Konsep

Bekerja tanpa konsep sama dengan berjalan mundur.

David_SM12_CCSepulangnya dari Talk Show yang dibawakan oleh Pak Freddy Numberi tentang Overview Outlook Freight Forwarder dan Shipping tahun 2013 (saya jadi moderator) di Sport Club Kelapa Gading wah saya malah kebagian beberapa pertanyaan dari wartawan Info Gading tentang ilustrasi konsep pengembangan Short Transportation Industry, yang dikutip oleh harian Bisnis Indonesia. Konsep saya bahwa transportasi itu harus memperpendek bukan saja jarak tapi juga waktu tempuh. Misalnya, dari Bekasi ke Tangerang bisa 5 jam artinya jauh sekali sama dengan Jakarta-Hongkong dengan biaya besar sekali. Ada cita-cita membangun airport di Bekasi supaya Bekasi ke Jakarta naik pesawat atau helikopter saja. Itu guyon saya (konsep New York dan Newark jarak hanya 10 km, Brisbane dan Gold Coast, serta Melbourne dan Avalon).
Yang jelas manajemen transportasi harus bisa merubah konsep dari Business Oriented menjadi Happy Oriented tambah saya. Sebab, jalan Tol bisa macet 5 sampai 6 jam pasti pengguna jalan sama sekali tidak happy.
Pada tahun 2005 ada diskusi panel tentang Busway sebagai transportasi murah dan bebas macet sebagai solusi alternatif untuk menekan arus lalu lintas, yang diselenggarakan oleh Universitas Trisakti, saya sempat membuat sebuah paper unntuk bahan diskusi, bahwa seharusnya konsep manajemen transportasi kita diperbaiki dahulu dengan System Short Transportasi sampai system Suburb District dan Rayon. Konstribusi jelas dengan konsep lalu lintas yang baik.
Contohnya setiap perempatan di Jakata tidak ada atau belum ada Yellow Box (kalau jalan macet kita tidak boleh berhenti di belakang kendaraan yang berhenti di depan kita, terutama dalam kotak kuning sehingga memberi kesempatan kendaraan dari arus berlawanan bisa saling lewat walau lampu lalin mati. Signal Left turn (artinya kalau lampu mati di perempatan semua kendaraan yang bergerak tidak boleh belok kanan, artinya kalau mau belok kanan harus belok kiri belok kiri lalu belok kiri lagi, lalu jalan terus akhirnya sama jadinya belok kanan.
Demikian pula kita dalam hal bekerja. Apa saja perlu adanya konsep yang jelas. Perencanaan dan kalau perlu ada master plan. Kalau di kantor setiap tugas yang diberikan, sebelumnya kita harus buat konsep pelaksanaannya, lalu disusun dengan baik tata cara pelaksanaannya.
Saya rasa sebentar lagi kita semua, khususnya umat Gereja Santo Kristoforus akan membangun gereja baru, karena banjir lalu sudah memberikan pelajaran mahal. Untuk itu peran para pakar arsitek, teknik sipil, planologi, ahli TP (Teknik Penyehatan), dan ahli lingkungan hidup sangat penting. Mari kita kumpul memberikan sumbangsih pemikiran tentang master plan dan pembangunan gereja baru.
Konsep, kita perlukan bukan saja untuk pekerjaan fisik kita, tetapi juga kehidupan rohani kita, meniru saudara kita Muslim saat Wudhu ada bacaan niat walau hanya satu kalimat saja. Ada baiknya saat air suci menetes di dahi kita juga ada niat bahwa kita akan misa di mana Tuhan akan mengutus kita (arti misa). Nah kita sudah mempersiapkan dIri untuk apa kita diutus. Bagaimana dan mengapa kita harus diutus? Dengan mengenal konsep tersebut maka misa akan meniliki arti dan penuh makna. Saya mengatakan bahwa tanpa konsep maka kita seperti berjalan mundur. Semoga kita diberikan berkat agar menemukan jalan terdekat bersama Tuhan, tapi kalau ada distorsi, hambatan maka hubungan kita dengan Tuhan akan semakin jauh. Tuhan memberkati.

27 responses to this post.

  1. Posted by frans on March 6, 2013 at 6:34 am

    jadikan lah hidup kita dengen effesiensi yang tinggi dengan memiliki konsep yang baik untuk hidup kita…gbu

    Reply

  2. menurut saya jika prinsip yellow box tersebut diterapkan, kemungkinan tidak dipatuhi itu sangat besar, apalagi jika sedang macet dan kondisi panas menyengat, otomatis membuat orang tidak akan sabaran,,:)

    Reply

  3. intinya dalam suatu perencanaan kita memerlukan konsep, maka dari itu jika kita menginginkan rencana berjalan dengan lancar dan baik, kita terlebih dahulu harus membuat konsep yang bagus.

    Reply

  4. Posted by Reynold Lukman on March 8, 2013 at 12:27 pm

    jika kita bekerja tanpa konsep sama saja kita bekerja tanpa tujuan. kita hanya menjalani secara datar. jika hal itu terjadi kita tidak akan menjadi org yang sukses. karena kita tidak memiliki tujuan hidup.

    Thanks
    Reynold

    Reply

  5. kerja kalau tidak punya konsep pasti bingung apa yang akan di lakukan terlebih dahulu

    Reply

  6. Posted by meyliani on March 13, 2013 at 3:47 am

    konsep adalah sesuatu yang membimbing kita agar dapat hidup dengan terarah dan tidak menyesatkan kita…so buat lah konsep untuk dirimu dan kembangankan lah konsep itu…

    Reply

  7. Posted by Linda on March 14, 2013 at 6:04 am

    konsep adalah rencana awal atau dasar dari sesuatu yang akan kita lakukan , oleh karna itu apa yang ingin kita lakukan kita harus memikir kan konsep nya terlebih dahulu.

    Reply

  8. bekerja tanpa konsep juga sama dengan berjalan tanpa arah dan tujuan yang jelas. Konsep hadir untuk kita sebagai penunjuk arah yang akan kita tuju. Konsep juga menentukan bagaimana kita memulai langkah awal. Segala seusatu yang didasari serta diawali oleh konsep yang jelas dan baik, pastinya juga akan berakhir dengan baik pula.

    Reply

  9. hidup tanpa konsep atau mengalir saja seperti air layaknya menunjukkan sifat pasrah orang tersebut,tidak ada greget untuk meraih dan merencanakan sesuatu untuk dicapai

    Reply

  10. konsep merupakan suatu awal , dari sesuatu Misi yang akan kita lakukan .
    tanpa adanya konsep
    MIsi . pekerjaan kita akan mudah terhambat .
    seperti contoh perusahaan tanpa konsep , dapat mudah di rubuhkan oleh para pesaingnya🙂

    Reply

  11. konsep adalah sususan awal dari apa yang kita rencakan dan yang akan kita lakukan berikutnya jadi sesuatu yang ingin kita lakukan harus terkonsep terlebih dahulu

    Reply

  12. Konsep merupakan istilah yang digunakan untuk meng¬gambarkan secara abstrak suatu objek. Melalui konsep, diharapkan akan dapat menyederhana¬kan pemikiran dengan menggunakan satu istilah. Jika kita mempunyai konsep hidup yang baik maka hidup kita akan terus berjalan maju bukan sebaliknya.

    Reply

  13. Konsep hidup sukses terdapat ada beberapa program yang harus dilakukan agar kita dapat hidup sukses di dunia dan akhirat. Pertama, kita harus selalu berusaha menegakkan shalat dengan khusuk. Shalat tidak boleh lagi dipahami sebagai sebuah kewajiban, melainkan kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Dengan shalat, kita akan meraih pertolongan dan ridha Allah, sehingga hidup kita menjadi mudah dan berkah.

    Reply

  14. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 12:00 pm

    Strategi memang sangat penting supaya kita sukses dalam mengahadapi lawan..

    Reply

  15. kita harus memiliki konsep dalam bekerja jika tidak kita tidak pernah tau kapan dan berapa target yang kita hasilkan dalam bekerja, yang adal pekerjaan kita tidak akan terselesaikan jika tidak terkonsep dengan benar

    Reply

  16. Posted by Ervina on June 17, 2013 at 4:57 pm

    Konsep merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran, yang dinyatakan dalam suatu kata. Konsep dinyatakan juga sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik. Konsep didefinisikan sebagai suatu arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Konsep diartikan juga sebagai suatu abstraksi dari ciri-ciri sesuatu yang mempermudah komunikasi antar manusia dan memungkinkan manusia untuk berpikir. jika kita berkerja tanpa konsep sama aja sia-sia.

    Reply

  17. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 1:51 pm

    konsep dan planning dalam dunia kerja sangatlah penting. Seperti halnya dalam programming , pembuatan program tanpa konsep dan planning seperti jalan kaki di tengah hutan tanpa kompas dan arah , hanya memakai feeling. Dengan perencanaan yang matang dan konsep yang jelas , program pun bisa selesai dengan sempurna

    Reply

  18. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 3:21 pm

    Menggunakan konsep sebelum membuat badan utuh. maksudnya agar jelas dan tepat pada sasaran, konsep itu sangat membantu dalam membuat suatu hal. Konsep berupa rangka-rangka yang hanya butuh di poles dan dikembangkan agar menjadi lebih lengkap.

    Reply

  19. Posted by yugi p10 ubm on June 21, 2013 at 3:14 pm

    Jika setiap pekerjaan yg kita lakuin tanpa konsep dan rencana makan pekerjaan tersebut akan menjadi sia-sia karena tidak ada tujuan yang akan kita capai .

    Reply

  20. Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan. Konsep merupakan suatu dasar bagi kita dalam mengerjakan atau melakukan suatu hal dengan tujuan tertentu. Konsep yang kuat jelas dibutuhkan agar proses dalam mencapai tujuan tersebut tidak runtuh ditengah jalan.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  21. Posted by branov on December 5, 2013 at 1:26 pm

    konsep memang penting dalam segala hal, karena tanpa konsep kita tidak apa yang kita lakukan selanjutnya. akan lebih baik kita membuat konsep terlebih dahulu

    Reply

  22. konsep adalah peta seorang pengendara agar tidak kehilangan arah . dalam kehidupan seseorang konsep dibutuhkan agar kita dapat mengatur dan menjalankan dengan lancar tujuan dan tugas-tugas yang ingin di capai. dengan konsep kehidupan kita menjadi lurus karena kita mempunyai peta agar tidak salah arah.

    Reply

  23. konsep “konsep bagaikan pondasi pada bangunan, tanpa adanya pondasi sebuah bangunan akan menjadi sangat rapuh”

    Reply

  24. 1701293351_Andre Jonathan : suatu konsep menentukan keberhasilan pekerjaan kita. konsep yang baik adalah konsep yang dipikirkan secara matang dan perencaannya berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. dalam membuat suatu konsep, kita harus mengerti dan memahami konsep tersebut dan konsep itu harus logis bisa diterima oleh semua pihak. konsep memberikan kita arahan dan perencanaan kerja yang jelas.

    Reply

  25. konsep ialah hal yang penting dalam membuat suatu project. tanpa adanya konsep. project yang kita buat sudah pasti tidak akan berhasil.

    Reply

  26. Posted by Rinaldy Zulkarnain / 04 PJT / 1601277044 on March 27, 2014 at 2:33 pm

    Konsep, dengan kata lain adalah “Blueprint” yang akan menjadi panduan dan patokan untuk apapun yang kita lakukan. Kitab suci adalah konsep Tuhan dan panduan dalam hidup kita. Ini artinya diperlukan konsep untuk mendapat kesempurnaan dalam hidup, serta konstabilitas untuk terus melakukan sesuai konsep yang ada.

    Reply

  27. Posted by Andi Reva Refiana on March 27, 2014 at 4:53 pm

    Seperti hal nya dengan hidup. Kita hidup mempunyai konsep untuk kedepannya bagaimana kita sukses dalam mencapai tujuan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: