Kompak

Kekompakan dalam suatu organisasi berbuah kebahagiaan bersama (Adh)

Apa sebenarnya yang kita cari dalam suatu kelompok, komunitas atau organisasi atau perusahaan. Saya rasa semua kita tahu jawabannya, yaitu “Kebahagiaan”, karena makna kebahagiaan itu mencakup materi, psikologis, lingkungan dan komunikasi dan tidak ketinggalan “kompak”. Kompak itu artinya melepas egoisme lalu mendahulukan persahabatan atau pertemanan. Kompak tidak tergantung balasan materi dan semuanya menghasilkan suka cita besar.
(Kisah nyata) : Anita, seorang sekretaris di sebuah perusahaan pengeboran minyak, baru saja ditinggal suaminya, yang menikahi perempuan lain. Anita harus menjaga dan merawat dua anaknya sendiri. Kehidupan ekonomi pas-pasan dan dicukupi oleh gaji saja. Suatu siang dalam perjalanan tugas, Anita mendapat musibah dirampok. Dia membawa uang perusahaan juga uang pribadinya, juga ada titipan uang kawan-kawan untuk arisan kantor. Sungguh nasib malang sudah jatuh ketiban tangga. Tapi sungguh di luar dugaan, baik perusahaan maupun teman-teman bahkan mengumpulkan dana buat dirinya, sehingga bukan kerugian malah dia mendapat uang lebih karena kekompakan teman-temannya. Kekompakan itu menimbulkan solidaritas. Semua teman-teman rela membantu dan mereka bahagia karena bisa menolong temannya yang susah. Anita menemukan kebahagiaan tersendiri dalam kekompakan bersama teman-temannya.
Kekompakan (dalam arti positif) pasti dirindukan setiap insan manusia, baik dalam rumah tangga antara suami istri, anak-anak, dan orang tua. Sungguh suatu keindahan dan kebahagiaan besar kalau semuanya kompak sehati sejiwa dalam segala hal. Interaksi manusiawi juga jika berada dalam lingkungan di RT/ RW dan di kantor. Semua organisasi pasti menginginkan kekompakan karena di sanalah letak kekuatan dan kebersamaannya.
Dalam kesempatan kali ini saya ingin menawarkan beberapa langkah dalam upaya membina kekompakan anggota dalam suatu organisasi.

Visi dan Misi
Dalam organisasi sangatlah diperlukan adanya visi dan misi yang jelas, sehingga anggota dengan sendirinya akan dipersatukan oleh visi dan misi itu sendiri. Bagaimana pun juga visi dan misi dalam sebuah organisasi adalah pondasi utama yang sangat menentukan kelanggengan organisasi di masa yang akan datang. Jika dalam individu anggota sudah memilki visi misi yang sama, maka akan sangat mudah untuk dipersatukannya.

Saling percaya, saling dukung dan saling silang rasa.
Sebuah kesalahpahaman antaranggota sering terjadi dalam perjalanan suatu organisasi. Hal ini dapat diatasi jika terlahir sebuah proses keterbukaan dan saling mempercayai sesama anggota sehingga akan membentuk suatu hubungan kekompakan anggota.

Kerjasama, komunikasi dan konflik
Keharmonisan dalam berorganisasi tentunya sangat erat ketergantungannya dengan jiwa kerjasama, komunikasi dan menghindari konflik. Segalanya memang perlu pembiasaan. Jika ingin memiliki anggota yang kompak, maka asas kerja sama harus terus dibakar dalam tiap individu anggota. Jangan pernah melihat kadar berat ringannya perbuatan tersebut. Bagaimana pun juga dalam kehidupan berorganisasi segalanya harus dipikul bersama. Meskipun sejatinya perkara tersebut bisa dilaksanakan sendiri.
Begitu pula dalam komunikasi sesama anggota juga sangat dibutuhkan. Jiwa kebersaaan akan tumbuh subur dalam individu anggota jika komunikasai terus berjalan. Lain halnya dalam memandang konflik biasanya semua orang selalu memakai kacamata negatif. Seolah-olah dalam konflik itu tidak akan menghasilkan sisi positif. Padahal jika para anggota terlebih lagi pemimpinnya mampu mengemas konfik itu dengan kemasan yang baik, maka konflik tersebut bukan akan mendatangkan keretakan, namun sebaliknya justru mempererat persatuan dan membina kekompakan.
Semoga kita semua bisa membangun kekompakan yang mendasari kehidupan Iman dan Pengharapan kita.

29 responses to this post.

  1. kekompakan dalam suatu kelompok merupakan sesuatu yg sangat penting. jika tidak kompak maka kelompok trsebut tidak akan berjalan dengan baik

    Reply

  2. Menurut Komentar Saya(Haryanto 11120229 2MAK2)

    Kompak itu suatu kerja sama yang dilakukan bersama-sama dalam team.
    seperti pemain sepak bola yang kompak dengan teamnya ,sehingga dapat memenangkan pertandingan dengan kerjasama yang baik.Jika tidak kompak salah 1 dari team,akan berantakan dan hancur .

    Reply

  3. Posted by Leonard Arden ubm on March 8, 2013 at 10:14 am

    kekompakan memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sekarang ini. banyak sekali kantor-kantor jaman sekarang yan g membutuhkan kerja sama tim. dan apa yang terjadi bila salah satu anggota nya tidak kompak? tentu saja hancur. kekompakan memang sangat dibutuhkan, kompak membuat kita meyadari bahwa kita saling melengkapi dan saling menyemangati, kita masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, kompak juga membuat sebuah hubungan makin erat.

    Reply

  4. Jika Dalam sebuah perusahaan mempunyai staf yang kompak maka perusahaan tersebut akan maju lebih cepat dan berkembang lebih luas. dalam satu team mau KOMPAK itu sangat sulit karena semua orang pasti ada egois dan pasti mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Dalam satu TEAM mau kompak harus buang rasa egois dan Saling percaya, saling dukung saling silang rasa, kerjasama, dan saling berkomunikasi antar sesama.

    Reply

  5. Posted by meyliani on March 13, 2013 at 3:59 am

    kekompakan memang sulit terjadi karena beberapa faktor yang dapat menghalanginya…contohnya kita harus bisa membuat berbagai macam pikiran menjadi 1..tentu itu sangat sulit sekali terjadi….tapi bukan berarti tidak bisa…dengan kerjasama yang baik saling percaya…kita akan bisa membuat diri kita kompak..

    Reply

  6. Seringkali kita melihat sekumpulan orang berjalan dengan terlihat sangat kompak atau serasi dalam komunikasi mereka, misalkan kita lihat dari segi kompak memakai baju, kompak dalam perilaku, kompak dalam pemikiran atau ucapan maupun pendapat, itulah pandangan kita jika kita melihat arti dari sikap beberapa orang atau sahabat dalam menilai kekompakan, namun dalam hal yang menyangkut organisasi atau sebuah komunitas, arti kompak dalam organisasi adalah kumpulan orang-orang yang berjualan demi mendapatkan sesuatu perkumpulan, lain halnya orang jepang mendefinisikan sebuah organisasi yaitu sebuah wadah gabungan dari berbagai kekuatan untuk mewujudkan kekuatan yang lebih hebat dalam mencapai tujuan tertentu.

    Reply

  7. Kekompakan / Unity itu harus kita miliki karena keunityan itu membuat kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik , kenapa seperti itu ? Unity itu artinya bersatu, Kalau bersatu itu semua harus kompak dan tidak ada yang menonjol . karena saat kita unity dengan orang lain kita harus sama” memahami sifat satu sama lain , mengalahkan ego masing”, rendah hati . kekompakan / unity itu yang penting kita harus rendah hati . karena kalau tidak rendah hati kita sulit bersatu . Unity sangat penting . diibaratkan tubuh , Kalau tubuh kita pisah kita tidak akan mungkin bisa berjalan , makan , atau melakukan aktivitas dengan baik . Kita bisa melakukan semuanya karena tubuh kita bersatu , Jika kita mau mencapai keberhasilan bersama dalam suatu komunitas kita harus mampu kompak . SO be humble !!

    Reply

  8. bila kita mengerjakan sesuatu secara bersama dan kompak maka kita akan berhasil dalam hal hal tersebut

    Reply

  9. Kekompakan didasari oleh rasa saling percaya. Saat anda sudah saling percaya satu sama lain. Anda akan menemukan apa yang disebut dengan kekompakan. Sebab jika sedikit saja rasa kepercayaan mulai hilang dari kelompok. Maka hal itu akan merusak tatanan kekompakan yang telah terbangun.

    Reply

  10. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 7:48 am

    Kekompakan sangat dibutuhkan dalam kerjasama tim. Dengan kerjasama yang baik maka segala sesuatu yang akan dihadapi akan menjadi lebih mudah

    Reply

  11. ketika dalam suatu perkumpulan terjalin rasa kompak maka kita akan cenderung untuk menikmati bukan tergesa gesa atau tertekan

    Reply

  12. kekompakan ini sangat di butuhkan karena dengan adanya hal ini masalah sebesar apapun pasti terselesaikan.
    berbeda jika kita bekerja sendiri-sendiri .
    namun hal ini sangat sulit terjadi
    karena perbedaan sifat , emosi , dll🙂
    dalam suatu perusahaan jika tidak ada kekompakan di setiap karywanya
    maka perushaan tersebut tidak dapat bangun .

    Reply

  13. kompak mencapai suatu tujuan itu memang salah satu kunci suksesnya sebuah organisasi,karna dari sana kita dapat memupuk rasa percaya diri dan keinginan untuk maju bersama..

    Reply

  14. Kekompakan merupakan salah satu kunci kesuksesan dari sebuah tim. Dan menurut saya, kekompakan merupakan salah satu point penting dalam kerjasama tim. Karna dengan adanya kerjasama tim dalam hal kekompakan terjalin, maka tujuan juga akan dapat dicapai.

    Reply

  15. Posted by Justman Tan - 1601266186 on June 16, 2013 at 11:44 am

    Justman Tan /02PNT/ 1601266186

    Kompak dibutuhkan dalam kerja sama. Kompak tidak harus dilakukan dalam tim, bisa juga kompak dengan teman kelas. Dengan adanya kekompakan tentu masalah bisa dihadapi dengan mudah. Misalnya saja dala 2 teman kita dalam kelas terjadi masalah. dengan kekompakan tentu kita dapat membantu menyelesaikan masalah mereka sehingga akan timbul rasa lebih kompak dalam kelas kita.

    Reply

  16. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 12:59 pm

    saya melihat aspek kekompakan yang paling menonjol yaitu dalam bidang olahraga terutama sepakbola. Barcelona , tim yang hampir tidak terkalahkan dalam 4 tahun terakhir , memiliki senjata utama yaitu kekompakan. Hampir semua pemainnya berasal dari akademi muda barcelona dan saling berbagi satu sama lain, misalnya ketika sudah di depan gawang pun masi mengoper ke teman yang memiliki persentase mencetak gol lebih besar daripada dirinya

    Reply

  17. Posted by yugi p10 ubm on June 21, 2013 at 4:02 pm

    Suatu kelompok atau organisasi akan berjalan sampai tujuan apabila anggota kelompok atau organisasi tersebut dapat bersatu dan kompak . Kekompak kan adalah kunci kesuksesan suatu kelompok atau organisasi.

    Reply

  18. Kekompakan diperlukan agar sebuah kerja dalam suatu kelompok dapat berjalan dengan baik dan dapat hasil yang sempurna

    Reply

  19. Saya sependapat dengan apa yang disampaikan oleh penulis bahwa kekompakkan dalam suatu kelompok adalah hal no.1 yang paling dibutuhkan. Dengan kekompakkan kerja sama, dukungan, dan kepercayaan akan membuahkan hasil yang manis pada akhirnya, serta tidak akan mudah runtuh karena suatu konflk.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  20. Kompak itu menurut saya kunci menyelesaikan masalah atau mengerjakan sesuatu dalam kehidupan berkelompok. Tanpa itu, pemecahan masalah maupun hasil dari yang dikerjakan kelompok tak akan pernah didapatkan.

    Reply

  21. kelompok akan menjadi kelompok yang luar biasa dilihat dari sebagaimana kompaknya kelompok itu dan kekompakkan adalah kinci dari kesuksessan dalam meraih goal
    kadang memang salah satu masalah yang kita hadapi adalah sekelompok dengan orang yang ingin menang sendiri ingin selalu didengar namun melaluin proses ubtuk memahami satu dengan yang lain kekompakkan akan terlihat

    Reply

  22. kekompakan memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sekarang ini. kekompakan memang sangat dibutuhkan, kompak membuat kita meyadari bahwa kita saling melengkapi, kita masing-masing menyadari kelebihan dan kekurangan kita,dan kompak juga bisa mempererat hubungan baik kita dengan sesama.

    Reply

  23. Kekompakan merupakan suatu hal yang menyenangkan. Membaca kisah tentang Anita tersebut sangat menyentuh hati. Disitu dapat dilihat kekompakan dan solidaritas dari teman-temannya merupakan tindakan mulia. Saya sependapat dalam membina kekompakan anggota dalam suatu kelompok harus ada rasa saling percaya dan yang paling penting adanya komunikasi. Dengan kompak,kita juga belajar menghargai orang lain.

    Reply

  24. kompak adalah suatu hal yang sulit di capai jika dalam diri manusia masih ada ke egoisan, tetapi hasil dari kekompakan biasanya akan berbuah manis jika proses yang di lalui baik dan benar

    Reply

  25. Posted by Henricko Randy Setiawan on January 16, 2014 at 7:32 am

    Kompak adalah hal yang sangat baik. Semakin kita kompak dalam suatu kelompok, maka akan semakin mudah bagi kita untuk menghadapi masalah yang sedang kita hadapi.

    Reply

  26. kompak adalah hal yang penting, entah itu dalam persahabatan, pekerjaan, dll.
    selama kita kompak semua tantangan atau masalah pasti akan terselesaikan.

    Reply

  27. FATHUBILLAH 1701360601
    sebenarnya kekompakan sangat susah terwujudkan, karna terkadang didalam sebuah hubungan (pertemanan) pasti akan ada banyak perbedaan pemikiran satu sama lain. bahkan sering terjadi perpecahan karna perbedaan pemikiran tersebut.

    Reply

  28. Posted by Khoerintus on March 24, 2014 at 2:25 pm

    Untuk mendapatkan kekompakan dalam satu kelompok, harus meninggalkan keegoisan dari setiap individu dalam kelompok tersebut.
    Langkah – langkah membina kekompakan yang disampaikan pada artikel ini sangat bagus, di mana kita harus saling percaya, saling mendukung, kerjasama, dan lainnya.
    Menurut saya, untuk membangun kekompakan yang terpenting adalah adanya interaksi antar anggota kelompok.

    Reply

  29. Posted by frelina on March 27, 2014 at 5:03 pm

    Kompaknadalah kata kata yang kita gunakan dalam kehidupan segari hari juga. Dalam kekompakan menurut saya dibutuhkan sekali kesabaran, pengertian, dan lainnya untuk terjalin hubungan yg baik.. hal in sangat dibutuhkan sekali dalam organisasi dalam artikle diatas. Dikarenakan agar organisasi trsebut dapat berkembang dan menjadi organisasi yg sukses. Dari kekompakan kita dapat membangun suatu yg besar

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: