Pengalaman

Pengalaman adalah guru yang baik dan nilainya mahal.

leaderDevLGPada saat recruitment atau pendaftaran menjadi karyawan baru, baik lisan maupun tulisan, pertanyaan pertama adalah apa pengalamannya, baru disusul dengan pendididkan dan keadaan atau kondisi lainnya. Siapa yang tidak memerlukan pengalaman karena memang itu mahal sekali. Kalau mendidik orang sampai jadi bisa kerja biayanya mahal, sehingga dalam bekerja kita harus membuka mata dan telinga kita agar betul-betul meresapi, mendalam dan mengerti apa yang kita kerjakan. Sekecil apapun yang kita kerjakan pasti memiliki nilai yang tinggi sekali.
Ah Kuet, seorang tukang kunci, nongkrongnya di Superindo. Saya mengenal baik beliau dan suka bercanda kalau kebetulan saya berbelanja di Superindo Daan Mogot. Saya pasti mengajaknya ngobrol. Beliau sudah 20 tahun lebih menjadi tukang kunci. Kunci apa saja bisa dibukanya atau bahkan dibuat duplikatnya, sampai menurutnya brankas juga bisa dibukanya.
Bagaimana semua ini bisa kamu lakukan dengan baik? Sekolah di mana?. Dia tertawa. Mana ada Universitas Kunci. Yang ada hanya belajar dari pengalaman. Tanpa guru dan pembimbing. Dia sukses menjadi wiraswasta yang penuh tanggung jawab. Apakah anda pernah gagal membuka atau membuat duplikat kunci? Semua kehidupan pasti ada hasil pasti ada gagal. Saya hanya berdoa kalau mengalami kesulitan!
Wah hebat Ah Kuet. Nomor hapenya 081317951250 jika suatu saat anda perlu.
Memang pengalaman tidak bisa dipisahkan dari ilmu pengetahuan. Sedalam apapun ilmu pengetahuan yang dimiliki seseorang tidaklah ada artinya. Demikian disebut sedalam apapun iman seseorang tanpa perbuatan sama dengan mati. Pengalaman berasal dari kata Peng-ALAM-an. Ia merupakan hasil sentuhan ALAM dengan Panca Indra Manusia, sehingga memungkinkan manusia menjadi tahu. Inilah yang disebut pengetahuan.
Dalam dunia kerja atau usaha istilah pengalaman juga digunakan untuk merujuk pada pengetahuan dan ketrampilan tentang sesuatu yang diperoleh lewat keterlibatan atau berkaitan dengannya selama periode tertentu. Secara umum, pengalaman menunjuk kepada mengetahui bagaimana atau pengetahuan prosedural daripada pengetahuan proposisional.
Pengetahuan yang berdasarkan pengalaman juga diketahui sebagai pengetahuan empirikal atau pengetahuan posteriori. Seorang dengan cukup banyak pengalaman di bidang tertentu dipanggil Ahli atau Pakar di bidangnya
Semoga pembelajaran kita sehar-hari memberikan kita pengalaman berharga, terutama pengalaman iman kita agar bisa menumbuhkan pengharapan kita. Kasih Tuhan melindungi anda semua.

50 responses to this post.

  1. Betul sekali pengalaman adalah hal yang mutlak di dalam kehidupan sehari-hari. Manusia pasti ingin sekali mempunyai pengalaman yang banyak dan luas, tetapi adakah niat yang muncul dari dalam diri untuk meperkaya pengalaman tersebut?. Jika tidak dan hanya mengandalkan orang lain tentu pengalaman yang dicari tidak akan pernah tercapai. Maka perbanyak lah pengalaman di dalam hidup ini.

    Reply

  2. pengalaman merupakan pelajaran yang sangat penting dalan kehidupan kita. setiap mau berkerja pasti kita di tanya seberapa banyak pengalaman yang udah kita jalanin

    Reply

  3. betul mas adharta..
    pengalaman saya selama bekerja di toko mebel sekarang ini saja sedang saya kumpul”in agar bisa membuka lapangan usaha baru kedepannya..
    amin..
    hahah

    Reply

  4. Posted by Leonard Arden ubm on March 8, 2013 at 10:11 am

    pengalaman memang memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan, terlepas dari kata mutiara yang sering sekali saya baca dalam buku tulis. ” experience is the best teacher”. ya, pengalaman adalah guru terbaik, pengalaman mengajarkan kita secara langsung dan bukan hanya teori dan pengalaman pun juga akan terus melekat di dalam pikiran dan ingatan kita sampai kapanpun.

    Reply

  5. PENGALAMAN kata yang sangat berharga. kenapa Kita bisa mengerjakan sesuatu? karena kita sudah punya pengalaman dalam hal itu. Kita kalau tidak punya pengalaman dalam bidang apapun sama aja kita tidak bisa apapun baik dalam mengerjakan tugas maupun bekerja. Pengalaman itu sangat mahal, pengalaman tidak bisa di jual belikan karena pengalaman itu miliki diri sendiri.

    Reply

  6. Pengalaman adalah nilai-nilai kehidupan yang harus kita ingat dan selalu kita alami.
    pengalaman setiap orang berbeda dan pengalaman adalah guru yang baik untuk kehidupan diri sendiri.
    pengalaman pahit adalah pengalaman yang harus kita ingat agar pengalaman pahit itu tidak terulang lagi.

    Reply

  7. Posted by cottonbutton on March 10, 2013 at 2:26 pm

    menurut saya, pengalaman lebih penting daripada ilmu. jika ada dua pilihan antara tidak berpendidikan tapi berpengalaman dan berpendidikan tinggi tapi tidak berpengalaman,tentu kita akan lebih memilih orang yang berpengalaman. apalagi didunia kerja sekarang ini, susah sekali mencari orang yang berpengalaman dan mempunyai skill yang baik. jika kita sudah mempunyai pengalaman yang banyak, kita tidak boleh sombong dan janga lupa untuk membagi skill dan pengalaman yang kita punya kepada teman yang membutuhkan.

    Reply

  8. Pengalaman memang lah guru yang tidak pernah habis untuk dipelajari. Sebagai orang yang bekerja pasti pengalaman sangat berguna dalam setiap pekerjaan, mereka juga bisa mendapat pengalaman dari yang sedang mereka lakukan. Pengalaman dalam melakukan sesuatu adalah hal yang sangat berharga bagi orang yang sangat memanfaatkan pengalaman itu untuk menjalani hidup ini. Belajar dari pengalaman yang ada baik pengalaman diri sendiri maupun orang lain dapat membantu orang tersebut untuk menjadi orang yang lebih maju.

    Reply

  9. Posted by meyliani on March 13, 2013 at 3:57 am

    pengalaman adalah sesuatu yang sangat penting dari setiap kegiatan yang kita lakukan….pengalaman adalah sesuatu yang bisa membuat kita melakukan suatu kegiatan dengan hasil yang maksimal…so kita harus mencari segala macam pengalaman agar kita kelak menjadi orang yang dapat berguna di masyarakat.

    Reply

  10. 40 Pengalaman Hidup yang Paling Berharga, yaitu:

    1. Hidup mungkin tidak adil, namun tetap masih baik untuk anda jalani.

    2. Ketika anda diliputi keraguan, tetap maju dengan mengambil langkah kecil.

    3. Hidup terlalu singkat jika anda habiskan dengan membenci orang lain.

    4. Pekerjaan tidak akan mengurus anda ketika anda sakit. Teman-teman, pasangan dan orang tua yang akan mendampingi anda.

    5. Bayarlah kartu kredit anda setiap bulan.

    6. Anda tidak perlu merasa menang untuk setiap argumentasi.

    7. Menangislah bersama seseorang. Jauh lebih sehat dibanding anda menangis sendirian.

    8. Tidak apa-apa jika anda kesal pada Tuhan. Ia dapat mengerti anda.

    9. Menabunglah untuk pensiun anda kelak, dimulai sejak anda menerima penghasilan pertama.

    10. Iri adalah hal yang memboroskan waktu. Anda sebetulnya sudah memiliki apa yang anda perlukan.

    11. Berdamailah dengan masa lalu anda, sehingga ia tidak melukai masa sekarang.

    12. Tidak apa-apa jika anak-anak melihat anda menangis.

    13. Jangan membandingkan hidup anda dengan orang lain. Anda toh tidak mengetahui perjalanan hidup yang telah dilalui orang tersebut.

    14. Jika sebuah hubungan harus menjadi rahasia, anda seharusnya jangan berada di dalamnya.

    15. Segala hal dapat berubah dalam sekali kejapan mata. Tetapi jangan khawatir, Tuhan tidak pernah mengejapkan mata.

    16. Tariklah nafas dalam-dalam. Itu akan menenangkan pikiran anda.

    17. Buanglah hal-hal yang tidak berguna, indah atau menyenangkan.

    18. Apapun yang tidak membunuh anda, akan membuat anda semakin kuat.

    19. Ketika anda ditanya apa yang anda cintai dalam hidup, jangan memilih ‘tidak ada’ sebagai jawabannya.

    20. Tidak pernah ada kata telat untuk memiliki kebahagiaan seperti anak kecil.

    21. Nyalakan lilin dan kenakan pakaian yang bagus. Jangan menyimpannya untuk acara-acara khusus. Hari ini adalah hari yang spesial.

    22. Selalu ‘sedia payung sebelum hujan’.

    23. Organ seks tubuh yang paling penting adalah otak.

    24. Tidak ada orang yang bertanggung jawab terhadap kebahagiaan anda, kecuali anda sendiri.

    25. Selalu bingkaikan apa yang anda sebut bencana dengan kata-kata ini: “Dalam 5 tahun, apakah akan terjadi lagi?”

    26. Ambil selalu pilihan untuk hidup.

    27. Maafkan segala kesalahan orang lain.

    28. Jadilah unik sekarang. Jangan menunggu usia tua untuk mengenakan warna ungu.

    29. Jangan pusingkan apa yang orang lain pikirkan tentang anda.

    30. Waktu menyembuhkan hampir semua hal. Berilah ‘waktu’ pada waktu.

    31. Apapun situasinya, baik atau buruk, akan selalu berubah.

    32. Jangan biarkan diri anda terlalu serius.

    33. Percayalah pada keajaiban.

    34. Apapun perasaan anda, bangkitlah, berpakaianlah dan tampillah.

    35. Anak-anak anda hanya mempunyai sekali masa kecil.

    36. Semua yang benar-benar penting pada akhirnya adalah hal-hal yang anda cintai.

    37. Pergilah keluar setiap hari. Keajaiban sedang menunggu di luar sana.

    38. Jika kita semua melemparkan masalah kita ke dalam tumpukan dan melihat orang lain melakukan hal yang sama, maka kita akan mendapatkan masalah kita kembali.

    39. Hal terbaik masih menunggu untuk datang.

    40. Tuhan selalu mengasihi anda, tidak peduli apa yang anda lakukan atau tidak anda lakukan.

    Reply

  11. Pengalaman merupakan pendidikan yang tidak kita dapat pada saat duduk dibangku sekolah maupun dibangku kuliah, hanya bisa kita dapatkan dengan terjun langsung dan mempraktekan dan menjalaninya.
    Sedangkan pendidikan merupakan dasar kita pada saat kita akan terjun langsung dikehidupan sosial.
    Jadi pendidikan dan pengalaman merupakan hal terpenting dalam menjalani hidup dan keseimbangan antara keduanya dapat membantu kita dalam menghadapi setiap masalah dan menyelesaikannya.

    Reply

  12. Posted by Linda on March 14, 2013 at 6:30 am

    Pengalaman dapat menjadi pedoman bagi kehidupan kita kedepannya .

    Reply

  13. Bagi segelintir orang pengalaman yang bisa dijadikan guru yang baik adalah pengalaman yang manis. Sebenarnya itu salah besar. Kebanyakan orang menganggap kegagalan sebagai pengalaman pahit yang harus dilupakan. Padahal jika kita bisa memandang dari sisi yang berbeda. Pengalaman yang dapat dijadikan sebagai guru terbaik adalah KEGAGALAN. Kegagalan adalah suatu bentuk batu loncatan kita dalam meraih kesuksesan.

    Reply

  14. kata orang ada 3 tipe orang berdasarkan pengalamanya yaitu:
    1. orang yang belajar dari pengalaman orang lain.
    2. orang yang belajar dari pengalamanya sendiri.
    3. orang yang tidak permah belajar dari pengalaman.

    Reply

  15. Saya sangat setuju bahwa sebuah pengalaman adalah seorang guru yang baik. Dari sebuah pengalaman kita belajar banyak hal yang mungkin tidak kita dapatkan dalam pendidikan formal. Banyak contoh orang sukses yang berhasil walaupun hanya mengandalkan sebuah pengalaman dengan pendidikan yang minim. Ini menunjukan betapa mahalnya harga sebuah pengalaman. Carilah sebanyak mungkin pengalaman mu dan lihat apa yang terjadi. Tuhan memberkati.🙂

    Reply

  16. experience is the best knowledge. melalui pengalaman banyak hal bisa kita ubah agar tidak terjadi kejadian yang sama

    Reply

  17. Pengalaman adalah sesuatu yang sangat mahal , dan tidak bisa di dapatkan dengan mudah.
    pengalamn kerja , pengalaman menghadapi suatu masalah yang besar, tentu ini tidak mudah kita hadapi dan kita dapat.
    dengan adanya pengalaman pun kita bisa menjadi lebih baik.
    seperti pepatah
    Experience can make us better😀

    Reply

  18. orang yang memiliki pendidikan yang bagus tetapi pengalamannya kurang sesungguhnya orang tersebut blm tentu lebih baik dari orang yang pendidikannya lebih rendah dari orang tersebut.. karena menurut saya dalam suatu pekerjaan ilmu yang kita dapatkan sesungguhnya tidak semuanya kita pakai.. karena kita juga bertindak berdasarkan pengalam yang pernah kita dapat kan.. sehingga pola pikir kita dalam mengambil suatu tindakan akan lebih baik… jadi pengalaman adalah guru yang paling baik di dunia ini untuk menuntun kita ke jalan yang baik..

    Reply

  19. oleh sebab itulah banyak orang yang bilang “belum tentu sukses kalau sekolah tinggi-tinggi” ,pengalamanlah sebabnya…banyak orang diindonesia yang sukses tetapi sekolahnya tidak berhasil…ya dari pengalaman inilah dia belajar memupuk serta kerja kerasnya selama hidup

    Reply

  20. Pengalaman memang sangat dibutuhkan dalam hidup setiap orang. Pengalaman dapat menjadikan seseorang untuk bisa hidup lebih baik lagi ke depannya. Orang bisa banyak belajar dari berbagai pengalaman yang dialami. Dan benar, pengalaman adalah guru yang paling baik.

    Reply

  21. Posted by cheri meirani on June 14, 2013 at 5:34 pm

    betul sekali pak adharta pengalama itu tidak bisa di beli pengalaman itu harus di cari jd selagi muda cari lah pengalaman sebanyak2 nya karena itu modal berharga kita buat sukses

    Reply

  22. Posted by cindy on June 15, 2013 at 8:15 am

    Saya sangat setuju bahwa sebuah pengalaman adalah seorang guru yang baik. Dari sebuah pengalaman kita belajar banyak hal yang mungkin tidak kita dapatkan dalam pendidikan formal. Banyak contoh orang sukses yang berhasil walaupun hanya mengandalkan sebuah pengalaman dengan pendidikan yang minim

    Reply

  23. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 12:00 pm

    pengalaman hal yang terpenting agar menjadi yang lebih baik.apa lagi di dalam bidang pekerjaan.pengalaman adalah hal penting yang selalu di tanyakan oleh perusahaan.

    Reply

  24. Posted by khairani bianda on June 15, 2013 at 5:32 pm

    pengalaman adalah pembelajaran yang sangat berharga, dari pengalaman kita akan membangun dan mengembangkan diri kita dan juga memotivasi kita agar lebih baik lagi

    Reply

  25. Posted by Justman Tan - 1601266186 on June 16, 2013 at 11:42 am

    Justman Tan /02PNT/ 1601266186

    Pengalaman memang merupakan ilmu yang paling bagus. Karena dari pengalaman lah kita bisa belajar mengatasi masalah kita sebelumnya yang pernah terjadi. Dari pengalaman kita bisa tidak mengulangi hal yang pernah kita sesali. Misalnya saja saat kita tidak belajar pada saat ulangan, tentu kita akan menyesal karena mendapat nilai jelek dan kita tidak kejadian itu terulang lagi bukan?

    Reply

  26. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 12:56 pm

    dalam sepakbola , beberapa pelatih akan lebih mempercayai pemain muda ketimbang pemain veteran atau senior. Contohnya seperti andre villas boas saat melatih di chelsea , apa yang terjadi? Timnya mengalami kekalahan terus menerus berujung pada pemecatan dirinya. Bedanya pemain senior dengan junior yaitu para pemain senior sudah sangat terlatih mentalnya dan memiliki strategi2 tersendiri akibat pengalamannya

    Reply

  27. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 3:26 pm

    Banyak dari kita meremehkan pengalaman dan mengulang kesalahan yang sama. Sebetulnya pengalaman mengajarkan kita banyak hal. Seperti halnya untuk lebih berhati-hati bertingkah laku ketika ditempatkan pada suatu keadaan yang sama seperti dulu sehingga kita tidak mengulangi kesalahan itu kembali dan berusaha memperbaikinya.

    Reply

  28. Posted by yugi p10 ubm on June 21, 2013 at 3:51 pm

    Pengalaman memang guru terbaik yang ada , pengalaman mengajarkan kita untuk tidak ngulang in kesalahan yang pernah kita lakukan .

    Reply

  29. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:57 am

    Belajar dari pengalaman merupakan salah satu kunci untuk mencapai suatu pencapaian, melalui pengalaman diri sendiri ataupun pengalaman orang lain.

    Reply

  30. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 7:35 am

    Pengalaman merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kita. Semakin banyak pengalaman, maka semakin banyak juga pengetahuan yang kita miliki. Terlebih lagi dalam dunia pekerjaan, pengalaman ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan.

    Reply

  31. 1701293351_Andre Jonathan : saya setuju sekali dengan pernyataan “Pengalaman adalah guru yang baik dan nilainya mahal”. pengalaman merupakan proses perjalanan hidup dari awal hingga akhir. dalam setiap pengalaman pasti ada suatu proses. dari hal yang kecil menuju ke hal yang besar. dalam prosesnya, seringkali ada suka-duka, kepahitan-kemanisan hidup, kesedihan-kegembiraan hidup, dan masih banyak lagi. hal-hal ini yang mengisi setiap pengalaman hidup kita. jadi untuk memperoleh pengalaman hidup kita membutuhkan suatu proses dari awal hingga akhir hingga kita bisa mencapai tujuan yang kita capai. untuk itu, pengalaman itu sangatlah berharga dan tidak akan pernah bisa kita dapatkan lagi untuk kedua kalinya. pengalaman yang unik hanya terjadi satu kali dalam hidup kita. selain itu, kita bisa banyak belajar dari pengalaman hidup orang lain melalui cerita-cerita perjalanan hidupnya.

    Reply

  32. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 10:56 am

    Pengalaman tentu saja sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Percuma saja jika kita pintar, dan rajin tetapi sama sekali tidak memiliki pengalaman apa – apa. Pada nantinya kita tidak akan dipakai atau di terima di suatu perusahaan karena orang yang mempunyai pengalaman lebih banyak akan lebih mudah untuk memecahkan suatu masalah

    Reply

  33. Pengalaman adalah suatu bimbingan yang kita dapatkan dari apa yang pernah kita alami selama ini guna membentuk perilaku kita dalam lingkungan hidup.

    Reply

  34. Pengalaman adalah nilai-nilai kehidupan yang sangat berharga dalam hidup kita.
    pengalaman setiap orang berbeda dan pengalaman adalah guru terbaik untuk kehidupan diri sendiri agar kita tidak mengulangi kesalahan yang pernah kita lakukan.

    Reply

  35. pengalaman memang guru yang paling baik dan mahal. dimana kita dapat belajar baik, dan dapat melakukan perubahan yang jauh lebih baik dari pengalaman kita sendiri, karena kita telah merasakannya sendiri dan benar2 mengalami sendiri.

    Reply

  36. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 1:58 pm

    pengalaman itu membantu kita untuk belajar dari kesalahan yang dilakukan di masa lalu dan tidak mengulanginya lagi di kmudian hari,Pengalaman setiap orang berbeda-beda dan itu yang membuatny mahal

    Reply

  37. Pengalaman sangat berharga karena saat seseorang mengalami sesuatu ia akan benar-benar belajar cara mengatasinya dan alhasil jauh lebih memahami apa yang dia alami dibanding ajaran guru dari sekolah

    Reply

  38. Posted by Defreia on December 5, 2013 at 4:11 pm

    Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup ini, pemngalan mengajarkan seseorang untuk tidak mengulangi dan belaar dari kesalahan yang pernah ia lakukan di masa lampau

    Reply

  39. banyak yang bilang, jadikanlah pengalaman sebagai guru didalam hidupmu. Itu memang benar, kita perlu belajar dari pengalaman yang telah kita lalui. Mau baik ataupun buruk, keduanya adalah guru yang dapat mengajari kita bagaimana menghadapi masa depan dengan lebih baik lagi.

    Reply

  40. 1701293351_Andre Jonathan : semakin tua umur seseorang, semakin banyak pengalaman yang diperolehnya di dalam hidup ini. biasanya, orang yang hidupnya berpengalaman telah merasakan manis-pahitnya dunia lebih mapan dan matang dalam menghadapi kehidupan. di dalam hidup ini banyak sekali pengalaman yang telah kita alami. ada baik dan buruk, ada manis dan pahit, ada kesedihan dan kebahagiaan, dan ada suka dan duka. pengalaman hidup yang kita peroleh akan semakin menguatkan dan membuat kita mapan dan matang dalam melakukan banyak hal. misalnya dalam pekerjaan. yang dicari adalah pengalaman bekerja bukan? semakin berpengalaman kita, semakin tinggi gaji dan jabatan yang bisa kita peroleh. untuk itu, pengalaman sangatlah penting dalam hidup kita.

    Reply

  41. semua orang pasti mempunyai penglaman, entah itu pengalaman yang baik atau buruk, hampir dari mereka mengingat pengalamannya masing-masing, dan belajar dari pengalaman tersebut. tapi ada juga orang yang tidak pernah belajar dari pengalamannya.

    Reply

  42. FATHUBILLAH 1701360601
    “APA YANG KITA DAPAT HARI INI, TERGANTUNG APA PENGALAMAN KITA DIHARI KEMARIN” kita akan mendapatkan hal yang lebih baik jika sudah punya pengalaman, pengalaman yang kita lalui. Itu akan menjadi pelajaran berharga bagi semua orang

    Reply

  43. Posted by hudson on January 16, 2014 at 3:43 pm

    pengalaman memang merupakan guru terbaik. bagaimanapun diajarkan orang lain tidak akan sebaik mengalaminya sendiri

    Reply

  44. Posted by Yosua Setiawan 04PAW on March 24, 2014 at 1:23 pm

    Kemampuan atau skill itu mahal harganya tetapi pengalaman itu sangatlah mahal. Pengalaman adalah guru, karena pengalaman membuat kita belajar dari kesalahan, membuat pilihan dan sebagai pelengkap dari skill yang telah kita miliki. Oleh karena itu carilah pengalaman sebanyak – banyaknya.

    Reply

  45. Posted by Budi Chandra on March 26, 2014 at 7:10 am

    Memang sepertinya pengalaman tidak bisa lepas dari ilmu pengetahuan, karena ada juga ilmu yang kita bisa, karena adanya pengalaman dan kadang kala pengalaman membuat kita menjadikan diri kita lebih baik. Dan kadang kala kita hanya bisa menyelesaikan masalah yang ita hadaapi dengan pengalaman yang kita miliki atau dengan pengalaman orang lain.

    Reply

  46. Posted by Restu P Matondang on March 26, 2014 at 10:48 am

    1601287796_Restu P Matondang: Sudah sering kita dengar bahwa pengalaman adalah guru terbaik, dan hal ini memang benar adanya. Dengan adanya pengalaman diri, kita bisa belajar dari pengalaman tersebut untuk lebih baik. Pengalaman bisa menjadi petunjuk kita ketika menghadapi masa depan. Kita juga bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi dan belajar untuk mengulangi kesalahan yang sama apabila kita pernah melakukan sesuatu yang buruk atau salah.

    Pengalaman juga akan memberikan kita kepercayaan diri yang lebih saat menghadapi suatu masalah karena mungkin sudah pernah mengalami masalah tersebut sebelumnya. Kurangnya pengalaman biasanya akan membuat kita kurang percaya diri dan sering membuat orang lain kurang percaya pada kemampuan kita.

    Reply

  47. Posted by 04PKF_HardianIkhsan on March 26, 2014 at 4:07 pm

    mencari ilmu lebih mudah daripada mencari pengalaman, ilmu dapat dibeli dengan harta kekayaan, tetapi pengalaman adalah sesuatu yang harus kita alami terlebih dahulu sebelum mendapatkan ilmunya.

    Reply

  48. Posted by rivi puspita on March 26, 2014 at 4:10 pm

    Saya sangat setuju pengalaman adalah guru yang baik dan nilai nya mahal. Dikatakan guru yang baik karena pengalaman benar-benar penting buat kedepannya dan sangat berguna sekali bagi kita. Tanpa pengalaman kita tidak bisa tau apa yang kita perbuat benar atau salah. Dari pengalaman juga kita lebih banyak tau dan belajar dari kesalahan-kesalahan yang kita lalui sehingga kita menjadi lebih baik dari sebelum nya.

    Reply

  49. Posted by Priska Lucyana Tendean on March 26, 2014 at 4:35 pm

    Pengalaman memang guru yang baik. Semua yang kita alami dalam hidup menjadi bekal kepada kita dalam melangkah ke depan. Karena itu, nikmatilah proses demi proses kehidupan agar kita menjadi pribadi yang lebih baik. Pengalaman hidup bersama Tuhan juga membuat kita semakin bertumbuh.

    Reply

  50. Posted by Andi Reva Refiana on March 27, 2014 at 4:56 pm

    Pengalaman adalah guru yang paling baik. Dengan pengalaman kita dapat memperbaiki hal yang kurang yang kita jalani. Pengalaman membuat kita bertanggung jawab dan mandiri.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: