semua yang hidup di abad ini karena penemuan-penemuan teknologi canggih sangat cepat sekali perkembangannya. Tuhan memberkati sahabat semua

33 responses to this post.

  1. Posted by frans on March 6, 2013 at 6:28 am

    semoga kecanggihan terus bisa memberi dampak positif untuk kehidupan kita dan tidak memberikan dampak negatif….amin…

    Reply

  2. teknologi sekarang berkembang pesat dalam dunia,dengan adanya teknologi canggih saat ini manusia mau cari sesuatu sudah gampang dengan melalui internet,teknologi juga sangat penting dalam dunia perang

    Reply

  3. betul bro adharta, teknologi bener” sudah berkembang pesat dan globalisasi bener” sudah terasa..
    hal yang tidak bisa dibayangkan 30 tahun lalu..
    hahaha

    Reply

  4. Disini manusia terlihat betlomba lomba dalam menciptakan gagasan ataupun inocasi baru ..itulah yg dialami oleh perusahaan sekaliber sony..dimulai dari kerja kerasnya untuk mencapai tujuan dan usaha

    Reply

  5. di era milenium ke 21 ini siapa yang tidak kenal dengan yang namanya teknologi ?
    pasti semua nya tahu, di kota maupun didesa, rata-rata orang melakukan komunikasi jarak jauh menggunakan alat yang namanya handphone/ponsel..
    dengan berkembangnya teknologi membuat semua pekerjaan kita jadi mudah, cepat dan praktis. teknologi yang semakin berkembang saat ini membuat arus informasi yang ada semakin cepat. agar kita tidak tertinggal oleh perkembangan zaman ini maka kita juga harus mempersiapkan diri untuk belajar lebih cepat dan ekstra lagi agar bisa menjadi orang yang tidak ketinggalan informasi dan perkembangan zaman ini.

    Reply

  6. tuhan memberikan kita kemampuan daya pkir untuk digunakan sebaik baiknya, maka dari itu gunakan daya pikir kita semaksimal mungkin dan sebaik mungkin untuk membangun dunia yang lebih baik lagi.

    Reply

  7. di zaman yang sekarang ini, memang mulai banyak bermunculan gadget canggih yang mampu kita menjangkau dunia melalui koneksi internet dsb.
    namun teknologi canggih tsb memiliki sejarah atau perjalanan dari yang biasa saja menjadi yang luar biasa, dan itu yang sangat saya saluti dari perkembangan jaman,

    Reply

  8. Posted by Reynold Lukman on March 8, 2013 at 12:18 pm

    menurut saya, semakin canggih suatu teknologi, maka semua pekerjaan manusia dapat diringankan dalam kehidupan sehari-hari. namun tidak semuanya baik. semakin teknologi canggih maka manusia pun semakin dimanjakan. sehingga banyak org yg malas melakukan segala sesuatunya.

    Thanks
    Reynold

    Reply

  9. dengan adanya pengembangan iptek,, berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan mudah… hal paling mudah yang dapat kita lihat adalah pada komunikasi, dulu komunikasi jarak jauh memerlukan waktu yang lama dengan kirim pos,,, berhubungan dengan adanya heandphone dan komunikasi lainnya,,, maka hubungan komunikasi bisa dilakukan dalam hitungan detik

    Reply

  10. patut di contoh ni kerja keras dari Mr. Masaru Ibuka dan Mr. Akio Morita dari sony yang belum ada apa2nya sampai sekarang sudah terkenal🙂

    Reply

  11. Perkembangan teknologi pada abad sekarang ini memang pantas di acungi jempol karena diantara sangat berguna baik hal kecil maupun hal besar perkembangan teknologi juga karena pemikiran manusia yang sudah memikirkan hal-hal yang di saat-saat tertentu sangat berguna sehingga alat-alat yang canggih dapat di manfaatkan untuk membuat suatu penemuan baru yang bisa berguna untuk lingkungan sekitar kita. Juga dengan pemikiran untuk menemukan hal baru kita patut bersyukur kepada Tuhan yang sudah memberi kita akal budi untuk berfikir dan menggunakan teknologi sebagai suatu kebutuhan di dunia untuk berkomunikasi satu sama lain sehingga terjadi sebuah hubungan yang sangat akrab.

    Reply

  12. Perkembangan di dunia akan terus berkembang sesuai dengan globalisme kehidupan di dunia, seiring berjalannya waktu perkembangan tekhnologi an budaya akan terus meningkat sehingga tekhnologi yang sudah umurnya lama mulai disisihkan. Oleh karena itu kita tidak boleh terus digerakan oleh adanya tehknologi baru yang telah banyak diciptakan, tetapi kita harus melestarikan kebudayaan yang melekat di Indonesia dengan menciptakan inovasi yang berbeda dengan adanya unsur kebudayaan dalam inovasi tersebut.

    Reply

  13. Seperti mata uang koin yeng mempunyai dua sisi. Teknologi yang begitu canggih juga memiliki dua sisi yakni positif dan negatif. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi yang begitu canggih memegang peranan penting dalam mepermudah kehidupan manusia. Dan juga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kecanggihan teknologi menyeret manusia menjadi terlena dan malas. Semuanya hanya bagaimana kita memandang sisi mana yang terbaik.

    Reply

  14. Teknologi tidak bisa terlepaskan dalam dunia sekarang ini. Semua aspek kehidupan dari pendidikan hingga pekerjaan terdapat unsur ini didalamnya. Termasuk aplikasi teknologi dalam bidang perkembangan rohani kita. Pengguna teknologi yang baik adalah pengguna yang mampu menggunakan teknologi tersebut secara positif dan bermanfaat. Dengan demikian sebaiknya teknologi tersebut dapat dimanfaat kan demi perkembangan rohani kita. Mulai dari mensharingkan pekerjaan Tuhan dalam kita melalui internet, atau menjadi saluran berkat bagi orang lain melaui teknoligi. GBU all.

    Reply

  15. Perkembangan dunia dari abad 21 begitu pesat ,
    bahkan seperti kantor pos saja sudah tidak dibutuhkan lagi sekarang
    karena hanya dengan SMS pesan bisa langsung sampai tampa harus menunggu berhari hari
    semua ini memiliki efek positif dan negatif
    dengan kecanggihan yang terjadi sekarang
    dapat menghemat waktu , dapat mengurangi biaya
    dll🙂
    namun memiliki efek negatif juga
    manusia menjadi semakin malas , dan kita yang tidak mengikuti teknologi
    tentunya akan segera tertinggal ..

    Reply

  16. memang perkembangan jaman sekarang yang semakin canggih membuat orang makin ber-inovasi membuat sesuatu, semoga mendapatkan hal yang positif dan berguna bagi seluruh masyarakat

    Reply

  17. di abad 21 ini pekerjaan-pekerjaan yang dulunya manual sekarang menjadi menggunakan mesin dan teknologi. sedikit demi sedikit mungkin dunia ini tiga perempatnya pekerjaan menggunakan teknologi dan tidak manual lagi. mungkin pekerjaan rumah lama kelamaan akan diganti dengan robot yang memanjakan para manusia. sehingga para manusia menjadi semakin malas. tetapi kalau tanpa teknologi yang seperti sekarang ini, mungkin kita akan masih tetap seperti dulu yang menggunakan tangan dan sebagainya.

    Reply

  18. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 11:33 am

    zaman semakin canggih ,segala hal yang dilakukan manusia kini juga bisa dikerjakan oleh mesin,semua mengakibatkan berkurangnya lapangan pekerjaan.
    akan tetapi hal tersebut juga mempermudah pekerjaan manusia.
    semoga saja dampak yang di ciptakan oleh kecanggihan alat tersebut positive, jika tidak sungguh itu hanya akan membuat kekacauan yang sia sia.

    Reply

  19. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 11:55 am

    Perkembangan teknologi semakin lama semakin canggih sehingga manusia yang menciptakan memiliki otak yang canggih juga😀

    Reply

  20. perkembangan teknologi tanpa kita sadari bisa persoalan di dunia karena jika perkembangan teknologi semakin maju daya pikir semua orang akan lebih logika dan lebih mudah mendapatkan atau menemukan solusi dari persoalaan yang terjadi

    Reply

  21. Posted by Justman Tan - 1601266186 on June 16, 2013 at 11:22 am

    Justman / 02PNT / 1601266186

    Teknologi memang semakin lama semakin berkembang semakin canggih. Hal ini memudahkan kita menyelasaikan berbagai pekerjaan karena dibantu dengan adanya teknologi canggih. Misalnya pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain, dulu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengirim surat, sedangkan sekarang kita tdak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dengan mengirim pesan singkat.

    Reply

  22. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 1:48 pm

    teknologi canggih memang membantu kita dalam aktivitas sehari-hari. Akan tetapi , saat-saat sekarang malah anak anak balita cenderung tidak mau olahraga hanya ingin bermain game. Tentu hal tersebut bisa mengakibatkan hal hal yang tidak sehat. Kita juga harus bisa mengontrol pemakaian teknologi canggih tersebut

    Reply

  23. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 1:55 pm

    Perkembangan teknologi zaman sekarang sudah tidak dapat dicegah lagi. Kehadirannya semakin menjamur dikalangan masyarakat luas. Perkembangan teknologi membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih ringan.

    Reply

  24. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 6:59 am

    Teknologi semakin berkembang dari zaman ke zaman, yang artinya semakin memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan atau tugas menjadi lebih mudah dan enteng. Pada zaman dahulu sebelum adanya internet, kita mencari informasi dengan meminjam dan membaca buku di perpustakaan. Sekarang kita cukup mencarinya di suatu website atau blog tentang informasi terbaru.

    Reply

  25. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 7:24 am

    Teknologi merupakan hal yang akan terus berkembang secara terus menerus, dan tidak akan mati. Perkembangannya juga tidak terjadi secara lambat, tetapi sangat cepat. Dengan adanya perkembangan teknologi ini akan semakin membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari hari.

    Reply

  26. kemajuan teknologi yang pesat sangat dibutuhkan pada jaman ini karena peminatan dan keingintahuan dari masyarakat mendorong hal ini agar terus berkembang. tetapi banyak orang yang menyalah gunakan kemajuan teknologi ini sehingga berdampak negatif.

    Reply

  27. Perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah pesat, saya hanya berharap bahwa kitalah yang akan menggunakan teknologi, bukan dikendalikan sebab ada teman saya yang lebih tertarik melihat hpnya dibanding mengobrol secara langsung saat berkumpul

    Reply

  28. Saya sependapat dengan penulis, bahwa kita harus bersyukur hidup di jaman yang serba canggih ini. Sekali lagi, ini merupakan artikel yang menambah wawasan saya. Sekiranya kita sebagai manusia yang hidup di jaman ini, dapat memanfaatkan teknologi canggih yang ada guna mendapatkan hal yang positif.

    Reply

  29. 1701293351_Andre Jonathan : berbicara tentang teknologi, ya memang dari tahun ke tahun teknologi itu akan terus berkembang dan tidak pernah ada matinya. semakin hari, orang selalu memikirkan suatu teknologi baru yang akan diciptakannya di masa yang akan datang yang berguna bagi banyak orang. kita sebagai manusia yang menciptakan teknologi sudah seharusnya bangga karena telah memanfaatkan segala sesuatu yang ada di bumi yang telah diciptakan Tuhan ini dengan baik dan semaksimal mungkin.

    Reply

  30. semakin canggih teknologinya semakin cerdas pembuatnya, atau semakin canggih teknologinya semakin malas pemakainya, karena albert einstein pernah mengatakan “I fear the day that technology will surpass our human interaction. The world will have a generation of idiots”.

    Reply

  31. Posted by Eirene caroline on March 22, 2014 at 4:22 pm

    Kita memang harus bersyukur untuk kecanggihan yang kita miliki,namun sebisa mungkin jangan sampai kita salah menggunakannya . Belajarlah untuk menggunakan kecanggihan dengan tepat pada tempat ya untuk kemajuan bersama,juga tak lupa untuk mengandalkan Tuhan agar diberi hikmat untuk menikmati setiap kecanggihan ini agar tidak salah .

    Reply

  32. Posted by Budi Chandra on March 26, 2014 at 7:03 am

    Seiring berkembangnya teknologi, kita juga bisa membuat hidup kita menjadi lebih baik, tapi tak lepas juga bahwa teknology juga bisa membuat hidup kita menjadi lebih buruk. Contohnya bisa kita lihat orang-orang sekarang lebih sering bermain dengan gadgetnya ketimbang berkomunikasi dengan orang yang ada di sekitarnya. Jadi kita sebagai manusia harusnya memanfaatkan tekologi sebaik-baiknya, janganlah menyalahgunakan untuk hal yang tidak baik.

    Reply

  33. Posted by Rinaldy on March 27, 2014 at 1:33 pm

    Menurut saya memang kita harusnya bersyukur bisa hidup di zaman dengan penuh teknologi seperti,tapi tidak kah dengan kita hidup di zaman yang penuh teknologi seperti ini terkadang kita lebih berpikir untuk meninggalkan teknologi sejenak?seperti contoh kasus,saat sekarang apabila kita melihat ada sekumpulan orang yang sedang ngumpul,terkadang malah mereka lebih fokus kepada gadgetnya dibanding kan bercanda/berbicara dengan teman-teman yang sudah jelas ada didepan matanya,jadi apakah sebenernya teknologi itu baik?semua kembali lagi ke pribadi masing2 penggunanya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: