Charity

Charity activity untuk menolong sesama yang membutuhkan bantuan sangat diperlukan.

Pertandingan tenis Australian Open di Melbourne menarik perhatian dunia. Bintang-bintang tennis dunia kumpul di Melbourne, Australia. Ada Novak Djokovic, Roger Federer, Bredich, Andi Murray Ferer. Pertandingan yang bernilai jutaan dollar menarik penonton dari seluruh dunia. Melbourne memang luar biasa. Ada 30 lapangan stadion dalam sebuah kompleks. Yang terbesar adalah Rod Laver Arena. Semua stadion siap menampung penonton dari seluruh dunia. Yang menarik di sisi pertandingan adalah banyak sekali kegiatan Charity. Mulai dari menyumbang orang cacat, korban kebakaran dan kebutuhan lainnya, yang diperoleh dari mulai ticket sampai sedikit kearah tarohan atau judi. Di Jakarta, kegiatan charity membantu korban banjir juga dilaksanakan oleh relawan-relawan. Klub sosial seperti Lions Clubs, Rotary Club dan kelompok-kelompok Gereja serta keagamaan lainnya. Pengelolaan kegiatan charity memang tidak mudah karena selain menggerakkan tenaga orang banyak tanpa dibayar (volunteer), dana dan keperluan lainnya seperti obat-obatan dan makanan serta pakaian. Saya bersama teman-teman di Lions Clubs Indonesia ada Komite Alert (tanggap cepat), yang setiap saat bergerak saat dibutuhkan. Kami tidak terlalu sulit untuk berkumpul, tetapi buat kelompok tertentu sangat repot. Sebuah komunitas mudah terbentuk, tetapi bergerak di charity tunggu dulu karena membutuhkan pengorbanan tenaga, waktu, pikiran dan uang. Di sana juga butuh kerelaan hati untuk mau membantu sesama. Mereka siap menerima segala kritikan, cercaan sampai penolakan. Saya ingin sekali mengajak sahabat-sahabat kita agar siap untuk melakukan kegiatan charity atau sosial. Barangkali ada pertanyaan apa yang kita peroleh kalau kita berbuat baik untuk menolong orang susah. Memang hasil materi atau imbalan uang pasti tidak ada. Sedikit pujian mungkin ada. Yang terang kita akan mendapat kebahagiaan lahir batin. Tuhan pasti membalas segala kebesaran hati para relawan. Memang kata yang tepat adalah upahmu besar di surga. Ada beberapa tips agar bisa menggerakkan para sukarelawan. Pertama, mungkin dibutuhkan cerita-cerita heroik dari para relawan untuk membangkitkan sentimen berkorban. Misalnya setiap misa lingkungan diceritakan oleh pastor. Bagaimana melayani para korban banjir. Kita membentuk beberapa kelompok kecil antara. 5 sd 10 orang yang akan menjadi motor penggerak. Kita mengajak diskusi singkat, bercerita dan melakukan kegiatan kecil-kecilan, seperti basar barang bekas, jualan kue dll. Latihan ini sangat baik bagi kelompok-kelompok bantuan. Kita juga ingat kegiatan cari dana, karena tanpa dana aktivitas charity lumpuh. Semoga Tuhan memberi petunjuk, membuka hati kita, berwelas asih, ringan tangan murah hati, dan siap bekerja sosial.

10 responses to this post.

  1. Posted by Leonard Arden ubm on March 8, 2013 at 9:59 am

    membantu sesama adalah hal yang sangat mulia sekali, apalagi bila kita melakuakannya tanpa pamrih, charity adalah sebuah gerakan yang sangat baik, kita bisa membantu orang lain, membuat mereka merasakan bahwa mereka tidak sendiri dan masih banyak sekali orang-orang yang peduli terhadap mereka, gerakan ini juga membantu kita dalam memupuk rasa peduli yang tinggi.

    Reply

  2. Membantu sesama adalah panggilan nurani. Membantu sesama juga menuntut keberanian. Berani untuk disusahkan berani untuk direpotkan dan berani untuk berkorban. Membantu sesama mutlak membutuhkan pengorbanan. Dan banyak manfaatnya, salah satunya adalah kepuasan secara batiniah.

    Reply

  3. Posted by cheri meirani on June 14, 2013 at 6:01 pm

    iya bentuk segala kegiatan charity itu sangat diperlukan karena kita manusia pada hakekat nya adalah makhluk sosial sehingga juga sudah menjadi kewajiban kita untuk menolong orang kesusahan di sekitar kita selagi kita mampu

    Reply

  4. kita sebagai mahluk sosial harus membantu sesama yang membutuhkan,kita tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain untuk itu dengan melakukan charity kita melakukan pertolongan bagi yang membutuhkan,

    Reply

  5. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 1:41 pm

    charity yang disisipkan dalam olahraga memiliki dampak yang cukup signifikan. Melihat para idola kita membantu orang-orang kesusahan , membuat kita menjadi simpati juga. Selain tennis , sepakbola dan basket juga sangat sering membuat charity-charity seperti nba cares , dll

    Reply

  6. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 7:11 am

    charity merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan. kegiatan ini dapat membatu untuk mereka orang – orang yang membutuhkannya. salah satunya adalah charity yang dilakukan dalam pertandingan olahraga misalnya bola. Semua uang hasil penjualan tiketnya akan disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan,

    Reply

  7. Alangkah indahnya berbagi.
    Berdana dapat membantu memenuhi kepuasan rohaniah.
    Janganlah takut kehabisan objek untuk berdana, sebuah senyum yang tulus pun dapat menjadi sebuah dana yang berharga.

    Reply

  8. Charity adalah kegiatan sosial yang sangat baik.. Kita dapat menolong serta membantu saudara – saudara kita yang membutuhkan kita tanpa harap ada balas jasa / pamrih.. Dengan menolong dan membantu orang, kita sebenarnya sedang menabung, menabung di kerajaan Surgawi.. Selain itu, kegiatan charity juga dapat meningkatkan kebersamaan kita sebagai makhluk sosial..

    Reply

  9. Posted by Khoerintus on March 24, 2014 at 2:54 pm

    Terimakasih atas tips yang Bapak berikan untuk menggerakkan para sukarelawan. Memang masih banyak sekali orang – orang yang membutuhkan bantuan, karena di negeri kita ini banyak sekali bencana – bencana. Untuk membuat kegiatan charity ini memang susah, tetapi yang terpenting dari kegiatan charity ini adalah melihat orang – orang yang menginginkan bantuan kita dapat tersenyum dan tertawa bahagia. Kita juga akan merasakan kebahagian tersendiri di dalam diri kita sendiri jika kita membantu mereka.

    Reply

  10. Membantu sesama itu sangat lah indah ini dikarenakan dengan membantu sesama kita mendapatkan suatu kebahagian yang tak ternilai.tidak hanya dengan kita mengikuti suatu orgnaisasi lalu baru dapat melakukan charity,kita juga dapat personal melakukan charity.Dengan membantu sesama itu juga secara tidak langsung membantu diri kita sendiri untuk mencapai dan memiliki jiwa sosial yang baik dan peka.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: